8 Pemeran Silverton Siege, Perjuangan Hak-Hak Kulit Hitam

Ditulis oleh Siti Hasanah

Pada 25 Januari 1980, tiga kader MK (UMkhonto weSIZwe), sebuah kelompok pembebasan Nelson Mandela, melakukan misi sabotase terhadap depo minyak di dekat Mamelodi.

Akan tetapi, misi mereka gagal karena pengkhianatan dan polisi membuntuti. Dalam upaya melarikan diri dari kejaran polisi, ketiga anggota MK tersebut berlindung di sebuah bank di pusat kota Pretoria. 

Mereka menyandera semua orang dan menuntut pembebasan Mandela sebagai gantinya. Nahas, misi mereka gagal dan akhirnya dibunuh polisi.

Insiden berdarah yang menggemparkan dunia itu menjadi dasar bagi sutradara Mandla Dube membuat film ini. Film berlatar Afrika yang rilis pada 27 April 2022 ini dibintangi oleh beberapa aktor ternama. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Calvin Khumalo (Thabo Rametsi) 

silverston siege-1_

Calvin Khumalo adalah protagonis dalam film ini. Di kejadian nyatanya, dia adalah pemimpin aksi penyanderaan yang terjadi di Bank Pretoria. Untuk memerankan peran ini, Mandla Dube mempercayakannya kepada Thabo Rametsi. 

Thabo Rametsi mempunyai tugas ganda di sini, yakni menghidupkan kembali sosok Calvin Khumalo dan menyampaikan pesan yang ingin disuarakan oleh karakternya dulu di tahun 1980.

Karena pesan itulah, maka hampir di setiap dialognya kita akan mendengar Calvin menyuarakan tentang hak pembebasan warga kulit hitam dan penghapusan politik Apartheid di Afrika Selatan. 

Bagi warga kulit hitam, Calvin adalah seorang pahlawan. Namun, bagi warga kulit putih yang dulu berkuasa, dia hanyalah seorang teroris. Polisi kulit putih bahkan tidak melupakan aksi terornya di masa lalu. Itulah sebabnya Calvin menjadi orang nomor 1 yang diburu kepolisian Afrika Selatan masa itu. 

Thabo Rametsi mengisi hampir seluruh kisah dalam film ini. Kita dapat melihat bagaimana sejarah insiden Silverton Siege tahun 1980 dulu lewat karakter yang diperankannya.

Rametsi berhasil menggambarkan Calvin sebagai sosok pemimpin berkarisma sehingga kita akan ikut bersimpati kepadanya meskipun sebenarnya menyandera orang adalah perbuatan salah. 

2. Mbali Terra Mbunda (Noxolo Dlamini)

silverston siege-2_

Noxolo Dlamini mendapatkan peran sebagai Terra, salah satu anggota MK yang ikut dalam misi sabotase depo minyak bersama Calvin Khumalo. Dia adalah satu-satunya wanita dalam kelompok itu. Meskipun wanita, Terra tidak terlihat paling lemah. 


Baca Juga:

Dia cukup jeli melihat bahwa pengkhianat yang telah membocorkan misi mereka kepada polisi adalah Aldo (Stefan Erasmus). Hasil analisanya memang tidak banyak membantu misi Calvin, namun itu membuat Calvin tahu siapa anggota yang masih memiliki visi yang sama dengannya. 

Noxolo Dlami berhasil menggambarkan Terra yang putus asa arena kehilangan kekasihnya. Di sisi lain, dia memperlihatkan rasa sedihnya karena kehilangan kekasihnya dan rasa frustrasinya terhadap negara karena mendiskriminasi kaumnya. Semua emosinya tampak jelas. 

Kita mungkin akan berpikir bahwa Terra benar-benar telah menyerah dengan kondisi yang dihadapinya. Dari raut mukanya kita bisa melihat bagaimana Terra sudah pasrah dan siap untuk mati karena tahu misinya tidak akan berhasil. 

3. Aldo Erasmus (Stefan Erasmus)

silverston siege-3

Stefan Erasmus di sini berperan sebagai salah satu anggota MK komplotan Calvin Khumalo. Dia adalah salah satu komplotan yang bernama Aldo. Aldo ikut dalam misi sabotase depo minyak yang gagal. 

Sebenarnya, peran Aldo disini tidak banyak. Dia tak lebih dari pengikut saja dan tidak punya inisiasi seperti halnya Terra. Stefan Erasmus menggambarkan Aldo sebagai sosok yang tidak tegas, penakut dan cenderung mengutamakan diri sendiri. 

Melihat keseluruhan film kita bisa menilai bahwa Aldo tidak punya jiwa patriotik seperti rekan-rekannya di MK. Yang lebih parah lagi adalah dia berkhianat. Dialah yang membocorkan misi sabotase depo minyak hari itu kepada Kapten Langerman.

Nah, Aldo adalah orang pertama di komplotan tewas, itu pun ditembak Terra karena kecewa ternyata pengkhianatnya adalah Aldo. Aldo dan segala tindakan pengecutnya bisa dianggap sebagai sumber kesalahan dalam misi Calvin Khumalo. 

4. Kapten Johan Langerman (Arnold Vosloo)

silverston siege-4_

Aktor senior Arnold Vosloo agaknya dapat menjadi karakter favorit di film ini. Dia dipercaya memerankan karakter Kapten Langerman. Langerman adalah orang yang paling dibingungkan dengan posisinya. Di satu sisi dia pro warga kulit hitam, tapi di sisi lain dia harus mematuhi perintah atasan untuk membunuh Calvin dan komplotannya. 

Langerman sudah lama membuntuti Calvin. Namun, upayanya meringkus komplotan Calvin selalu gagal. Baginya, Calvin itu licin bak belut. Dia juga kesulitan bernegosiasi dengannya. Akan tetapi, Kapten Langerman melihat ada peluang menangkap Calvin dengan memanfaatkan kelemahan Aldo. 

Kapten Langerman menyandera istrinya dan dengan begitu anggota Mk itu pasti akan bersedia menjadi pengkhianat bagi Calvin. Dan itu berhasil. Ada bagian yang dramatis dari karakter Langerman di sini. Yakni saat dia berhasil menggagalkan misi Calvin, tapi rencananya direbut oleh atasannya. 

Dia tidak berniat untuk membunuh Calvin. Baginya, cukup Calvin dijebloskan ke penjara agar berhenti menebar terror demi perjuangan hak-hak warga kulit hitam. Namun, atasannya mengintervensi dan malah membunuh Calvin.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram