bacaterus web banner retina

8 Pemeran Film Men in Black I (1997) dengan Berbagai Karakter

Men in Black merupakan film bergenre aksi petualangan berbumbu komedi yang mengangkat tema alien. Dirilis pada tahun 1997, film ini dibuat berdasarkan komik berjudul The Men in Black karya  Lowell Cunningham dan Sandy Carruthers.

Filmnya sendiri berkisah tentang sebuah organisasi rahasia bernama Men in Black yang mengawasi kehidupan alien di bumi. Kisahnya pun berfokus pada dua orang agen bernama Kay dan Jay yang mendapat misi melidungi bumi dari alien berbahaya bernama The Bug.

Men in Black digarap oleh sutradara Barry Sonnenfeld dan berhasil memenangkan piala Oscar untuk kategori Best Makeup. Film ini menggaet sejumlah aktor yang namanya sudah tak asing lagi di dunia perfilman Hollywood. Siapa saja mereka? Yuk, kenalan dulu dengan 8 pemeran film Men in Black!

1. Tommy Lee Jones (Kevin Brown/ Agen K/ Kay)

pemeran-men-in-black-1-1_

Aktor kawakan Tommy Lee Jones memerankan tokoh seorang agen MIB bernama K (Kay). Nama aslinya adalah Kevin Brown dan telah bekerja di MIB selama puluhan tahun. Ia adalah agen terbaik dan sangat dihormati di MIB. Karakternya tegas, kaku, dan nyaris tidak pernah menunjukkan emosi apapun.

Di film pertama MIB, ia merekrut pemuda bernama James yang ia latih untuk menjadi agen MIB sekaligus menjadi rekan kerjanya. Namun belakangan ia mengakui bahwa sebenarnya ia tidak mencari partner, tapi melatih seseorang yang akan menggantikannya.

Kay rupanya berniat untuk pensiun dan meminta James (Agen J) untuk menghilangkan semua memorinya dengan neuralyzer.

2. Will Smith (James Darrell Edwards III/ Agent J/ Jay)

pemeran-men-in-black-1-2_

James atau yang nantinya dikenal sebagai Agen J ini diperankan oleh Will Smith. James awalnya adalah seorang petugas polisi NYPD yang sangat energik dan memiliki fisik yang cukup kuat. Suatu hari, ia sedang mengejar seorang kriminal yang ternyata adalah Cephalapoid, alien yang terkenal dengan kecepatannya.

James nyaris menangkap kriminal tersebut, tapi ia terkejut ketika targetnya memiliki mata yang aneh dan mendadak terjun dari atas gedung. Ketika ia melaporkannya ke kepolisian, saat itulah Kay datang menemui James. Ia rupanya takjub dengan James yang bisa mengejar Cephalapoid dan berniat untuk merekrutnya. 

James pun diundang ke gedung MIB dan menjalani beberapa tes. Ia kemudian dinyatakan lulus dan akhirnya resmi bergabung sebagai agen MIB. Seperti agen MIB lainnya, James diberi identitas baru sebagai Agen J (Jay) dan harus mengenakan setelan jas warna hitam. Sejak saat itulah Jay mulai bekerja sebagai agen MIB junior bersama dengan Kay.

Berbeda jauh dengan Kay yang sangat kaku, Jay termasuk orang yang banyak bicara, ceplas-ceplos, dan suka bercanda. Ia sering protes tentang banyak hal pada Kay, misalnya ketika ia diberi senjata yang sangat kecil. Meski demikian, Jay tetap menurut pada Kay dan melakukan tugasnya walau agak kesulitan. 

3. Vincent D'Onofrio (Edgar/ The Bug)

pemeran-men-in-black-1-3_

Edgar adalah seorang petani dengan karakter buruk. Ia sering mengucapkan kata-kata yang tidak menyenangkan dan berlaku kasar pada istrinya. Suatu hari truknya hancur gara-gara alien. Ketika Edgar memeriksanya, ia pun berhadapan dengan alien bernama The Bug yang langsung membunuhnya.

The Bug akhirnya mengambil kulit tubuh Edgar dan memakainya sebagai penyamaran. Ia sempat pergi ke rumah Edgar dan meminta minum air gula.

Setelah menakut-nakuti istri Edgar hingga pingsan, The Bug pun berkeliaran mencari targetnya, yaitu Galaksi Arquillian. Di akhir film, The Bug menunjukkan wujud aslinya sebagai alien serangga yang besar dan menjijikkan.

4. Linda Fiorentino (Dr. Laurel Weaver)

pemeran-men-in-black-1-4_

Linda Fiorentino berperan sebagai Dr. Laurel Weaver, seorang dokter yang bertugas melakukan autopsi mayat, dan ternyata mayat tersebut adalah alien. Laurel sempat memeriksa mayat alien bernama Rosenburg yang dibunuh Edgar The Bug.

Saat itulah Laurel menyadari keberadaan alien di bumi, tapi Kay langsung menghapus memori Laurel dengan alat neuralyzer.

Meski demikian, Laurel kembali berhadapan dengan alien ketika Edgar The Bug datang ke kamar mayat untuk mencari kucing milik Rosenburg. Saat itulah Laurel diculik dan menjadi sandra saat Edgar hendak melarikan diri.

Laurel sendiri punya peran penting dalam mengalahkan Edgar dan ia tertarik dengan MIB. Pada akhirnya, Laurel bergabung dengan MIB sebagai Agen L.

5. Rip Torn (Zed)

pemeran-men-in-black-1-5_

Aktor Rip Torn memerankan tokoh Zed, pimpinan sekaligus salah satu pendiri MIB. Sebagai seorang pemimpin, Zed bertanggung jawab atas semua hal yang terjadi di MIB, termasuk mengambil keputusan penting apabila ada alien yang mengancam keselamatan bumi.

Ia juga berwenang memberi tugas kepada para agen MIB dan semua agen harus melapor padanya.

Zed sendiri awalnya ragu dengan kemampuan James dan berpendapat kalau James punya masalah dengan hal-hal yang berkaitan dengan otoritas.

Akan tetapi, Agen K meyakinkan Zed bahwa James mungkin pantas menjadi agen MIB, apalagi James mampu mengejar alien yang sangat cepat. Zed pun tak mau berdebat dan berharap bahwa K tidak salah pilih orang.

6. Mike Nussbaum (Gentle Rosenburg)

pemeran-men-in-black-1-6_

Rosenburg diperankan oleh Mike Nussbaum. Rosenburg adalah alien dari bangsa Arquilian yang hidup di bumi dan menyamar sebagai laki-laki pemilik toko perhiasan.

Rosenburg termasuk ke dalam anggota keluarga kerajaan di bangsanya dan ia dipercaya sebagai penjaga Galaksi Arquilian. Galaksi tersebut disimpan dalam bentuk kalung yang dipakai oleh kucingnya yang bernama Orion. 

Rosenburg sendiri terbunuh oleh Edgar saat sedang makan siang bersama rekannya sesama Arquilian. Mayatnya kemudian dibawa ke kamar mayat dan diperiksa oleh Dr. Laurel.

Saat Laurel menemukan keanehan pada mayat tersebut, Kay dan Jay datang. Pemeriksaan terus berlangsung hingga akhirnya diketahui bahwa Rosenburg belum benar-benar tewas.

Kepalanya mendadak terbuka dan memperlihatkan wujud Rosenburg yang sebenarnya, yaitu alien berukuran kecil dan sudah sekarat. Ia sempat menyampaikan pesan terakhirnya tentang Galaksi Arquilian.

Ia mengatakan bahwa galaksi itu ada di sabuk Orion yang merupakan kucingnya, tapi Kay dan Jay mengira itu ada hubungannya dengan sabuk Orion yang ada di angkasa.

7. Tony Shalhoub (Jack Jeebs)

pemeran-men-in-black-1-7_

Tony Shalhoub berperan sebagai Jack Jeebs, alien yang tinggal di bumi dengan fisik mirip manusia. Meski seperti manusia, Jack Jeebs memiliki darah berwarna hijau dan kepalanya bisa tumbuh lagi dengan cepat apabila ditembak sampai hancur. 

Jack Jeebs memiliki sebuah toko gadai dan menjadi penadah barang curian. Dari luar, toko Jack Jeebs terlihat seperti toko jam dan arloji biasa, tapi ia sebenarnya juga menyimpan senjata dan peralatan teknologi tinggi dari bangsa alien yang tergolong ilegal. 

Jack Jeebs mungkin bukan karakter yang baik dalam film, tapi ia cukup berguna karena kerap memberikan informasi yang dibutuhkan oleh agen MIB, tentunya setelah dipaksa atau diancam. Seperti di film MIB, Kay harus menembak kepala Jack Jeebs terlebih dulu sebelum alien itu memberikan informasi pada Kay.

8. Richard Hamilton (Agen D)

pemeran-men-in-black-1-8_

Richard Hamilton adalah aktor yang berperan sebagai Agen D, rekan kerja Kay sebelum Jay masuk ke MIB. Di awal film, Agen D tampak sedang bertugas dengan Kay. Mereka menginterogasi seorang imigran yang ternyata adalah alien Samurian bernama Mikey. Di tengah-tengah interogasi, Mikey sempat kabur dan hendak menyerang petugas polisi. 

Saat itulah Agen D berusaha menghentikan Mikey, tapi faktor usia membuat D tidak lagi cekatan dan kesulitan menggunakan senjata. Kay pun langsung mengambil alih dan menembak Mikey dengan senjatanya.

Setelah itu Agen D mengungkapkan keinginannya untuk pensiun. Ia merasa tak mampu lagi mengejar alien dan sudah terlalu tua untuk bekerja di MIB.

Nah, itu dia 8 pemeran film Men in Black yang diproduksi oleh Columbia Pictures. Film ini mendapat rating cukup tinggi dan termasuk film berpenghasilan terbesar di tahun 1997 setelah film Titanic dan The Lost World: Jurassic Park. Kalau kamu sudah menontonnya, adakah aktor favoritmu di sini?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram