bacaterus web banner retina

10 Pemeran Film The Batman, Petualangan Sang Ksatria Kegelapan

The Batman menjadi salah satu film yang paling ditunggu di tahun 2022 dan dahaga para moviegoers akan film superhero yang berkualitas berhasil dijawab dengan baik oleh sutradara Matt Reeves yang ternyata adalah fans berat Batman.

Nuansa kelam dibuat semakin pekat saat Batman harus memecahkan teka-teki dari The Riddler yang membuka kebobrokan pemerintahan Gotham juga misteri keluarga Wayne.

Pemilihan pemeran di film yang syutingnya dilakukan di London, Glasgow dan Liverpool ini membutuhkan waktu yang cukup lama, setelah konsep film lanjutan Batman dalam DC Extended Universe dengan Ben Affleck sebagai Batman sekaligus sutradaranya tidak diteruskan.

Dalam memilih pemeran Batman, sutradara Matt Reeves sangat teliti untuk mendapatkan sosok Batman dan Bruce Wayne yang sesuai dengan konsep Batman yang akan ditampilkan nanti.

Setelah beberapa kandidat, tersisa Robert Pattinson dan Nicholas Hoult dimana Matt Reeves banyak menghabiskan waktu bersama kedua aktor ini di bulan Mei 2019.

Saat Matt Reeves melihat Robert Pattinson mengenakan kostum Batman yang pernah dipakai Val Kilmer di film Batman Forever (1995), dia terpana dan memutuskan untuk memilihnya sebagai pemeran Batman terbaru yang mulai dikontrak sejak 31 Mei 2019.

Selain Robert Pattinson, The Batman juga didukung oleh aktor dan aktris papan atas yang berhasil tampil dengan performa terbaik mereka dalam membawakan karakternya masing-masing. Siapa saja mereka? Berikut ini kami tampilkan profil dan karakter yang mereka perankan.

1. Robert Pattinson (Bruce Wayne/Batman)

 Robert Pattinson (Bruce Wayne/Batman)

Mulai terkenal berkat perannya sebagai Edward Cullen di lima film seri The Twilight Saga (2008-2012), kini aktingnya sudah semakin matang dengan seringnya Robert Pattinson berakting di film-film drama berat, seperti di film The Devil All the Time (2020).

Pattinson juga sudah terbiasa membintangi film-film blockbuster, salah satunya adalah Tenet (2020), yang membuat mentalnya terbentuk dengan kuat.

Buktinya, setelah berhasil meyakinkan Matt Reeves memilihnya sebagai Batman daripada Nicholas Hoult, Pattinson tidak serta merta diterima oleh para fans Batman, bahkan ada petisi untuk menggantinya.

Tapi setelah melihat penampilannya di film The Batman, tidak ada lagi cibiran itu yang kemudian berganti menjadi dukungan untuk meneruskan perannya sebagai Batman.

Kesan playboy berkharisma yang biasa melekat pada Bruce Wayne tidak ditampilkan di film ini oleh Robert Pattinson yang justru hadir di muka publik seperti bintang rock yang sedang menderita insomnia.

Wajahnya terlihat lesu karena efek kurang tidur yang memang penggambaran seperti inilah yang diharapkan oleh Matt Reeves dimana Batman masih dalam proses pembentukan ke arah kesempurnaan.

Bruce Wayne seolah belum menemukan ritme yang tepat dalam membagi kehidupannya sebagai milyuner pemilik perusahaan besar dan superhero yang beraksi di malam hari.

Dalam bertarung juga, Batman masih kesulitan menggulung musuh-musuhnya, bahkan sampai pingsan dua kali. Untung saja ada Catwoman dan Detektif Gordon yang selalu ada membantunya.

Kemampuan Batman dalam memecahkan teka-teki The Riddler lebih diperas daripada tenaga dan keahlian berkelahinya. Elemen berbeda dari film Batman lainnya ini membuat sisi drama lebih kuat dan Pattinson berhasil membawakannya dengan baik.

Tapi bukan berarti saat beraksi dia tidak terlihat trengginas, justru dengan jurus-jurus silat yang tangguh nan tangkas dan kelihaiannya dalam mengebutkan batmobile di jalanan mampu menimbulkan kesan menakutkan tersendiri bagi musuh-musuhnya.

Jangankan berhadapan dengannya, melihat lampu yang menyorotkan logo Batman di langit saja mereka sudah ketakutan.

2. Zoe Kravitz (Selina Kyle/Catwoman)

Zoe Kravitz (Selina Kyle)_

Lahir dari pasangan selebritis ternama, musisi Lenny Kravitz dan aktris Lisa Bonet, tidak membuat jalan karir aktingnya semudah membalik telapak tangan.

Zoe Kravitz memulainya dari peran-peran kecil di beberapa film yang sebagian besar adalah produksi indie. Popularitasnya menaik tajam ketika memerankan karakter Christina di trilogi The Divergent.

Meski kualitas filmnya menuai respon negatif, dia mulai dipercaya bermain di film-film produksi besar, seperti Mad Max: Fury Road (2015) dan film seri Fantastic Beasts sebagai Leta Lestrange.

Sebagai Catwoman di The Batman, Zoe Kravitz membawakan karakter ini dengan performa terbaiknya dimana dia mampu menampilkan sosok misterius dengan motivasi yang tidak jelas.

Dia terlihat oleh Batman saat menerobos masuk ke TKP pembunuhan walikota yang kemudian menjalin kerja sama untuk menemukan pelaku pembunuhan teman sekamarnya.

Semakin dalam menelusuri aksi Catwoman, kita mulai menyadari bahwa dia memiliki agenda rahasia tersendiri, yaitu membunuh Carmine Falcone yang ternyata adalah ayah biologisnya juga pembunuh ibunya.

Setelah membantu Batman menyelesaikan kasus ini, Catwoman memilih keluar dari Gotham dan pindah ke kota lain untuk memulai hidup yang baru.

Kita tentunya masih berharap Catwoman akan hadir kembali di film sequel Batman nanti. Dan jika akan memiliki film sendiri, kita harapkan memiliki kualitas yang jauh lebih bagus dari film Catwoman (2004).

3. Paul Dano (Edward Nashton/The Riddler)

Paul Dano (Edward Nashton/The Riddler)

The Riddler adalah salah satu musuh terberat Batman. Meski tidak memiliki kekuatan super, The Riddler memiliki otak yang sangat cerdas dan menggunakan teka-teki serta puzzle sebagai senjata utamanya.

Untuk memerankannya, dibutuhkan aktor yang memiliki kemampuan menampilkan sisi psikologis dengan sangat baik, dan Paul Dano adalah aktor yang tepat.

Caranya yang sadis dalam membongkar kebobrokan pemerintahan Gotham, menebarkan ancaman yang menakutkan bagi para pejabat korup, terutama yang juga bekerja bagi Carmine Falcone.

Dia berhasil menggiring Batman untuk menangkap Falcone dengan rangkaian teka-tekinya dan menembaknya di muka publik.

Setelah identitasnya diketahui dan dijebloskan ke dalam penjara, barulah kita lihat ancaman sebenarnya yang telah disusun oleh The Riddler dan Paul Dano membawakannya dengan sangat apik.

Tawanya menakutkan dengan tatapan penuh dendam kepada Batman, lalu seketika mendadak resah saat dia melihat rencana besarnya gagal.

4. Jeffrey Wright (James Gordon)

Jeffrey Wright (James Gordon)

Aktor yang selalu tampil apik dan total dalam setiap filmnya ini sering dipercaya bermain di film-film besar sebagai pendamping tokoh utamanya, seperti yang dia lakukan di film seri James Bond, sejak Casino Royale (2006) hingga No Time to Die (2021).

Sudah sering berakting sebagai penegak hukum, maka peran sebagai Detektif Gordon di The Batman sangat pantas dia bawakan.

Awal hubungannya dengan Batman tidak diungkap di film ini, yang kita tahu bahwa sang detektif sudah menjalin kerja sama dengan Batman di tahun keduanya dan sudah berkomunikasi dengan lampu sorot berlambang Batman untuk bertemu dengan sang superhero.

Bersama, mereka berusaha memecahkan teka-teki yang cukup rumit dari The Riddler dan menangkap para terduga informan.

Detektif Gordon juga adalah satu-satunya penegak hukum yang dipercaya oleh Batman dan ucapannya selalu didengar olehnya.

Dalam satu adegan, Detektif Gordon menghentikan Batman yang emosinya memuncak saat memukul lawannya setelah menyuntikkan adrenalin ke kakinya.

5. John Turturro (Carmine Falcone)

John Turturro (Carmine Falcone)

Aktor yang sering berakting di film komedi khas Coen Bersaudara dan Adam Sandler ini sempat diragukan ketika ditunjuk untuk memerankan sosok mafia Gotham, Carmine Falcone.

Tapi begitu adegan pertama kemunculannya, Turturro mampu menampilkan kharisma seorang pimpinan mafia lewat tatapan mata dan cara berbicaranya yang pelan namun intimidatif.

Saat Bruce Wayne menanyakan kebenaran kerja samanya dengan Thomas Wayne di masa lalu, Falcone secara tidak langsung menggiring pikiran Bruce untuk meyakini bahwa pembunuh orang tuanya adalah Salvatore Maroni, mafia saingan yang sudah tidak aktif lagi.

Tapi ternyata, lewat penuturan Alfred, Bruce tahu bahwa Falcone adalah pembunuh sebenarnya untuk menutupi pembunuhan yang dilakukannya dalam membantu Thomas mengatasi masalahnya.

Dengan tidak adanya Thomas Wayne dan Salvatore Maroni, Falcone adalah pemimpin sebenarnya di Kota Gotham yang menguasai sebagian besar penegak hukum sebagai antek-anteknya.

Falcone pun menjadi target balas dendam Selina Kyle yang ternyata adalah anaknya dari salah satu pekerja wanita yang pernah menjalin hubungan intim dengannya.

Meski tidak memiliki keahlian berkelahi, Falcone nyaris membunuh Selina dengan mencekiknya jika saja Batman tidak datang tepat waktu. Saat hendak dibawa ke kantor polisi, Falcone tewas ditembak oleh The Riddler dari jarak jauh.

6. Peter Sarsgaard (Gil Colson)

Peter Sarsgaard (Gil Colson)

Aktor yang aktingnya sangat apik di film Shattered Glass (2003) ini baru saja tampil bagus di film nominator Oscar arahan Maggie Gyllenhaal, The Lost Daughter (2021).

Sebagai jaksa yang korup, Sarsgaard mampu menampilkan sosok keculasan seorang pejabat korup yang sedang ketakutan atas aksi The Riddler yang mengancamnya. Karena tidak mau menjawab pertanyaan The Riddler, bom di lehernya diledakkan.

7. Andy Serkis (Alfred Pennyworth)

Andy Serkis (Alfred Pennyworth)

Aktor spesialis motion capture yang dikenal lewat perannya sebagai Gollum di trilogi The Lord of the Rings dan The Hobbit, Kong di film King Kong (2005), dan Caesar di trilogi Planet of the Apes ini dipercaya menjadi pelayan setia Bruce Wayne yang mendidiknya sejak kecil, Alfred Pennyworth.

Selama ini, sosok Alfred di film-film Batman sebelumnya memang selalu diperankan oleh aktor asal Inggris. Tidak tampil terlalu banyak di film The Batman, tapi Alfred menjadi kunci penting misteri masa lalu keluarga Wayne.

Ketika dia mengatakan fakta yang dia tahu tentang Thomas kepada Bruce dengan jujur yang menggiring petunjuk pembunuh sebenarnya ialah Carmine Falcone. Karena sebuah ledakan bom di Wayne Mansion, Alfred harus dirawat di rumah sakit dalam kondisi kritis.

8. Colin Farrell (Oswald “Oz” Cobblepot/Penguin)

Colin Farrell (Oswald “Oz” Cobblepot/Penguin)

Di sepanjang film The Batman, pasti kita akan kesulitan menemukan sosok Colin Farrell di dalamnya. Tentu saja, karena penampilannya dibungkus dengan makeup yang membuatnya tampil sangat berbeda, yaitu sebagai Penguin atau Oz seperti biasa Falcone memanggilnya.

Tidak ada seberkas wajah tampannya di ekspresi Penguin, kita hanya bisa mengenali dari suara dan gaya bicaranya saja.

Penguin adalah tangan kanan Falcone dalam menjalankan bisnis ilegalnya di Gotham setelah mafia saingan mereka, Salvatore Maroni, sudah dilengserkan.

Dan ketika Falcone tewas ditembak, terjadi perebutan kekuasaan di Gotham, yang salah satunya digencarkan oleh Penguin. Penasaran dengan bagaimana kisah Penguin menguasai Gotham? Tunggu serial spin-off yang akan tayang di tahun 2023.

9. Jayme Lawson (Bella Real)

 Jayme Lawson (Bella Real)

Penampilan penuh percaya diri yang ditampilkannya sebagai calon walikota Bella Real yang kemudian menjadi walikota terpilih membuat kita tidak menyangka bahwa Jayme Lawson adalah aktris pendatang baru lulusan Juilliard School.

Calon walikota muda yang diceritakan berusia 28 tahun ini berniat untuk membuat perubahan yang baik bagi Gotham meski tidak dipercaya oleh The Riddler yang juga menjadikan dirinya target terakhir dan terbesarnya.

Dengan dukungan penuh dari para polisi sejati dan Batman, Bella Real siap untuk menjalankan tugasnya sebagai walikota Gotham.

10. Peter McDonald (Kenzie)

Peter McDonald (Kenzie)

Kita tidak menyangka jika pemeran salah satu polisi korup yang menjadi kaki tangan Carmine Falcone dalam bisnis kotornya ini adalah aktor asal Irlandia yang sering bermain film komedi, seperti yang ditampilkannya di film The Bachelor Weekend (2013).

Selain itu, McDonald juga pernah mendukung film drama sepakbola terbaik The Damned United (2009). Kenzie dipukul oleh Batman hingga hidungnya patah dan dikenali lagi oleh Selina Kyle saat menjaga pintu klub malam milik Penguin.

Dia terjebak dalam aksi baku tembak di gudang yang menjadi tempat produksi narkoba dimana tas berisi uang yang coba diamankannya berhasil direbut oleh Selina Kyle.

Itulah 10 aktor dan aktris yang bermain di film The Batman. Melanjutkan tradisi dari film-film Batman sebelumnya yaitu menghadirkan aktor dan aktris papan atas sebagai para pemerannya.

Film ini kembali membuktikan kekuatan akting dengan pengkarakteran yang kuat sehingga tetap mempertahankan franchise Batman sebagai salah satu andalan DC Comics di dunia film.

Aksi tradisional Batman yang pekat dengan nuansa kelam kali ini sungguh membuat kita ternganga dibuatnya, bukan karena adegan action yang spektakuler tapi lebih kepada pemecahan misteri pembunuhan.

Misteri ini juga bersinggungan dengan kebobrokan pemerintahan dan masa lalu keluarga Wayne. Seru? Pastinya! Maka, langsung saja tonton filmnya, ya!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram