bacaterus web banner retina

Yuk, Kenalan dengan 10 Pemeran Film The Grand Budapest Hotel

Para movielovers pasti tidak asing dengan sineas asal Amerika Serikat satu ini, Wes Anderson. Sineas ini dikenal dengan karyanya yang manis, cantik, dan memanjakan mata. Menggabungkan seni fotografi yang hangat, objek fokus di tengah, serta kartunis, membuat gaya seperti ini menjadi ciri khas Anderson di filmnya.

The Grand Budapest Hotel adalah salah satu karyanya yang masuk ke dalam kategori film terbaik sejak tahun 2000-an versi BBC Culture’s 2016.

Film ini menceritakan seorang pramutamu yang terlibat dalam sebuah konspirasi kematian janda tua kaya raya. Dirinya pun bertualang bersama seorang Lobby Boy kesayangannya. Sebelum nonton, intip dulu para pemerannya!

1. Monsieur Gustave H (Ralph Fiennes)

pemeran-grand-budapest-hotel-1_

Sebelumnya Ralph Fiennes dikenal sebagai Lord Voldemort. Namun di The Grand Budapest Hotel, dirinya memerankan Monsieur Gustave yang merupakan seorang pramutamu Hotel Grand Budapest. Seiring berjalannya waktu, Grand Budapest perlu menambah pelayanan yang lebih untuk memanjakan tamu.

Maka dari itu, Gustave merekrut bellhop baru dan pilihannya jatuh pada Zero Moustafa. Dengan adanya bellhop baru, Gustave bisa fokus memberikan pelayanan ekstra kepada tamu wanita di hotelnya. Pelayanan ekstra yang diberikan Gustave pun sangat istimewa, seperti kepada salah satu tamu setianya, yakni Madame D. 

Hubungan Gustave dengan Madame D membuat dirinya terseret pada teori konspirasi, di mana dirinya dituduh sebagai pembunuh Madame D. Karena kedekatannya dengan Gustave, Madame D mewariskan sebuah lukisan berharga miliknya kepada Gustave. Tuduhan ini membuat dirinya harus dijebloskan ke dalam bui.

Monsieur Gustave merupakan sosok yang cerdik, setia, memiliki selera yang tinggi, disiplin, dan rapi. Maka tidak heran jika banyak tamu yang terpikat oleh pelayanan ekstra dari dirinya. Bahkan, karakternya yang setia membuat dirinya bisa menjadi orang penting bagi Grand Budapest dan disanjung oleh Zero, sang bellhop setianya.

Sosok Gustave pun diabadikan oleh seorang penulis yang tertarik dengan eksistensinya selama hidup. Seluruh kisah hidupnya diceritakan langsung oleh Zero, sang bellhop setia sekaligus penerus sosok Gustave.

2. Zero Moustafa (Tony Revolori)

pemeran-grand-budapest-hotel-2_

Sosok Zero Moustafa di sini adalah sebagai pelengkap perjalanan hidup seorang Gustave H. Sebelumnya Zero hanyalah seorang anak lelaki yang mencari peruntungan di Grand Budapest. Kemudian dirinya diwawancarai oleh Gustave dan mendapatkan posisi sebagai bellhop. Di sini Zero dilabeli sebagai The Lobby Boy.

Setiap gerak-gerik dan cara kerjanya diajari oleh Gustave. Karena Zero terbilang penurut dan patuh terhadap arahan Gustave, maka akhirnya Gustave luluh dengan Zero. Akhirnya dirinya pun menjadi bellhop andalannya Gustave.

Tidak hanya menjadi andalan di Grand Budapest Hotel, bahkan di beberapa kehidupan pribadi Gustave pun, Zero memiliki peran penting.

Gustave sering membagi cerita pribadinya kepada Zero, mulai dari kedekatannya dengan Madame D, kisahnya selama menjadi pramutamu, hingga parfum yang sering Gustave pakai.

Begitu juga dengan Zero, yang merasa nyaman dimentori dan menjadi sosok sahabat bagi Gustave. Dirinya pun sering berbagi cerita dengan Gustave, hal apapun bisa diceritakan.

Salah satunya saat Zero menjalin hubungan dengan Agatha. Gadis ini adalah seorang pembuat roti di tempat kue langganan Gustave, Mendl’s. Sosoknya yang pendiam, pemberani, dan manis, membuat Zero tergila-gila padanya. Zero sempat was-was ketika Gustave menggodanya karena dirinya tahu jika Gustave juga seorang penggoda wanita.

Kedekatan Zero dan Gustave pun membuat Zero bisa mencium adanya kejanggalan pada tuduhan pembunuhan Madame D yang dialamatkan pada Gustave. Karena itu, saat Gustave dinyatakan bersalah atas kematian Madame D, Zero, dengan bantuan Agatha, membantu Gustave untuk melarikan diri dari tahanan. 

Keduanya pun bergerak mencari keadilan dan melarikan diri dari ancaman pembunuh bayaran bernama Jopling. Persahabatan antara Zero dan Gustave pun diuji di sini.

3. Dmitri Desgoffe-und-Taxis (Adrien Brody)

pemeran-grand-budapest-hotel-3_

Di sini Adrien Brody memerankan Dmitri, anak dari Madame D yang murka dengan kedekatan ibunya dengan Gustave.

Kematian ibunya yang misterius membuat keluarga Madame D, termasuk Dmitri, mengharapkan warisan janda kaya ini turun kepada dirinya. Nyatanya, Madame D justru ingin mewariskan lukisan bocah lelaki dengan buah apel kepada Gustave.

Keluarga Madame D pun menerima bila warisan ibunya turun kepada Gustave. Namun, Zero dan Gustave justru datang ke kediaman keluarga Madame D dan mencuri lukisan tersebut.

Kemarahan Dmitri pun memuncak dan berniat menjebak Gustave. Bersama dengan Jopling, sang pembunuh bayaran, mereka menyusun rencana konspirasi pembunuhan ibunya. 

Di mulai dari menjebloskan Gustave ke tahanan, kemudian membunuh siapa saja yang berani membongkar atau mengganggu rencananya.

Maka, saat beberapa orang mulai mencurigai niat busuk Dmitri, banyak dari mereka yang membantu Gustave akhirnya tewas seketika. Tidak sedikit juga orang merasa terancam dengan sosok Dmitri dan Jopling. 

Dmitri menyadari, lukisan bocah lelaki dengan buah apel milik ibunya adalah barang berharga dan tidak pantas diwariskan kepada Gustave. Maka, saat lukisan itu disembunyikan Gustave dan Zero, Dmitri pun mulai menyelidiki keberadaan lukisan tersebut.

4. J. G. Jopling (Willem Dafoe)

pemeran-grand-budapest-hotel-4_

Jika Gustave punya Zero sebagai sidekick, Dmitri punya Jopling yang setia menemani dirinya menyusun konspirasi pembunuhan ibunya. Diperankan oleh Willem Dafoe, karakter Jopling ini merupakan karakter berdarah dingin. Jopling tidak segan membunuh siapapun yang berniat menghalang rencananya dengan Dmitri.

Bagai belut, Jopling adalah pembunuh bayaran yang sulit dihindari, maka tak heran jika korban dirinya terbilang banyak. Karakter Jopling pun terbilang irit dialog sehingga kehadirannya di berbagai adegan justru membuat suasana menjadi merinding dan tegang. 

Nahasnya, walaupun tokoh Jopling terbilang seram, justru Jopling terenggut nyawanya oleh Zero. Ini terjadi ketika Zero ingin menyelamatkan Gustave yang hampir tewas di tangan Jopling. 

5. Agatha (Saoirse Ronan)

Ini dia Agatha, tambatan hati Zero yang sering juga digoda oleh Gustave. Gadis manis ini adalah pembuat kue di Mendl’s, yakni toko kue langganan Gustave. Agatha pertama kali bertemu dengan Zero saat Gustave meminta Zero untuk membeli kue ke Mendl’s. Kemudian di sinilah cinta pandangan pertama tumbuh di antara mereka berdua. 

Banyaknya kejadian rumit yang menimpa Zero membuat Agatha ikut terlibat dalam misi penyelamatan Gustave. Agatha ikut membantu Zero menyelipkan perkakas yang berguna untuk membobol penjara dengan cara menyisipkannya ke dalam kue. Selain itu, Agatha pun membantu Gustave dan Zero untuk menyembunyikan lukisan Bocah Apel.

Karena keberaniannya ini, Agatha pun terancam nyawanya. Terutama ketika Dmitri mengetahui jika Agatha menyelinap ke Hotel Grand Budapest untuk mengambil lukisan Bocah Apel tersebut. 

Saat dirinya melarikan diri dari kejaran Dmitri, Agatha menemukan surat wasiat Madame D di belakang lukisan Bocah Apel. Wasiat tersebut bertuliskan jika Madame D terbunuh, warisan yang didapatkan bukan hanya lukisan tersebut. 

6. Madame D (Tilda Swinton)

pemeran-grand-budapest-hotel-6_

Diperankan oleh Tilda Swinton, Madame D ini adalah seorang janda tua yang sangat kaya raya. Madame D juga sosok istimewa bagi Gustave. Selain tamu setia Gustave, dirinya juga adalah wanita yang menyeret Gustave ke dalam kondisi pelik. 

Sebulan sebelum kematiannya, Madame D bermalam bersama Gustave di Hotel Grand Budapest. Madame D mengungkapkan bahwa dirinya menyayangi Gustave dan ketakutan akan suatu hal buruk akan menimpa dirinya. Ternyata, tidak butuh waktu lama untuk membuktikan lisan tersebut. Madame D tewas dengan cara misterius.

Di awal kisah, Madame D diceritakan sebagai janda tua sangat kaya dan mewariskan lukisan Bocah Apel yang berharga untuk Gustave. Namun ternyata, kematian Madame D ini adalah momentum yang sangat krusial. Pasalnya, Hotel Grand Budapest secara rahasia dimiliki oleh sosok Madame D.

Maka, saat ajalnya dirasa semakin dekat, Madame D membuat surat wasiat yang dilindungi oleh Serge X. Isi surat tersebut adalah jika kematian dirinya karena dibunuh maka seluruh kekayaannya, termasuk kepemilikan Hotel Grand Budapest, akan jatuh kepada yang diberi wasiat. 

Dalam hal ini, tentunya pesan Madame D tertuju pada Gustave. Bak durian runtuh, gigihnya Gustave dalam mempertahankan haknya berbuah manis. Dia akhirnya menjadi ahli waris dari Hotel Grand Budapest.

7. Albert Henckels (Edward Norton)

pemeran-grand-budapest-hotel-7_

Edward Norton disini berperan sebagai polisi yang menyelidiki kasus kematian Madame D. Awalnya Henckels bersikap lunak terhadap Gustave karena semasa kecilnya Henckels memiliki relasi erat dengan Gustave. 

Namun saat kabar kematian Madame D secara misterius mencuat, Henckels pun seketika memperlakukan Gustave dengan keras dan menjerumuskan dirinya ke sel tahanan. Seiring waktu berjalan, kebenaran akhirnya terungkap. Henckels pun kembali melunak dengan Gustave.

Sosok Henckels sangat berjasa terhadap Gustave dan Zero sehingga mereka berdua dapat bepergian atas izin dirinya. Sayangnya, saat perang berlangsung, dan pemerintah mengalami kekalahan, posisi Henckels digantikan. Keadaan ini merugikan Gustave dan merenggut nyawanya saat hendak melindungi Zero serta Agatha.

8. Serge X (Mathieu Amalric)

pemeran-grand-budapest-hotel-8_

Serge X adalah pelayan setia Madame D dan diperankan oleh Mathieu Amalric. Di awal, Serge menyembunyikan wasiat yang dilampirkan Madame D sebelum meninggal. Kemudian, saat rencana konspirasi berlangsung, Serge X melarikan diri.

Berbagai cara untuk menyelamatkan Gustave pun dilakukan oleh Serge X. Pada saat Serge bertemu dengan Gustave, dia ingin menyampaikan pesan terakhir Madame D. Sayangnya, pesannya belum tersampaikan seluruhnya karena Serge dibunuh oleh Jopling.

9. Vilmos Kovacs (Jeff Goldblum)

pemeran-grand-budapest-hotel-9_

Jeff Goldblum memerankan Vilmos Kovacs, pengacara hukum dari pihak keluarga Madame D, yang berada di pihak Dmitri. Saat menjalani proses hukum pertama, seluruhnya terasa berjalan lancar dan tidak ada kecurigaan apapun. Namun saat Kovacs mencurigai ada hal lain dari kasus kematian Madame D, hidupnya pun jadi terancam.

Tepatnya pada saat proses hukum berlangsung, keluarga Madame D ditetapkan tidak menerima apapun dari kekayaan yang ditinggalkan. Hal ini membuat Dmitri meradang dan meminta Jopling untuk mengakhiri hidup Kovacs.

10. Ludwig (Harvey Keitel)

pemeran-grand-budapest-hotel-10_

Saat di sel tahanan, Gustave tentu punya teman, termasuk rekan untuk melarikan diri dari sel. Ludwig, yang diperankan oleh Harvey Keitel, adalah rekan Gustave untuk melarikan diri yang berada di Checkpoint Nineteen.

Walaupun melarikan diri adalah gagasan cemerlang dari Gustave, namun saat menjalankan rencana tersebut, sosok Ludwig adalah pemimpinnya.

Seluruh rencana dikerjakan dengan apik. Dimulai dari penyelundupan perkakas yang ditutup oleh kue Mendl’s, kemudian penggalian yang dilakukan berhari-hari sampai tim sel yang kabur harus berpisah dengan Gustave selepas bebas. Seluruh operasi pelarian ini dipimpin oleh Ludwig.

Itu dia 10 pemeran The Grand Budapest Hotel. Ciri khas dari Wes Anderson adalah filmnya selalu diperankan oleh aktor dan aktris ternama. Contohnya saja di film yang satu ini. Di sini kamu bisa menemukan banyak bintang ternama, seperti Ralf Fiennes, Adrien Brody, William Dafoe, dan masih banyak lagi.

Nah, dari sekian banyak pemeran film di atas, siapa nih favorit kamu? Kalau belum nonton film ini, buruan nonton! Jangan lupa share juga bintang favorit kamu di kolom komentar ya!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram