bacaterus web banner retina

7 Pemeran Utama Film Tunnel (2016), Sukses Antarkan Emosi

Tunnel (2016), film tentang bencana asal Korea Selatan yang mencetak hits dengan penjualan tiket lebih dari 7 Juta lembar ini memang memantik banyak emosi.

Ketakutan karena terjebak di bawah reruntuhan terowongan, rasa putus asa dari seorang Jung Soo sebab tak kunjung diselamatkan padahal persediaan makan dan minum sudah habis, benar-benar melelahkan.

Ceritanya cukup basic untuk film-film bencana, tetapi eksekusinya, termasuk akting para pemerannya luas biasa. Para pemeran Tunnel (2016) memegang kendali atas emosi-emosi yang tercipta. Siapa saja mereka? Mari kenali karakternya satu per satu.

1. Lee Jung Soo – Ha Jung Woo

Lee Jung Soo – Ha Jung Woo

Ha Jung Woo menjadi pemeran Tunnel (2016) yang utama sekaligus fokus cerita. Aktor kelahiran 1979 yang sudah banyak membintangi berbagai judul film ini berperan sebagai Lee Jung Soo.

Dia adalah satu dari dua korban reruntuhan terowongan yang berhasil selamat. Lee Jung Soo memiliki seorang istri dan anak perempuan yang masih kecil.

Sebagai ayah sekaligus suami, Lee Jung Soo sosok yang perhatian. Sebelum tragedi terjadi Jung Soo sudah menyiapkan kue ulang tahun untuk putrinya.

Di tengah kondisinya yang buruk, Jung Soo tidak lupa mengingatkan istrinya untuk sarapan. Untuk menghidupi keluarganya, Lee Jung Soo bekerja di bidang jual-beli mobil.

Lee Jung Soo sosok yang tidak mudah panik. Ketika mengetahui dirinya tertimpa reruntuhan, dia terlihat tetap tenang sembari berusaha menghubungi tim penyelamat.

Dia juga pria yang tangguh, gigih dan punya semangat juang yang tinggi. Walau sempat putus asa dengan keadaan, Lee Jung Soo kembali bangkit setelah mendengar pesan-pesan istrinya.

Semangat bertahan hidup yang dimiliki Jung Soo adalah bahan bakar yang menyelamatkannya setelah satu bulan tertimpa reruntuhan terowongan. Keadaan yang mengerikan itu membuatnya mensyukuri hal-hal kecil. Dia juga tak segan memberikan pertolongan pada yang membutuhkan.

Kamu bisa melihatkan ketika Jung Soo mau berbagi persediaan minumnya yang tipis dengan Mi Na; korban lain pada peristiwa itu.

Dia pun sekuat tenaga menyingkirkan beton yang menimpa tubuh Mi Na dan ketika temannya itu meninggal, Jung Soo menangisinya. Setelah berhasil diselamatkan, Jung Soo memiliki trauma terhadap terowongan.

2. Se Hyun – Bae Doona

Se Hyun – Bae Doona

Bae Doona memberikan penampilan yang luar biasa di film ini. Berperan sebagai Se Hyun atau istri Jung Soo, Doona mengirimkan banyak kesedihan dan kekhawatiran melalui sorot mata sampai suara yang terdengar parau.

Se Hyun seorang istri yang sangat menyayangi suaminya. Sejak hari pertama peristiwa terjadi, dia sudah ada di lokasi. Se Hyun juga seorang wanita yang peka terhadap sekitarnya. Walau sedang sedih, sangat khawatir dan takut, dia tidak larut dalam perasaan dan masalahnya sendiri.

Se Hyun membantu para tenaga penyelamat yang bertugas menolong suaminya dengan melakukan hal-hal yang dia mampu seperti bantu menyiapkan makanan untuk mereka.

Ketika salah satu tenaga penyelamat tewas, Se Hyun merasa sangat bersalah. Dia tidak cuek atau bersikap arogan hanya karena suaminya juga belum ditemukan.

Se Hyun punya keyakinan yang sangat besar bahwa suaminya masih hidup, tapi di sisi lain dia juga memikirkan kepentingan orang lain. Se Hyun adalah istri yang berada di samping suaminya sampai akhir.

3. Dae Kyung – Oh Dal Su

Dae Kyung – Oh Dal Su

Jika ada satu orang yang berjasa menyelamatkan Jung Soo dari reruntuhan terowongan yang mengerikan, dia adalah kepala tim penyelamat bernama Dae Kyung.

Diperankan Oh Dal Su, Da Kyung digambarkan sebagai sosok kepala yang berintegritas pada tugas. Baginya nyawa seseorang sangat berharga. Dia merupakan orang yang sejak pertama terus melakukan komunikasi dengan Jung Soo.

Dia juga yang menenangkannya sembari terus mencari cara untuk menyelamatkan pria tersebut. Dae Kyung sosok yang tidak mudah menyerah.

Ketika tim lain berhenti, dia teguh mencari Jung Soo seorang diri. Baginya, hidup atau mati tubuhnya harus ditemukan. Berkat keyakinan dan usahanya yang tidak kenal lelah, pada kesempatan terakhir, Dae Kyung berhasil menyelamatkan Jung Soo.

4. Mi Na – Nam Ji Hyun

Mi Na – Nam Ji Hyun

Pemeran Tunnel (2016) selanjutnya adalah aktris cantik Nam Ji Hyun. Dia berperan sebagai Mi Na, yaitu korban reruntuhan terowongan selain Jung Soo.

Keberadaan Mi Na baru disadari Jung Soo setelah dua hari tertimbun. Keadaan gadis ini jauh lebih parah dibanding Jung Soo karena tubuhnya terjepit runtuhan beton.

Dada dan bagian perutnya tertimpa beton dan bebatuan sampai dia kesulitan bergerak dan bernapas. Saat tragedi itu terjadi Mi Na membawa anjing peliharaannya di dalam mobil.

Anjing bernama Tang Tang itu pula yang mempertemukan Mi Na dengan Jung Soo. Dia gadis penyayang, baik pada ibunya atau anjingnya. Kematian Mi Na memberi tekanan mental dan emosi untuk Jung Soo.  

5. Reporter Jo – Yoo Seuk Mok

Reporter Jo – Yoo Seuk Mok

Pemeran Tunnel (2016) selanjutnya adalah Yoo Seuk Mok. DIa berperan sebagai seorang reporter bernama Jo. Seperti reporter lain, Jo berusaha keras mencari berita terkini mengenai keadaan Jung Soo. Sampai-sampai dia tidak peduli apakah tindakannya etis atau tidak.

Bagi Reporter Jo yang penting adalah dia bisa mendapatkan berita terkini untuk tempat kerjanya. Dia bahkan berhasil menghubungi Jung Soo dan melakukan live wawancara saat pria itu dalam keadaan terjebak reruntuhan. Jo tidak menunjukkan simpati yang sepantasnya.

6. Team Leader Choi – Jung Suk Yong

Team Leader Choi – Jung Suk Yong

Hadir sebagai cameo, aktor Jung Suk Yong memberi makna berarti untuk film Tunnel (2016). Pasalnya karakter yang dia mainkan tidak sekadar numpang nama, melainkan ikut mengingatkan tentang pentingnya nyawa manusia.

Sebagai team leader, Choi tidak pantang menyerah menyelamatkan Jung Soo. Saat anggotanya mulai mengeluh karena merasa melakukan pekerjaan yang sia-sia, dia mengingatkan mereka untuk tetap fokus bekerja.

Choi menaruh simpati sangat besar untuk Jung Soo dan keluarganya. Dia terlihat ingin sekali meringankan beban Se Hyun.

Tampak ketika dia lebih memilih memungut telur ceplok pemberian Se Hyun yang jatuh daripada diganti dengan yang baru. Hingga akhir hidupnya, Choi mendedikasikan diri untuk menyelamatkan Jung Soo.

7. Minister – Kim Hae Sook

Minister – Kim Hae Sook

Tunnel (2016) merupakan sebuah film tentang bencana yang sekaligus menangkap tingkah-polah para pejabat ketika menanganinya. Di sini kita akan melihat aktris Kim Hae Sook berperan sebagai perwakilan pejabat pemerintah yang membantu berbagai upaya penyelamatan Jung Soo.

Namun, di sisi lain dia juga mengharapkan perhatian dari masyarakat. Dia adalah tipikal perwakilan pemerintah yang terjun langsung ke lokasi bencana untuk sekalian berfoto sebagai bentuk eksistensi.

Scene-scene saat karakternya muncul berisi sentilan bahwa untuk para petinggi, tragedi bisa jadi sebuah ajang cari muka dan simpati.

Paling lucu adalah ketika Jung Soo akhirnya ditemukan dan tim penyelamat ingin segera membawanya ke rumah sakit, tapi ajudan wanita paruh baya tersebut menahannya karena hendak berfoto bersama.

Mereka adalah petinggi di satu negara yang tidak benar-benar peduli pada nasib warganya tetapi ingin mengambil keuntungan dari sana.

Para pemeran Tunnel (2016) menunjukkan kelasnya dalam berakting. Mereka tampak sangat natural memperlihatkan emosi-emosinya, seperti ketakutan, kegelisahan, putus asa, sampai ekspresi yang memperlihatkan ketidakpedulian.

Semua bekerjasama dengan apik sehingga film ini tampil dengan sangat meyakinkan. Menurutmu bagaimana dengan penampilan mereka?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram