bacaterus web banner retina

Ini Dia 8 Pemeran Film The Theory of Everything

Ditulis oleh Siti Hasanah

The Theory of Everything merupakan sebuah film biopic yang menceritakan tentang kehidupan Stephen Hawking. Filmnya sendiri bergenre drama romantis dan dirilis pada tahun 2014.

Sang sutradara untuk film ini adalah James Marsh. Lokasi syutingnya di Universitas Cambridge. Film ini merinci kehidupan Stephen Hawking saat dia sedang mengejar gelar doktoralnya.

Film ini merupakan adaptasi dari buku karangan mantan istrinya Hawking, Jane Hawking, yang berjudul “Traveling to Infinity: My Life with Stephen.”

Adapun penulis skenarionya adalah Anthony McCarten, yang merupakan seorang penulis, jurnalis, dramawan, juga penulis cerita televisi asal Selandia Baru. Berikut ini adalah para pemeran The Theory of Everything.

1. Eddie Redmayne – Stephen Hawking

pemeran-theory-of-everything-1_

Tokoh Stephen Hawking diperankan oleh Eddie Redmayne yang juga pernah muncul dalam seri film Fantastic Beasts. Stephen Hawking dikenal sebagai seorang fisikawan teoretis asal Inggris juga ahli kosmologi dan penulis. Di film ini dikisahkan Stephen Hawking sedang mengejar gelar doktoralnya di Universitas Cambridge.

Suatu hari saat mengikuti sebuah acara pesta yang dihadiri oleh para mahasiswa, tanpa sengaja dia bertemu dengan Jane Wilde. Dari pandangan pertama, Stephen langsung jatuh hati. Dia memberanikan diri mendekati Jane dan mengajaknya berbicara. Mereka akhirnya asyik ngobrol sampai teman Jane memanggil Jane untuk pulang.

Stephen semakin agresif mendekati Jane sampai mengajak Jane makan di rumahnya. Seusai pesta dansa Stephen dan Jane semakin sering bersama. Namun di saat yang bersamaan Stephen mengalami kejadian buruk. Dirinya menderita penyakit ALS yang mempengaruhi sistem motoriknya dan hanya bisa bertahan hidup 2 tahun saja.

Mengetahui hal tersebut, Stephen menjadi depresi dan menjauhi semua orang termasuk Jane. Namun karena kegigihan Jane, akhirnya Stephen bangkit lagi dan dia akhirnya menikahi Jane. Dari pernikahannya dia dikaruniai Robert dan Stephen juga berhasil menyelesaikan program doktoralnya di Universitas Cambridge.

Ketika sedang menonton pertunjukkan di Bordeaux, Stephen terkena pneumonia hingga koma. Namun akhirnya bisa sehat kembali setelah dia dibawa ke Cambridge untuk menerima perawatan medis yang memungkinkan dia bernapas lagi tapi membuatnya kehilangan suara.

Stephen pun mulai belajar berkomunikasi menggunakan papan huruf dengan bantuan Elaine. Setelahnya, dia mendapatkan alat baru yang lebih canggih yang memungkinkan untuk mengubah tulisannya menjadi suara.

Alat baru itu membuatnya jadi lebih kreatif dan dia pun aktif menulis dan mengajar di kampusnya. Rupanya Elaine memiliki arti tersendiri untuk Stephen, sampai akhirnya dia pergi ke Amerika ditemani Elaine. Namun dirinya tetap hadir bersama Jane saat Stephen dapat penghargaan dari Ratu Inggris.

2. Felicity Jones – Jane Hawking

pemeran-theory-of-everything-2_

Jane Hawking yang merupakan istri pertama Stephen Hawking ini diperankan oleh Felicity Jones yang sebelumnya muncul dalam film Northanger Abbey dan A Monster Calls. Jane bertemu dengan Stephen Hawking saat dia menghadiri sebuah pesta bersama temannya.

Matanya langsung tertuju pada Stephen saat melihatnya untuk pertama kali. Mereka pun akhirnya mengobrol.

Sebelum pergi meninggalkan Stephen, Jane sempat memberikan nomor teleponnya pada Stephen. Kemudian Jane bertemu lagi dengan Stephen dan kali ini dia diajak untuk makan di keluarga Stephen.

Dari situ tumbuhlah benih-benih cinta dalam dirinya. Saat Stephen dinyatakan mengalami kelumpuhan otot, Jane bukannya meninggalkan Stephen tapi malah menyatakan cintanya.

Dia seorang wanita yang kuat dan teguh dalam pendirian. Jane berani membuat keputusan besar untuk menikah dengan Stephen yang saat itu divonis hanya punya waktu 2 tahun untuk hidup. Setelah memiliki anak, Jane harus disibukkan dengan mengurus anak-anaknya dan Stephen yang semakin hari semakin membutuhkan perawatan yang lebih khusus.

Sekuat-kuatnya Jane, dia pun akhirnya merasa lelah. Dia sangat senang saat Jonathan, guru choir-nya di gereja bersedia membantunya mengurus Stephen. Sekian lama sering bersama, Jane akhirnya menaruh hati pada Jonathan dan begitu juga sebaliknya.

Namun keduanya memutuskan untuk berpisah karena Jane lebih memilih untuk bersama Stephen yang waktu itu mengalami koma.

Hubungan Jane dan Stephen berubah saat kehadiran Elaine. Sampai suatu hari mereka akhirnya berbicara dari hati-ke hati tentang perasaan mereka. Jane akhirnya kembali pada Jonathan.

3. Charlie Cox – Jonathan Jones

pemeran-theory-of-everything-3_

Karakter Jonathan Jones yang diperankan oleh Charlie Cox pertama kali bertemu dengan Jane saat di gereja. Dirinya menjadi pengajar choir di gereja dan Jane datang untuk menjadi anggota choir. Jonathan kemudian diundang oleh Jane untuk bertamu ke rumahnya. Di sana dia akhirnya berkenalan dengan Stephen Hawking.

Meski sempat syok dengan kepercayaan Stephen yang tidak percaya Tuhan, tapi keduanya bisa mengobrol akrab. Saat itulah diketahui kalau Jonathan ternyata seorang duda. Istrinya meninggal karena penyakit leukimia. Kepada Stephen dia mengatakan pekerjaannya sebagai pengajar choir adalah untuk mengisi kesepian karena ditinggal istrinya.

Mengetahui kondisi Stephen, Jonathan menawarkan diri untuk bisa membantu keluarga tersebut. Dia mengajarkan piano pada Robert, anak Jane dan Stephen, membantu mengurus Stephen dan bermain bersama anak-anak. Ini membuat dirinya semakin akrab dengan Jane.

Meski awalnya sempat menahan diri, akhirnya Jonathan mengakui perasaannya pada Jane saat dirinya berpamitan setelah dituduh sebagai ayah anak bungsu Jane, Timothy, oleh ibu Stephen. Dia pun menjauh dari kehidupan Jane, sampai suatu hari Jane datang lagi padanya. Akhirnya dia kembali ke pangkuan Jane.

4. David Thewlis – Dennis Sciama

pemeran-theory-of-everything-4_

Dennis Sciama adalah supervisor Stephen Hawking saat sedang menyelesaikan program doktoralnya. Tokoh ini diperankan oleh David Thewlis yang muncul di seri film Harry Potter.

Sciama adalah orang yang mengenali bakat yang dimiliki oleh Stephen. Dia memperkenalkan yang memberikan dorongan pada Stephen saat Stephen belum mendapatkan ide untuk tesisnya.

Sciama juga yang membawa Stephen bertemu dengan Roger Penrose, matematikawan Inggris yang juga seorang fisikawan matematika, filsuf sains, serta peraih Nobel Fisika. Dia juga menjadi pengujinya saat Stephen mendapatkan gelar doktornya.

Dukungan Sciama untuk Stephen membawa Stephen bertemu dengan Isaak Markovich Khalatnikov, fisikawan teoretis Soviet terkemuka. Dialah yang memberikan pengakuan untuk teori Black Hole Stephen Hawking.

5. Maxine Peake – Elaine Mason

pemeran-theory-of-everything-5_

Jane menyewa Elaine untuk membantunya melatih Stephen untuk berkomunikasi. Dari awal pertemuannya dengan Stephen, Elaine yang diperankan oleh Maxine Peake ini, sudah tertarik dengan kepintaran yang dimiliki suami Jane tersebut. Kekagumannya dia ungkapkan pada Jane.

Hubungannya dengan Stephen semakin akrab. Tak hanya membantunya untuk urusan komunikasi, Elaine juga mengurus hal-hal pribadi Stephen, seperti undangan yang diterima oleh Stephen. Dia juga yang diminta oleh Stephen untuk menemaninya ke Amerika serikat.

6. Harry Lloyd – Brian

pemeran-theory-of-everything-6_

Harry Lloyd memerankan tokoh Brian, teman satu kampus juga satu kamar Stephen. Dialah yang membawa Stephen untuk lebih banyak bergaul termasuk mengajak Stephen masuk dalam tim dayung kampus.

Brian orang yang mengetahui penyakit Stephen dan juga yang memberi tahu Jane soal hal itu. Dia terus mendukung Stephen bahkan di masa tersulitnya sampai Stephen berhasil menjadi ilmuwan ternama.

7. Christian McKay – Roger Penrose

pemeran-theory-of-everything-7_

Tokoh Roger Penrose yang dibintangi oleh Christian McKay adalah seorang matematikawan Inggris yang juga seorang fisikawan matematika, filsuf sains, serta peraih Nobel Fisika. Dirinya bertemu dengan Stephen saat Dennis Sciama membawa Stephen dan teman-temannya dalam ceramah umumnya.

Saat Stephen sedang menyelesaikan tesisnya, dia ikut berpartisipasi. Penrose menjadi salah satu profesor penguji ketika Stephen mendapatkan gelar doktornya.

8. Simon McBurney – Frank Hawking, Ayah Stephen Hawking

pemeran-theory-of-everything-8_

Ayah Stephen Hawking, Frank Hawking, diperankan oleh Simon Mc Burney. Dia adalah seorang ahli penyakit tropis. Dia memiliki dua anak perempuan dan seorang anak laki-laki yang diadopsinya. Istrinya bernama Isobel.

Frank orang yang ramah. Dia menyambut kehadiran Jane di rumahnya dengan tangan terbuka. Ketika mengetahui penyakit anaknya, Frank memperingatkan Jane tentang kesulitan yang akan ia alami jika menikahi anaknya.

Dia sangat mengkhawatirkan kehidupan Stephen dan Jane. Dirinya menyarankan Stephen untuk memiliki pembantu yang permanen karena sepertinya dia tidak begitu setuju dengan kehadiran Jonathan sebagai pembantu Stephen.

Itulah 8 pemeran The Theory of Everything yang menceritakan kehidupan Stephen Hawking, seorang ahli kosmologi dan fisikawan terkenal dari Inggris. Karena ini film biopic maka ceritanya dibumbui dengan drama kehidupan.

Eddie Redmayne, yang memerankan Stephen Hawking, bertemu sekali dengan tokoh aslinya sebelum melakukan syuting. Dia juga kehilangan berat badannya saat memerankan tokoh Stephen. Apakah kamu tertarik untuk menonton filmnya?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram