bacaterus web banner retina

7 Pemeran Penting dalam The King and The Clown (2005)

Sebuah film yang diadaptasi dari pertunjukan panggung berjudul Yi karya Kim Tae Wong sukses menjadi salah satu film box office Korea Selatan.

Berjudul The King and The Clown (2005) ceritanya berputar pada kehidupan Gong Gil, yaitu seorang seniman kemayu yang jadi kesayangan raja. Sayangnya, Gong Gil sudah lebih dulu terlibat perasaan dengan rekan sesama senimannya.

Film ini mencetak hits dengan jumlah penonton yang fantastis. Para pemeran The King and The Clown (2005) yang terlibat kini memiliki nama yang semakin besar di industri hiburan Korea Selatan.

Siapa saja mereka? Inilah aktor-aktor yang sukses mengantarkan film The King and The Clown meraih banyak penghargaan dan nominasi!

Baca juga: 8 Film Terbaik yang Dibintangi Aktor Serba Bisa Lee Joon-Gi

1. Gong Gil (Lee Joon Gi)

Gong Gil (Lee Joon Gi)

Penampilan Lee Joon Gi dalam film The King and The Clown (2005) mendapatkan banyak apresiasi. Dia masuk ke dalam nominasi dan memenangkan penghargaan sebagai Best New Actor di berbagai kompetisi.

Beberapa di antaranya Baeksang Arts Awards 2006, Grand Bell Awards 2006 dan Korean Film Award 2006. Penghargaan yang dia dapat sejalan dengan akting yang disuguhkan. Sebagai pemeran The King and The Clown (2005) Lee Joon Gi sukses menghidupkan karakter Gong Gil.

Dia adalah seorang seniman yang kemayu dan lembut. Gong Gil spesialis memerankan karakter-karakter wanita yang memang centil dalam setiap pertunjukannya.

Pembawaan Gong Gil sebagai pria jauh dari kata jantan. Dari cara dia bicara dan berperilaku sangat lembut seperti wanita. Gong Gil tidak bisa membohongi perasaannya yang tanpa sadar sudah menyukai Jang Saeng.

Baginya Jang Saeng lebih berharga daripada raja. Gong Gil adalah satu-satunya rombongan seniman jalanan yang jadi kesayangan raja dan mendapat jabatan di istana.

2. Jang Saeng (Kam Woo Sung)

Jang Saeng (Kam Woo Sung)

Aktor Kam Woo Sung menjadi bintang selanjutnya yang mengisi jajaran cast film The King and The Clown (2005). Dia berperan sebagai Jang Saeng; seorang seniman yang jenius dan cukup berani mengambil risiko.

Jang Saeng memiliki ketertarikan terhadap Gong Gil dan berusaha melindunginya dari berbagai kondisi yang berbahaya.

Jang Saeng tidak pernah menyatakan perasaannya tetapi juga tidak menutupi atau menyangkalnya. Dia cemburu melihat Gong Gil sering dipanggil Raja Yeonsan.

Rasa cinta Jang Saeng pada Gong Gil cukup besar sebab demi melindunginya Jang Saeng rela menerima siksaan yang berat. Jang Saeng merupakan karakter tambahan yang tidak ada dalam versi pertunjukan panggung dari cerita ini.

Jang Saeng selalu tampil maksimal dalam setiap pertunjukan. Dia adalah pimpinan rombongan sekaligus otak atau konseptor untuk semua pertunjukan.

Jang Saeng memiliki tulisan tangan yang sama dengan Gong Gil sebab belajar darinya. Dia lelaki yang pantang menyerah mendapatkan cintanya, sekalipun harus bersaing dengan raja.

3. Raja Yeonsan (Jung Jin Young)

Raja Yeonsan (Jung Jin Young)

Aktor senior Jung Jin Young menjadi pemeran The King and The Clown (2005) selanjutnya. Di sini dia berperan sebagai Raja Yeonsan; sosok yang mengagumi dan menyayangi Gong Gil sampai menjurus ke perasaan romantis.

Raja Yeonsan memiliki latar belakang kehidupan yang tragis sehingga mudah tertawa oleh sesuatu yang tidak lucu. Dia sangat terhibur dengan pertunjukan yang disuguhkan Jang Saeng dan Gong Gil, sekalipun itu menginjak-injak harga dirinya.

Mental Raja Yeonsan terlihat tidak stabil karena kerap memperlihatkan perubahan emosi yang ekstrem. Raja Yeonsan nyatanya memang menyimpan luka sebab kematian ibunya. Dia kerap menangis dalam tidur sembari merindukan sang ibu.

Raja Yeonsan seorang pimpinan yang tegas dan mengerikan. Dia tidak segan-segan membunuh orang di tempat jika terasa sudah sangat menyakiti hatinya. Raja Yeonsan juga sosok pemimpin yang menjatuhkan hukuman secara brutal.

4. Selir Jang Nok Su (Kang Sung Yeon)

Selir Jang Nok Su (Kang Sung Yeon)

Karakter Selir Jang Nok Su dibawakan dengan cukup baik oleh aktris Kang Sung Yeon. Namanya juga diapresiasi dengan beberapa penghargaan yang pantas.

Dalam film ini Selir Jang Nok Su adalah pendamping setia Raja Yeonsan. Dia punya selera humor yang sama dengan raja.

Selir Jang Nok Su tidak keberatan dirinya dijadikan bahan lelucon. Dia selir yang tidak terlalu kaku. Namun, sifatnya berubah ketika dikuasai cemburu sebab melihat Raja Yeonsan lebih perhatian pada Gong Gil. Jang Nok Su berubah jadi ular dengan ide jahat yang tidak segan-segan menjebak Gong Gil.

5. Yuk Gab/Six Six (Yoo Hae In)

Yuk Gab/Six Six (Yoo Hae In)

Pemeran The King and The Clown (2005) selanjutnya yaitu aktor kawakan Yoo Hae In. Dengan wajah yang khas, Yoo Hae In tidak kesulitan memerankan karakter Yuk Gab atau Six Six. Dia pemimpin rombongan yang lucu dan berhati lapang. Baginya uang lebih penting daripada jabatan.

Six Six lebih dulu mencari nafkah di Seoul dibanding Jang Saeng dan Gong Gil. Namun, menggunakan kecerdasannya Six Six tidak mengajak Jang Saeng bersaing, melainkan berkolaborasi dan menjadi semakin kuat. Yuk Gab sosok teman yang lucu.

Dia tidak punya keberanian sebesar Jang Saeng atau Gong Gil, tetapi kesetiaannya berada pada tingkat tinggi. Yuk Gab tidak takut mengorbankan nyawa untuk melindungi Gong Gil. Dengan segala kebaikan hatinya, kematian Yuk Gab adalah kehilangan besar bagi mereka yang ditinggalkan.

6. Chil Duk (Jung Suk Yong)

Chil Duk (Jung Suk Yong)

Wajah Jung Suk Yong sudah tidak asing bagi pelanggan setia drama Korea atau filmnya. Kamu beberapa kali pasti pernah melihatnya mejeng di banyak judul drama.

Sebagai spesialis peran pendukung, pengalaman Jung Suk Yong tidak terhitung, tapi soal penampilan tidak tanggung-tanggung. Kemunculannya kerap tidak terlalu banyak tetapi langsung menarik perhatian.

Salah satunya penampilan Jung di film ini. Berperan sebagai Chil Duk dia merupakan anggota rombongan seniman jalanan pimpinan Yuk Gab. Chil Duk anak buah yang setia mengikuti apa pun keputusan bosnya, termasuk ketika ada pergantian kepala.

Dengan ekspresi wajah serius, Chil Duk selalu bisa terlihat lucu. Sebagai penampil, Chil Duk melakukan perannya secara total.

Namun, sebagai rakyat kecil, Chil Duk tetap punya ketakutan dan kekhawatiran ketika harus tampil di depan raja. Ketakutannya terlihat jelas dari gelagat dan penampilannya yang tiba-tiba kaku.

7. Cheo Seon (Jang Hang Seon)

Cheo Seon (Jang Hang Seon)

Pemeran The King and The Clown (2005) selanjutnya adalah aktor senior Jang Hang Seon. Dia merupakan orang kepercayaan Raja Yeonsan bernama Cheo Seon.

Sebagai kepala kasim atau pelayan, Cheo memahami betul kebutuhan Raja Yeonsan. Dia merupakan sedikit dari beberapa orang yang kerap diandalkan raja.

Sosok Cheo Seon sangat berwibawa dengan tatapan matanya yang tajam. Nada suaranya juga dalam sehingga terdengar bijaksana.

Cheo Seon merupakan orang istana pertama yang melihat penampilan Jang Saeng dan Gong Gil saat menghibur masyarakat. Dia juga yang merasa bahwa penampilan Jang Saeng sangat menghina raja.

Menjadi abdi istana, Cheo Seon merasa ikut bertanggung jawab atas nama baik Raja Yeonsan. Dari sana terlihat bahwa dia cukup inisiatif dan membanggakan.

Selain itu Cheo Seon juga punya jalan pikiran yang panjang dan terbuka memberikan kesempatan pada orang lain. Di balik sifat setianya, Cheo Seon sebenarnya menyimpan kekecewaan pada Raja Yeonsan.

Demikian tujuh pemeran The King and The Clown (2022) yang ikut mengantarkan film ini ke puncak kesuksesan.

Dengan penampilan masing-masing yang memuaskan, bukan sesuatu yang mengejutkan jika film ini bisa menjaring lebih dari sepuluh juta penonton pada masa penayangannya. Gak penasaran melihat aksi Lee Joon Gi jadi pria kemayu?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram