bacaterus web banner retina

12 Pemeran Thirty, Nine, Drama Emosional dan Mengharukan

Menceritakan kisah persahabatan tiga wanita dewasa di akhir usia 30 tahun mereka, drama Thirty, Nine (2022) menyelesaikan episode terakhirnya dengan mengharukan.

Selama penayangannya ada saja hal yang bisa membuat mata basah. Kasih sayang dan cinta yang saling diberikan tiga sahabat dalam drama ini terasa nyata dan menyentuh.

Tidak heran karena pemeran Thirty, Nine (2022) adalah aktor dan aktris andal. Sebut saja Son Ye Jin, Jeon Mi Do, Kim Ji Hyun, Yeon Woo Jin, Lee Moo Saeng sampai Lee Tae Hwan.

Mereka berhasil membangun emosi dan chemistry dari cerita yang sudah sangat kuat. Seperti apa persisnya karakter-karakter yang dibawakan para pelakon hebat itu dalam drama ini?

1. Cha Mi Jo – Son Ye Jin

Cha Mi Jo – Son Ye Jin

Son Ye Jin menjadi pemeran Thirty, Nine (2022) yang dinilai memberikan penampilan luar biasa untuk perannya sebagai Cha Mi Jo. Dia adalah seorang dokter kulit sekaligus kepala klinik kecantikan yang dijalankan berdua dengan kakak angkatnya.

Mi Jo merupakan anak yang diadopsi dari panti asuhan sehingga sempat tidak percaya diri saat bertumbuh. Beruntung dia punya orangtua dan kakak angkat yang suportif.

Mi Jo suka sekali bermain golf sampai-sampai berniat cuti satu tahun dari pekerjaan untuk menekuni hobinya di Amerika. Sayangnya, keputusannya berubah ketika Jeong Chan Young, salah satu sahabatnya sakit keras.

Mi Jo sosok yang sangat memedulikan sahabat-sahabatnya. Dia berusaha untuk selalu meluangkan waktu untuk mereka. Di antara dua sahabatnya, Mi Jo lebih dekat dengan Chan Young. Oleh karena itu ketika Chan Young divonis sakit keras, Mi Jo jadi orang yang paling terpukul.

Di usia yang ke 39 tahun Mi Jo tidak terburu-buru menikah tapi siapa sangka seorang pria Korea yang lama tinggal di Amerika datang ke kehidupannya. Hidup dan waktu Mi Jo yang selama ini hanya dibagi dengan sahabat-sahabatnya harus dibagi kepada Seon U juga.

2. Jeong Chan Young – Jeon Mi Do

Jeong Chan Young – Jeon Mi Do

Jeon Mi Do yang melejit namanya melalui Hospital Playlist (2022) kembali memukau dengan aktingnya di drama ini. Dia berperan sebagai Jeong Chan Young; wanita berusia 39 tahun yang bercita-cita menjadi aktris tetapi lebih memilih bekerja di belakang layar sebagai guru akting.

Chan Young merupakan putri semata wayang dari kedua orangtuanya yang bekerja sebagai pemilik restoran. Chan Young adalah wanita yang bebas dan paling santai di antara dua sahabatnya.

Dia tidak berhubungan dengan pria manapun kecuali Jin Seok; seseorang yang dikenalnya sejak lama tapi sudah menjadi suami wanita lain. Chan Young dan Jin Seok saling mencintai tetapi keadaan tidak pernah memihak mereka.

Chan Young divonis menderita kanker pankreas stadium akhir oleh dokter. Kesempatan hidupnya tinggal 0,8%. Jika Chan Young menjalani pengobatan, waktu yang dimilikinya paling lama adalah satu tahun.

Namun, jika tidak Chan Young hanya punya waktu 6 bulan. Sisa hidupnya Chan Young habiskan untuk bersenang-senang dengan orang terdekat dan mewujudkan cita-citanya menjadi aktris.

Chan Young bukan wanita egois. Ketika mengetahui ada yang salah dengan pernikahan Jin Seok, dia tidak merasa dirugikan. Sebaliknya, Chan Young selalu mendesak Jin Seok untuk kembali pada istrinya. Dia tak ingin pria yang dicintainya menjalani hari-hari sendirian pasca kematiannya.

3. Jang Joo Hee – Kim Ji Hyun

Jang Joo Hee – Kim Ji Hyun

Pemeran Thirty, Nine (2021) Kim Ji Hyun sempat membuat penonton merasa sedih karena sebagai pemeran utama kemunculannya sangat sedikit dibandingkan Jeon Mi Do dan Son Ye Jin.

Karakternya sebagai Jang Joo Hee tidak banyak diceritakan dan seolah hanya jadi pemain pendukung. Meski begitu, Joo Hee sangat menarik perhatian.

Dengan usianya yang sudah menginjak akhir 30 tahun, Joo Hee selalu menggemaskan. Cara bicaranya lembut dan seperti anak-anak.

Dia memang tampak lemah, manja dan seperti bisa ditindas siapa saja, tetapi Joo Hee punya hati yang kuat. Tanpa diperhitungkan wanita ini sebenarnya bahkan lebih tegar dibanding Mi Jo.

Joo Hee hanya tinggal bersama ibunya. Dia sempat bekerja sebagai manager toko kosmetik di sebuah pasaraya tapi kemudian berhenti dan beralih menjadi pemilik bisnis nail art. Joo Hee punya kedekatan dengan Hyeon Jun, seorang chef pemilik Chinatown yang usianya 4 tahun lebih muda.

4. Kim Seon-U – Yeon Woo Jin

Kim Seon-U – Yeon Woo Jin

Karakter Kim Seon U yang dibawakan oleh aktor Yeon Woo Jin ramai-ramai dinobatkan sebagai standar baru pria fiksi idaman oleh para pencinta drama Korea. Bagaimana tidak, sebab dia merupakan sosok lelaki yang dewasa, lembut, tenang, pintar, pekerja keras dan yakin dengan pilihannya.

Kim Seon U yang tinggal di Amerika datang ke Korea untuk mencari adik angkatnya. Namun, dia malah bertemu dan jatuh cinta dengan Cha Mi Jo.

Seon U merupakan seorang dermatologist berusia 39 tahun yang penuh kasih sayang, baik untuk kekasihnya atau adik angkatnya. Dia bekerja di klinik kecantikan Mi Jo dan melakukan dua tugas sekaligus; dokter dan penjaga Mi Jo.

5. Kim Jin Seok – Lee Moo Saeng

Kim Jin Seok – Lee Moo Saeng

Penampilan Lee Moo Saeng tak kalah memukau dalam drama Thirty, Nine (2022). Aktor yang juga bermain dalam The Silent Sea (2021) dan The World of the Married (2020) ini berperan sebagai Kim Jin Seok. Jin Seok adalah putra pewaris perusahaan pangan yang menjadi pemilik bisnis entertainment.

Jin Seok dan Chan Young berhubungan saat usia mereka masih cukup muda. Hubungan keduanya terputus ketika Jin Seok pergi ke luar negeri dan terjebak dalam pernikahan dengan wanita yang tidak dicintainya.

Jin Seok lelaki yang pengecut dan tidak tegas dalam menentukan pilihan. Di sisi lain dia penuh pertimbangan. Namun, semenjak mengetahui Chan Young sekarat, Jin Seok mendapatkan keberanian untuk melepas kepalsuan dalam hidupnya, terutama pernikahan.

Lelaki ini memutuskan untuk menghabiskan waktunya menemani Chan Young sampai napas terakhir. Dia punya perasaan yang tidak berubah pada Chan Young sejak belasan tahun lalu.

6. Park Hyeon Jun – Lee Tae Hwan

Park Hyeon Jun – Lee Tae Hwan

Dipasangkan dengan Kim Ji Hyun, Lee Tae Hwan juga cenderung punya screentime sedikit dalam drama ini. Tidak heran kemunculannya dengan Joo Hee selalu ditunggu-tunggu.

Berperan sebagai Park Hyeon Jun, Tae Hwan harus mendalami peran sebagai seorang koki hotel yang pensiun dan memilih membuka restorannya sendiri.

Sebelum dekat dengan Joo Hee, Hyeon Jun menjalin hubungan dengan Cho Hye Jin. Mereka putus karena Hyeon Jun lebih memilih menekuni bisnis kecilnya daripada menjadi koki di hotel besar yang membuatnya tidak nyaman.

Walau terpaut beda usia 4 tahun, Hyeon Jun dan Joo Hee terlihat serasi. Keduanya sering terlibat dalam obrolan yang ringan dan menyenangkan.

7. Cha Mi Hyeon – Kang Mal Geum

Cha Mi Hyeon – Kang Mal Geum

Wajah aktris Kang Mal Geum pasti tidak asing lagi untuk para pencinta drama Korea karena dia spesialis pemeran pendukung. Khusus di sini penampilannya tak kalah bersinar dibanding sang pemeran utama.

Mal Geum berperan sebagai Cha Mi Hyeon, yaitu kakak angkat Cha Mi Jo yang tegas tapi juga lucu. Interaksinya dengan Son Ye Jin sebagai adik kakak selalu menggemaskan.

Cha Mi Hyeon sangat menyayangi Cha Mi Jo. Dia pernah menyempatkan datang ke kantor polisi di tengah-tengah kelas menarinya untuk menjemput Mi Jo.

Mi Hyeon menjalankan klinik kecantikan berdua dengan Mi Jo sebagai direktur. Di usianya yang sudah 44 tahun, Mi Hyeon belum menikah. Dia mulai terpikir menikah setelah melihat kebahagiaan Mi Jo dan Seon U.

8. Kang Sun Joo – Song Min Ji

Kang Sun Joo – Song Min Ji

Pemeran Thirty, Nine (2022) selanjutnya yaitu aktris cantik Song Min Ji. Karakter yang dibawakannya membawa plot dan emosi tersendiri. Pasalnya dia berperan sebagai istri Kim Jin Seok yang selama ini merahasiakan kebenaran tentang putra semata wayangnya.

Beberapa tahun lalu Kang Sun Joo menjebak Jin Seok dengan kehamilannya bersama pria lain agar dinikahi. Kang Sun Joo mencintai Jin Seok sehingga nekat melakukan banyak cara untuk membuat lelaki itu bertahan di sisinya.

Dia wanita yang berusaha sekuat tenaga mempertahankan keutuhan rumah tangganya dengan Jin Seok. Sayangnya, tenaganya tidak dia pakai untuk memperlakukan sang putra dengan baik.

Sun Joo seperti lupa pada kesalahannya dan melimpahkan semua dosa pada Jin Seok serta Chan Young. Dia selalu merasa tersakiti sehingga berkali-kali menolak gugatan cerai dari suaminya.

Namun, penyakit Chan Young membuat Sun Joo berubah. Dia mulai berniat untuk memperbaiki semua, terutama hubungan dengan buah hatinya.

9. Kim So Won – Ahn So Hee

Kim So Won – Ahn So Hee

Dalam drama Thirty, Nine (2022) Ahn So Hee berperan sebagai Kim So Won. Dia adalah adik angkat Kim Seon U yang pulang ke Korea setelah mendapat perlakuan buruk dari ayah angkatnya.

So Won diadopsi dari panti asuhan yang sama dengan Mi Jo. Dia mahir bermain piano berkat dukungan finansial keluarga angkatnya.

Namun, setelah kematian ibu angkatnya, So Won diusir dari Amerika dan adopsinya dibatalkan. Sejak itu semangatnya bermain piano hilang.

Saat berada di Korea dia sempat bekerja sebagai gadis penghibur di sebuah kelab malam. Hasrat So Won bermain piano kembali muncul berkat suntikan semangat dari Mi Jo. 

10. Ibu Jang Joo Hee – Nam Gi Ae

Ibu Jang Joo Hee – Nam Gi Ae

Selain cerita persahabatan tiga wanita di akhir usia 30 tahun, drama ini juga menampilkan tiga wanita hebat yang berperan sebagai sosok-sosok ibu nan kuat. Sosok pertama adalah ibu dari Jang Joo Hee yang diperankan oleh Nam Gi Ae.

Semasa muda ibu Joo Hee merupakan pemilik kedai panganan. Di kedai itulah untuk pertama kali Mi Jo, Chan Young dan Joo Hee bertemu.

Ibu Joo Hee adalah satu dari sedikit orang yang mengetahui keberadaan ibu kandung Mi Jo. Namun, karena beberapa alasan dia merahasiakannya selama bertahun-tahun.

Ibu Joo Hee pernah menderita penyakit kanker tapi berhasil sembuh berkat pengobatan dan dukungan dari tiga putrinya: Joo Hee, Mi Jo dan Chan Young.

11. Ibu Jeong Chan Young – Lee Ji Hyun

Ibu Jeong Chan Young – Lee Ji Hyun

Aktris senior Lee Ji Hyun berperan sebagai ibu dari Jeong Chan Young. Dia sosok wanita pekerja keras yang tidak bisa diam beraktivitas. Restoran yang dikelola bersama sang suami cukup terkenal di daerahnya.

Wanita paruh baya ini selalu mendesak Chan Young untuk segera menikah, terutama karena Chan Young adalah putri satu-satunya.

Ketika mengetahui Jin Seok dekat dengan Chan Young dia terlihat bahagia, tetapi kebahagiaannya tidak berlangsung lama karena tahu kalau Jin Seok adalah suami wanita lain.

Namun, kesedihan itu tidak seberapa karena setelahnya ibu Chan Young lebih bersedih mendengar berita kesehatan Chan Young yang memburuk. Pasca kematian putrinya, Mi Joo, Joo Hee dan Jin Seok rutin menemuinya.

12. Ibu Angkat Cha Mi Jo – Lee Kan Hee

Ibu Angkat Cha Mi Jo – Lee Kan Hee

Aktris senior yang kecantikannya tidak lekang oleh waktu, Lee Kan Hee, juga merupakan salah satu pemeran Thirty, Nine (2022).

Dia berakting sebagai ibu angkat Cha Mi Jo yang penuh kasih sayang serta sangat lembut. Sebagai ibu angkat, wanita paruh baya ini tidak pernah membeda-bedakan Mi Jo dan Mi Hyeon.

Dia bahkan berusaha melindungi Mi Jo dari rasa malu dengan menyembunyikan rahasia mengenai ibu kandungnya yang kerap meminta sejumlah uang.

Dengan kasih sayangnya, Ibu Mi Jo dan Mi Hyeon ini masih bersedia memanjakan anak-anaknya yang sudah jadi wanita dewasa.

Para pemeran Thirty, Nine (2022) merupakan aktor dan aktris kawakan yang punya kualitas baik dalam berakting. Nama besar seperti Son Ye Jin, Jeon Mi Do, Kim Ji Hyun, Yeon Woo Jin, Lee Moo Saeng dan Lee Tae Hwan sengaja dipasang untuk menyampaikan emosi mendalam dari drama ini. Di antara mereka mana favoritmu?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram