bacaterus web banner retina

10 Pemeran Pride and Prejudice, Drama Romantis yang Populer

Pride and Prejudice merupakan sebuah film drama romantis berdasarkan pada novel Jane Austen dengan judul yang sama. Film tersebut dirilis tahun 2005 dan disutradarai oleh Joe Wright.

Film ini merupakan debut penyutradaraan Joe Wright. Pride and Prejudice mengisahkan para gadis dari keluarga Bennet yang terdiri lima saudara. Kisah ini diwarnai dengan masalah seputar pernikahan dan standar masyarakat.

Film ini dibintangi oleh Keira Knightley yang sebelumnya muncul dalam film Pirates of the Caribbean. Selain itu ada juga Matthew Macfadyen yang pernah membintangi film televisi, Wuthering Heights.

Selain kedua bintang utama tersebut, film ini juga didukung oleh beberapa pemeran lainnya. Yuk kenalan dulu dengan pemeran Pride and Prejudice sebelum kamu nonton filmnya.

1. Elizabeth Bennet (Keira Knightley)

pemeran-pride-and-prejudice-1_

Karakter Elizabeth Bennet yang biasa dipanggil Lizzy ini diperankan dengan ciamik oleh Keira Knightly. Elizabeth merupakan protagonis wanita dalam Pride and Prejudice karya Jane Austen ini.

Anak dari Mr. Bennet ini memiliki empat saudara perempuan, yaitu Jane, Mary, Catherine, dan Lydia. Keluarga Elizabeth tinggal di Hertfordshire di perkebunan Longbourn.

Elizabeth merupakan seorang perempuan yang cerdas dan ceria. Dia bertemu dengan Mr. Darcy untuk pertama kalinya di sebuah pesta dansa. Namun di tempat itu juga tanpa sengaja dia mendengar komentar Mr. Darcy yang menghinanya.

Tak perlu waktu lama untuk Elizabeth membenci Mr. Darcy. Keduanya kembali bertemu saat Jane menginap di rumah Mr. Bingley dan dia jatuh sakit. 

Elizabeth datang untuk menjenguk Jane dan ternyata Mr. Darcy ada di sana. Keduanya terlibat dalam percakapan yang cukup panas. Namun saat pulang, tiba-tiba tangan Mr. Darcy memegang tangan Elizabeth ketika dia akan naik kereta kuda. Perlakuannya tersebut membuat Elizabeth terkejut.

Pada pesta dansa yang diadakan di Netherfield, Elizabeth dan Mr. Darcy akhirnya berdansa. Seperti biasa, mereka kembali terlibat adu mulut soal. Kali ini soal Mr. Wickham. Elizabeth merasa Mr. Darcy orang yang jahat karena perbuatannya pada Mr. Wickham.

Ketika mengunjungi Charlotte, temannya yang menikah dengan sepupunya yang bernama Mr. Collins, Elizabeth bertemu lagi dengan Mr. Darcy. Di sinilah Elizabeth mengetahui kalau Mr. Darcy dalang dibalik putusnya hubungan Jane dengan Mr. Bingley. 

Tanpa tahu kalau Elizabeth kecewa padanya karena memisahkan kakaknya dari Mr. Bingley, Mr. Darcy datang untuk melamar Elizabeth. Namun yang terjadi keduanya malah terlibat cekcok dan lamaran Mr. Darcy pun ditolak Elizabeth. 

Elizabeth dikejutkan oleh kemunculan Mr. Darcy saat dirinya menemani pamannya, Mr. Gardiner, yang sedang berjalan-jalan bersama istrinya di Pemberley. Kali ini Elizabeth dan Mr. Darcy terlihat akrab dan tak lagi bertengkar.

Ketika Elizabeth diberi tahu oleh Jane kalau Lydia melarikan diri dengan Mr. Wickham, Mr. Darcy langsung turun tangan untuk membantunya. Setelah Mr. Bingley melamar Jane, tak lama Mr. Darcy pun melamar Elizabeth. Kali ini dia menerimanya dan mereka pun menikah. 

2. Matthew MacFadyen – Mr. Darcy

pemeran-pride-and-prejudice-2_

Mr. Fitzwilliam Darcy merupakan seorang pria kaya yang memiliki perkebunan besar bernama Pemberley. Karakter Mr. Darcy diperankan oleh Matthew MacFadyen.

Saat pertama kali bertemu Elizabeth, Mr. Darcy meremehkan Elizabeth karena kelas keluarganya dan sikap ibu serta saudara-saudaranya. Namun pada pertemuan selanjutnya, dia menyadari kalau dirinya menyukai Elizabeth.

Di pesta dansa yang kedua, dia memberanikan diri untuk mengajak Elizabeth berdansa. Namun keduanya malah terlibat cekcok soal Mr. Wickham.

Ketika bertemu lagi dengan Elizabeth di rumah bibinya, Lady Catherine de Bourgh, Mr. Darcy mulai melunak pada Elizabeth. Sayang, info tentang dirinya yang mencoba memisahkan kakaknya dengan Mr. Bingley sampai ke telinga Elizabeth.

Awalnya hendak melamar Elizabeth, Mr. Darcy malah terlibat pertengkaran dengan Elizabeth. Tanpa disengaja, dirinya bertemu dengan Elizabeth lagi di perkebunannya. Dia mulai memperlihatkan sikap yang ramah. Ketika mengetahui adik Elizabeth, Lydia, melarikan diri bersama Mr. Wickham, Mr. Darcy turun tangan dan membantu pencarian Lydia. 

Saat Mr. Bingley melamar Jane, tak lama dia pun datang untuk melamar Elizabeth. Saat itu dia baru tahu kalau bibinya melabrak Elizabeth dan memintanya menjauhi dirinya. 

Sambil minta maaf, Mr. Darcy mengungkapkan perasaan cintanya dan meminta Elizabeth untuk menjadi pasangan hidupnya pada ayah Elizabeth. Setelah mendapat persetujuan Mr. Bennet, keduanya pun menikah. 

3. Rosamund Pike – Jane Bennet

pemeran-pride-and-prejudice-3_

Rosamund Pike rela menolak tawaran bermain di Harry Potter demi berperan sebagai Jane dalam Pride and Prejudice. Jane merupakan putri tertua keluarga Bennet dan yang paling cantik di antara kelima bersaudara tersebut, juga di lingkungannya. 

Jane bertemu dengan Charles Bingley di sebuah pertemuan di Meryton. Mr. Bingley merupakan penyewa baru perkebunan di daerah Netherfield. Ketika bertemu Jane di acara itu Mr. Bingley langsung suka dengan Jane.

Keduanya menghabiskan waktu berdansa dan mengobrol bersama. Setelah pertemuan itu, Jane mengaku pada Elizabeth kalau dia suka dengan Mr. Bingley.

Jane juga sempat menginap di rumah Mr. Bingley karena dia jatuh sakit akibat kehujanan. Sepulang dari rumah Mr. Bingley, Jane sempat akan dilamar oleh sepupunya, Mr. Collins, tapi diselamatkan Mrs. Bennet. 

Jane kembali bertemu Mr. Bingley di pesta dansa yang diselenggarakan di Netherfield. Mereka yang hadir di sana mengira mereka akan segera bertunangan karena keduanya terlihat selalu bersama. Namun, Jane dikejutkan dengan berita kalau Mr. Bingley tiba-tiba pergi ke London sesudah pesta dansa. 

Sempat mengalami kesedihan akibat ditinggalkan oleh Mr. Bingley, Jane kembali meraih kebahagiaannya setelah Mr. Bingley kembali ke Netherfield. Dia tambah bahagia karena ternyata Mr. Bingley akhirnya melamar dirinya.

4. Simon Woods – Charles Bingley

pemeran-pride-and-prejudice-4_

Berbeda dengan Mr. Darcy, Mr. Bingley yang diperankan oleh Simon Woods adalah orang yang ramah dan mudah bergaul. Karena itulah dia bisa dengan mudah berbicara dengan Jane di pertemuan pertama mereka.

Dari awal pertemuannya dengan Jane, Mr. Bingley sudah jatuh hati dengan Jane. Namun, Mr. Darcy meyakinkan temannya tersebut kalau Jane tak cocok untuknya.

Mr. Darcy pun meyakinkan Mr. Bingley untuk meninggalkan Netherfield dan kembali ke London. Saat di London, dia sangat ingin kembali ke Netherfield, tapi selalu dicegah oleh Mr. Darcy dan adiknya.

Ketika berkunjung ke Pemberley pada musim panas, dia berharap bisa bertemu Elizabeth. Dari pertemuan itu Elizabeth tahu kalau Mr. Bingley masih menyukai Jane. 

Saat kembali ke Netherfield, Mr. Bingley mendapatkan pengakuan dari Mr. Darcy kalau dirinya sengaja menyembunyikan fakta tentang Jane yang datang ke London. Sempat marah pada Mr. Darcy, Mr. Bingley akhirnya memaafkan temannya tersebut. Dia pun mendatangi kediaman Mr. Bennet untuk melamar Jane. 

5. Brenda Blethyn – Mrs. Bennet

pemeran-pride-and-prejudice-5_

Brenda Blethyn berperan sebagai Mrs. Bennet, ibu dari lima gadis keluarga Bennet. Dia takut rumah dan harta Mr. Bennet akan jatuh pada sepupunya, Mr. Collins, karena semua anaknya adalah perempuan. Karena itulah dia sangat antusias untuk segera menikahkan anak-anaknya agar hidupnya terjamin jika suaminya meninggal nanti.

Ketika ada pesta dansa di daerahnya, dia begitu bersemangat membawa semua putrinya agar bisa bertemu calon suami. Mengetahui Jane disukai oleh Mr. Bingley, dia pun sangat bahagia.

Saat Mr. Collins ingin melamar salah satu anaknya, dia begitu bersemangat untuk menjodohkannya dengan Elizabeth. Sayangnya lamaran Mr. Collins ditolak oleh Elizabeth.

Meski awalnya dia marah dengan kelakuan Lydia yang kabur dengan Mr. Wickham, ujung-ujungnya dia merasa bahagia karena akhirnya Lydia bisa menikah. Sempat frustasi dengan Elizabeth karena membiarkan Mr. Collins menikah dengan temannya, Mrs. Bennet akhirnya bahagia karena Elizabeth menikah dengan Mr. Darcy.

6. Donald Sutherland – Mr. Bennet

pemeran-pride-and-prejudice-6_

Berbeda dengan Mrs. Bennet, Mr. Bennet yang diperankan oleh Donald Sutherland ini orangnya lebih santai. Dia tidak begitu memaksa agar anak-anaknya segera menikah. Karenanya saat Elizabeth menolak lamaran Mr. Collins, dia justru mendukung Elizabeth. 

Mr. Bennet sering beradu mulut dengan Mrs. Bennet karena sifat istrinya tersebut. Dia tampak lebih senang jika dibiarkan sendirian. Mr. Bennet juga hobi membaca buku yang sepertinya menurun pada Elizabeth.

Meski tak memaksa anak-anaknya untuk segera menikah, namun ketika putri-putrinya mendapatkan lamaran, dia menjadi ayah yang paling bahagia di dunia.

7. Tom Hollander – Mr. Collins

pemeran-pride-and-prejudice-7_

Mr. Collins diperankan oleh Tom Hollander, yang juga pernah bermain di film Pirates of the Caribbean: Dead Man's Chest dan About Time. Saudara jauh Mr. Bennet ini adalah seorang pendeta. Mr Collins mendapatkan dukungan dari Lady Catherine de Bourgh yang menjadi patronnya. Sang patron menempatkannya di sebuah paroki.

Awalnya dia ingin menikahi anak perempuan dari Mr. Bennet, tapi tak satu pun yang ingin menikah dengannya. Akhirnya dia menikah dengan teman Elizabeth yang bernama Charlotte. 

8. Rupert Friend – George Wickham

pemeran-pride-and-prejudice-8_

George Wickham yang diperankan oleh Rupert Friend adalah anak baptis dari ayah Mr. Darcy. Mr. Wickham yang sudah dianggap seperti anak oleh ayah baptisnya tersebut menolak menerima warisan.

Dia ingin mendapatkan sejumlah uang. Mr. Darcy akhirnya memberikan uang tersebut. Namun uang itu dia habiskan sehingga dia tak punya apa-apa.

Mr. Wickham kemudian mencoba menjebak saudara baptisnya, Georgiana, agar bisa mendapatkan warisan dari adik perempuan Mr. Darcy tersebut. Dia mencoba mengajak kawin lari Georgiana, tapi berhasil dicegah Mr. Darcy. Sejak saat itu keduanya saling bermusuhan.

Ketika resimennya tiba di Meryton, Mr. Wickham bertemu dengan para gadis dari keluarga Bennet. Dia sebenarnya jatuh cinta dengan Elizabeth, tapi adiknya Elizabeth, Lydia, sangat tertarik padanya. Dia pun mengelabui Lydia dengan mengajaknya kawin lari walaupun sebenarnya dia tak berniat menikahi Lydia. 

Akhirnya dia dan Lydia ditemukan oleh Mr. Darcy. Mr. Wickham bersedia menikahi Lydia dengan syarat dia akan mendapatkan warisan setelah Mr. Bennet meninggal. Tak hanya mendapatkan uang, dia juga berhasil mendapatkan kembali karier militernya berkat bantuan Mr. Darcy.

9. Carey Mulligan – Lydia Bennet

pemeran-pride-and-prejudice-9_

Lydia merupakan anak bungsu kesayangan Mrs. Bennet. Ibunya sangat memanjakan dan memuja anaknya itu. Karena Mr. Bennet tidak begitu ketat dengan Lydia, dia pun bisa keluar rumah meski kakak-kakaknya belum menikah. Hal tersebut dianggap tidak pantas pada masanya.

Ketika Mr. Bingley muncul di Hertfordshire, Lydia tidak begitu antusias karena dia lebih menyukai Mr. Wickham. Saat Lydia pergi bersama keluarga Foster ke Brighton, dia akhirnya melarikan diri bersama Mr. Wickham karena dia percaya pria itu akan menikahinya.

Dia akhirnya menikah dengan Mr. Wickham karena keluarganya bersedia memenuhi tuntutan Mr. Wickham.

10. Claudie Blakley – Charlotte Lucas

Claudie Blakley – Charlotte Lucas

Teman Elizabeth ini diperankan oleh Claudie Blakley. Charlotte berusia di atas Elizabeth sehingga dia khawatir akan masa depannya. Dia menyadari kalau Mr. Darcy menyukai Elizabeth tapi temannya itu tidak memperdulikannya karena Elizabeth lebih tertarik pada Mr. Wickham.

Ketika Elizabeth menolak pinangan Mr. Collins, Charlotte menjadi teman yang bersedia mendengarkan keluh-kesah pria itu. Akhirnya Mr. Collins pun melamar dirinya. Sempat terjadi ketegangan dengan Elizabeth karena keputusannya menikah dengan Mr. Collins, keduanya akhirnya berbaikan. Elizabeth pun mengunjungi rumah Charlotte. 

Penggemar Pride and Prejudice pasti sudah hafal dengan semua karakter dalam film tersebut. Yang paling berkesan tentunya karakter Mr. Darcy dan Elizabeth yang dimainkan dengan apik oleh Matthew MacFadyen dan Keira Knightley. Chemistry di antara keduanya begitu hebat hingga banyak yang jatuh cinta dengan kedua karakter tersebut.

Selain Matthew MacFadyen dan Keira Knightley, siapa menurutmu yang aktingnya tak kalah menarik di film ini? Coba share komenmu di bawah ini!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram