bacaterus web banner retina

8 Pemeran Samson (2018), Kisah yang Menguatkan Keimanan

Samson adalah sosok pembela kebenaran dari bangsa Israel yang kisahnya diabadikan di dalam Alkitab. Sudah banyak film yang menceritakan salah satu kisah penggugah jiwa ini. Di antara yang paling terkenal ialah film Samson and Delilah (1949) karya Cecil B. DeMille yang sangat fenomenal di masanya.

Kali ini Pure Flix sebagai studio yang khusus memproduksi film-film bertema agama, merilis versi terbaru dari kisah penguat keimanan ini. Tentunya tidak ada yang berbeda dengan jalan ceritanya, bahkan kali ini diperkuat dengan pendekatan sejarah yang erat.

Sudah kenal dengan para pemerannya? Mungkin nama-namanya kurang familiar, oleh karena itu langsung simak artikel berikut untuk mengenal mereka, ya!

1. Samson (Taylor James)

Samson (Taylor James)

Samson yang diperankan oleh Taylor James lahir dan tumbuh besar di masa bangsa Israil sedang berada di bawah kekuasaan bangsa Filistin. Samson diramalkan akan menjadi seorang pembela bagi bangsa Israel.

Tapi dia sendiri belum menyadari potensinya dan masih senang bermain-main dalam hidupnya. Hingga dia berada di sebuah situasi yang menjadi titik balik keimanannya.

Pernikahan Samson dirusak oleh seorang pangeran dari bangsa Filistin yang merebut istrinya. Samson marah dan menghabisi satu pasukan seorang diri.

Pangeran Rallah juga menjadi marah dan membunuh ayah Samson serta membakar desanya. Saat inilah dia mulai mengerti bahwa bangsa Israel harus bisa menjadi bangsa yang kuat dan mandiri.

Ketika Samson sudah diangkat sebagai hakim bangsa Israel, bangsa Filistin menahan pasokan makanan kepada bangsa Israel.

Mencoba melakukan negosiasi dengan Raja Balek, Samson justru hendak dihabisi oleh Rallah. Untuk mencari kelemahannya, Rallah mengutus Delilah untuk merayu Samson.

Bangsa Israel di desanya kemudian melakukan pemberontakan yang membuat Rallah memiliki alasan untuk menangkap Samson.

Setelah kelemahannya diketahui dengan memotong rambutnya, Samson ditangkap dan dijebloskan ke penjara. Rallah yang kini sudah menjadi raja, menggiring Samson untuk menjadi tontonan di masyarakat.

Samson berdoa kepada Tuhan dan diberikan kekuatan yang besar untuk meruntuhkan kuil Dagon tempat bangsa Filistin beribadah. Pengorbanan Samson ini menjadi inspirasi bagi bangsa Israel untuk melakukan perlawanan kepada bangsa Filistin.

Taylor James yang memang memiliki postur tubuh yang tinggi dan besar memang sangat pantas memerankan Samson. Hanya saja kualitas aktingnya masih kurang bagus sehingga tidak meyakinkan di dalam setiap adegannya.

2. Rallah (Jackson Rathbone)

Rallah (Jackson Rathbone)

Pemeran Jasper Hale di franchise The Twilight Saga ini tampil menyebalkan sebagai pangeran dari Filistin. Rallah sangat membenci Samson karena dianggap sebagai sosok penyelamat bagi bangsa Israel.

Dia melakukan perbuatan licik di pernikahan Samson sehingga dia bisa menikahi Taren, istri Samson yang juga adalah budaknya.

Rallah murka ketika pasukannya diserang oleh Samson seorang diri dan menuntut balas dengan membunuh ayah Samson serta membakar desanya. Tidak hanya sampai disitu saja, Rallah juga mengirimkan Delilah untuk merayu Samson.

Dia merebut tahta dengan membunuh ayahnya dan menangkap Samson setelah rambutnya dipotong. Rallah ingin memamerkan kekuatannya karena telah berhasil menangkap Samson.

Dia membawa Samson ke kuil Dagon untuk diperlihatkan di depan rakyatnya, sekaligus menjadi pelajaran bagi bangsa Israil yang ingin menentangnya. Tapi justru kuil itu dirobohkan oleh Samson dan Rallah tewas tertimpa reruntuhannya.

3. King Balek (Billy Zane)

 King Balek (Billy Zane)

Pemeran Cal Hockley di film Titanic (1997) ini memang sudah pudar popularitasnya dan sering bermain film-film kelas B. Tapi aktingnya sebagai raja bangsa Filistin di film Samson ini cukup bagus.

Dia bisa menampilkan sosok raja yang bengis dan tidak segan menindas bangsa Israel. Dia mengutus putranya untuk mencari tahu tentang Samson yang diramalkan akan menentangnya.

Balek juga menolak negosiasi dengan Samson terkait penahanan pengiriman makanan ke desa bangsa Israel. Tapi karena keputusannya untuk membunuh Samson berseberangan dengan keinginan Rallah, Balek dibunuh oleh putranya sendiri. Dan tahta berpindah ke tangan Rallah.

4. Delilah (Caitlin Leahy)

Delilah (Caitlin Leahy)

Sosok Delilah dikenal dengan kecantikan dan rayuan mautnya. Semua pria pasti tergoda olehnya, tidak terkecuali Samson yang saat itu sudah menjadi hakim bagi bangsa Israel.

Menjanjikan cinta dan hidup bersama selamanya, Delilah nyatanya hanya mengelabui Samson untuk menemukan kelemahannya agar saat ditangkap nanti dia tidak memiliki kekuatan lagi.

Misi Delilah berhasil, namun tumbuh rasa simpati kepada Samson dan iba melihatnya disiksa di dalam penjara. Tapi Delilah tidak bisa berbuat apa-apa.

Dia hanyalah selir Rallah yang tidak punya kekuasaan. Saat Samson merobohkan kuil, Delilah ikut tewas tertimpa reruntuhan.

Caitlin Leahy yang populer berkat perannya sebagai Kelly di serial ABC Black-ish ini kurang mampu untuk menampilkan aura menggoda Delilah.

Aktingnya terlihat datar dan kurang meyakinkan. Kalimat yang diucapkannya juga tidak membekaskan apa-apa bagi penonton.

Performa akting yang terlalu biasa ini diperparah dengan naskah yang sangat tipis untuknya tanpa pengembangan karakter yang berarti.

Bahkan rasa simpatinya kepada Samson pondasinya kurang terbangun dengan baik. Tidak ada kesan cinta yang diperlihatkannya untuk Samson, padahal cerita ini menuntutnya begitu.

5. Manoah (Rutger Hauer)

Manoah (Rutger Hauer)

Aktor senior yang sudah wafat di tahun 2019 ini adalah salah satu bintang papan atas pada masanya. Aktingnya tidak pernah diragukan dengan berbagai karakter yang dibawakannya.

Di film Samson, Rutger Hauer berperan sebagai Manoah, ayah dari Samson. Dia selalu menanamkan nasihat kebaikan kepada Samson, juga ramalan tentang dirinya bagi bangsa Israel.

Saat Samson membuat murka Rallah, pangeran Filistin itu membunuhnya dan membakar desanya. Jabatannya sebagai hakim dilanjutkan oleh Samson.

6. Zealphonis (Lindsay Wagner)

Zealphonis (Lindsay Wagner)

Pemeran Jaime Sommers di serial NBC The Bionic Woman ini pernah menjadi icon populer di era 1970an berkat peran tersebut.

Membawakan karakter Zealphonis di film Samson, kehadirannya terasa sia-sia karena peran ibu dari Samson ini hanya tampil sekilas, terutama di awal film. Tanpa pengembangan karakter yang lebih dalam, peran Zealphonis sebenarnya tidak mempengaruhi jalan cerita.

7. Taren (Frances Sholto-Douglas)

Taren (Frances Sholto-Douglas)

Masih ingat dengan Vivian di trilogi The Kissing Booth? Perannya sebagai Taren di film Samson ini adalah debut aktingnya di film layar lebar.

Taren diceritakan adalah gadis yang disukai oleh Samson. Dia adalah putri dari bangsawan Filistin yang kemudian menjadi budak Rallah karena terpaksa.

Atas saran Delilah, Taren hendak dinikahkan kepada Samson agar bangsa Israel mudah diatur oleh Rallah nantinya. Tapi Rallah justru mempermainkan Samson dan menikahi Taren yang membuat Samson murka.

Taren dianggap pengkhianat oleh Samson karena memberikan jawaban teka-tekinya kepada Rallah, padahal dia sama sekali tidak berbuat itu. Delilah adalah orang yang membocorkan jawaban itu.

8. Caleb (Greg Kriek)

Caleb (Greg Kriek)

Aktor asal Afrika Selatan ini sering berakting di berbagai film dan serial TV sebagai pemeran pendukung. Sebagai Caleb, adik dari Samson, dia adalah narator kisah dalam film ini. Caleb selalu bersama Samson sejak dia beranjak dewasa hingga diangkat menjadi hakim.

Caleb memberi tahu Samson bahwa ada pemberontakan di desanya yang mengancam datangnya pasukan Filistin. Caleb sempat dijebloskan ke penjara, namun dibebaskan oleh Delilah atas saran Samson.

Di akhir film, Caleb bercerita bahwa pengorbanan Samson menginspirasi bangsa Israel untuk melawan bangsa Filistin dengan kemenangan yang ada di tangan penerus Samson, yaitu pemuda bernama David.

Itulah 8 aktor dan aktris yang bermain di film Samson. Mampu menghadirkan tiga nama besar pada Billy Zane, Rutger Hauer, dan Lindsay Wagner, karakter mereka semua hanya menjadi pelengkap cerita saja tanpa pengembangan karakter yang lebih dalam.

Sangat disayangkan memang menyia-nyiakan talenta akting berkualitas, tapi film ini menjadi perlu diperhitungkan karena kehadiran mereka.

Jika kalian adalah penonton yang menyukai film-film bertema agama, maka Samson bisa menjadi pilihan yang cukup bagus dari sedikitnya jumlah film seperti ini yang diproduksi. Selamat menyaksikan!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram