bacaterus web banner retina

Inilah 10 Pemeran Penting The King of Tears, Lee Bang Won

Drama The King of Tears, Lee Bang Won (2021) bercerita tentang sejarah awal berdirinya Kerajaan Joseon sampai ke masa pemerintahan Raja Sejong atau raja ke empat Dinasti Joseon. Sebagian besar para aktor yang dilibatkan adalah aktor senior dengan jam terbang tinggi.

Mengingat karakter yang diperankan oleh masing-masing aktor adalah tokoh nyata, penting dan bersejarah, berperan dalam drama ini cukup berisiko.

Jika terjadi kesalahan dalam mencitrakannya sosok tertentu, bisa fatal. Tidak heran jika pemeran yang dilibatkan pun sudah teruji. Lantas siapa saja pemeran The King of Tears, Lee Bang Won (2021)?

1. Lee Bang Won (Joo Sang Wook)

Lee Bang Won (Joo Sang Wook)

Pemeran The King of Tears, Lee Bang Won (2021) yang pertama dan utama adalah aktor senior Joo Sang Wook. Dengan pembawaannya yang luwes serta meyakinkan, Joo Sang Wook terlihat tidak kesulitan menghidupkan sosok Lee Bang Won atau Raja Taejong, raja ketiga Dinasti Joseon.

Lee Bang Won merupakan putra kelima atau putra lelaki terakhir dari pasangan Lee Seong Gye dan Queen Shinui Han.

Dia satu-satunya keturunan Lee Seong Gye yang tidak mendapat pendidikan kemiliteran. Ketika kakak-kakaknya sibuk berperang, Lee Bang Won sibuk belajar.

Oleh karena itu di antara putra Lee Seong Gye yang lain hanya dia yang bekerja di kursi pemerintahan selama Dinasti Goryeo.

Di balik sikapnya yang terpelajar dan tenang, Lee Bang Won adalah sosok yang berambisi. Dia juga pembangkang dan berani melanggar larangan yang ditetapkan Lee Seong Gye.

Dengan alasan membangun kerajaan baru untuk ayahnya, dia tega membunuh siapa pun, termasuk salah satu sahabat ayahnya dan tokoh cendekiawan Goryeo.

Lee Bang Won menjadi semakin serakah dan mulai mengincar posisi Raja Joseon. Agar tujuannya terwujud dia tidak segan-segan membunuh adik tirinya. Lee Bang Won sosok yang mengerikan; penuh darah dan air mata.

Ambisi Lee Bang Won berubah jadi obsesi. Untuk melindungi tahtanya dia mencurigai banyak pihak lalu membunuh mereka.

Sebagai suami, dia sosok yang penyayang tetapi semua berubah ketika obsesi menguasai dirinya. Bang Won bahkan tidak segan-segan mencampakkan istrinya yang setia dan selalu mendukung.

Lee Bang Won tidak pernah puas dengan kekuasaan yang dia pegang. Sampai menjelang ajal dia tidak melepaskan kekuasaan sepenuhnya ke tangan Pangeran Chungnyeong, yang sudah dia lantik menjadi penerusnya.

2. Lee Seong Gye (Kim Young Chul)

Lee Seong Gye (Kim Young Chul)

Aktor senior Kim Young Chul berperan sebagai Lee Seong Gye. Dia merupakan raja pertama Dinasti Joseon yang hancur oleh obsesi putranya sendiri.

Sebagai ayah dia sosok yang tidak menghendaki jika putra-putranya sampai berkelahi untuk memperebutkan kekuasaan. Lee Seong Gye memiliki dua istri yang masing-masing memberinya beberapa keturunan.

Dari pernikahan pertama bersama Queen Shinui Han, dia memiliki lima putra dan dua putri, salah satunya Lee Bang Won.

Dari pernikahan kedua bersama Queen Sindeok, Lee Seong Gye dikaruniai dua putra dan satu putri. Keluarga Lee Seong Gye yang semula harmonis berubah mencekam ketika masing-masing mulai haus kekuasaan.

Sebagai ayah, Lee Seong Gye tidak bisa menyatukan putra-putranya. Dia membuat keputusan yang dianggap merugikan dan menyinggung salah satu keturunannya.

Lee Seong Gye atau Raja Taejo sangat mencintai Queen Sindeok. Sebaliknya dia kehilangan kepercayaan kepada Lee Bang Won. Raja Taejo memperlakukan Lee Bang Won sebagai anak durhaka.

Konflik dirinya dan Lee Bang Won sangat panas, meski begitu dia tidak sampai hati membunuh putranya sendiri. Di hatinya masih tersisa kasih sayang untuk Lee Bang Won.

Walau sulit memaafkan, Raja Taejo akhirnya membuka hati untuk Lee Bang Won sesaat sebelum kematiannya.

3. Lady Min/Queen Wongyeong (Park Jin Hee)

Queen Wongyeong (Park Jin Hee)

Aktris Park Jin Hee menjadi pemeran The King of Tears, Lee Bang Won (2021) selanjutnya dengan posisi yang penting. Dia dipercaya menghidupkan sosok Queen Wongyeong atau Lady Min, yaitu istri dari Lee Bang Won.

Lady Min adalah wanita yang lembut, cerdas dan kuat. Dia senantiasa setia mendampingi Lee Bang Won dalam keadaan apa pun.

Lady Min adalah orang pertama yang selalu percaya dan mendukung suaminya menjadi raja Joseon selanjutnya.

Sayangnya, selama menjadi istri Lee Bang Won, Lady Min banyak kehilangan orang-orang terdekatnya. Pengorbanan dan pengabdiannya membantu Lee Bang Won dibalas tuba.

Lady Min sosok ibu yang sangat menyayangi dan melindungi putra-putranya. Walau sempat dikecewakan putra tertuanya dia tidak menyimpan kekesalan yang berlarut-larut.

Lady Min hanya kecewa pada Lee Bang Won. Dia pasrah menerima takdirnya tapi juga tak bersedia memaafkan suaminya sampai ajal tiba.

4. Queen Sindeok (Ye Ji Won)

Queen Sindeok (Ye Ji Won)

Ye Ji Won berperan sebagai Queen Sindeok, yaitu istri kedua Lee Seong Gye. Dalam drama ini, Queen Sindeok digambarkan sebagai sosok ratu yang cerdas dan penuh strategi.

Bersama Lee Bang Won dia berusaha mengangkat suaminya menjadi raja dari dinasti yang baru pasca keruntuhan Goryeo.

Namun, setelah semua tujuannya tercapai, Queen Sindeok dicitrakan berubah jadi sosok yang licik dan berkhianat. Akibat pengkhianatannya hubungan Lee Bang Won dan Lee Seong Gye menjadi semakin buruk.

Dia wanita yang haus kekuasaan sekaligus berwajah dua. Kematiannya membuat Lee Seong Gye hancur dan terpukul. Raja Taejo semakin menyalahkan dan membenci Lee Bang Won.

5. Prince Chungnyeong/Sejong The Great (Kim Min Gi)

Sejong The Great (Kim Min Gi)

Aktor muda dan berbakat Kim Min Gi menunjukkan pesonanya di antara para senior dengan berperan sebagai Pangeran Chungnyeong.

Pembawaan yang tenang dengan sorot mata yang yakin adalah bagian dari karakter Pangeran Chungnyeong. Terlahir sebagai putra ketiga Lee Bang Won dan Lady Min, Chungnyeong atau Lee Do, paling pintar di antara saudaranya yang lain.

Dia juga bijak dan tidak mudah terbawa emosi serta patuh terhadap peraturan istana. Kepintarannya membuat Lee Bang Won bangga dan tenang.

Ketika akhirnya dia ditunjuk menggantikan kakak tertuanya sebagai Putra Mahkota, Pangeran Chungnyeong juga tidak sombong.

Saat akhirnya Pangeran Chungnyeong dilantik menjadi Raja Sejong menggantikan Lee Bang Won, dia tetap rendah hati. Di balik sikapnya yang lembut dia berani melawan pemerintahan ayahnya yang tiran. Dia tidak ingin lagi ada kematian yang sia-sia dan tanpa alasan.

6. Prince Yangnyeong (Lee Tae Ri)

Prince Yangnyeong (Lee Tae Ri)

Lee Tae Ri sangat luwes membawakan peran sebagai sosok putra mahkota yang bandel dan kerap membuat onar. Sebagai putra pertama Lee Bang Won dan Lady Min, Lee Je ditunjuk menjadi Putra Mahkota saat masih kecil.

Diberi tanggung jawab seberat itu ketika belum matang secara emosi, membuat Lee Je tumbuh jadi pemuda yang berontak.

Dia kerap melakukan kebodohan-kebodohan yang seharusnya tidak dilakukan seorang putra mahkota. Alih-alih belajar, Lee Je lebih memilih mabuk-mabukan dan main wanita.

Alhasil, dia kerap kalah pintar dibanding Pangeran Chungnyeong. Merasa posisinya akan selalu aman, Lee Je tidak pernah kapok melanggar aturan dan sulit sekali diingatkan.

Lee Je juga tidak pandai berstrategi dan gegabah. Akibat sikapnya yang seperti itu, dia kehilangan dua pamannya serta kehilangan kepercayaan ibunya.

Dia tidak memenuhi kriteria sebagai Raja Joseon selanjutnya sehingga diturunkan dari tahta lalu diasingkan dan diberi gelar Pangeran Yangnyeong.

7. Lee Bang Gwa (Kim Myung Soo)

Lee Bang Gwa (Kim Myung Soo)

Pemeran The King of Tears, Lee Bang Won (2021) selanjutnya yaitu aktor senior Kim Myung Soo. Dia berperan sebagai Lee Bang Gwa, putra kedua Lee Seong Gye dan Queen Shinui Han.

Lee Bang Gwa adalah kakak yang paling dihormati oleh Lee Bang Won. Dia merupakan Raja Joseon kedua setelah Lee Seong Gye turun tahta. Gelarnya adalah Raja Jeongjong.

Sebagai raja, Lee Bang Gwa tidak benar-benar berkuasa karena pemerintahan dikendalikan secara tidak langsung oleh Lee Bang Won. Melihat adiknya sangat ambisius sampai tega membunuh orang-orang terdekat, Lee Bang Gwa memilih mengalah.

Dia tidak punya ambisi untuk menjadi raja sehingga cukup mudah baginya menyerahkan tahta pada Lee Bang Won. Baginya kedamaian lebih penting.

8. Lee Bang Gan (Jo Soon Chang)

Lee Bang Gan (Jo Soon Chang)

Lee Bang Gan yang diperankan oleh aktor Jo Soon Chang merupakan putra ke empat Lee Seong Gye dan Queen Shinui Han. Secara urutan dia adalah kakak langsung dari Lee Bang Won.

Di antara saudara yang lain, Lee Bang Gan paling vokal menunjukkan ketidaksukaannya pada Lee Bang Won. Sebelum Joseon berdiri, dia sudah sangat iri karena Lee Bang Won diperlakukan berbeda oleh ayahnya.

Dia iri karena Lee Bang Won tidak diberi tanggung jawab untuk terjun ke medan perang. Bagi Lee Bang Gan, Lee Bang Won adalah sosok yang sombong sebab merasa paling pintar.

Dia sempat berencana menggulingkan Lee Bang Won dari tahta tetapi gagal. Dia dan Lee Bang Won tidak pernah akur dan selalu bersebrangan.

9. Jo Young Mu (Kim Pub Rae)

Jo Young Mu (Kim Pub Rae)

Kim Pub Rae berperan sebagai Jo Young Mu. Dia menjadi pemeran The King of Tears, Lee Bang Won (2021) selanjutnya yang tak kalah punya posisi penting dalam perjalanan Lee Bang Won sebagai Raja Joseon ke tiga. Jo Young Mu sebenarnya adalah panglima militer kepercayaan Lee Seong Gye.

Dia menjadi sosok kunci keberhasilan Lee Seong Gye dalam menduduki kursi raja. Kemampuannya berperang tak perlu diragukan.

Sayangnya, dia bukan abdi yang setia. Jo Young Mu sosok yang realistis dan logis. Hal itu yang membuatnya berpaling dari Lee Seong Gye kepada Lee Bang Won.

10. Lee Hwa Sang (Tae Hang Ho)

Lee Hwa Sang (Tae Hang Ho)

Lee Hwa Sang yang diperankan oleh aktor Tae Hang Ho juga merupakan karakter penting dalam perjalanan Lee Bang Won. Dia adalah satu dari sedikit kerabat yang setia dan percaya terhadap Lee Bang Won.

Sekalipun kerap menyayangkan kekejaman kerabatnya itu, Lee Hwa Sang tetap mendukungnya. Lee Hwa Sang sangat bisa diandalkan ketika Lee Bang Won membutuhkan bantuan.

Kesetiaan Lee Hwa Sang terhadap Lee Bang Won bahkan lebih unggul daripada kasih sayangnya terhadap sang ayah. Dia rela meninggalkan ayahnya yang ada di pihak Lee Seong Gye demi Lee Bang Won.

Itu dia sepuluh pemeran The King of Tears, Lee Bang Won (2021) yang didominasi oleh para aktor senior. Membawakan karakter berdasarkan sosok nyata dan bersejarah tentu bukan perkara mudah.

Jika salah menginterpretasikannya, yang dipertaruhkan adalah nama-nama besar dalam sejarah Dinasti Joseon. Tertarik mengetahui cerita awal berdirinya Kerajaan Joseon?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram