bacaterus web banner retina

5 Pemeran Utama Film Orphan, Aktingnya Enggak Kaleng-Kaleng!

Ditulis oleh Erika Erilia

Orphan merupakan film horor thriller yang diluncurkan pertama kali pada tahun 2009. Digarap oleh sutradara Jaume Collet-Serra, film ini berhasil menjadi salah satu film horor ikonik yang mengangkat kisah anak kecil dengan sifat psikopat.

Orphan berkisah tentang keluarga Coleman yang mengadopsi gadis 9 tahun bernama Esther dari sebuah panti asuhan. Awalnya, semua tampak normal dan keluarga ini hidup bahagia, namun ternyata kehadiran Esther membawa mimpi buruk karena ia bukanlah gadis innocent seperti yang dibayangkan sebelumnya.

Dengan adanya plot twist di akhir cerita, Orphan pun sukses memikat banyak penonton. Tapi selain cerita yang dikemas menarik, akting para pemainnya pun patut mendapat apresiasi karena mampu memerankan karakternya dengan baik. Siapa saja mereka? Yuk, kenalan dulu dengan para pemeran utama film Orphan!

1. Vera Farmiga (Kate Coleman)

pemeran-film-orphan-1_

Aktris asal Amerika Serikat ini lahir pada 6 Agustus 1973. Selain berakting di depan kamera, Vera Farmiga juga menjalani profesinya sebagai produser dan sutradara. Di sepanjang kariernya, Vera Farmiga telah membintangi banyak film, salah satunya adalah Up in the Air (2009) yang membuatnya mendapatkan nominasi Oscar.

Selain film drama komedi tersebut, Vera Farmiga juga tercatat bermain di beberapa film populer seperti The Departed (2006), Source Code (2011), hingga The Conjuring (2013) serta sekuel-sekuelnya. Sementara debut sutradaranya dimulai lewat film Higher Ground (2011) di mana dia juga menjadi pemeran utama di film tersebut.

Berkat aktingnya yang memukau, Vera Farmiga tak hanya dikenal luas di perfilman Hollywood, tapi juga sering mendapat pujian dari sejumlah kritikus film. Namanya juga beberapa kali muncul di daftar nominasi penghargaan film bergengsi seperti Oscar, Golden Globe, atau BAFTA Awards.

Salah satu film populer yang juga dibintangi Vera Farmiga adalah Orphan (2009). Di film tersebut, ia berperan sebagai Kate Coleman, seorang istri sekaligus ibu yang tengah berduka setelah kematian anak ketiganya. Kate bahkan mengalami depresi dan sering bermimpi buruk. Ia juga kerap minum alkohol dan mabuk untuk melupakan kesedihannya.

Kate dan suaminya kemudian memutuskan untuk mengadopsi seorang anak perempuan dari panti asuhan. Anak itu bernama Esther, gadis 9 tahun yang sangat cerdas, sopan, dan terlihat sebagai anak baik-baik. Kate dan suaminya langsung jatuh cinta pada Esther dan memutuskan untuk mengadopsinya, dan dari sinilah mimpi buruk dimulai.

Kate sadar ada yang salah dengan anak adopsinya tersebut, namun setiap ia berusaha menceritakannya pada orang lain, tidak ada yang mempercayainya. Kate pun berubah, dari yang awalnya sangat rapuh karena kehilangan anaknya, ia justru menjadi wanita tangguh yang berusaha sekuat tenaga melindungi keluarganya.

2. Peter Sarsgaard (John Coleman)

pemeran-film-orphan-2_

Aktor bernama lengkap John Peter Sarsgaard ini lahir pada 7 Maret 1971 di Illinois. Ia mengawali kariernya di dunia film dengan muncul sebagai bintang tamu di beberapa serial TV seperti Law & Order di tahun 1995 dan New York Undercover pada 1997. Peter pertama kali bermain film layar lebar lewat Dead Man Walking (1995) sebagai remaja yang dibunuh.

Meski sudah beberapa kali bermain film, nama Peter Sarsgaard baru melambung setelah membintangi Boys Don’t Cry (1999) hingga mendapat pujian dari kritikus film. Setelah itu kariernya terus naik dan terlibat di sejumlah film, salah satunya adalah Orphan (2009) di mana ia berperan sebagai suami Kate yang bernama John Coleman.

John digambarkan sebagai suami yang menyayangi keluarga. John juga yang pertama kali bertemu dengan Esther dan mengenalkannya pada Kate saat keduanya mengunjungi panti asuhan. John terkesan dengan Esther karena menurutnya Esther adalah gadis yang sempurna untuk diadopsi.

John sendiri sebenarnya adalah ayah yang baik, namun karena tipu daya Esther, John tidak mempercayai Kate saat istrinya merasa ada yang aneh dengan anak adopsinya tersebut. John baru menyadari sisi gelap Esther ketika semuanya sudah sangat terlambat.

3. Isabelle Fuhrman (Esther)

pemeran-film-orphan-3_

Aktris asal Amerika Serikat ini lahir pada 25 Februari 1997 dan sudah mengawali karier di dunia hiburan sejak usianya masih sangat muda. Saat berumur 7 tahun, ia terlibat dalam acara Cartoon Fridays. Barulah di tahun 2007, Isabelle Fuhrman melakukan debut layar lebar-nya lewat film Hounddog.

Namanya kemudian meroket naik setelah membintangi film Orphan di tahun 2009. Selain Orphan, Isabelle Fuhrman terus mengasah kemampuan aktingnya lewat beberapa judul film, sebut saja The Hunger Games (2012), Don't Let Me Go (2013), Cell (2016), dan masih banyak lagi.

Dalam film Orphan, Isabelle Fuhrman berperan sebagai Esther, anak angkat Kate dan John yang sebelumnya tinggal di panti asuhan. Esther tampil feminin layaknya putri, ia bahkan selalu memakai tali pita di leher dan pergelangan tangannya. Saat pertama kali bertemu Kate dan John, Esther terlihat sopan dan menunjukkan bahwa ia gadis yang sangat cerdas.

Meski tampak manis di luar, Esther sebenarnya penuh dengan tipu daya dan sering membuat kekacauan. Kate yang sadar akan hal ini tak bisa meyakinkan suaminya sendiri karena Esther melakukan perannya dengan baik sebagai gadis cilik yang tak berdosa.

Faktanya, Esther bukanlah anak kecil berusia 9 tahun, melainkan wanita dewasa 33 tahun bernama Leena Klammer. Ia mengidap hipopituitarisme, kelainan hormon yang membuat fisiknya tidak bertumbuh dan membuat tubuhnya tetap seperti anak kecil.

Leena sendiri memiliki sifat jahat dan telah membunuh beberapa orang sebelum diadopsi oleh keluarga Coleman. Leena pernah masuk rumah sakit jiwa dan melukai para petugas disana hingga terpaksa dipakaikan straitjacket. Saat berusaha meloloskan diri, Leena sempat melukai leher dan pergelangan tangannya. Itulah kenapa ia selalu memakai pita agar bekas lukanya tidak ketahuan.

4. Jimmy Bennett (Daniel Coleman)

pemeran-film-orphan-4_

Jimmy Bennett adalah aktor asal Amerika Serikat kelahiran 9 Februari 1996. Jimmy sudah malang melintang di dunia hiburan sejak kecil. Ia membintangi puluhan iklan hingga akhirnya bermain dalam film Daddy Day Care di tahun 2003. Setelah itu, Jimmy sering muncul di berbagai film seperti The Amityville Horror (2005), Poseidon (2006), Orphan (2009), Star Trek (2009), dan masih banyak lagi.

Jimmy Bennet didapuk memerankan tokoh Daniel Coleman atau Danny dalam film Orphan. Danny adalah anak tertua Kate dan John yang sudah berusia 12 tahun. Danny merupakan satu-satunya orang di keluarga Coleman yang sejak awal tidak menyukai kehadiran Esther dan selalu bersikap dingin padanya.

Seperti ibunya, Danny perlahan-lahan menyadari bahwa ada yang tidak beres dengan Esther. Ia tahu bahwa Esther adalah sosok yang berbahaya setelah melihat perbuatan jahat Esther dengan mata kepalanya sendiri. Namun karena Danny masih kecil, ia pun ketakutan pada Esther yang selalu mengancamnya sehingga Danny tak bisa bercerita pada orang tuanya.

5. Aryana Engineer (Maxine Coleman)

pemeran-film-orphan-5_

Aryana Engineer lahir pada tanggal 6 Maret 2001 di Kanada dan sempat membintangi beberapa film. Selain Orphan, Aryana juga pernah bermain di film Resident Evil: Retribution (2012) dan memerankan tokoh Becky.

Orphan adalah film pertama Aryana dan ia berperan sebagai Maxine Coleman atau Max. Dalam film tersebut, Max diceritakan sebagai gadis cilik yang tuna rungu dan selalu menggunakan bahasa isyarat. Faktanya, Aryana Engineer sebenarnya juga terlahir setengah tuli dan sering memakai bahasa isyarat di kehidupan sehari-hari.

Maxine Coleman sendiri adalah anak bungsu Kate dan John yang masih berusia 5 tahun. Saat pertama kali bertemu Esther, Max langsung menyukainya karena Esther menyapanya dengan bahasa isyarat. Akan tetapi, Max akhirnya mengetahui jati diri Esther yang sebenarnya setelah melihat Esther mencelakai teman sekelasnya.

Max terus-menerus menjadi saksi kejahatan Esther. Tak hanya itu, di bawah ancaman Esther, mau tak mau Max pun ikut membantu Esther melakukan hal buruk. Misalnya saat Esther melakukan pembunuhan, Max dipaksa untuk ikut menyingkirkan mayat si korban. Max sendiri kemudian menjadi target pembunuhan Esther, namun untungnya ia selalu diselamatkan oleh ibunya sendiri.

Itu dia kelima pemeran utama dalam film Orphan yang termasuk salah satu film horor paling menakutkan. Dengan kemampuan akting yang mumpuni dari para pemainnya, film ini sukses mengaduk-aduk emosi penonton dan menciptakan kengerian tersendiri.  Buat kamu yang sudah menontonnya, apa pendapatmu tentang film ini? Yuk, diskusikan di kolom komentar!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram