bacaterus web banner retina

11 Pemeran Utama Drama Bertema Hukum Juvenile Justice

Drama Korea original Netflix paling baru, Juvenile Justice (2022), mendapat sorotan karena kualitasnya. Keunggulan drama berjumlah 10 episode ini bukan hanya terletak pada kekuatan naskah dan ide cerita, melainkan juga penampilan para aktornya.

Banyak bintang besar dilibatkan, seperti Kim Hye Soo, Kim Mu Yeol, Lee Sung Min sampai Lee Jung Eun. Di belakang mereka, nama-nama pemain Juvenile Justice (2022) lainnya tak kalah bersinar.

Penampilan terbaik diberikan para rookie atau pendatang baru yang berperan sebagai supporting role. Sinergi antara keduanya terasa hidup dan membuat drama ini emosional sejak episode pertama.

Ingin tahu siapa saja pemain Juvenile Justice (2022) dan karakter yang mereka bawakan? Kami ajak kamu berkenalan dengan 11 para pemain drama ini! Simak yuk!

1. Sim Eun Seok – Kim Hye Soo

Sim Eun Seok – Kim Hye Soo

Kim Hye Soo berperan sebagai Sim Eun Seok. Dia merupakan hakim anggota Divisi Pidana Anak Pengadilan Negeri Yeonhwa yang sudah cukup senior.

Hakim Sim Eun Seok terkenal karena kemampuan hebatnya. Dia bisa mengalahkan beberapa hakim laki-laki saat masa pelatihan dan beberapa kali dikirim ke luar negeri.

Sebagai hakim, dia mendapat julukan Hakim Maksimal karena selalu memberikan hukuman maksimal pada anak pelaku kejahatan.

Sim Eun Seok sangat membenci anak-anak pelaku kriminalitas karena baginya mereka tidak bisa berubah. Karakternya terasa dingin, kharismatik, teliti dan berintegritas tinggi.

Sim Eun Seok tidak segan dan pandang bulu ketika menangani satu kasus, termasuk jika itu melibatkan hakim ketua atau kepala divisinya. Dia jadi ancaman mengerikan untuk para pelaku tapi menjadi harapan untuk para korban.

Sim Eun Seok pernah gagal dalam berumah tangga dan menyimpan luka bertahun-tahun karena kematian putranya yang masih duduk di Taman Kanak-kanak.

Sim sangat fokus dan berusaha untuk tidak emosional dalam memutuskan sesuatu. Jika sudah memulai, tidak ada yang bisa menghentikannya. Dia sampai melupakan kesehatan dan kebutuhannya sendiri. 

2. Cha Tae Ju – Kim Mu Yeol

Cha Tae Ju – Kim Mu Yeol

Pemain Juvenile Justice (2022) selanjutnya yaitu aktor Kim Mu Yeol. Sang aktor yang terkenal melalui aktingnya di film erotis romantis A Muse (2012) sebagai Seo Ji Woo kali ini berperan sebagai Cha Tae Ju.

Karakternya jelas berbeda karena Cha Tae Ju adalah hakim anggota junior di Divisi Pidana Anak yang lembut, ramah, memilih percaya dan menaruh harapan pada anak-anak mantan pelaku kejahatan.

Dia pandai mengelola emosi sehingga tidak pernah bicara menggunakan nada yang tinggi. Cha dan Sim berada dalam satu tim tapi keduanya kerap berselisih paham.

Meski begitu, Cha menjadi orang pertama yang selalu mendukung keputusan Sim dan bersedia membantu serta mengikuti rencana seniornya itu. Cha adalah lulusan ujian persamaan, tidak seperti hakim kebanyakan yang merupakan lulusan universitas ternama.

Cha Tae Ju melakukan pendekatan dengan cara yang humanis karena dia punya masa lalu yang perih. Saat remaja Cha kerap disiksa orangtua dan hampir membunuh sang ayah karena tidak tahan lagi didera. Hidupnya berubah ketika seorang hakim anak merangkul dan memberinya harapan serta kepercayaan.

3. Kang Won Joong – Lee Sung Min

Kang Won Joong – Lee Sung Min

Aktor senior Lee Sung Min ikut membuat jalan cerita drama ini semakin emosional karena perannya sebagai Hakim Ketua Divisi Pidana Anak bernama Kang Won Joong. Kang sudah menjadi hakim dan bergelut di pengadilan selama 22 tahun.

Selama itu pula dia kerap menulis jurnal untuk setiap kasus yang diselesaikan. Bukan hanya teknis, Kang menuliskan nilai-nilai yang bisa diambil dari kasus tersebut.

Kang Won Joon ingin merevisi sistem peradilan untuk anak. Oleh karena itu, dia sempat mencalonkan diri menjadi anggota dewan dari sebuah partai karena ingin mengubahnya dari kursi DPR.

Kang terkenal sebagai hakim yang tegas, rasional, tidak pandang bulu, bercitra positif dan menyimpan kehangatan di hatinya.

Untuk setiap keputusan yang dibuat, Kang diam-diam selalu memikirkan nasib anak-anak pelaku kejahatan. Belakangan diketahui kalau Kang adalah sosok hakim yang mengubah jalan hidup Cha Tae Ju. Sayangnya sebagai ayah, Kang tidak bisa berlaku se-positif itu.

Dia sosok yang tegas dan cenderung otoriter. Kang hampir tak pernah mengapresiasi kerja keras anaknya jika dirasa tidak memuaskan.

Dia tipikal ayah yang selalu menuntut dan memojokkan anak-anak. Beruntung hatinya tidak sekeras batu; dia lapang dada menerima kesalahan serta kegagalannya.

4. Na Geun Hee – Lee Jung Eun

Na Geun Hee – Lee Jung Eun

Lee Jung Eun punya banyak pengalaman ikut menyukseskan beberapa drama dan film berkualitas. Sebut saja The Wailing (2016), Parasite (2019) dan The Book of Fish (2021).

Secara otomatis berbagai karakter sudah berhasil dihidupkan. Kali ini Lee Jung Eun giliran mendapat peran sebagai seorang hakim anak bernama Na Geun Hee.

Na Geun Hee merupakan Hakim Ketua yang baru, menggantikan posisi Kang Won Joong, yang terkenal tidak pernah buang-buang waktu. Baginya, menangani kasus kriminal anak sama dengan adu cepat dengan waktu.

Tak heran dia selalu cepat ketika menyelesaikan satu kasus, termasuk saat menjatuhkan vonis. Na Geun Hee bisa menoleransi hakim anggota yang bodoh tetapi tidak hakim anggota yang sombong.

Na Geun Hee adalah hakim yang tidak pernah dilupakan Sim Eun Seok karena atas prinsipnya itu dia menyelesaikan kasus pembunuh putranya hanya dalam waktu tiga menit. Akibat hal tersebut hukum kehilangan tajinya, hukum kehilangan kekuatan di mata anak-anak pelaku tindakan kriminal.

Beruntung Hakim Na yang selalu menegaskan kalau dirinya bukan orang yang kaku, perlahan mulai mengubah prinsipnya.

5. Seo Beom – Shin Jae Hwi

Seo Beom – Shin Jae Hwi

Pemain Juvenile Justice (2022) selanjutnya yaitu aktor muda dan menjanjikan Shin Jae Hwi. Pernah beradu akting bersama Krystal Jung dalam film More Than Family (2020), Shin juga mencatatkan namanya dalam beberapa drama terkenal, antara lain True Beauty (2021) dan All of Us Are Dead (2021).

Dalam drama Korea original Netflix berjumlah 10 episode ini, Shin berperan sebagai Seo Beom; petugas panitera pengganti yang aktif dan tidak sungkan belajar hal baru.

Seo Beom bertugas menyiapkan dan mengantarkan berkas-berkas kasus yang dibutuhkan para hakim. Dia juga ikut menghadiri dan mencatat kejadian-kejadian selama persidangan. Melihat kelakuan anak dan remaja pelaku kejahatan, Seo Beom ikut-ikutan emosi dan tak habis pikir.

Sebagai lulusan sekolah yang ada di Gangnam, penampilannya tidak meyakinkan, tapi Seo Beom cukup peka terhadap kasus-kasus yang sedang dilimpahkan ke pengadilan.

6. Joo Yeong Sil – Lee Sang Hee

Joo Yeong Sil – Lee Sang Hee

Satu lagi petugas panitera Pengadilan Negeri Yeonhwa Divisi Pidana Anak, yaitu Joo Yeong Sil yang diperankan oleh Lee Sang Hee. Joo Yeong Sil yang lebih senior dari Seo Beom terlihat lebih luwes dan berpengalaman mengetahui jadwal-jadwal sidang, kebiasaan dan karakter para hakim.

Joo Yeong Sil bicara dengan dialek yang terdengar khas, yang membuatnya tampak galak. Dia banyak membantu Seo Beom mengenal dan mengetahui cara kerja pengadilan anak.

Joo Yeol Sil bisa diandalkan ketika Cha Tae Ju atau siapa pun membutuhkan bantuan. Dia juga pekerja yang rajin dan rela menambah jam kerja saat dibutuhkan.

7. O Seon Ja – Yum Hye Ran

O Seon Ja – Yum Hye Ran

Aktris Yum Hye Ran kembali memberikan penampilan terbaiknya sebagai seorang pelakon. Kali ini dia muncul sebagai salah satu karakter pendukung dalam drama Juvenile Justice (2022).

Walau hanya tampil dua episode, karakternya sangat hidup; dia bisa membawa penonton masuk ke dalam penderitaan dan kesedihannya.

Sebagai O Seon Ja, Yum Hye Ran sukses menggambarkan karakternya sebagai seorang ibu, seorang wanita pengurus pusat pelatihan untuk anak-anak pelaku kriminal. Dia terkenal sebagai tutor dan penyuluh anak-anak yang andal dan berdedikasi.

O Seon Ja sangat peduli dengan nasib anak-anak pelaku kejahatan karena dia pernah kehilangan bayinya di masa lalu. Sayang, O Seon Ja tidak bisa menyeimbangkan kehidupan pribadi dan hasratnya. Saking sibuk mengurusi pusat pelatihan, Seon Ja kehilangan sang suami.

Dia juga hampir kehilangan putri kandungnya karena lebih mementingkan anak-anak asuhnya. Seon Ja memahami kebutuhan anak-anak pelaku kejahatan tetapi luput memenuhi kebutuhan putri sendiri.

8. Baek Seong U – Lee Yeon

Baek Seong U – Lee Yeon

Penampilan Lee Yeon sebagai Baek Seong U dalam drama ini banjir pujian. Siapa menyangka bahwa pemeran anak lelaki berusia 13 tahun yang mengalami skizofrenia dan mengaku memutilasi anak SD berusia 8 tahun adalah gadis muda kelahiran 1995.

Lee Yeon sukses menyampaikan detail-detail emosi seorang anak kecil yang tidak merasa berdosa telah membunuh dan merasa beruntung karena tidak akan dihukum.

Seong U digambarkan sebagai anak lelaki yang kesepian. Ibunya adalah pengajar les tambahan yang selalu sibuk dengan anak-anak lain. Seong U sebenarnya bukan pelaku pembunuhan dan pemutilasi bocah SD, dia hanya kaki tangan yang dimanfaatkan.

9. Seo Yu Ri – Shim Dal Gi

Seo Yu Ri – Shim Dal Gi

Anak pelaku kejahatan lainnya dalam drama Juvenile Justice (2022) adalah Seo Yu Ri yang diperankan oleh aktris muda Shim Dal Gi. Penampilannya tidak kalau memukau karena dia sama-sama piawai menyampaikan emosi berupa ketakutan, perasaan tertekan, putus asa dan kesedihan.

Seo Yu Ri adalah anak korban KDRT yang sebelumnya pernah berada dalam pengawasan pengadilan karena terlibat kasus prostitusi anak.

Seo Yu Ri bukan hanya dipukuli oleh sang ayah tetapi juga oleh teman-temannya. Dalam keadaan ketakutan, Seo Yu Ri masih berusaha menutupi kebusukan ayahnya.

Dia sangat percaya dan nyaman menceritakan segalanya pada Cha Tae Ju tapi menjadi sangat mengagumi sosok Sim Eun Seok yang telah membantunya lepas dari masalah.

10. Kwak Do Seok – Song Duk Ho

Kwak Do Seok – Song Duk Ho

Di antara anak-anak pelaku kriminal yang menjalani pembinaan, Kwak Do Seok adalah yang paling dekat dengan hakim anggota Cha Tae Ju. Dia punya tekad untuk tidak lagi terlibat atau melakukan kejahatan karena v dari Cha Tae Ju.

Kwak Do Seok sebelumnya adalah seorang atlet, tapi kini dia berkeinginan menjadi pengawal karena postur tubuhnya yang tinggi dan mendukung.

Sayang, nasib baik tidak mengikuti harapannya. Kwak sering dipukuli teman-temannya dan tidak membalas karena tidak ingin mengecewakan Cha Tae Ju.

Kwak punya kepedulian tinggi pada salah satu teman wanitanya yang jadi korban revenge porn. Sampai-sampai dia rela melakukan hal yang membahayakan nyawanya sendiri.

11. Choi Yeong Na – Kim Bo Young

Choi Yeong Na – Kim Bo Young

Pemain Juvenile Justice (2022) selanjutnya, sekaligus menjadi karakter remaja pelaku tindakan kriminal lainnya adalah Kim Bo Young.

Peran Choi Yeong Na yang dia mainkan adalah debutnya di dunia akting, tetapi penampilannya tak kalah canggih dan memukau. Choi Yeong Na adalah salah satu remaja pelaku kejahatan yang menjalani pembinaan di pusat pelatihan pimpinan O Seon Ja.

Dia pelaku kekerasan dan prostitusi anak di bawah umur. Kejahatan yang dilakukannya bersumber dari ketiadaan peran dan kasih sayang orang tua di hidupnya.

Di balik semua kejahatan yang dilakukan, Yeong Na sangat menyayangi dan mengkhawatirkan ibunya tapi dia harus menerima kenyataan pahit ketika sang ibu membuangnya begitu saja.

Itu dia para pemain Juvenile Justice (2022), drama Korea original Netflix terbaru ber-genre drama legal yang mengangkat tema kejahatan dan pengadilan untuk anak dan remaja.

Bukan hanya main role, support role lain yang terlibat dalam drama ini dijamin akan membuatmu angkat topi karena hampir semuanya memuaskan.

Tidak berlebihan jika mengatakan bahwa Juvenile Justice (2022) adalah salah satu drama Korea Selatan yang memiliki pemain-pemain terbaik. Setuju?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram