bacaterus web banner retina

9 Pemeran Utama di Film The Hobbit: Desolation of Smaug

Ditulis oleh Siti Hasanah

The Hobbit: Desolation Smaug merupakan franchise film The Hobbit yang dirilis pertama kali tahun 2012. Kali ini kisahnya melanjutkan kisah dari The Unexpected Journey.

Di film ini, Gandalf bertemu dengan Thorin di sebuah kedai dan ia berusaha untuk membujuk Thorin agar mau bergabung dengan Arkenstone dan menyatukan Dwarf. Ia juga menyebutkan tentang misi mencuri permata dari Smaug.  Adegan tersebut menjadi adegan pembuka kisah The Hobbit: Desolation of Smaug.

Sekuel film ini menghadirkan kisah yang lebih seru dan menegangkan. Sebagian besar pemain yang muncul dari serial film ini juga hadir dalam series pendahulunya. Nah, siapa saja pemeran dalam film The Hobbit Desolation of Smaug ini? Simak yuk daftar di bawah ini! 

1. Gandalf (Ian MacKellen) 

pemeran-the-hobbit-desolation-of-smaug-1_

Di film pertama dan kedua, Gandalf selalu menjadi pemeran yang penting dalam cerita. Ia adalah seorang penyihir yang dikirim ke barat untuk mencegah ancaman Sauron.

Gandalf bergabung dengan Thorin dan teman-temannya yang lain. Mereka punya misi yang sama, yakni merebut Erebor dari Smaug, menghancurkan cincin Sauron, dan memimpin Masyarakat Bebas. 

Gandalf menghabiskan waktunya bertahun-tahun bersama para Dwarf untuk mempelajari tentang mereka sekaligus menjadi guru mereka. Selama hidupnya ia mengumpulkan banyak informasi tentang Sauron untuk mencegah kejahatan yang dilakukannya. 

Kali ini Gandalf berusaha dan harus berhasil membujuk Thorin untuk mengambil kembali Erebor dan menguasai kembali Lonely Mountain. 12 bulan kemudian, Thorin dan rekan-rekannya dikejar Azog dan Partai Orc. Perjalanan Gandalf kali ini cukup panjang dan banyak hambatan. 

2. Bilbo Baggins (Martin Freeman) 

pemeran-the-hobbit-desolation-of-smaug-2_

Martin Freeman tampil apik dengan perannya sebagai Bilbo Baggins, seorang hobbit berusia pertengahan yang dipekerjakan sebagai pencuri atas rekomendasi Gandalf. Ia ditugasi untuk menemukan jalan rahasia yang menuju ke sarang naga dan mencuri cangkir emas untuk dibawa kembali pada para dwarf. 

Secara garis besar, Bilbo masih menjalankan misi yang sama. Tapi ada sedikit perbedaan, yakni ia bersama rekan-rekannya harus melewati banyak tantangan. Bersama Gandalf, Bilbo mau tidak mau harus mengalahkan laba-laba raksasa di Dark Forest. 

Di sini, Bilbo punya peran yang besar. Ia membantu memimpin para dwarf melarikan diri dari kepungan laba-laba raksasa dengan mengikuti aliran sungai di hutan yang menuju ke Danau Kota. Bilbo harus berusaha sendiri sebab Gandalf punya misi lainnya yang harus diselesaikan. 

3. Thorin II Oakenshield (Richard Armitage)

pemeran-the-hobbit-desolation-of-smaug-3_

Karakter Thorin dalam The Hobbit: Desolation of Smaug bukanlah karakter minor. Ia punya peran besar dalam kisahnya.

Dalam film yang diangkat dari trilogi karya J.R.R Tolkien ini, Thorin memimpin pasukan Dwarf dan Gandalf untuk mendapatkan kembali Erebor. Ia juga berniat untuk mendapatkan kembali kerajaan dwarf yang telah direbut oleh Smaug si naga. 

Thorin harus mengerahkan segala upaya untuk mendapatkan keinginannya. Di dalam film ini, kita dapat menyaksikan adegan seru nan menegangkan saat Gandalf dan dirinya menyusun rencana untuk memulai langkah awal mereka. 

Thorin dan kelompoknya harus menghindari kejaran Azog yang terus memburunya. Selain itu, ia juga harus menghadapi anak buah Azog, Bolg, yang diperintahkan memburu Thorin. Thorin sedikit kerepotan saat Gandalf tiba-tiba menghilang. Namun, ia berusaha menuruti sarannya untuk terus berada di jalan setapak di Dark Forest. 

4. Galadriel (Cate Blanchett)

pemeran-the-hobbit-desolation-of-smaug-4_

Cate Blanchett adalah salah satu pemeran yang pasti tampak familiar di ingatan penonton The Lord of The Rings. Dalam film ini, ia akan menghidupkan kembali karakter Ratu Galadriel, Lady Lothlorien, yang sebelumnya muncul dalam trilogi The Lord of the Rings.

Ia adalah karakter yang hebat dalam film ini. Ia mengirimkan telepati kepada Gandalf untuk pergi ke High Fells. Maka dari itu, Gandalf, Thorin dan Bilbo serta dwarf yang sedang dalam perjalanan langsung berganti haluan dan meninggalkan mereka. 

5. Thranduil (Lee Pace) 

pemeran-the-hobbit-desolation-of-smaug-5_

Lee Pace, si Raja Peri Thranduil ikut menambah keseruan film ini. Peri-peri pasukannya membantu Gandalf, Thorin, dan dwarf saat mereka dihadang oleh laba-laba raksasa. Namun, peri-peri itu menangkap mereka dan mengurung mereka di bawah tanah kerajaan Thranduil. 

Thranduil menawarkan bantuan kepada Thorin dengan syarat ia harus mengembalikan batu permata yang diambilnya. Sayangnya, tawaran Thranduil ditolak mentah-mentah sebab Thorin masih sakit hati oleh sikap Thranduil yang tidak berusaha membantunya saat kerajaannya diserang oleh Smaug. 

Dengan hati yang murka, Thranduil memenjarakan Thorin dan ia tidak berniat melepasnya meski sampai bertahun-tahun. Raja Peri itu tahu bahwa Bilbo mencoba menyelamatkan teman-temannya yang ditawan dan ia bergegas memerintahkan pengawalnya untuk memperketat penjagaan. 

Di sisi lain, Raja Peri Thranduil sudah punya firasat bahwa kegelapan akan datang dan di selatan sana kekuatannya sedang dihimpun. Mereka hanya menunggu sampai kegelapan tersebut melahap semua kerajaan. 

6. Legolas Greenleaf (Orlando Bloom)

pemeran-the-hobbit-desolation-of-smaug-6_

The Hobbit adalah film dimana para aktor pemeran film The Lord of The Rings berkumpul. Beberapa peran seperti sudah melekat pada diri pemainnya. Kita bisa melihat hal itu pada Orlando Bloom dengan perannya sebagai Legolas. 

Karakter Legolas adalah karakter favorit semua orang dalam serial film ini. Dalam The Hobbit Desolation of Smaug, ia membantu para dwarf yang kabur dari penjara Raja Peri Thranduil.

Meski awalnya diterpa keraguan sebab ia merasa tidak cocok lagi memerankan karakter Legolas, tapi Peter, Philippa dan Fran, selaku orang yang menggarap film ini yakin bahwa karakternya akan sukses. 

Legolas memang bukanlah karakter asli yang ada dalam novel karya J.R.R Tolkien, tapi kehadirannya menarik perhatian. Sosok tampan berambut pirang dengan mata biru ini adalah karakter tambahan yang dimasukkan oleh sutradara film The Lord of The Rings. 

7. Smaug (Benedict Cumberbatch)

pemeran-the-hobbit-desolation-of-smaug-7_

Benedict Cumberbatch adalah musuh utama dalam film ini. Naga Smaug, perannya, adalah karakter yang menguasai harta gunung di Lonely Mountain selama 150 tahun terakhir. Kehadiran Smaug dalam film ini membuat kisahnya semakin menegangkan. 

Sebelum berhadapan dengan Smaug, sang musuh sebenarnya, Gandalf, Thorin, dan Bilbo harus melewati rintangan yang berat dan berbahaya. Pertarungan Bilbo dan kawan-kawan dengan Smaug adalah klimaks dari film ini. 

Smaug adalah karakter yang kuat. Ketika Bilbo berhadapan dengannya, ia tidak mempan dikalahkan meskipun ia ditenggelamkan ke dalam cairan emas. Bukannya kalah, ia malah semakin liar dan semakin gencar menyerang. Si naga api yang jahat itu ingin tak henti menghantam dinding agar Kota Danau hancur. 

8. Tauriel (evangeline Lilly)

pemeran-the-hobbit-desolation-of-smaug-8_

Sama seperti karakter Legolas yang dibawakan oleh Orlando Bloom, Tauriel yang diperankan oleh Evangeline Lilly sebetulnya tidak ada dalam novel asli. Tauriel adalah karakter yang berasal dari hutan Dark Forest. Ia membantu Gandalf, Bilbo, dan yang lainnya melarikan diri dari Raja Peri. 

Karakter tambahan yang dimasukkan ke dalam cerita The Hobbit: Desolation of Smaug oleh sutradara ini sudah menyatu dengan cerita. Dengan cerdiknya, Tauriel muncul sebagai karakter yang punya peran yang penting di sini. 

Untuk memerankan perannya tersebut, Evangeline berlatih memanah dan anggar. Ia bahkan mempelajari bahasa dwarf. Baginya itu tidak terlalu sulit sebab penggemar Tolkien sedari muda ini melakukannya dengan senang hati. 

9. Azog (Manu Bennett)

pemeran-the-hobbit-desolation-of-smaug-9_

Karakter yang diperankan oleh Manu Bennett ini adalah antagonis kejam yang merupakan bagian dari bangs Orc. Azog punya wajah mengerikan dan tidak kenal ampun. Ia hobi menghancurkan dan membunuh siapa saja yang menghadangnya. 

Azog memburu Gandalf dan kelompok Thorin. Ia kehilangan jejak Gandalf dan kelompoknya karena berlindung di sebuah rumah yang ternyata milik Beorn. Azog kemudian kembali ke pasukannya setelah menerima perintah dari Necromancer di Dol Guldur. 

Ia diminta untuk mempersiapkan pasukan Orc untuk menghadapi perang dalam waktu dekat. Bukan perang kecil, tapi perang yang besar. Perang yang lebih mirip perburuan itu akan melibatkan banyak pihak dan Azog diminta untuk menjadi pemimpinnya. 

Nah, itulah 9 tokoh yang dihadirkan dalam The Hobbit: Desolation of Smaug. Film ini menampilkan banyak hal menarik. Kecerdikan sang sutradara memadukan cerita dan didukung dengan pengambilan gambar yang epik. Tidak heran jika film ini menjadi salah satu karya yang fenomenal.

Para aktor dan aktris yang terlibat menampilkan akting yang brilian, termasuk para wajah baru yang tidak terlibat dalam trilogi The Lord of The Rings. Kalau kamu penggemar franchise film ini, rasanya tidak ada alasan untuk melewatkan film ini.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram