10 Pemeran Utama Secretly, Greatly, Kumpulnya Para Bintang

Ditulis oleh Desi Puji Lestari

Tidak berlebihan jika memasukkan Secretly, Greatly (2013) sebagai salah satu film tersukses Korea Selatan. Pasalnya, film ini berhasil menarik perhatian dan minat penonton hingga hampir 7 juta jiwa. Angka fantastis tersebut sebenarnya tidak terlalu mengherankan, apalagi jika mengingat para pemerannya.

Pemeran Secretly, Greatly (2013) adalah aktor-aktor dengan totalitas terbaik. Sebut saja Kim Soo Hyun yang luwes berperan sebagai agen Korea Utara dan menyamar jadi pemuda dungu tapi rajin, serta disayangi banyak orang.

Kim Soo Hyun bukan satu-satunya bintang yang terlibat dalam film ini. Daripada penasaran, mari mengenal mereka satu per satu!

1. Won Ryu Hwan/Bang Dong Gu – Kim Soo Hyun

kim soo hyun_

Pemeran Secretly, Greatly (2013) yang pertama dan utama adalah Kim Soo Hyun. Dia berperan sebagai prajurit Korea Utara kelas atas yang dididik secara keras di unit 5446. Bernama Won Ryu Hwan, dia pernah memenangkan kompetisi melawan 20.000 prajurit lainnya. Dia juga pemimpin pasukan bintang lima unit khusus 5446.

Kapten Won Ryu Hwan seorang ahli bela diri yang memiliki keakuratan tinggi dalam menembak. Singkatnya, dia adalah agen kelas atas yang menjalankan misi rahasia ke Korea Selatan. Dalam misi tersebut Kapten Won menyamar sebagai pria bodoh bernama Bang Dong Gu. 

Dong Gu bekerja sebagai penjaga toko kelontong milik Nenek Soonim. Walau terkenal bodoh oleh tetangga, Dong Gu sosok yang sangat dirindukan karena pekerja keras dan suka membantu orang lain. 

Terpisah selama dua tahun dari ibunya yang tinggal di Korea Utara, Kapten Won Ryu Hwan selalu merindukannya. Hampir setiap hari Ryu Hwan menulis surat, bertanya kabar sembari memandangi foto hitam putih sang ibu. Sebagai Dong Gu, dia menyimpan gaji yang diberikan Nenek Soonim. 

Tinggal selama dua tahun bersama Nenek Soonim, membuat Kapten Ryu Hwan terikat secara emosi. Apalagi setelah dia mengetahui kalau ibunya sudah tewas. Ryu Hwan sempat mendambakan menjalani kehidupan kembali sebagai Dong Gu, sebelum hidupnya berakhir tragis.

2. Ri Hae Rang/Kim Min Su – Park Ki Woong

park ki woo_

Dalam film ini, Park Ki Woong bermain sebagai Kapten Ri Hae Rang. Dia adalah putra pendiri unit 5446 dengan seorang wanita penghibur. Ri Hae Rang datang ke Korea Selatan atas keinginan sendiri. Dia menyamar sebagai Kim Min Su, calon musisi yang lolos audisi sebagai penyanyi.

Ri Hae Rang cenderung slengekan. Jiwanya bebas sampai-sampai dia merasa tidak terikat dengan dunia dan kehidupan.

Sebagai agen, Hae Rang tidak kalah hebat. Sama-sama berpangkat kapten, dia dan Ryu Hwan punya kemampuan hampir setara. Dia terkesan tidak peduli pada siapa pun tapi nyatanya rela mengorbankan nyawa sendiri demi menyelamatkan orang lain.

3. Ri Hae Jin – Lee Hyun Woo

lee hyun woo_

Agen ketiga yang dijamin mencuri perhatianmu saat nonton film Secretly, Greatly (2013) adalah Ri Hae Jin. Karakternya dimainkan dengan baik oleh Lee Hyun Woo. Ri Hae Jin datang ke Korea Selatan dengan menyamar sebagai anak SMA. Usianya masih sangat muda, tetapi soal kemampuan jangan diragukan.

Sebagai didikan unit 5446, Ri Hae Jin dibekali kemampuan beladiri dan menembak yang luar biasa. Tugas pertama yang dilakukannya adalah mengintai Kapten Won Ryu Hwan; sosok idola, panutan, sekaligus penyelamatnya. Ya! Ri Hae Jin sangat mengagumi Dong Gu atau Ryu Hwan, bahkan sejak dia masih kecil.

Oleh karena itu, apa pun yang diperintahkan Ryu Hwan segera dia laksanakan. Ri Hae Jin sangat potensial sampai-sampai pihak Korea Selatan khususnya Kepala NIS membelanya. Sayang, hidupnya harus berakhir di ujung tembakan.

4. Jun Soonim – Park Hye Sook

park hye sook_

Aktris senior Park Hye Sook turut bermain dalam film ini. Dia berperan sebagai Jun Soonim, yaitu nenek pemilik toko kelontong tempat Dong Gu bekerja.

Dong Gu menyebutnya dengan nama Nenek Pasar. Menurut Dong Gu, Soonim sosok yang pelit. Kenyataannya, selain memberikan upah secara tunai pada pemuda itu, Nenek Soonim menabung sejumlah uang untuk Dong Gu.

Di balik sikapnya yang keras dan cerewet, Soonim diam-diam menganggap Dong Gu sebagai putra keduanya.

Soonim yang dua tahun lalu menemukan Kapten Won Ryu Hwan tergeletak di sekitar rumahnya, sudah menyiapkan uang tabungan untuk pernikahan Dong Gu. Dia wanita paruh baya yang pemberani dan berusaha semampunya melindungi serta merawat Dong Gu.  

5. Seo Sang Goo – Ko Chang Seok

ko sang chook_

Aktor senior Ko Chang Seok ikut membintangi film karya sutradara Jang Cheol Soo ini. Dia berperan sebagai Seo Sang Goo; seorang mata-mata Korea Utara yang menyamar sebagai petugas pos. Sebelum kedatangan Ri Hae Rang dan Ri Hae Jin, dia satu-satunya orang yang tahu identitas asli Dong Gu. 

Sang Goo jauh lebih senior dibandingkan Dong Gu. Dia bahkan sudah tinggal di Korea Selatan selama 16 tahun. Tinggal belasan tahun di negeri orang membuat Sang Goo mulai membiasakan diri dengan budaya Korea Selatan. Dia bahkan menjadi manajer fans dari salah satu girl band. 

Belakangan diketahui kalau dia sebenarnya seorang Profesor Filsafat Politik di sebuah universitas yang sedang membuktikan hipotesisnya tentang kesetiaan unit 5446.

Menurutnya, seorang agen yang dididik dengan sistem militer tinggi, lalu dibiarkan tinggal lama di Korea Selatan, dapat berubah menjadi pengkhianat. Secara singkat, Dong Gu adalah bahan eksperimennya. 

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram