bacaterus web banner retina

10 Pemeran Penting The King’s Speech, Aktingnya Luar Biasa!

Film The King’s Speech adalah film biografi yang menceritakan tentang Kerajaan Britania Raya. Fokusnya adalah Peralihan dari King Edward ke King George VI dengan segala permasalahan yang dimiliki. 

Saat King George V meninggal, Prince Edward seharusnya naik tahta. Akan tetapi ia memutuskan menikahi seorang janda bernama Wallis Simpson. Keputusan itu membuatnya harus menyerahkan tahta sebagai raja. 

Hal ini, membuat Prince Albert, nama kecil King George VI, mau tidak mau menjabat sebagai Raja Britania Raya. Namun, ia memiliki masalah dalam berbicara di depan umum.

King George VI gagap dan harus menyembuhkan masalah tersebut untuk menjadi raja. Hal ini yang membuatnya memanggil terapis. Di sinilah cerita ini bermulai. 

Latar waktu sekitar 1920-an sampai 1930-an memberikan perasaan mendalam tentang film ini. Dari film The King’s Speech pula kamu bisa mengetahui bagaimana keadaan “di balik layar” dari Kerajaan Britania Raya. Bahkan, film ini pun memborong banyak sekali penghargaan. 

Penghargaan tersebut di antaranya adalah, Film Terbaik, Aktor Terbaik, Naskah Asli Terbaik, dan Sutradara Terbaik dari Academy Award 2011. 

Ada lagi dari British Academy Film Award 2011 dalam kategori Film Terbaik, Film Inggris Terbaik, Aktor Utama Terbaik, Aktor Pendukung Terbaik, Aktris Pendukung Terbaik, Musik Film Terbaik, dan Skenario Asli Terbaik. Untuk Golden Globe 2011, penghargaan sebagai Aktor Terbaik pun berhasil dibawa pulang. 

Lalu, siapakah para pemeran yang sanggup membuat film ini memborong banyak penghargaan? Yuk, intip daftar 10 pemeran The King’s Speech yang aktingnya luar biasa dan menyenangkan untuk ditonton.

1. Collin Firth (King George VI)

colin firth_

Sudah banyak memang film dengan latar keluarga Kerajaan Britania Raya. Kali ini, peran King George VI pada film The King’s Speech diperankan oleh Colin Firth. Aktor Inggris papan atas ini memberikan sentuhan atas kegagapan King George VI pada sebelum dan awal menjabat sebagai raja dengan sangat apik. 

Kamu akan merasakan kegagapan, frustasi, sedih, dan juga keinginan untuk didengarkan oleh lawan bicaranya. Semua emosi dilebur dalam penokohan ini. Ada satu quote yang benar-benar menyentuh dan membangunkan dirinya sendiri, “Because I have a voice!”

Atas perannya sebagai King George VI di The King’s Speech, Colin Firth membawa pulang beberapa penghargaan, seperti Academy Award 2011 untuk aktor terbaik, British Academy Film Award 2011 untuk Aktor Utama Terbaik, Golden Globe Award 2011 untuk Aktor Terbaik, dan banyak lagi.

2. Geoffrey Rush (Lionel Logue)

geoffrey rush_

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa sosok Lionel Logue adalah seseorang yang membantu King George VI untuk mengatasi kegagapannya. Peran yang dimainkan oleh Geoffrey Rush ini menunjukan peran yang berbeda dalam satu orang; sisi seorang terapis, aktor amatir, suami, serta ayah.

Lionel Logue adalah orang Australia yang datang ke Inggris setelah terjadinya perang. Setelah para tentara perang pulang ke Australia, ia membantu mereka untuk berbicara. Karena para tentara terlalu ketakutan sampai tidak sanggup untuk berbicara. Dari sanalah peran terapis itu diambil. 

Menariknya, ia merahasiakan kepada keluarganya bahwa salah satu pasiennya adalah seorang keluarga kerajaan. Namun, ia tetap menceritakan keseluruhan hari kepada sang istri. Di lain waktu, Lionel Logue bermain dan menghabiskan waktu dengan anak-anaknya dengan cara yang menarik. 

Lionel Logue memiliki cara yang berbeda untuk terapi berbicara. Beberapa kali Lionel Logue dan King George VI terlibat argumentasi sampai beberapa kali. Pada akhirnya, Lionel Logue adalah salah satu orang kepercayaan sekaligus sahabat sang raja sampai akhir hayatnya. Ia juga diberi gelar ksatria oleh King George VI. 

Sosok Lionel Logue diperankan oleh Geoffrey Rush. Ia adalah aktor Australia yang berhasil memenangkan Best Actor in a Supporting Role pada British Academy Film Awards 2011 dan Best Cast dari Screen Actors Guild Awards 2010 untuk perannya di film The King’s Speech

3. Helena Bonham Carter (Queen Elizabeth)

helena bonham carter_

Sosok Queen Elizabeth tidak boleh dilewatkan bila berkaitan dengan King George VI. Queen Elizabeth pada film ini menunjukan karakter istri yang selalu mendukung suami, apa pun yang terjadi, dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Ia adalah pendukung nomor satu King George VI. 

Queen Elizabeth pula yang mendatangi Lionel Logue untuk membantu sang suami mengatasi kegagapannya. Menariknya, beberapa kali ia berada di tengah mengatasi argumentasi antara King George VI dan Lionel Logue. 

Queen Elizabeth dimainkan dengan menakjubkan oleh Helena Bonham Carter. Aktris Inggris ini mendapatkan banyak pujian atas perannya tersebut. Ia mendapatkan Best Actrees for Supporting Role dari BAFTA Awards 2011 dan nominasi untuk Academy Awards 2011 untuk kategori Best Supporting Actress. 

4. Guy Pearce (Prince Edward/King Edward VIII)

guy pearce_

Alasan munculnya King’s Speech tentu saja tidak lain karena Prince Edward atau King Edward VIII memberikan tahtanya kepada sang adik, King George VI. Tahta yang diberikan membuat sang adik melakukan pidato kenegaraan Inggris memasuki masa Perang Dunia II. 

Prince Edward diperankan oleh Guy Pearce. Pada film ini, karakter anak pertama dari King George V adalah orang yang memiliki prinsip berbeda dari kerajaan, senang berpesta, mudah jatuh cinta, dan percaya dengan keputusan untuk dirinya sendiri.

Sedikit menyebalkan memang karakter tersebut di film ini. Tapi berarti Guy Pearce bisa membawanya dengan baik. Sebelum memainkan sosok King Edward VIII, Guy Pearce sudah memerankan banyak peran dalam 26 judul film yang berbeda. Salah satunya adalah sebagai Andy Warhol untuk film Factory Girl.

5. Jennifer Ehle (Myrtle Logue)

jennifer ehle_

Pemeran The King’s Speech selanjutnya adalah Jennifer Ehle yang memerankan istri dari Lionel Logue, Myrtle Logue.

Myrtle Logue memang muncul sesekali tetapi memberikan kesan mendalam dalam mendukung suami. Ia juga yang pertama mengetahui bahwa pasien yang memberikan pengaruh kepada sang suami adalah King George VI. 

Melalui perannya sebagai Myrtle Logue, ia memenangkan kategori Best Cast in a Motion Picture dari Screen Actors Guild Award 2010. Jennifer Ehle dikenal sebagai peran Elizabeth Bennet untuk Pride and Prejudice pada 1995.  

6. Michael Gambon (King George V)

michael gambon_

Michael Gambon memerankan King George V dengan sangat baik walau hanya beberapa menit saja. Kesan kuat dari raja yang pernah melalui Perang Dunia I dan tegas terlihat pada adegan pertama.

Ia juga mendorong Prince Albert untuk melakukan pidato, seakan mengetahui bahwa anak pertamanya akan memberikan tahta kepada sang adik. 

Pada adegan yang berbeda, King George V terlihat sangat rapuh dan sakit, berbeda dengan impresi pertama yang diberikan. Dua kondisi berbeda ini diperankan dengan baik oleh Michael Gambon. 

Aktor Inggris-Irlandia ini memang sudah melakukan banyak peran sebelum The King’s Speech. Bahkan, banyak penghargaan yang sudah ia raih dari peran-perannya tersebut. Salah satu yang terkenal adalah perannya sebagai Profesor Dumbledore di film seri Harry Potter

7. Timothy Spall (Winston Churchill)

timothy spall_

Pemeran The King’s Speech lain yang tidak boleh dilewatkan adalah Timothy Spall yang memerankan Winston Churchill. Pada film ini, sosok Winston Churchill adalah salah satu teman dekat King George VI yang mendukung sang raja. 

Ia memberi tahu bahwa dia mengalami kesulitan yang sama saat menghadapi mikrofon. Hal ini membesarkan hati King George VI. Apalagi saat sang raja akan memberikan pidato penting memasuki Perang Dunia II. 

Timothy Spall memenangkan kategori Best Ensemble in Motion Picture pada penghargaan Screen Actors Guild Awards 2010 atas perannya sebagai Winston Churchill. 

8. Anthony Andrews (Prime Minister Stanley Baldwin)

anthony andrews_

Pada masa akhir jabatan King George V, perdana menteri yang menjabat adalah Stanley Baldwin. Sosok ini dimainkan oleh Anthony Andrews. Walau peran ini hanya pelengkap, tetapi perannya dilakukan dengan sangat baik oleh sang aktor. 

Terbukti dari ia memenangkan Outstanding Performance by a Cast in a Motion Picture dari Screen Actors Guild Awards 2011 dan Best Motion Picture Ensemble of the Year dari Santa Barbara International Film Festival 2011. 

9. Eve Best (Wallis Simpson)

eve best_

Tentu saja, belum afdhol bila membicarakan former King Edward VIII tanpa membicarakan sosok Wallis Simpson. Perempuan yang dipilih mantan raja Britania Raya sebagai istri membuatnya harus melepaskan tahta. Hal ini karena Wallis Simpson adalah perempuan yang bercerai dengan dua suami yang masih hidup. 

Wallis Simpson di The King’s Speech diperankan oleh Eve Best. Aktris Inggris ini memang lebih sering bermain di drama televisi dan teater daripada film. Peran sebagai Natasha Bloom di Walking the Dead mungkin membangkitkan ingatan akan Eve Best. 

10. Freya Wilson (Princess Elizabeth)

freya wilson_

Sejujurnya, karakter Princess Elizabeth kecil di sini memberikan kesan tersendiri dan berbeda untuk mendukung King George VI. Dari matanya, ia percaya bahwa sang ayah mampu dan mendukungnya. Ia juga yang menyadari bahwa sang ayah menjadi raja tetapi tetap memberikan perhatiannya sebagai anak. 

Princess Elizabeth kecil diperankan dengan baik oleh Freya Wilson. Setelah berperan sebagai Princess Elizabeth, aktris Inggris ini memerankan Eiza Reed kecil di film Jane Eyre

Demikian daftar pemeran The King’s Speech yang meraih banyak penghargaan dan pujian. Memang film ini bertabur pemeran profesional papan atas. Kepuasan menonton film ini sangat terasa karena setiap pemeran membawa perannya dengan luar biasa. Yang sudah nonton, siapa tokoh favoritmu di film ini?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram