bacaterus web banner retina

18 Pemeran Mr. Hiiragi’s Homeroom, Angkat Isu Cyberbullying

Mr. Hiiragi’s Homeroom dikenal juga dengan judul 3 Nen A Gumi: Ima kara Mina-san wa, Hitojichi Desu. Drama ini menceritakan tentang sikap aneh seorang guru yang menyandera siswanya pada 10 hari sebelum kelulusan.

Hiiragi menyandera siswa kelas 3A dengan tujuan untuk mengungkapkan misteri meninggalnya salah satu siswa di kelas tersebut. 

Drama ini memiliki genre misteri psikologi yang mengangkat isu tentang cyberbullying, yang terjadi juga di dunia nyata. Drama ini juga berhasil mendapatkan beberapa penghargaan bergengsi dengan ceritanya yang menarik dan mengkritisi perilaku sosial masyarakat khususnya cyberbullying.

Akting para aktor di drama ini memang patut diacungi jempol karena berhasil membuat emosi roller coaster dan penasaran dengan alur ceritanya.

Selain Masaki Suda yang menjadi pemeran utama yang sukses membawakan peran Hiiragi, masih banyak lagi pemeran lainnya yang menjadi kunci dari cerita drama ini. Berikut ini bacaterus akan mengulas 18 pemeran kunci drama Mr. Hiiragi’s Homeroom.

1. Hiiragi Ibuki (Masaki Suda)

pemeran Mr. HIiragi's Homeroom_Hiiragi Ibuki (Masaki Suda)_

Hiiragi Ibuki adalah pemeran utama yang diperankan oleh aktor terkenal dan berbakat Masaki Suda. Pada awal cerita, Hiiragi digambarkan sebagai salah seorang guru pengganti wali kelas 3A setelah terjadi kematian Reina di kelas tersebut.

Hiiragi awalnya sering mendapatkan rundungan dari para siswanya dan mendapatkan julukan ‘bukki’, karena dianggap tidak mencolok. Tapi, sikap Hiiragi yang awalnya diremehkan ini mulai ditakuti ketika dia bersikap dingin dan mencoba menguak misteri kematian Reina.

Meski merupakan seorang guru kesenian, Hiiragi digambarkan memiliki kekuatan fisik yang cukup baik dan ahli dalam menggunakan komputer serta beberapa alat canggih, senjata tajam dan senjata api. 

Walau sikapnya berubah dan terlihat seperti seorang psikopat, tapi sebenarnya dia merupakan sosok guru yang sangat sayang dan peduli terhadap muridnya.

Dia tidak ingin murid-muridnya itu menjadi orang jahat apalagi menjadi korban seperti Reina. Sehingga dia mencoba mendidik muridnya untuk mulai berubah menjadi orang yang lebih baik. Dia juga selalu meminta muridnya untuk berpikir dahulu sebelum bertindak. 

Tidak hanya mendidik siswanya, tapi Hiiragi juga secara langsung memberikan gambaran nyata pada masyarakat tentang kejamnya cyberbullying. Walaupun tentu saja tidak semua orang bisa menerima tindakan dan ‘ajarannya’.

Di akhir cerita, Hiiragi yang mengorbankan nyawanya untuk merubah sikap siswanya itu sadar betul atas tindakannya. Dari awal dia sudah siap ditangkap polisi atas perbuatannya.

Kemudian diketahui kalau Hiiragi akhirnya meninggal dunia setelah satu tahun berjuang melawan penyakit kanker yang dideritanya.

Baca juga: 10 Drama Terbaik Masaki Suda yang Harus Kamu Tonton

2. Kayano Sakura (Nagano Mei)

pemeran Mr. HIiragi's Homeroom_Kayano Sakura (Nagano Mei)_

Kayano Sakura adalah heroine dan pemeran utama terakhir dalam drama ini, yang diperankan oleh Nagano Mei. Kayano Sakura digambarkan sebagai seorang siswa yang pendiam dan sering disebut sebagai budak oleh teman sekelasnya.

Kayano digambarkan sebagai seorang pengagum rahasia Reina dan kemudian menjadi teman baiknya. Kayano adalah salah satu karakter yang memiliki perubahan paling besar dalam drama ini.

Dia sebenarnya adalah sosok yang sering memperhatikan sekitarnya, tapi dia juga sosok yang kurang berani mengungkapkan pendapat di depan orang banyak dan cenderung sering menyalahkan dirinya sendiri.

Hingga suatu ketika, sedikit demi sedikit Kayano mulai berani mengutarakan pendapatnya. Dia mulai menjadi sentral dalam pencarian penyebab kematian Reina dan berani mengatakan hal yang sebenarnya terjadi pada peristiwa kematian Reina.

3. Kageyama Reina (Kamishiraishi Moka)

pemeran Mr. HIiragi's Homeroom_Kageyama Reina (Kamishiraishi Moka)_

Kageyama Reina digambarkan sebagai seorang bintang di sekolahnya. Terutama karena dia telah memenangkan perlombaan renang dan menjadi sosok kebanggaan sekolah. Tapi, suatu ketika Reina diceritakan melakukan bunuh diri dan kematiannya inilah yang menjadi pusat cerita.

Reina sebenarnya adalah sosok seorang gadis yang baik hati tapi sedikit pemalu. Dia juga seorang yang sangat bekerja keras, terutama saat berhubungan dengan renang yang menjadi hobinya.

Reina tumbuh menjadi sosok yang cukup berhati-hati, oleh karena itu dia agak sulit memiliki teman. Namun, akhirnya dia bisa berteman dengan Kaho juga Sakura.

Kemudian belakangan diketahui kalau ternyata Reina mengalami gangguan mental akibat perundungan yang dialaminya. Akibat sebuah video palsu tentang dirinya, dia harus menghadapi perundungan di sekolahnya sampai ke cyberbullying. 

Reina mengalami bullying setiap harinya dan membuatnya sampai berhalusinasi. Hingga dia mengaku pada Hiiragi kalau dia merasa sudah tidak menjadi dirinya sendiri dan butuh pertolongan.

Namun, karena Reina merasa tidak tahan dengan perundungan tersebut, akhirnya dia memilih bunuh diri agar terlepas dari ‘siksaan’ yang dialaminya.

4. Sagara Fumika (Tsuchimura Kaho)

pemeran Mr. HIiragi's Homeroom_Sagara Fumika (Tsuchimura Kaho)_

Sagara Fumika adalah seorang mantan guru di SMA Keiou dan menjadi wali kelas 3A sebelum digantikan oleh Hiiragi. Fumika juga merupakan mantan pacarnya Hiiragi ketika masih sekolah.

Sama seperti Reina, Fumika juga digambarkan mengalami gangguan mental karena beberapa hal sehingga dia harus tinggal di rumah untuk melakukan penyembuhan.

Gangguan mental yang dialami oleh Fumika ini sama persis seperti yang dialami oleh Reina. Dia juga sama-sama mendapatkan cyberbullying akibat sebuah video palsu yang menyebarkan kabar tidak benar tentang dirinya.

Awalnya karena gangguan mental yang diderita, dia hanya bisa berdiam diri di rumah. Tapi ketika melihat berita tentang tindakan yang dilakukan oleh Hiiragi, dia menyadari kalau perbuatan Hiiragi dipicu oleh masalah yang dialaminya.

Dia akhirnya mulai memberanikan diri untuk mengungkapkan kejadian masa lalu yang dialaminya. Setelah peristiwa penyanderaan yang dilakukan oleh Hiiragi, dia akhirnya memilih untuk hidup lebih kuat lagi, bahkan dengan berbesar hati memaafkan Takechi yang menjadi sumber permasalahan itu.

5. Sagara Takahiko (Yajima Kenichi)

pemeran Mr. HIiragi's Homeroom_Sagara Takahiko (Yajima Kenichi)_

Sagara Takahiko digambarkan sebagai sosok ayah dari Fumika. Tapi kemudian belakangan diketahui kalau Takahiko bukan ayah kandung Fumika. Meskipun begitu, Takahiko terlihat sangat menyayangi Fumika layaknya anak kandung sendiri.

Demi Fumika, dia berani mengambil resiko untuk membantu tindakan kriminal Hiiragi untuk mengungkapkan identitas pembunuh Reina dan penyebab gangguan mental anaknya.

Sama seperti Hiiragi, dia juga menginginkan agar tidak ada lagi korban seperti anaknya. Dia berani menanggung resiko atas perbuatannya sendiri karena telah membantu menyuplai senjata yang digunakan oleh Hiiragi.

6. Igarashi Toru (Otomo Kohei)

pemeran Mr. HIiragi's Homeroom_Igarashi Toru (Otomo Kohei)_

Igarashi adalah seorang polisi veteran dan menjadi seorang direktur divisi investigasi pertama. Igarashi merupakan ayah kandung dari Fumika, tapi dia menyembunyikan identitas dari Fumika.

Setelah mendengarkan tujuan dari Hiiragi, akhirnya dia setuju untuk mendukung rencana Hiiragi, terutama karena anak kandungnya menjadi salah satu korban cyberbullying.

Igarashi membawakan perannya dengan baik, bahkan saya pun cukup terkejut ketika mengetahui kalau dia bekerjasama dengan Hiiragi. Sosok Igarasahi bisa dibilang merupakan orang yang bijak dan berani bertanggungjawab atas perbuatannya karena telah bekerjasama dengan Hiiragi.

7. Gunji Makoto (Shiina Kippei)

pemeran Mr. HIiragi's Homeroom_Gunji Makoto (Shiina Kippei)_

Gunji Makoto yang diperankan oleh Shiina Kippei ini digambarkan sebagai sosok seorang detektif dan merupakan bawahan Igarasahi.

Sebelum menjadi seorang detektif, Gunji awalnya adalah seorang guru. Tapi, karena tidak bisa menolong muridnya, dia akhirnya menjadi seorang detektif untuk menegakkan keadilan.

Dia merupakan sosok detektif yang pantang menyerah dan terus berusaha mencari kebenaran. Begitu pun ketika dia menangani kasus Hiiragi, dia langsung mencari berbagai informasi yang terkait Hiiragi. 

Gunji pernah mengalami hal yang serupa dengan Hiiragi ketika menjadi seorang guru. Dia paham betul perasaan Hiiragi yang ingin melindungi dan menolong muridnya, sehingga dia pun akhirnya membiarkan tindakan Hiiragi sampai akhir dan kemudian menangkapnya setelah aksi Hiiragi selesai.

8. Takechi Yamato (Tanabe Seiichi)

pemeran Mr. HIiragi's Homeroom_Takechi Yamato (Tanabe Seiichi)_

Takechi Yamato adalah seorang guru yang bisa dibilang narsis. Dia digambarkan sebagai sosok seorang guru terkenal dan memiliki panggilan ‘guru karismatik’. Dia menerbitkan beberapa buku dan menjadi seorang komentator di acara TV nasional.

Dibalik sikapnya yang selalu terlihat ceria dan kadang kala menyebalkan karena terlalu narsis, ternyata Takechi adalah dalang dibalik misteri kematian Reina dan mundurnya Fumiko dari SMA Keiou.

Dia merekomendasikan beberapa siswa yang terlihat berprestasi ke salah satu universitas agar mendapatkan uang jika berhasil merekomendasikan siswa tersebut.

Takechi akan melakukan berbagai hal demi mendapatkan ketenaran dan harta. Dia akan menyuap orang-orang yang hendak menghalangi tujuannya.

Tapi, Fumika dan Reina berani menolak uang suap tersebut. Hal ini mendorong Takechi untuk melakukan tindakan kriminal membuat sebuah video palsu tentang Fumika dan Reina.

Awalnya dia merasa tindakan yang dilakukannya itu tidak salah, sampai akhirnya Hiiragi merebut ketenaran yang dimilikinya. Hal itu lantas membuatnya berhalusinasi karena ketakutan. Tapi di akhir cerita, dia menyadari perbuatannya dan meminta maaf pada Fumika.

9. Usami Kaho (Kawaei Rina)

pemeran Mr. HIiragi's Homeroom_Usami Kaho (Kawaei Rina)_

Usami Kaho awalnya digambarkan sebagai sosok siswi yang baik. Tapi ketika mendekati Reina, dia memiliki sedikit niat lain yaitu agar memiliki followers yang banyak. Meskipun begitu, dia sebenarnya memang ingin berteman baik dengan Reina.

Tapi, ketika melihat Reina malah akrab dengan Kayano, dia merasa cemburu sehingga dia mulai merundung Reina. Bahkan dia adalah sosok yang telah menyebarkan video palsu Reina dan menjadi salah satu penyebab kematian Reina.

Namun, di akhir dia merasa menyesal dengan perbuatannya. Apalagi ketika mengetahui kalau Reina menganggap dirinya sebagai teman baik. Kemudian dia pun mulai berubah dan ikut mencari tahu penyebab kematian Reina yang sesungguhnya.

10. Kai Hayato (Katayose Ryota)

pemeran Mr. HIiragi's Homeroom_Kai Hayato (Katayose Ryota)_

Kai Hayato adalah seorang siswa yang digambarkan sebagai anak berandalan, meski sebenarnya dia anak yang baik. Semenjak kematian ayahnya, dia harus merelakan masa muda terutama hobi menarinya untuk mencari uang tambahan demi keluarga.

Sejak saat itulah Kai menjadi sosok yang tempramen. Dan ketika melihat Reina yang terlihat sukses juga berhasil mencapai cita-citanya, dia merasa sangat cemburu.

Kemudian karena terdesak membutuhkan uang, dia akhirnya terpaksa melakukan perbuatan yang mendorongnya untuk mengumpulkan video rekaman Reina. 

Namun, beban yang dimilikinya ini tidak berani diungkapkan kepada siapa pun, sehingga dia merasa sangat tertekan dan seolah-olah dia adalah korban. Di akhir cerita dia akhirnya sadar setelah mendengar perkataan Hiiragi dan ikut mencari tahu kebenaran dibalik kematian Reina.

11. Suwa Yuzuki (Imada Mio)

pemeran Mr. HIiragi's Homeroom_Suwa Yuzuki (Imada Mio)_

Suwa dari awal terlihat selalu menjadi siswa yang memprovokasi keadaan kelas. Sama seperti Kai, dia juga memiliki temperamen yang cukup buruk. Dia pun menjadi salah satu perundung Reina dan merasa cemburu pada Reina dengan kesuksesannya. 

Dia sangat berambisi menjadi seorang model dan berani mengambil resiko apapun demi mencapai tujuannya. Demi cita-citanya itu, Suwa menjadi pacar seorang anggota kriminal dan berkat pacarnya itu dia bisa masuk ke agensi terkenal dan menjadi seorang model.

Sayangnya, dia tidak mengetahui kalau pacarnya itu ada kaitannya dengan video Reina. Namun, akhirnya dia berani memberikan salah satu bukti tindak kejahatan pacarnya dan menyerahkannya pada Hiiragi.

Setelah itu, dia akhirnya berubah. Bahkan di masa depan dia menjadi seorang model yang berusaha sesuai dengan kemampuannya.

12. Minakoshi Suzune (Fukuhara Haruka)

pemeran Mr. HIiragi's Homeroom_Minakoshi Suzune (Fukuhara Haruka)_

Minakoshi Suzune merupakan seorang siswa yang berpacaran dengan Ren. Dia memiliki lidah yang cukup tajam dan tak segan merundung orang-orang yang terlihat salah di matanya. Begitu pula ketika Ren menjadi korban Hiiragi, dia langsung menyalahkan Kayano.

Dia sering kali tidak berpikir panjang dengan ucapan dan perbuatannya. Dan hampir saja mencelakai orang yang tidak bersalah akibat rasa bencinya. Tapi, setelah kebenaran terbukti, dia pun akhirnya menyesali perbuatannya dan bersikap lebih berhati-hati lagi.

13. Ren Nakao (Kaito Mifune)

pemeran Mr. HIiragi's Homeroom_Ren Nakao (Kaito Mifune)_

Ren adalah salah satu geng Kai dan pacarnya Suzune. Sama seperti anggota gengnya yang lain, dia pun merupakan sosok anak yang mudah terpancing emosinya. Tapi dia tersentuh dengan kata-kata Hiiragi dan menjadi salah seorang siswa yang mulai berada di pihak Hiiragi.

Kemudian, setelah mengetahui kebenaran rencana Hiiragi, dia mengajak teman-temannya yang lain untuk ikut bersama mengungkapkan kasus Reina. Dia pun menjadi sosok yang lebih tenang dari sebelumnya.

14. Aizawa Hiroki (Hagiwara Riku)

pemeran Mr. HIiragi's Homeroom_Aizawa Hiroki (Hagiwara Riku)_

Aizawa Hiroki, salah satu kunci penting di drama ini. Dari awal cerita dia terlihat selalu merekam berbagai kegiatan di kelasnya terutama tentang Reina. Berkat rekaman dari Hiroki ini sedikit demi sedikit misteri Reina mulai terungkap.

Berbeda dengan teman sekelasnya yang lain, Hiroki memiliki sifat yang lebih tenang dan dengan cepat memahami situasi sekitarnya dengan pengamatannya yang baik. Dia mengusulkan untuk merekam Reina pun karena melihatnya seperti sosok yang kesepian.

Tapi kemudian diketahui kalau Hiroki melakukan semua itu karena dia mulai jatuh cinta pada Kayano yang menjadi teman dekat Reina.

Hiroki digambarkan sebagai sosok mata-mata Hiiragi di kelas 3A. Dia bertugas untuk memperhatikan tingkah teman sekelasnya dan ikut mengungkapkan penyebab kematian Reina.

Saat Hiiragi pingsan, dia mengungkapkan identitasnya sebagai mata-mata, tapi dia memiliki fisik yang lemah sehingga mudah dikalahkan oleh Kai dan teman-temannya yang lain. Alasan lain Hiroki bekerjasama dengan Hiiragi adalah karena dia menyukai Kayano.

15. Makabe Kakeru (Kamio Fuju)

pemeran Mr. HIiragi's Homeroom_Makabe Kakeru (Kamio Fuju)_

Makabe Kakeru adalah seorang manajer klub renang yang menyukai Reina. Awalnya dia juga merupakan seorang atlet renang sama seperti Reina, tapi karena dia berusaha melindungi Reina, akhirnya dia tidak bisa menjadi atlet kembali dan berakhir menjadi manajer di klub renang.

Makabe digambarkan sebagai sosok yang tenang dan merasa sangat berterimakasih pada Kayano. Berkat saran dari Kayano, dia akhirnya bisa menjadi lebih dekat dengan Reina. 

16. Satomi Kaito (Suzuki Jin)

pemeran Mr. HIiragi's Homeroom_Satomi Kaito (Suzuki Jin)_

Satomi adalah salah satu siswa yang digambarkan terkenal di kelasnya. Dia merupakan pemain sepak bola dan menjadi sangat populer dikalangan siswa perempuan.

Satomi sangat menyukai Reina, tapi cintanya bertepuk sebelah tangan karena pernyataan cintanya ditolak wanita itu. Dalam keadaan yang terpuruk, Satomi gelap mata dan membuat rekaman Reina yang akhirnya video tersebut dijadikan video palsu untuk merundung Reina.

Dia merasa sakit hati pada Reina yang telah menolaknya, sehingga dia pun ingin Reina merasakan sakit yang sama. Meski begitu, sebenarnya dia merasa bersalah dan akhirnya dengan sukarela menjadi salah satu siswa yang ‘dibunuh’ oleh Hiiragi.

Satomi juga menjadi salah satu siswa yang berada di pihak Hiiragi setelah mengetahui tujuan sesungguhnya.

17. Seo Yudai (Mochizuki Ayumu)

pemeran Mr. HIiragi's Homeroom_Seo Yudai (Mochizuki Ayumu)_

Seo merupakan seorang siswa yang bergabung dengan klub lari. Dia merupakan sosok yang pekerja keras meski usahanya masih belum membuahkan hasil. Hingga suatu ketika dia tergoda oleh tawaran dari Takechi untuk masuk ke Universitas Gosho.

Merasa Takechi adalah pahlawannya, dia tumbuh menjadi sosok yang tidak peduli dengan kasus Reina.

Walaupun sebenarnya dia merasa cemburu pada kesuksesan Reina, tapi akhirnya matanya terbuka setelah melihat sifat Takechi yang sesungguhnya. Kemudian emosi negatifnya itu akhirnya berhasil dia salurkan untuk memotivasi dirinya agar berjuang lebih keras lagi.

18. Horibe Runa (Mori Nana)

pemeran Mr. HIiragi's Homeroom_Horibe Runa (Mori Nana)_

Runa adalah seorang siswa yang masuk ke dalam cyber club. Dia digambarkan sebagai sosok siswa yang sangat menyukai anime dan sangat familiar dengan spesial efek. Meskipun seorang perempuan, Runa memiliki bakat teknologi yang baik, terutama teknologi komputer.

Dulu dia pernah menemukan bukti bahwa video mengenai Reina adalah palsu, tapi dia memilih diam. Kemudian dia kembali berhasil menguak video mengenai sosok yang terlihat seperti Takechi. Runa berhasil menemukan kalau orang yang dalam video itu bukanlah Takechi, melainkan Hiiragi.

Tidak ingin gegabah seperti saat menemukan kebenaran video Reina, Runa akhirnya bertindak lebih tenang dengan mengingat perkataan Hiiragi untuk berpikir kembali sebelum melakukan sebuah tindakan.

Dari semua siswa yang dipaparkan diatas, bisa disimpulkan banyak siswa yang merasa cemburu pada kesuksesan Reina. Tapi rasa cemburu itu membuat mereka ‘buta’ dan akhirnya menjadi sosok perundung yang mengakibatkan Reina meninggal dunia.

Nah, itulah ulasan 18 kunci pemeran drama Mr. Hiiragi’s Homeroom. Ceritanya sangat menarik dan relate dengan kehidupan nyata sekarang dan banyak pesan moral yang bisa diambil dalam drama ini.

Jika penasaran dengan ceritanya, kamu bisa membaca ulasan dramanya di artikel Sinopsis & Review Mr. Hiiragi’s Homeroom. Dan untuk menontonnya kamu bisa langsung saja menontonnya di Netflix.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram