11 Pemeran Utama Laskar Pelangi, Film yang Sangat Inspiratif

Ditulis oleh Siti Hasanah

Tahun 2008 yang lalu, sutradara beken Riri Riza menggarap sebuah film yang diadaptasi dari Novel karya Andrea Hirata, Laskar Pelangi.

Film yang diberi tajuk sama dengan novelnya ini bercerita tentang 10 anak dari sekolah pinggiran di Belitung yang berusaha terus sekolah meskipun didera banyak kekurangan. Anak-anak yang berasal dari kalangan bawah ini tetap semangat dan ceria di kesehariannya.

Laskar Pelangi menjadi salah satu film paling inspiratif yang mengangkat tema pendidikan. 10 anak yang ditampilkan dalam Laskar Pelangi membawa pesan-pesan yang menyentuh, salah satunya adalah dorongan untuk harus punya cita-cita terlepas dari kondisi apa pun yang dihadapi.

Nah, siapa saja pemeran dalam film yang ditulis oleh Mira Lesmana ini? Simak informasinya berikut ini.

Baca juga: Film Terbaik yang Digarap oleh Sutradara Riri Riza

1. Ikal – Zulfani Pasha 

Pemeran 10 anak yang menjadi fokus dalam film Laskar Pelangi semuanya berasal dari Pulau Belitung asli, Zulfani Pasha salah satunya. Ia lahir di Tanjung Pandan kemudian melanjutkan kuliah dari Institut Kesenian Jakarta. 

Zulfani yang kini merintis karier sebagai sutradara berperan sebagai Ikal, salah satu tokoh utama. Ikal adalah anak dari buruh rendah di pabrik timah PT PN dan merupakan bungsu dari tiga bersaudara. 

Di lingkungan Ikal, pendidikan bukanlah hal yang penting. Buat apa sekolah kalau mereka akan jadi kuli kasar seperti ayahnya, begitu pendapat teman-teman Ayah Ikal ketika melihat ia dan ayahnya bersepeda menuju SD Muhammadiyah. 

Beruntung, ikal dibesarkan dalam keluarga yang mementingkan pendidikan. Meskipun terseok-seok mencari biaya hidup sehari-hari, orang tua Ikal tetap mendorongnya untuk sekolah. Di SD Muhammadiyah Gantong yang sudah lapuk itu, Ikal bertemu dengan teman-teman yang luar biasa. 

Selama bersekolah di sana, ia mengalami rupa-rupa cerita yang mewarnai masa kecilnya. Di antara 10 murid seangkatannya, Ikal adalah salah satu yang berhasil mencapai jenjang pendidikan tertinggi, bahkan bisa mendapat gelar master di luar negeri. 

2. Lintang – Ferdian 

pemeran laskar pelagi_Lintang – Ferdian_

Anak asli Pulau Belitung lainnya yang ikut dalam proyek film Laskar Pelangi adalah Ferdian. Dalam film ini, ia berperan sebagai Lintang, si jenius dengan semangat paling tinggi. 

Lintang adalah anak pesisir yang juga tidak kalah miskin dibandingkan dengan anak-anak SD Muhammadiyah lainnya. Namun, ia diberkati dengan daya tangkapnya yang luar biasa. Si anak nelayan miskin yang hidup serba kekurangan ini juga didorong oleh ayahnya untuk sekolah. 

Perjuangan Lintang untuk bersekolah tidaklah mudah. Tidak hanya harus naik sepeda puluhan kilometer, ia juga harus menghadapi buaya yang kerap muncul saat ia melewati danau di jalan menuju sekolah. 

Lintang, Ikal dan Sahara menjadi perwakilan SD Muhammadiyah Gantong dalam lomba cerdas cermat antar SD di Belitung. Di ajang inilah kemampuan luar biasa Lintang menjadi sorotan. Dalam sesi menjawab soal matematika, Lintang berhasil menjawab pertanyaan dari panitia dengan nilai sempurna. 

Namun, kemenangan Lintang harus berujung menyedihkan. Setelah berhasil menjadi juara, Lintang berhenti sekolah sebab ia harus menggantikan ayahnya bekerja dan mengurus adik-adiknya yang masih kecil. 

Lintang tidak punya waktu untuk memikirkan sekolah pasca ayahnya tenggelam saat pergi melaut. Kepergian Lintang dari sekolah merupakan berita buruk bagi SD Muhammadiyah Gantong. 

3. Mahar – Verrys Yamarno 

pemeran laskar pelagi_Mahar – Verrys Yamarno_

Tahun 2015, kita dikejutkan dengan munculnya kabar duka dari salah satu pemeran film Laskar Pelangi, Verrys Yamarno. Salah satu pemeran anak-anak dalam film tersebut meninggal lantaran sakit yang dideritanya. 

Verrys Yamarno adalah pemeran Mahar. Ia merupakan murid di SD Muhammadiyah Gantong yang punya ketertarikan pada seni. Bagi Mahar, seni telah menjadi bagian dari kehidupannya yang tidak bisa dipisahkan. 

Mahar adalah ‘otak’ di balik kesuksesan siswa-siswa sekolah yang hampir roboh itu dalam memenangkan karnaval seni antar sekolah dasar di Belitung.

Ia membuat konsep pagelaran yang unik dan kostum yang menarik. Dengan memanfaatkan material dari dedaunan yang mudah ditemui di sekitar mereka, anak-anak ini berhasil keluar sebagai juara pertama. 

4. Bu Muslimah – Cut Mini 

pemeran laskar pelagi_Bu Muslimah – Cut Mini_

Peran aktris ternama Indonesia, Cut Mini dalam film ini tidak kalah penting. Berperan sebagai Bu Muslimah, guru di SD Muhammadiyah Gantong, guru satu ini menjadi alasan anak-anak betah bersekolah di sana.

Bu Mus adalah guru yang sangat berdedikasi. Ia selalu khawatir sekolah tempat ia mengajar akan ditutup dan anak-anak pinggiran ini tidak bisa mendapatkan pendidikan. Ia berharap mereka bisa terus sekolah meskipun tidak didukung dengan fasilitas yang memadai. 

Anak didiknya dengan Bu Mus mempunyai ikatan yang lebih dari sekadar murid-guru. Bu Mus menyayangi mereka seperti anaknya sendiri. Sebaliknya, murid-murid merasa mendapat orang tua kedua. Mereka bahkan memanggil Bu Guru ini dengan sebutan Ibunda Guru. 

5. Pak Harfan - Ikranagara 

pemeran laskar pelagi_Pak Harfan - Ikranagara_

Karakter Pak Harfan, Kepala Sekolah kesayangan orang-orang di SD Muhammadiyah ini adalah alasan orang tua menyekolahkan anak-anak mereka di sekolah tersebut. Karakter orang tua yang hangat dan penyayang ini dibawakan oleh Ikranagara. 

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram