bacaterus web banner retina

Inilah 10 Pemeran Utama Film The Legend of Tarzan (2016)

The Legend of Tarzan memang berusaha menampilkan kisah karakter fiktif legendaris ini ke dalam bingkai sejarah. Ide cemerlang ini kemudian diwujudkan ke dalam layar oleh David Yates yang terkenal sebagai sutradara film-film dari semesta Harry Potter.

Memasukkan beberapa tokoh nyata sebagai karakter yang mendampingi petualangan Tarzan di rimba Afrika, film ini didukung oleh para bintang film papan atas Hollywood.

Siapa saja mereka? Berikut kami perkenalkan, juga dilengkapi dengan profil dan karakter yang mereka bawakan. Langsung dibaca saja artikelnya, ya!

Baca juga: Sinopsis & Review The Legend of Tarzan, Kembali ke Rimba Afrika

1. Alexander Skarsgard (John Clayton III/Tarzan)

Alexander Skarsgard (Tarzan)_

Diceritakan di dalam film ini, John Clayton sudah lama menanggalkan julukan Tarzan dan hidup beradab di London. Namun ketika George Washington Williams memaparkan adanya praktik perbudakan di Afrika, John Clayton kembali pulang ke rumah tempat dia dibesarkan.

Di dalam perjalanannya, Tarzan menemukan bukti adanya perbudakan dan niat balas dendam dari seorang kepala suku kepadanya.

Tarzan pun harus berhadapan dengan Akut, kera besar yang merupakan kakak angkatnya. Sempat berseteru, Tarzan berhasil menyatukan kekuatan rimba untuk melawan pihak kolonial Belgia.

Tarzan sudah menikah dengan Jane dan belum mendapatkan anak karena pernah keguguran. Namun setelah memilih tinggal di rimba kembali, mereka dikaruniai seorang anak yang disambut meriah oleh rakyatnya.

Untuk menghidupkan karakter Tarzan, Alexander Skarsgard latihan secara rutin selama 4 bulan untuk mendapatkan fisik yang prima. Perannya ini juga dia maksudkan sebagai kejutan bagi ayahnya, Stellan Skarsgard, yang merupakan penggemar berat Tarzan.

2. Samuel L. Jackson (George Washington Williams)

Samuel L. Jackson (George Washington Williams)

George Washington Williams adalah seorang tokoh nyata dari sejarah Amerika Serikat. Dia adalah jurnalis yang berhasil membongkar praktik perbudakan yang dilakukan oleh kolonial Belgia di Kongo. Fakta ini menjadi dasar cerita film The Legend of Tarzan.

Samuel L. Jackson membawakan karakter ini sesuai zona amannya, yaitu sidekick yang banyak bicara dan mengundang kelucuan.

Di dalam film, George Washington Williams diceritakan adalah seorang pengusaha yang pernah terjun dalam peperangan melawan Indian yang berhasil menarik perhatian Tarzan untuk kembali ke Afrika.

Faktanya, selain peperangan tersebut, George Washington Williams juga terlibat dalam American Civil War sejak usia 14 tahun.

George Washington Williams berhasil mengumpulkan data dan bukti adanya praktik perbudakan yang kemudian dia layangkan dalam sebuah surat terbuka yang membuat gerah Kerajaan Belgia.

Dalam film, dia berhasil membujuk Chief Mbonga dan seluruh suku di Kongo untuk melawan pasukan kolonial di pelabuhan.

3. Margot Robbie (Jane Clayton)

Margot Robbie (Jane Clayton)

Tidak ada yang pantas memerankan sosok Jane kecuali Margot Robbie. Dengan wajah cantik namun tegas, badan yang tegap dan rambut pirangnya sangat sesuai dengan penggambaran yang ada di komik dan film animasinya.

Jiwanya yang bebas dan rindu alam Afrika, membuatnya sangat antusias untuk kembali ke sana. Tidak disangka, Jane menjadi sandera untuk memancing kedatangan Tarzan.

Jane berhasil lepas dari sekapan dengan kecerdikannya. Tersirat beberapa adegan flashback tentang pertemuan pertama Jane dengan Tarzan yang cukup mengokohkan pondasi emosi dalam ceritanya.

4. Christoph Waltz (Captain Leon Rom)

Christoph Waltz (Captain Leon Rom)

Sama seperti George Washington Williams, Leon Rom juga adalah tokoh dalam sejarah kolonial Belgia di Kongo. Leon Rom dikenal kesadisannya saat bertugas sebagai pejabat kolonial. Dikabarkan dia memenggal 21 kepala rakyat Kongo untuk dijadikan dekorasi di kamarnya.

Christoph Waltz membawakan karakter ini dengan gaya yang nyaris sama dengan Hans Landa. Karakter antagonis di film Inglourious Basterds (2009) ini adalah yang melambungkan karirnya di dunia film. Dengan gelang rosario yang dijadikan senjata, kekuatannya sangat ditakuti.

Ditugaskan oleh Raja Leopold II untuk mengeruk permata dari Opar, Leon Rom melakukan negosiasi dengan Chief Mbonga dengan mendatangkan Tarzan ke Afrika. Siasatnya berhasil dan dia menuntun Tarzan untuk berhadapan dengan kepala suku yang penuh dendam itu.

Berusaha mendatangkan pasukan lebih banyak, pelabuhan utama mereka diserang habis-habisan oleh rakyat Kongo yang dibantu kekuatan rimba Tarzan.

Seluruh hewan rimba dibawa oleh Tarzan untuk menghancurkan pelabuhan dan membuat takut pasukan kolonial. Leon Rom tewas direncah sekelompok buaya yang dipanggil oleh Tarzan.

5. Djimon Honsou (Chief Mbonga)

Djimon Honsou (Chief Mbonga)

Aktor asal Benin ini sudah dua kali masuk nominasi Oscar lewat film In America (2002) dan Blood Diamond (2006). Karakter Chief Mbonga yang diperankan olehnya diceritakan menyimpan dendam kepada Tarzan.

Penyebabnya adalah karena Tarzan telah membunuh putranya. Oleh karena itu, Chief Mbonga membuat kesepakatan dengan Leon Rom untuk mendatangkan Tarzan dengan imbalan permata dari Opar.

Setelah berjumpa dan bertarung dengan Tarzan, dirinya kemudian sadar bahwa kesalahan ada pada putranya yang telah membunuh Kala, kera besar yang mengasuh Tarzan dari bayi.

Kemudian dia juga sadar bahwa dirinya telah diperdaya oleh kaum kolonial. Chief Mbonga kemudian mengajak sukunya berperang di sisi Tarzan.

6. Jim Broadbent (The 3rd Marquess of Salisbury)

Jim Broadbent (The 3rd Marquess of Salisbury)

Robert Gascoyne-Cecil, atau biasa dikenal dengan nama 3rd Marquess of Salisbury adalah Perdana Menteri Inggris dengan tiga masa jabatan sejak 1885 sampai 1902. Di masanya, dia membuat kebijakan agar Inggris tidak bersekutu dengan siapapun, yang dikenal sebagai “splendid isolation”.

Dalam film The Legend of Tarzan, tokoh politik ini diperankan oleh Jim Broadbent. Aktor ini pernah meraih Oscar sebagai Best Supporting Actor lewat film Iris (2001).

Sayangnya, karakter ini tidak terlalu berpengaruh dalam cerita. Tawarannya kepada John Clayton untuk mewakili negara ke Kongo ditolak dengan sopan.

7. Casper Crump (Major Kerckhover)

Casper Crump (Major Kerckhover)

Aktor asal Denmark yang dikenal sebagai pemeran Vandal Savage di Arrowverse ini membawakan karakter Major Kerckhover, tangan kanan Leon Rom dalam setiap aksinya.

Sejak menangkap Jane, dia selalu bersikap kasar kepadanya, tapi selalu berhasil diredam oleh Leon Rom. Dirinya tidak berdaya ketika Tarzan dan teman-temannya menyerang pelabuhan.

8. Ben Chaplin (Captain Moulle)

Ben Chaplin (Captain Moulle)

Aktor asal Inggris ini kebagian peran kecil sebagai Captain Moulle yang memimpin pasukan Belgia dalam ekspedisi mencari permata dari Opar di awal film.

Ketika memasuki wilayah Opar, pasukannya diserang oleh penduduk setempat. Banyak dari pasukannya menjadi korban. Namun situasi berhasil ditenangkan oleh Leon Rom yang mengajukan negosiasi kepada Chief Mbonga.

9. Hadley Fraser (John Clayton II)

Hadley Fraser (John Clayton II)

Aktor ini lebih sering berakting di atas panggung daripada di depan layar. Perannya sebagai John Clayton II, ayah dari Tarzan, cukup singkat.

Diceritakan, dia dan istrinya terdampar di rimba Afrika setelah kapal yang mereka tumpangi karam. Dia tewas ketika melindungi keluarganya dari serangan sekelompok kera besar yang disebut Mangani.

10. Genevieve O’Reilly (Alice Clayton)

Genevieve O’Reilly (Alice Clayton)

Aktris asal Irlandia ini juga hanya tampil dalam satu adegan flashback saat Tarzan masih bayi. Setelah melahirkan di tengah rimba Afrika, sekelompok kera besar menyerang tempat mereka tinggal.

Alice dan John tewas di tangan kera Mangani itu. Beruntung bayinya dibawa dan diasuh oleh Kala, kera besar betina yang mengasuh Tarzan hingga dewasa.

Itulah 10 aktor dan aktris yang membintangi film The Legend of Tarzan. Didominasi oleh para pemeran asal Inggris, sesuai lokasi syuting film ini, sebagian besar tampil dalam performa yang bagus.

Hanya saja karena jalan cerita yang terlalu umum dan visual effect yang kurang rapih, membuat film ini tidak tampil lebih baik.

Masih layak ditonton ulang, terutama bagi para penggemar Tarzan yang sering berayun dari pohon ke pohon dengan lolongan khasnya. Selamat menonton!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram