bacaterus web banner retina

7 Pemeran Utama Memoir of a Murderer, Pembunuh Hilang Ingatan

Tahun 2017 lalu sebuah film tentang pembunuh berantai yang mulai kehilangan ingatannya meramaikan perfilman Korea Selatan. Dibintangi Sol Kyung Gu, Kim Nam Gil, Seol Hyun dan beberapa aktor lain, Memoir of a Murderer (2017) sukses besar dengan berhasil menjual tiket hingga 2,6 juta lembar.

Angka tersebut tentu saja merupakan kerjasama banyak pihak, termasuk para pemerannya. Pemeran Memoir of a Murderer (2017) tidak terlalu banyak tapi dengan pendalaman karakter yang kuat, mereka dapat mengontrol alur cerita dengan sangat baik sehingga tidak terasa membosankan.

Siapa saja pemeran dan bagaimana karakternya dalam film thriller Memoir of a Murderer? Simak daftar pemainnya berikut ini ya!

Baca juga: 20 Film Thriller Korea Berkualitas yang Wajib Banget Ditonton

1. Kim Byeong Soo – Sol Kyung Gu

Kim Byeong Soo – Sol Kyung Gu

Sol Kyung Gu dengan pengalamannya yang segudang membawakan karakter Kim Byeong Soo secara memukau. Pemeran Memoir of a Murderer (2017) yang utama ini sangat menjiwai menghidupkan sosok Byeong Soo; seorang remaja dengan trauma kekerasan yang tumbuh menjadi pembunuh berantai.

Korban pertama Byeong Soo adalah ayahnya sendiri. Setelah didera sangat parah dan menyakitkan, Byeong Soo membekap ayahnya hingga tewas.

Namun, sejak tak ada polisi yang datang menangkapnya dan Byeong Soo mulai merasakan ketenangan dalam hidup, dia mulai berpikir bahwa beberapa orang memang pantas mati.

Byeong Soo hanya membunuh orang-orang yang dianggapnya tidak layak hidup, seperti membunuh pelaku kekerasan dan pemukulan terhadap istrinya. Bagi Byeong Soo, kejahatan yang dilakukannya bukan pembunuhan, melainkan penyucian.

Byeong Soo mengalami kecelakaan 17 tahun lalu. Semenjak peristiwa tersebut ingatannya perlahan terganggu dan dia tidak lagi membunuh. Belakangan diketahui kalau korban terakhirnya adalah sang istri yang berselingkuh.

Kecelakaan tersebut terjadi pasca dia membunuh istrinya. Pembunuh berantai ini punya kebiasaan menuliskan semua kejahatannya pada sebuah jurnal yang disimpan di laptop.

Byeong Soo yang bekerja di klinik hewan tidak bisa berekspresi. Dia hanya bisa bereaksi pada humor tapi kerap terlambat untuk tertawa. Di balik keganasannya membunuh orang-orang, Byeong Soo sangat menyayangi putri semata wayangnya.

Menggunakan insting dia mempertaruhkan nyawa agar bisa menjauhkan putrinya dari seorang pria yang dia yakini sebagai pembunuh berantai. 

2. Min Tae Joo – Kim Nam Gil

Min Tae Joo – Kim Nam Gil

Pemeran Memoir of a Murderer (2017) selanjutnya yaitu aktor Kim Nam Gil. Dalam film garapan sutradara Won Shin Yun ini dia berperan sebagai Min Tae Ju, seorang anggota kepolisian yang bertugas di kantor pusat.

Dia diyakini oleh Byeong Soo sebagai pembunuh berantai yang menewaskan beberapa wanita muda. Sebagai seorang pembunuh, Tae Ju sangat manipulatif. Dia menunjukkan sikap yang manis di depan orang-orang, termasuk putri Byeong Soo, Eun Hee.

Tae Ju memanfaatkan penyakit Byeong Soo untuk memanipulasi dan menjebaknya agar bertanggungjawab atas pembunuhan yang dia lakukan.

Min Tae Ju punya pengalaman masa kecil yang sama-sama pahit seperti Byeong Soo. Ayahnya gemar melakukan kekerasan terhadap ibunya.

Tak tahan dengan perilaku kasar ayah pada ibunya, Tae Ju menyerang ayahnya tapi di saat bersamaan sang ibu justru menyakitinya.

Tae Ju menerima pukulan di kepala hingga sebagian otaknya hancur. Sejak itu dia sangat membenci wanita. Tak heran korban-korbannya adalah wanita, kecuali satu orang detektif yang coba mengungkap kejahatannya.

3. Eun Hee – Seol Hyun

Eun Hee – Seol Hyun

Eun Hee yang diperankan oleh Seol Hyun AOA jadi karakter yang sangat penting dalam perubahan emosi Byeong Soo. Dia adalah putri semata wayang Byeong Soo yang membuat lelaki itu terus bertahan hidup. Eun Hee adalah gadis yang sangat menyayangi dan perhatian pada ayahnya.

Sekalipun sedang bekerja, jika mendapat telepon dari kantor polisi, Eun Hee langsung datang karena dia tahu ayahnya yang mengalami demensia menunggu di sana.

Eun Hee rutin memangkas rambut Byeong Soo jika sudah terlihat mulai berantakan. Hubungannya dengan Byeong Soo mulai terganggu ketika Eun Hee dekat dengan Tae Ju.

Eun Hee bersikeras kalau Tae Ju pria yang baik sementara Byeong Soo sebaliknya. Meski begitu, Eun Hee bukan putri yang pemberontak.

Walau sempat melawan dan mempertahankan pendapatnya soal Tae Ju, pada akhirnya Eun Hee mengikuti permintaan sang ayah untuk menjauhi Tae Ju. Belakangan diketahui kalau dia bukan anak biologis Byeong Soo.

4. Ahn Byeong Man – Oh Dal Su

Ahn Byeong Man – Oh Dal Su

Oh Dal Su menjadi pemeran Memoir of a Murderer (2017) selanjutnya yang bisa kamu lihat saat menonton film ini. Dia berperan sebagai anggota kepolisian bernama Ahn Byeong Man, yang juga berteman baik dengan Byeong Soo.

Dia kerap berbincang dengan Byeong Soo dan membantunya saat lelaki itu mulai linglung. Ahn Byeong Man membantu Byeong Soo menyelidiki Tae Ju. Dia sempat meragukan perkataan Byeong Soo tentang Tae Ju mengingat pemuda itu terlihat tidak bermasalah.

Namun, saat mendengar suara rekaman berisi pengakuan Tae Ju, Ahn Byeong Man berubah pikiran. Nahas, keberaniannya mengikuti Tae Ju dan berniat menangkapnya seorang diri berakhir tragis.

5. Jo Yeon Joo – Hwang Suk Jung

5. Jo Yeon Joo – Hwang Suk Jung

Aktris Hwang Suk Jung kerap muncul sebagai pemeran pendukung dengan karakter yang lucu. Penampilannya selalu khas karena seringkali terlihat memakai perhiasan-perhiasan dan pakaian berwarna mencolok. Begitu pula penampilannya di film ini.

Hwang Suk Jung berperan sebagai Jo Yeon Joo. Dia dan Byeong Soo bertemu di kelas puisi yang diikuti keduanya. Jo Yeon Joo mengagumi puisi-puisi buatan Byeong Soo karena terasa realistis.

Dia mendekati lelaki itu dengan percaya diri dan agresif. Sikapnya sangat mengganggu Byeong Soo sampai ingin membunuhnya.

6. Maria – Gil Hae Yeon

Maria – Gil Hae Yeon

Byeong Soo bukan satu-satunya korban trauma atas kelakuan bejat sang ayah, melainkan juga kakak perempuannya. Dia adalah Maria, yang karakternya dihidupkan dengan baik oleh salah satu pemeran Beyond Evil (2021), Gil Hae Yeon.

Maria digambarkan sebagai seorang biarawati yang tinggal terpisah dengan Byeong Soo dan Eun Hee. Sosoknya cukup pendiam dan tak pernah berbicara dengan nada suara tinggi. Maria dan Byeong Soo terikat kenangan perih tetapi hubungan keduanya tetap baik.

Maria tahu Byeong Soo membunuh ayah mereka, tetapi tidak tahu kalau adiknya juga membunuh orang lain. Di bagian akhir, ada kejutan dari sosok Maria karena ternyata dia hanya halusinasi Byeong Soo sebab kakak perempuannya tewas bunuh diri sejak peristiwa belasan tahun itu.

7. Ayah Byeong Soo – Jung In Gyeom

Ayah Byeong Soo – Jung In Gyeom

Pemeran Memoir of a Murderer (2017) yang satu ini akan membuatmu marah karena karakternya digambarkan sangat buruk.

Aktor Jung In Gyeom memainkan peran sebagai ayah Byeong Soo yang pemarah dan tidak segan-segan memukul istri serta anak-anaknya. Dia ringan tangan, mudah emosi dan tidak boleh diganggu.

Ayah Byeong Soo sangat arogan dan tidak merasa bersalah telah merusak sepatu baru yang diidamkan putranya. Alih-alih meminta maaf, dia malah memukul Byeong Soo secara brutal. Pada akhirnya, Byeong Soo yang sudah tidak tahan, membekapnya hingga tewas.

Para pemeran Memoir of a Murderer (2017) bekerja keras untuk menciptakan sebuah film thriller yang tidak hanya meneror mental tetapi juga emosional.

Mereka adalah orang-orang hebat di bidang akting dengan pengalaman bertahun-tahun. Sebut saja Sol Kyung Gu dan Kim Na Gil. Dua aktor beda generasi itu nyatanya dapat berkolaborasi dengan apik.

Apakah kamu sudah nonton film ini? Lalu siapa pemeran yang membuatmu terpukau karena penampilannya? Tulis pemeran favoritemu di bawah ini ya!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram