bacaterus web banner retina

Intip Nih! 10 Pemeran Utama di Film The Thin Red Line

Bagi yang suka banget film perang, merapat! Sudah pada nonton film yang satu ini belum? The Thin Red Line merupakan salah satu film perang berkelas yang sempat hits di tahun 1998.

Cukup berbeda dengan film perang pada umumnya, film ini menggaris-bawahi sisi lain dari perang di antaranya, ketakutan, kerinduan, trauma, kesedihan, hingga depresi. 

Film ini merupakan awal dari kembalinya Terrence Malick dari hiatusnya. Sebelumnya, Malick memproduksi dua film di tahun 1973 bertajuk Badlands dan di tahun 1978 yang bertajuk Days of Heaven.

Lalu di tahun 1998 dirinya membuat The Thin Red Line yang diambil dari novel karya James Jones dengan judul yang sama. Sebelum menonton, cek dulu nih deretan pemerannya!

1. Sgt. Edward Welsh (Sean Penn)

pemain-thin-red-line-1_

Karakter yang dimainkan oleh Sean Penn ini adalah Edward Welsh. Prajurit berpangkat sersan di Kompi C. Welsh ini adalah salah satu anggota tentara AS yang memiliki sifat tangguh dan gesit di medan perang.

Hal ini juga dikarenakan dia memiliki masalah psikis yang menghantuinya. Namun, kondisi ini juga yang membuatnya tahan banting di medan perang.

Welsh sering menutupi kekurangan dirinya dengan menyerang orang lain secara verbal. Dalam hal ini dia sering menyerang Kopral Fife. Seringkali dirinya mengomentari Fife dengan kasar. Namun di satu sisi, sikapnya cenderung paradoks dengan lisannya.

Walaupun atasan dan bawahannya seringkali disakiti secara verbal, tapi dirinya selalu menjadi sosok penyelamat bagi pasukan yang hampir celaka.

Welsh tidak suka dirinya terlihat lembek di mata orang-orang, bahkan saat dirinya menenangkan Tella yang kesakitan di ambang kematian. Tindakan Welsh tersebut membuat Kapten Stein tersentuh dan ingin memberinya bintang perak. Namun, dengan keras Welsh pun menolak penobatan tersebut.

2. Cpl. Geoffrey Fife (Adrien Brody)

pemain-thin-red-line-2_

Geoffrey Fife, yang diperankan oleh Adrien Brody, merupakan karakter yang cukup kompleks secara emosional dan psikis.

Dirinya adalah seorang prajurit kompi Charlie yang awalnya mendaftar perang untuk mengembalikan kewarasannya. Namun ketika dirinya sudah terlibat dalam peperangan, banyak hal yang dirinya baru sadari dan kecemasannya menjadi-jadi.

Sampai pertempuran Guadalcanal usai, dirinya masih dihantui kecemasan yang hampir sama dengan saat dirinya ikut perang. Dia tidak bisa mengembalikan kondisi psikisnya yang lemah dan takut akan kematian.

3. Pvt. Robert E. Lee Witt (Jim Caviezel)

pemain-thin-red-line-3_

Witt, yang diperankan oleh Jim Caviezel, adalah mantan prajurit kompi Charlie yang bersitegang dengan Welsh. Kemudian dia dibebastugaskan dan menetap di sebuah pulau Pasifik Selatan. Witt menjalani hidup bersama penduduk Melanesia. Suatu hari, peperangan antara Amerika dan Jepang kembali mencuat. 

Di saat seperti itu, Witt kembali ditugaskan untuk mengabdi di medan perang sebagai pembawa tandu. Namun seiring berjalan waktu, banyaknya korban berjatuhan dalam peperangan tersebut. Witt pun terpaksa bergabung kembali dengan kompi sebagai prajurit perang.

4. Pvt. Jack Bell (Ben Chaplin)

pemain-thin-red-line-4_

Ben Chaplin memerankan prajurit Bell. Namun, kemudian Bell perlahan naik jabatan menjadi sersan dan letnan di kompi Charlie. Di sini Bell digambarkan sebagai prajurit tangguh, dingin, dan cenderung bijaksana saat di lapangan.

Namun di lubuk hatinya yang terdalam, dia merindukan istrinya. Momen seksualitas bersama istrinya merupakan penyemangat bagi dirinya. Setiap kali Bell dihadapkan dengan kondisi pelik, membayangkan istrinya adalah kunci untuk menjadi tangguh di medan perang.

Bell sering meyakinkan dirinya sendiri kalau dia akan setia dengan istrinya sampai nanti akhirnya dia kembali ke rumah.

Walaupun kenyataan pahitnya Bell ditalak cerai pasca perang, dia justru mendapat jabatan tinggi dari sebelum ikut perang. Bell juga mengakui, menjadi beringas dan dingin saat di medan perang mampu menutupi luka emosionalnya.

5. Sgt. Brian William Keck (Woody Harrelson)

pemain-thin-red-line-5_

Sersan William Keck diperankan oleh Woody Harrelson. Keck adalah seorang pemimpin kelompok yang penuh semangat. Selain itu, dirinya termasuk pemimpin yang siap berdiri di garis depan. Maka saat pertempuran akan dimulai di Mount Austen, Keck maju lebih dulu dengan tim pilihannya.

Sayangnya, karakternya yang memesona tidak sebanding dengan kisah kematiannya. Keck bernasib tragis di medan perang karena tidak sengaja menarik kunci granat yang berada di saku celana belakangnya. 

Akibat ketidaksengajaan ini, area bokongnya meledak dan pesan terakhir yang diwasiatkan olehnya cukup mengenaskan. Di wasiatnya dia meminta agar istrinya diberi tahu kalau ia mati terhormat.

6. Capt. James Staros (Elias Koteas)

pemain-thin-red-line-6_

Elias Koteas memerankan prajurit James Staros, yang sebelumnya adalah seorang pengacara. Namun akhirnya dia ditugaskan berperang di Guadalkanal. Sifatnya yang bijaksana, rasional, dan loyal kepada bawahannya membuat Staros sering adu argument dengan Tall. 

Di medan perang, Staros sering mengambil keputusan dengan hati-hati karena ingin melindungi timnya sendiri yang kondisi moralitasnya sudah menurun.

Sifatnya yang rasional dan loyal ini menghambat beberapa strategi yang tentunya bisa mempengaruhi jalannya peperangan. Akibatnya, Tall memutuskan untuk memulangkan Staros sebelum peperangan usai.

7. 2nd Lt. William Whyte (Jared Leto)

pemain-thin-red-line-7_

Jared Leto di sini memerankan letnan muda William Whyte, yakni letnan yang sering dielu-elukan untuk menjadi prajurit tangguh. Guadalkanal adalah peperangan-nya pertamanya. Dirinya langsung ditunjuk untuk memimpin garis depan, tepatnya saat melakukan eksekusi penyerangan secara langsung.

Resiko yang diterima Whyte pun sangat besar. Saat dirinya baru akan mengeksekusi penyerangan, Whyte ditembak dari jarak jauh oleh tentara Jepang.

8. Pfc. Don Doll (Dash Mihok)

pemain-thin-red-line-8_

Prajurit Don Doll merupakan salah satu prajurit yang memiliki adrenalin tinggi dan memiliki sifat reflektif di medan perang. Walaupun Doll tidak bisa dikatakan pengecut, namun ketakutannya akan mati sia-sia justru membuat sikapnya di lapangan sangat ceroboh.

Doll akan dengan mudah mengambil barang-barang seperti pistol atau senjata kecil lainnya yang bahkan belum tentu terpakai. Sikapnya yang satu ini membuat cara dia bertempur tidak efektif. Namun, bagi orang sekitarnya, sikap Doll ini justru merupakan sikap yang menunjukkan keberanian.

9. Lt. Col. Gordon Tall (Nick Nolte)

pemain-thin-red-line-9_

Sering adu argumen dengan Staros, Gordon Tall yang diperankan Nick Nolte ini merupakan letnan kolonel yang memiliki sifat tega. Terlebih lagi dirinya seringkali membuat keputusan tanpa perhitungan. 

Tindakannya tersebut dia lakukan karena Tall beranggapan jika peperangan Guadalkanal adalah peluang baik untuk karirnya. Maka dari itu, sikapnya yang keras diterapkan pada cara dia memimpin pasukannya yang cenderung kurang berempati.

10. Sgt. Maynard Storm (John C. Reilly)

pemain-thin-red-line-10_

Karakter Sersan Storm yang diperankan John C. Reilly ini adalah kebalikan dari karakter Welsh yang cenderung keras pada kompinya. Storm adalah karakter yang tenang, rasional, dan lebih terkontrol secara emosional. 

Selain psikisnya yang lebih seimbang, dirinya juga bukan karakter yang gengsi untuk menerima pertolongan. Maka pada saat pertempuran sengit yang menyebabkan dirinya terluka, Storm tidak menolak untuk dievakuasi.

Sikapnya yang tenang dan rasional ini didasari juga oleh keyakinan dia bahwa dirinya bertanggung jawab untuk melindungi semua anggota kompi.

Itulah deretan 10 pemeran di film The Thin Red Line. Sebenarnya masih banyak loh pemain senior yang muncul juga di film ini, seperti John Travolta dan George Clooney. Film ini juga berhasil tembus nominasi Oscar tahun 1999 dengan kategori Film Terbaik, Sutradara, Skenario Adaptasi, Sinematografi, dan Film Editing Terbaik.

Jadi, kalau sudah tahu setiap karakter dan pemerannya, minat gak nonton film yang hampir berdurasi tiga jam ini? Kalau kamu punya karakter kesukaan di film ini, jangan lupa untuk share di kolom komentar ya!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram