bacaterus web banner retina

Inilah 8 Pemeran Penting dalam Film Swing Kid (2018)

Swing Kids merupakan film musikal berlatar perang. Film ini mengambil lokasi Kamp Penjara Geoje di Korea Selatan. Kamp penjara itu dibuat untuk menahan para tawanan perang yang ditangkap saat perang berkecamuk tahun 1950-an.

Dalam film ini berkisah tentang persahabatan antar anggota tap dance yang terjalin dalam proses latihan. Anggota tap dance berasal dari latar belakang yang berbeda yang dipersatukan oleh rasa cinta kepada seni tari.

Akan tetapi rasa cinta mereka terbentuk ideologi sehingga menimbulkan konflik batin yang berkaitan dengan negara.

Film Swing Kids dibintangi oleh Do Kyung Soo dan sederet aktor dan aktris Korea ternama. Simak daftar pemeran filmnya di bawah ini ya!

Baca juga: 10 Drama dan Film yang Dibintangi Do Kyungsoo EXO

1. Ro Ki Soo (Do Kyung Soo)

Ro Ki Soo (Do Kyung Soo)

Member EXO bersuara emas ini mendapat pujian yang sangat banyak atas penampilannya di Swing Kid. Tidak hanya EXO-L, pencinta film pun banyak yang melontarkan pujian atas keberhasilannya memerankan Ro Ki Soo.

Ro Ki Soo adalah adik dari pahlawan Korea Utara, Roh Gi Jin (Lee Yool Rim). Sebagai adik dari pahlawan bangsa, Ki Soo sudah pasti memegang idealismenya sebagai orang Korea Utara yang anti kapitalis. Dia membenci semua hal-hal yang berbau Amerika, mulai dari pakaian, makanan, sampai gaya-gaya Amerika.

Saat dirinya dipindahkan ke Kamp Penjara Geoje, Ki Soo disambut bak pahlawan betulan. Para tahanan yang lebih dulu ada di dalam kamp merasa senang ada adik dari orang hebat masuk ke kamp mereka.

Saat tengah menikmati sambutan yang hangat dari teman senegara, Ki Soo mendengar alunan musik. Rupanya itu berasal dari tuts piano yang dimainkan oleh seorang prajurit kulit hitam Amerika.

Prajurit yang dilihatnya kemudian berdiri dan menarikan satu tarian unik. Ki Soo takjub melihat tarian tersebut. Dia baru tahu bahwa itu namanya tap dance. Tap dance inilah yang menguji prinsip dan ideologi Ki Soo.

Di satu sisi, dia sangat menyukai tap dance dan ingin menarikannya. Namun, di sisi lain dia tidak mau melakukan sesuatu yang berasal dari negara kapitalis.

Menari tap dance sama saja dengan mengkhianati negaranya karena tarian itu berasal dan dibawa oleh prajurit Amerika.

2. Yang Pan Rae (Park Hye Soo)

Yang Pan Rae (Park Hye Soo)

Sebelum mengiyakan tawaran dari sutradara Kang Hyeong Cheol, Park Hye Soo sedang mempertimbangkan untuk membintangi sebuah sekuel drama. Akan tetapi, akhirnya dia menolak tawaran drama itu dan memilih Swing Kids.

Keputusan Hye Soo memilih Swing Kids pasti tidak akan disesalinya sebab film ini membawa namanya semakin tenar. Perannya sebagai Yang Pan Rae banyak dipuji oleh para penikmat film.

Yang Pan Rae adalah seorang gadis yang mau bekerja sebagai apa pun selama bayarannya cocok. Di kamp itu, dia bekerja sebagai penyanyi yang menghibur pasukan Amerika.

Pan Rae bertemu dengan Ki Soo di suatu malam yang kacau. Saat itu Pan Rae sedang membawakan sebuah lagu. Lalu, masuk Ki Soo yang tengah mabuk ke acara itu.

Ki Soo menarikan tarian aneh dan hampir membuat dirinya dihajar habis-habisan oleh pasukan Amerika. Dari sana semua Pan Rae tahu bahwa Ki Soo menyukai menari.

Dia pun harus berusaha membujuknya untuk bergabung dengan kelompok tap dance bersama yang lain. Pan Rae yakin bahwa Ki Soo merasakan perasaan seperti dirinya, yakni merasa senang setiap kali menari.

3. Jackson (Jared Grimes)

Jackson (Jared Grimes)

Jackson adalah seorang prajurit AS berkulit hitam. Dia ditempatkan di Kamp Penjara Goeje dan bertugas menjaga pintu aula. Hampir setiap malam, aula sering diramaikan oleh acara-acara hiburan, seperti nyanyi, dansa atau makan-makan besar.


Sebelum perang berkecamuk, Jackson adalah seorang tap dancer yang hebat. Selain itu, dia juga jago bermain musik. Itulah sebabnya Jenderal Robert menugaskan Jackson untuk mengurus segmen hiburan dalam yang akan dihadiri oleh wartawan dan orang-orang penting nanti.

Jackson menyeleksi para tahanan yang sekiranya cocok untuk menjadi anggota kelompok tap dance. Mereka akan dilatih untuk acara tersebut olehnya sendiri. Namun, itu tidak mudah lantaran para prajurit menolak bergabung dengan orang kapitalis musuh negara.

Yang paling sulit dibujuk adalah Ki Soo. Namun, dia harus berhasil menggenapi jumlah anggota tap dance agar dapat kembali ke pangkalan Jepang.

4. Kang Byung Sam (Oh Jung Se)

Kang Byung Sam (Oh Jung Se)

Oh Jung Se adalah seorang aktor yang cakap. Kemampuan aktingnya selalu memukau, termasuk di film Swing Kids. Di sini dia berperan sebagai Kang Byung Man.

Byung Man adalah seorang anti komunis yang masuk ke kamp untuk mencari istrinya. Namun, usahanya belum membuahkan hasil.

Di tengah pencariannya, Byung Man diperkenalkan kepada tap dance. Tarian itu adalah penghiburan yang membuat hidupnya lebih bahagia. Dia setuju untuk bergabung dengan yang lainnya dan rutin berlatih di bawah arahan Jackson.

Byung Man adalah seorang pengamat yang baik. Dia tahu bahwa Ki Soo tersiksa menahan diri untuk tidak tertarik pada tap dance. Di malam saat dia mabuk dan menarikan tarian aneh, dia yakin bahwa anak itu lahir dengan bakat menari yang mumpuni.

Maka dari itu, Byung Man membujuk Ki Soo untuk menerima sepatu tap dance dan berlatih menari bersama mereka. Dia juga menekankan bahwa kegiatannya itu merupakan panggilan hati, bukan untuk menghibur musuh negara.

5. Jenderal Robert (Ross Kettle)

Jenderal Robert (Ross Kettle)

Swing Kids banyak menampilkan aktor-aktor asing di dalamnya. Salah satunya adalah Jenderal Robert. Dia adalah pemimpin di Kamp Penjara Geoje. Robert menugaskan Jackson untuk membuat suasana kamp lebih cair dengan menghadirkan hiburan.

Dia tahu bahwa prajurit AS itu adalah seorang penari dan punya bakat seni dalam dirinya. Maka dari itu, memberikan tugas itu kepadanya adalah pilihan yang tepat.

Robert merasa puas dengan penampilan para kelompok tari yang dulu tampil dengan menggunakan topeng itu. Dia mendengar pujian bernada puas melihat penampilan para penari meskipun kacau balau.

Lalu, pada kunjungan pembesar militer berikutnya. Dia kembali menugaskan Jackson untuk menampilkan hiburan. Dia memperbolehkan Jackson menggarap ide penampilan mereka.

6. Sam Sik (Song Jae Ryong)

Sam Sik (Song Jae Ryong)

Sam Sik adalah tahanan Korea Utara. Namun, dia adalah seorang tuna grahita. Berbeda dari tahanan lainnya, Sam Sik diperbolehkan keluar masuk kantor pasukan Amerika. Hal itu dikarenakan dia sering dimintai pertolongan untuk memijat mereka.

Para pasukan menganggap bahwa Sam Sik bukanlah ancaman. Maka, mereka pun tidak khawatir dia akan membocorkan apa pun pada teman senegaranya.

Di awal film ini diperlihatkan para komandan pasukan Amerika merundingkan rencananya di depan Sam Sik. Namun, karena keterbatasannya, mereka leluasa membicarakan apa saja.

7. Kang Gook (Lee David)

Kang Gook (Lee David)

Kang Gook adalah teman masa kecil Ki Soo. Dia ditangkap oleh pasukan Amerika dan dijebloskan ke Kamp Penjara Geoje. Setelah sekian lama tidak bertemu, Kang Gook ternyata mendapat musibah. Sebelah tangan dan sebelah kakinya dipotong dan dia hidup dengan disabilitas sekarang.

Kang Gook tahu bahwa Ki Soo ada di kamp itu dan dia merasa senang bisa satu kamp dengan teman yang begitu dibanggakan oleh bangsa. Setibanya di kamp itu, Kang Gook berkisah mengenai Ki Soo. Para tahanan mendengarkan dengan seksama.

Kang Goo menceritakan satu pengalaman yang menurutnya sangat berkesan, yakni tentang betapa hebatnya Ki Soo menari. Dengan bangga Kang Gook menceritakan bagaimana temannya itu bahkan berhasil memenangkan kejuaraan tari.

8. Ro Gi Jin (Kim Dong Geon)

Ro Gi Jin (Kim Dong Geon)

Kim Dong Geon di film ini berperan sebagai pahlawan Korea Utara yang mempunyai banyak jasa. Di samping itu, dia juga adalah kakak Ro Ki Soo. Ketika Gi Jin ditangkap, dia diperlakukan secara khusus oleh tentara Amerika.

Pasukan Amerika memborgol tangan dan kakinya dengan ketat, mereka juga menodongkan senjata laras panjang untuk jaga-jaga kalau-kalau Gi Jin menyerang mereka.

Gi Jin bukanlah orang biasa. Kisah heroiknya membuat pasukan Amerika gentar berhadapan dengannya. Kabarnya Gi Jin paling banyak membunuh pasukan Amerika bahkan tanpa dibantu siapa pun.

Di kamp tersebut, sosok pria bertubuh tinggi besar itu juga ditempatkan di sel khusus. Dia diberi sel sendiri dengan penjagaan yang lebih ketat dari sel yang lainnya.

Well, demikianlah penjelasan tentang pemeran dalam film Swing Kid. Film ini merupakan adaptasi dari drama panggung musikal karya Jang Woo Sung yang bertajuk Ro Ki Soo. Swing Kids mulai diputar di bioskop dunia mulai pada Desember 2018 yang lalu.

Kendati berlatar perang, namun film ini terasa lebih kental nuansa musikalnya dibandingkan politiknya. Sang sutradara lebih banyak mengeksplorasi seni tap dance dengan penyajian cerita yang mengaduk emosi.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram