bacaterus web banner retina

8 Karakter Penting dan Pemerannya di Film Insidious: Chapter 3

Insidious: Chapter 3 merupakan film ketiga dari seri Insidious, namun kisahnya sendiri bisa disebut prekuel karena menceritakan pengalaman Elise sebelum ia menangani kasus Dalton Lambert. Film ini dirilis pada tahun 2015 dan digarap oleh Leigh Whannell yang bertindak sebagai sutradara sekaligus penulis naskahnya.

Insidious: Chapter 3 bercerita tentang Quinn Brenner yang mencoba menghubungi roh ibunya yang sudah tiada. Alih-alih bisa berkomunikasi dengan sang ibu, Quinn justru mengundang hantu jahat bernama The Wheezing Demon.

Film ini tak hanya berfokus pada Quinn Brenner, tapi juga akan menyoroti karakter Elise yang masih penuh ketakutan terhadap The Further. Selain itu, penonton juga akan mengetahui awal mula perjumpaan Elise dengan dua asistennya, Specs dan Tucker, serta bagaimana mereka akhirnya bisa bekerja sama.

Nah, agar bisa lebih paham dengan jalan ceritanya, setidaknya ada 8 tokoh penting dalam film ini. Siapa saja mereka? Yuk, kenalan dulu dengan karakter dan pemain di film Insidious: Chapter 3!

1. Stefanie Scott (Quinn Brenner)

pemeran-insidious-3_

Quinn Brenner merupakan tokoh utama dalam film ini. Ia adalah gadis remaja yang suka sekali menulis, membaca buku, dan memiliki blog pribadi. Quinn juga menyukai akting dan sempat mengikuti audisi untuk masuk sekolah teater di New York.

Quinn hidup bertiga dengan ayah dan adiknya. Ibu Quinn, Lilith, telah meninggal, tapi belakangan ini Quinn merasa kalau roh ibunya seperti ingin berkomunikasi dengannya.

Quinn pun berusaha memanggil atau berkomnikasi dengan roh ibunya, tapi usahanya selalu gagal. Itulah kenapa Quinn memutuskan untuk menemui Elise Rainier dan meminta bantuannya.

Ketika Elise tak bisa banyak membantu, Quinn terus mecari tahu tentang suara-suara yang ia dengar di kamarnya. Quinn pun diteror oleh makhluk bernama The Wheezing Demon sampai dirinya tertabrak dan kedua kakinya patah.

Selama itulah Quinn mengalami hal supranatural yang semakin intens hingga kerasukan, bahkan nyawanya nyaris tak bisa diselamatkan.

Karakter ini diperankan oleh aktris cantik Stefanie Scott. Lahir pada 6 Desember 1996, Stefanie terjun ke dunia akting sejak sekitar tahun 2008. Selain Insidious: Chapter 3, ia pernah membintangi film Flipped (2010), No Strings Attached (2011), I.T. (2016), dan Mary (2019). Selain sebagai aktris, Stefanie juga dikenal sebagai penyanyi yang pernah merilis album EP New Girl in Town (2009).

2. Lin Shaye (Elise Rainier)

pemeran-insidious-3-2_

Elise Rainier adalah seorang paranormal yang masih berduka atas kematian suaminya, Jack. Di film Insidious: Chapter 3, Elise adalah sosok wanita yang kurang percaya diri dengan kemampuannya dan masih takut terhadap makhluk astral yang ada di The Further.

Ia sempat membantu Quinn di awal film, namun kemudian berhenti karena mendengar bisikan makhluk jahat yang mengancam akan membunuhnya. Setelah itu Elise bermimpi tentang Quinn yang dihantui oleh makhluk bernama The Man Who Can't Breathe atau The Wheezing Demon.

Elise pun segera mendatangi Quinn dan mencoba membantunya. Tapi Elise lagi-lagi berhenti di tengah jalan ketika ia dicekik oleh sosok jahat di The Further. Elise jadi ketakutan, tapi sahabatnya, Carl, berhasil meyakinkan Elise agar ia mau membantu Quinn.

Elise akhirnya menngumpulkan keberaniannya, memasuki The Further, dan melawan The Wheezing Demon demi menolong Quinn.

Linda Shaye atau yang lebih dikenal dengan nama Lin Shaye dipercaya untuk memerankan kembali karakter Elise Rainier. Aktris kelahiran 12 Oktober 1943 tersebut dijuluki Scream Queen karena sering membintangi film horror.

Selain seri film Insidious, Lin Shaye juga muncul di film Ouija (2014) beserta sekuelnya, The Final Wish (2018), Room For Rent (2019) dan The Grudge (2020).

3. Dermot Mulroney (Sean Brenner)

pemeran-insidious-3-3_

Sean adalah ayah Quinn yang harus menjadi seorang single parent setelah kematian istrinya. Ia sibuk bekerja dan sering kewalahan mengurus kedua anaknya, karena itu ia sering meminta bantuan Quinn untuk membantunya mengurus sang adik yang bernama Alex. Akan tetapi, Sean sebenarnya adalah ayah yang baik dan perhatian terhadap anak-anaknya.

Sean awalnya tidak terlalu percaya dengan hal gaib, tapi melihat anaknya yang terus mendapatkan gangguan, Sean pun tak mau tinggal diam. Sean berusaha melakukan berbagai cara untuk melindungi putrinya, termasuk memanggil Elise ke rumah.

Saat Elise sendiri sudah menyerah, Sean lalu memanggil Specs dan Tucker yang saat itu masih menjadi pengusir hantu bohongan.

Karakter ini diperankan oleh Dermot Mulroney, aktor asal Amerika Serikat kelahiran 31 Oktober 1963. Di sepanjang kariernya, ia telah membintangi puluhan film dengan berbagai genre, mulai dari komedi romantis, horor, hingga bertema koboi.

Beberapa filmnya antara lain Young Guns (1988), My Best Friend's Wedding (1997), The Wedding Date (2005), Jobs (2013), dan Dirty Grandpa (2016).

4. Leigh Whannell (Specs)

pemeran-insidious-3-4_

Dalam film Insidious: Chapter 3, Specs diceritakan belum bertemu dengan Elise. Specs dan teman baiknya, Tucker, memiliki blog yang berkaitan dengan hal supranatural dan membentuk tim Spectral Sightings yang merupakan tim pemburu hantu abal-abal.

Specs adalah pemuda berkacamata yang mahir menulis dan bertanggung jawab untuk mengisi blognya. Dalam kasus Quinn, Specs kewalahan dan sadar bahwa ia sedang berhadapan dengan hantu nyata dan berbahaya. Specs pun mengakui bahwa ia dan Tucker tidak bisa menangani masalah Quinn.

Saat itulah Elise datang dan mengatakan bahwa ia akan membutuhkan bantuan Specs untuk menulis semua kalimat yang ia ucapkan ketika dirinya memasuki The Further.

Tokoh Specs masih diperankan oleh Leigh Whannell. Ia adalah aktor, penulis, produser, sekaligus sutradara asal Australia yang lahir pada 17 Januari 1977. Leigh Whannell juga bertindak sebagai sutradara dan penulis naskah film Insidious: Chapter 3.

Selain film ini, Leigh Whannell juga menulis skrip untuk 2 film Insidious sebelumnya yang disutradarai oleh teman baiknya, James Wan.

5. Angus Sampson (Tucker)

pemeran-insidious-3-5_

Tucker adalah rekan kerja Specs yang punya karakter cuek dengan penampilan yang cukup nyentrik. Di sela-sela bekerja, ia kadang terlihat sedang makan, menelepon orang lain, bahkan tertidur sehingga tidak tampak profesional. Jika Specs bertindak sebagai penulis blog, Tucker bertanggung jawab pada hal-hal teknis.

Saat dipanggil untuk membantu Quinn, Tucker menyiapkan kamera pengintai, mikrofon, dan peralatan lain untuk memantau pergerakan Quinn.

Namun bagaimanapun juga semua hal itu tidak terlalu membantu, karena saat Quinn kerasukan dan melukai semua orang secara brutal, Tucker tetap tidak bisa melakukan apa-apa karena ia memang bukan seorang pengusir hantu.

Karakter ini dimainkan oleh Angus Sampson yang juga merupakan seorang produser dan sutradara film asal Australia. Angus Sampson lahir pada 12 Februari 1979 dan telah membintangi puluhan film dan serial televisi.

Beberapa filmnya antara lain Where the Wild Things Are (2009), Blinder (2013), Mad Max: Fury Road (2015), Winchester (2018), Mortal Kombat (2021), dan Bump (2021-2022).

6. Tate Berney (Alex Brenner)

pemeran-insidious-3-6_

Alex adalah adik laki-laki Quinn yang suka menghabiskan waktu di depan komputer. Karena suka berselancar di internet, Alex pun mengetahui tentang blog Spectral Sightings yang dikelola oleh Specs dan Tucker. Saat Elise menyerah menolong Quinn, Alex merekomendasikan Specs dan Tucker kepada ayahnya.

Alex yakin bahwa dua orang tersebut bisa membantu kakaknya, tapi sang ayah berpikir sebaliknya karena merasa kalau Specs dan Tucker terlihat seperti orang bodoh. Tapi karena tidak punya pilihan lain, Sean akhirnya menerima saran Alex untuk mengundang tim Spectral Sightings ke rumahnya.

Tokoh Alex diperankan oleh Tate Berney, aktor muda yang sudah terjun ke dunia akting sejak sekitar tahun 2008. Sebelum terlibat di film Insidious: Chapter 3, Tate Berney tercatat pernah bermain di sejumlah serial TV seperti All My Children (2010-2011), Blackout (2012), Sons of Anarchy (2013), The Birthday Boys (2013), dan Boozy Mom (2014).

7. Michael Reid MacKay (The Man Who Can't Breathe/ The Wheezing Demon)

pemeran-insidious-3-7_

Ini adalah sosok hantu yang meneror Quinn. Saat Quinn berusaha berkomunikasi dengan roh ibunya, makhluk ini mendengar suara Quinn dan mulai menghantuinya. Hantu ini berwujud laki-laki nyaris botak, berkulit pucat, mengenakan pakaian pasien rumah sakit, dan mengenakan masker di bagian mulutnya.

Di balik maskernya, ia memiliki mulut tanpa bibir sehingga terlihat mengerikan. Kulitnya membusuk dan ia selalu meninggalkan jejak warna hitam di lantai. The Wheezing Demon memiliki kemampuan untuk meniru orang lain. Ia sempat meniru suami Elise, Jack, untuk memperdaya Elise.

The Wheezing Demon merupakan makhluk yang sangat jahat. Menurut Elise, roh atau makhluk astral biasanya akan merasuki tubuh manusia karena ingin hidup untuk kedua kalinya, namun The Wheezing Demon adalah tipe roh yang lebih jahat.

Ia berusaha menculik roh-roh manusia yang masih hidup dan membawanya ke The Further untuk ia jadikan budak.

Makhluk ini mengganggu Quinn dan membuatnya tertabrak mobil sehingga ia berhasil mendapatkan separuh dari roh gadis tersebut. Ia pun berusaha mendapatkan separuh roh Quinn yang lain dan nyaris mendapatkannya.

Tokoh antagonis ini diperankan oleh Michael Reid MacKay, aktor asal Amerika Serikat kelahiran 24 Juni 1953. Berkarier sejak tahun 1980-an,  Michael Reid MacKay tercatat pernah bermain di film Sleepwalkers (1992),  Ace Ventura: When Nature Calls (1995), Batman & Robin (1997), dan X2: X-Men United (2003).

8. Ele Keats (Lilith Brenner)

pemeran-insidious-3-8_

Lilith merupakan ibu Quinn yang meninggal dunia karena sakit. Ia sempat meninggalkan sebuah surat di dalam diari Quinn, tapi putrinya tidak mengetahui hal tersebut.

Saat jiwa Quinn ditawan oleh The Wheezing Demon, roh Lilith hadir dan memberikan kekuatan pada Quinn untuk melawan. Quinn yang sekarat akhirnya bangkit dan berhasil mengalahkan The Wheezing Demon.

Setelah semuanya usai, Lilith mengucapkan kalimat perpisahan melalui Elise. Ia juga berpesan agar Quinn tidak perlu mencarinya lagi karena ia akan selalu bersamanya. Lewat Elise pula Lilith mengatakan bahwa ia hadir di audisi Quinn dan melihatnya dari bangku penonton. Lilith pun mengaku sangat bangga pada putrinya tersebut.

Nah, itu dia 8 karakter penting di film Insidious: Chapter 3 beserta para pemainnya. Cerita di film ketiga ini memang tidak berhubungan dengan dua film pendahulunya, namun film garapan Leigh Whannell ini tetap bisa dijadikan hiburan di akhir pekan. Buat kamu yang sudah menontonnya, adegan mana yang menurutmu paling menyeramkan di film ini?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram