bacaterus web banner retina

9 Pemeran Film The Martian, Misi Penyelamatan Astronot

Film bertemakan misi penyelamatan di luar angkasa memang sudah banyak diproduksi. Sebut saja Armageddon, Interstellar, atau Gravity, film-film tersebut berlatar luar angkasa meskipun dengan jalan cerita yang berbeda. Ada pula film The Martian yang tak hanya mengambil tema misi luar angkasa, tapi juga tentang 'survival'.

Di film ini, sang astronot ditinggal di planet Mars karena disangka sudah meninggal akibat peristiwa badai. Nyatanya, sang astronot yang bernama Mark Watney masih hidup.

Alur cerita serta setting yang tak biasa membuat film ini mendulang sukses di pasaran pada perilisannya. Hal ini juga tak lepas dari kemampuan akting para pemerannya. Siapa saja? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Matt Damon (Mark Watney)

pemain-the-martian-1_

Karakter utama yang merupakan seorang botanist bernama Mark Watney ini diperankan oleh Matt Damon. Sejak awal, Matt Damon sudah dianggap sangat cocok memerankan karakter Mark Watney. Untunglah pada akhirnya Matt Damon pun sepakat untuk memainkan peran ini.

Sebelum dikirim oleh NASA dalam misi ke Mars, Mark memang adalah seorang botanist yang handal. Keahlian Mark Watney sebagai botanist inilah yang kemudian bisa menyelamatkan hidupnya meskipun ia harus bertahan hidup dalam keadaan minim oksigen dan bahan makanan seadanya di Mars.

Saat terjebak di Mars, Mark sempat ingin menyerah. Tapi ia melihat harapan hidup ketika ia berhasil menumbuhkan kentang di dalam markas mereka. Ia mengkonsumsi kentang sepanjang tahun dan mendapatkan air dari uap hasil pembakaran api. Sayangnya, hasil eksperimen Mark ini akhirnya harus hancur setelah adanya kerusakan masif di dalam markas.

2. Jessica Chastain (Melissa Lewis)

pemain-the-martian-2_

Setiap misi ke luar angkasa tentu saja ada seorang kapten yang hebat. Tim Ares III memiliki Melissa Lewis yang diperankan oleh Jessica Chastain. Wanita kelahiran 24 Maret 1977 ini memerankan sosok komandan wanita yang tangguh dan pantang menyerah. Dialah yang memimpin misi ke Mars ini.

Ketika ada badai menerpa tim Ares III, Mark Watney terhempas serpihan benda hingga ia terlempar jauh. Semua anggota tim mencari Mark tapi hanya komandan Lewis yang bersikeras untuk tinggal di Mars untuk mencari Mark.

Seluruh tim menganggap Mark sudah tewas karena ia sama sekali tak menjawab panggilan tim. Mereka lalu pergi meninggalkan markas di Mars dan kembali ke bumi

Karena peristiwa itu, komandan Lewis merasa sangat kehilangan. Ia juga merasa sangat bersalah karena akhirnya meninggalkan Mark yang belum jelas nasibnya. Padahal komandan Lewis yakin bahwa Mark masih hidup.

3. Jeff Daniels (Teddy Sanders)

pemain-the-martian-3_

Selalu ada peran antagonis dalam sebuah film. Di film The Martian, karakter antagonis ini dibawakan oleh Jeff Daniels yang berperan sebagai Teddy Sanders. Karakter Teddy sebenarnya tidak terlalu jahat. Ia hanya tidak ingin terlalu pusing dan mengeluarkan biaya banyak untuk menjemput Mark Watney pulang ke bumi.

Meskipun punya kesan antagonis, pada akhirnya Teddy Sanders ini turut optimis bisa memulangkan Mark Watney ke bumi dengan selamat. Di film ini, Jeff Daniels memang terlihat sangat tegas dan berwibawa. Padahal sebelumnya, Jeff pernah mendapat peran konyol lewat film komedinya dengan Jim Carrey yang berjudul Dumb and Dumber.

4. Chiwetel Ejiofor (Vincent Kapoor)

pemain-the-martian-4_

Selain komandan Lewis yang percaya Mark Watney masih hidup, ada juga karakter Vincent Kapoor, sebagai direktur misi ke Mars, yang juga percaya bahwa mereka bisa menyelamatkan Mark.

Karakter ini diperankan oleh aktor asal Inggris yang berdarah Nigeria, Chiwetel Ejiofor. Aktor satu ini memang memiliki karakter wajah india sehingga kerap diberi peran sebagai orang India.

Awalnya, Vincent juga putus asa karena sangat sulit untuk memastikan kondisi Mark di Mars. Namun ia berusaha untuk melihat berbagai kemungkinan. Hingga akhirnya Mindy Park menginfokan jika ia melihat pergerakan gambar yang diterima di satelit mereka.

Vincent mencoba membaca pergerakan tersebut. Dari situlah Vincent langsung turut bergerak dan mencoba memahami apa yang hendak dilakukan Mark. Ia kemudian mencoba menghidupkan kembali alat komunikasi dari bumi ke Mars yang sudah lama tak terpakai.

5. Mackenzie Davis (Mindy Park)

pemain-the-martian-5_

Salah satu orang yang sangat berjasa dalam penyelamatan Mark Watney adalah Mindy Park. Karakter ini diperankan oleh Mackenzie Davis, aktris asal Kanada yang pertama kali debut di tahun 2013. Di film ini, Mindy Park bekerja di NASA sebagai komunikator satelit. Dialah orang yang bertugas mengirimkan email ataupun berbagai pesan ke tim luar angkasa.

Mindy Park adalah sosok yang pertama kali sadar bahwa Mark Watney masih hidup. Dia melihat Rover bergerak dari satu titik ke titik tertentu. Menyadari Mark masih hidup, Mindy langsung memberitahukan apa yang ia lihat ke Vincent Kapoor.

Mereka pun langsung bergerak dalam misi penyelamatan. Sayangnya, penyelamatan ini awalnya terkendala karena Teddy Sanders menolak untuk memberitahukan tim Ares III bahwa Mark masih hidup. Namun pada akhirnya Mindy, Vincent, dan tim mereka lainnya tak menyerah dan terus berupaya menyelamatkan Mark.

6. Kristen Wiig (Annie Montrose)

pemain-the-martian-6_

Saat Mark dikabarkan gugur dalam misi ke Mars, NASA langsung bergerak untuk memberitahukan kabar ini ke publik. Orang yang bertugas menyampaikan kabar tersebut adalah Annie Montrose, seorang direktur PR NASA. Karakter Annie ini diperankan oleh Kristen Wiig, seorang aktris, komedian, dan juga penulis asal Amerika.

Kristen Wiig berhasil membawakan peran Annie Montrose, wanita yang powerful dan mandiri. Meskipun awalnya mendapat kecaman karena berita yang disampaikan simpang siur, namun Annie mampu mengatasi kekacauan di publik dengan baik.

7. Kate Mara (Beth Johanssen)

pemain-the-martian-7_

Beth Johanssen merupakan salah satu anggota tim Ares III yang juga ikut dalam misi ke Mars. Ia adalah sosok perempuan yang tak kalah tangguh dengan komander Lewis.

Di film ini, Beth jatuh cinta dengan rekan se-timnya yaitu Chris Beck. Karakter Beth sendiri diperankan oleh aktris cantik Kate Mara. Aktris kelahiran 27 Februari 1983 ini juga istri dari aktor terkenal, Jamie Bell.

8. Michael Pena (Rick Martinez)

pemain-the-martian-9_

Meskipun terkesan serius, film The Martian juga diwarnai dengan komedi ringan. Salah satu karakter yang cukup membawa angin segar adalah Rick Martinez yang diperankan oleh Michael Pena.

Rick merupakan seorang pilot handal. Dialah yang membawa seluruh tim menuju planet Mars. Kecakapannya dalam mengemudikan pesawat ini sukses membawa Mark Watney pulang ke bumi.

9. Sebastian Stan (Chris Beck)

pemain-the-martian-8_

Aktor tampan Sebastian Stan juga turut membintangi film The Martian meskipun porsi yang ia perankan tak begitu banyak. Disini, Stan berperan sebagai Chris Beck, salah satu anggota tim Ares III.

Chris bekerja sebagai astronot sekaligus dokter bedah. Sayangnya, karakter Chris tak banyak ditonjolkan dalam film ini. Meskipun ia bekerja sebagai ahli bedah, tidak ada adegan yang menunjukannya.

Itu dia 8 karakter utama yang ada di film The Martian yang perlu kamu ketahui. Meskipun sepanjang film kamu hanya akan lebih banyak disuguhkan dengan monolog Mark Watney, tapi karakter-karakter pendukung ini turut menghadirkan warna dalam film The Martian.

Berkat kemampuan akting para pemainnya, film The Martian berhasil menyabet berbagai nominasi sekaligus menang dalam berbagai ajang penghargaan bergengsi. Dari ke 8 pemainnya ini, karakter mana yang jadi favoritmu? Tuliskan di kolom komentar ya!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram