bacaterus web banner retina

4 Pemeran Utama The Human Centipede 1, Film Penuh Kontroversi

The Human Centipede adalah film horor yang ceritanya ditulis sekaligus disutradarai oleh Tom Six. Film ini termasuk salah satu film horor yang mengundang kontroversi setelah dirilis pada tahun 2009 silam. Bagaimana tidak? Film ini mengisahkan tentang seorang dokter yang melakulan operasi penggabungan tiga manusia menjadi layaknya kelabang.

Ide pembuatan film ini datang saat Tom Six memikirkan hukuman apa yang cocok untuk pelaku kekerasan terhadap anak. Ia lalu bercanda bahwa ia ingin menghukum pelakunya dengan menjahit mulutnya ke pantat seorang sopir truk.

Tom Six tidak main-main dengan idenya dan ingin menuangkannya dalam sebuah film. Ia sampai harus berkonsultasi pada ahli bedah untuk mencari tahu apakah operasi penggabungan manusia tersebut memungkinkan dari segi medis.

Dengan naskah yang kontroversial dan agak menjijikkan, Tom Six sempat agak kesulitan mendapatkan aktor dan aktris yang bersedia terlibat dalam filmnya. Sampai pada akhirnya ada empat pemain yang lolos casting dan memerankan beberapa karakter penting dalam film.

Siapa saja mereka? Yuk, kita kenalan dengan empat pemeran utama The Human Centipede dan karakter yang mereka perankan.

Baca juga: Sudah Tahu, Belum? Inilah 13 Fakta Film The Human Centipede

1. Dieter Laser (Josef Heiter)

Dieter Laser (Josef Heiter)

Dieter Laser merupakan aktor asal Jerman yang lahir pada 17 Februari 1942. Setelah berulang tahun yang ke-78, Dieter Laser meninggal dunia pada tanggal 29 Februari 2020. Selama sekitar lima dekade, Dieter Laser berkecimpung di dunia hiburan dan telah membintangi banyak judul film, salah satunya adalah The Human Centipede yang membuat namanya makin dikenal di dunia seni peran.

Sutradara Tom Six tertarik pada Dieter Laser setelah menonton salah satu film yang dibintanginya. Laser sendiri terkesan dengan cerita film yang dibuat oleh Tom Six sehingga Laser pun bersedia untuk membintangi The Human Centipede.

Dalam film tersebut, Dieter Laser dipercaya memerankan tokoh Josef Heiter yang tak lain adalah seorang dokter bedah yang sudah pensiun. Saat masih aktif di dunia medis, Josef Heiter dikenal sebagai ahli bedah yang sering menangani pemisahan bayi kembar siam. Namun setelah pensiun dari pekerjaannya, ia justru tertarik untuk menggabungkan dua makhluk atau lebih menjadi satu.

Obsesinya tersebut sempat ia tuangkan dalam sebuah eksperimen gila. Ia berusaha menggabungkan tiga anjing rottweilers miliknya dengan cara menjahit mulut anjing ke bagian anus anjing lainnya. Meski operasi penggabungan berjalan lancar, Heiter tidak puas dengan hasil ekserimennya karena anjing-anjing tersebut akhirnya mati.

Barulah setelah itu Heiter ingin meng-upgrade eksperimennya dengan manusia sebagai targetnya. Ia bermimpi bisa membuat 'manusia kelabang' dan mulai menculik beberapa orang untuk jadi kelinci percobaannya.

2. Ashley C. Williams (Lindsay)

Ashley C. Williams (Lindsay)

Aktris yang berasal dari Amerika Serikat ini lahir pada tanggal 24 Januari 1984 di Massachusetts. The Human Centipede adalah film mayor pertama Ashley sekaligus film yang membuat namanya dikenal publik. Setelah membintangi film horor tersebut, Ashley membintangi beberapa judul film lain seperti Empty (2011) dan Julia (2014).

Saat proses casting pemain The Human Centipede, puluhan aktris menolak untuk membintangi film ini karena menganggap ceritanya terlalu nyeleneh dan vulgar. Ashley sendiri tetap berminat menjadi pemain dan dibebaskan untuk memilih antara karakter Lindsay dan Jenny. Pada akhirnya, Ashley memilih menjadi Lindsay karena menurutnya karakter tersebut lebih menonjol di dalam cerita.

Dalam film The Human Centipede, Lindsay adalah gadis asal Amerika yang sedang berlibur ke Jerman bersama temannya, Jenny. Keduanya lalu tersesat hingga akhirnya tiba di rumah Josef Heiter untuk meminta bantuan. Sayang, Lindsay dan Jenny malah jadi korban eksperimen sang dokter untuk dijadikan 'manusia kelabang'.

Lindsay sendiri sempat berusaha kabur, tapi ia gagal dan kembali tertangkap oleh Heiter. Sebagai hukuman, Heiter pun memutuskan agar Lindsay menempati posisi tengah di 'manusia kelabang' agar ia merasakan sakit dua kali lipat. Hingga akhir film, Lindsay menjadi satu-satunya korban Heiter yang masih hidup, tapi tidak diketahui apakah ia berhasil selamat atau tidak.

Baca juga: Sinopsis & Review The Human Centipede 1 (Urutan Pertama)

3. Ashlynn Yennie (Jennie)

Ashlynn Yennie (Jennie)

Ashlynn Yennie adalah aktris asal Wyoming, Amerika Serikat. Sama seperti Ashley, The Human Centipede adalah film mayor pertama yang ia bintangi. Setelah membintangi film horor tersebut, Ashlynn tetap aktif di dunia seni peran dan bermain di beberapa film seperti The Scribbler (2014) dan The Ghost and the Whale (2016).

Tak hanya itu, Ashlynn juga kembali muncul di film The Human Centipede 2 (Full Sequence) sebagai dirinya sendiri. Selain film layar lebar, Ashlynn juga tercatat pernah bermain di beberapa serial TV. Ia muncul sebagai bintang tamu di NCIS dan menjadi pemeran utama di serial Submission pada tahun 2016.

Dalam The Human Centipede, Ashlynn berperan sebagai Jenny. Awalnya karakter Jenny rencananya akan diperankan oleh aktris lain, namun aktris tersebut memilih mundur dari produksi film sehingga tokoh Jenny diberikan kepada Ashlynn. Ashlynn sendiri tertarik bermain di film ini karena menurutnya cerita The Human Centipede sangatlah mengerikan sampai membuat dirinya ketakutan.

Dalam filmnya, Jenny adalah turis asal Amerika sekaligus teman Lindsay yang menjadi korban eksperimen Josef Heiter. Jenny berada di posisi ketiga atau paling belakang di urutan 'manusia kelabang'. Setelah mulutnya disambung ke anus Lindsay, Jenny mengalami infeksi berat dan terus melemah. Di akhir cerita, Jenny tidak mampu bertahan hingga akhirnya meregang nyawa.

4. Akihiro Kitamura (Katsuro)

Akihiro Kitamura (Katsuro)

Akihiro Kitamura merupakan aktor sekaligus sutradara asal Jepang yang lahir pada 26 Maret 1979. Saat remaja, ia pindah ke Amerika Serikat dan sempat sekolah akting selama lima tahun di Beverly Hills Playhouse. Tak hanya mendalami akting, ia juga belajar tentang pembuatan film di North Carolina School of the Arts dan Los Angeles City College.

Sepanjang kariernya, Akihiro sudah beberapa kali terlibat dalam pembuatan film maupun serial TV, termasuk serial Amerika populer berjudul Heroes. Sementara di The Human Centipede, Akihiro dipercaya memerankan tokoh pria bernama Katsuro.

Mengenai perannya tersebut, Akihiro pernah mengungkapkan bahwa karakter itu sebenarnya akan diperankan oleh aktor lain yang lebih tua. Namun karena sang aktor berhalangan karena cedera, Akihiro akhirnya dipilih untuk menggantikannya.

Tokoh Katsuro sendiri adalah turis asal Jepang yang diculik oleh Josef Heiter untuk menjadi bagian dari eksperimennya. Katsuro yang hanya bisa bahasa Jepang ini ditempatkan di bagian depan atau menjadi kepala 'manusia kelabang'.

Katsuro berkali-kali membangkang perintah Heiter dan tidak mau menjadi 'peliharaan' yang patuh. Ia menolak mengambil koran layaknya anjing, Katsuro juga tidak mau makan dari mangkok anjing yang disediakan Heiter. Tak hanya itu, Katsuro bahkan sempat menggigit Heiter yang berakibat dirinya ditendang oleh dokter gila tersebut.

Meski sangat marah pada Heiter, Katsuro pada akhirnya berusaha menerima nasibnya. Ia lalu menganggap semuanya sebagai hukuman untuk dirinya yang sudah melakukan banyak dosa terhadap keluarganya sendiri. Katsuro pun kemudian memilih bunuh diri dengan memotong leher memakai pecahan kaca.

Itu dia keempat tokoh utama dalam film The Human Centipede yang pertama. Memang tidak banyak melibatkan aktor maupun aktris, tapi film ini tetap berhasil menampilkan kisah yang benar-benar mengerikan. Bagaimana pendapat kalian tentang akting mereka? Yuk, diskusikan di kolom komentar!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram