bacaterus web banner retina

10 Pemeran Film Insidious: Chapter 2, Mana Karakter Favoritmu?

Insidious: Chapter 2 merupakan film horor bertema astral projection dan masih melanjutkan cerita di film pertama. Setelah kematian Elise, Josh yang sudah dirasuki oleh makhluk Bride in Black mulai berencana untuk menghabisi keluarga Lambert. Sementara itu, Josh yang asli berusaha kembali ke tubuhnya dibantu oleh roh Elise Rainier yang masih berada di The Further.

Masih seperti film pertamanya, Insidious: Chapter 2 digarap oleh sutradara James Wan yang berkolaborasi dengan Leigh Whannell sebagai penulis naskahnya. Film ini juga masih dibintangi oleh Patrick Wilson, Rose Byrne, Lin Shaye, dan masih banyak lagi.

Di film kedua, muncul beberapa karakter baru yang tidak ada di film pertama, termasuk karakter hantu yang lebih kejam. Mulai dari tokoh utama hingga hantu yang meneror keluarga Lambert, ini dia 10 pemain beserta karakter yang ada di film Insidious: Chapter 2.

1. Patrick Wilson (Josh Lambert)

pemeran-insidious-2-1_

Josh Lambert adalah seorang suami sekaligus ayah dengan 3 orang anak. Di film pertama, Josh yang melakukan astral projection untuk menyelamatkan anaknya, Dalton, rupanya tidak berhasil kembali ke tubuhnya.

Makhluk keji bernama Bride in Black justru menggantikan Josh untuk masuk ke raganya yang kosong. Josh yang sudah kerasukan kemudian membunuh Elise saat itu juga.

Saat Renai menemukan Elise yang telah tewas, 'Josh' pun pura-pura terkejut dan mengaku tidak tahu-menahu. Setelah kejadian itu, keluarga Josh tinggal di rumah Lorraine untuk sementara waktu.

Selama itu pula 'Josh' sering menunjukkan sikap janggal, mulai dari bicara sendiri hingga berperilaku kasar. Tak hanya itu, 'Josh' juga mendapat bisikan untuk segera membunuh Renai dan yang lainnya.

Sementara itu, Josh yang asli masih terjebak di alam lain dan berusaha berkomunikasi dengan Renai. Salah satunya dengan cara memainkan lagu ciptaan istrinya dengan piano. Akan tetapi, Renai tidak langsung menyadarinya dan mengira bahwa itu adalah ulah hantu yang ingin mengganggunya.

Patrick Wilson yang lahir pada 3 Juli 1972 dipercaya untuk memerankan karakter Josh Lambert. Tak hanya sebagai aktor, pria asal Amerika Serikat ini juga menekuni karier sebagai sutradara dan penyanyi.

Beberapa film yang pernah ia bintangi adalah Watchmen (2009), The A-Team (2010), The Conjuring (2013), The Founder (2016), Aquaman (2018), dan Moonfall (2022).

2. Rose Byrne (Renai Lambert)

pemeran-insidious-2-2_

Di film kedua Insidious, Renai Lambert harus diperiksa polisi terkait kematian Elise Rainier. Sejak awal Renai sudah terlihat curiga dengan suaminya, namun ia juga sangat yakin bahwa Josh adalah orang baik yang tidak mungkin melakukan kejahatan.

Sama seperti di film pertama, Renai kembali mengalami banyak hal supranatural yang menakutkan. Mulai dari mainan bayi yang bergerak dan berbunyi sendiri hingga melihat sosok hantu Woman in White. Saat itu Renai bahkan sampai pingsan gara-gara kemunculan hantu wanita bergaun putih tersebut.

Setelah memgalami banyak insiden dan melihat sikap Josh yang semakin tak masuk akal, Renai makin curiga bahwa Josh yang bersamanya bukanlah Josh yang asli.

Ia pun bertambah yakin setelah ibu Josh, Lorraine, memberitahunya bahwa saat ini Josh sedang dirasuki makhluk lain. Mendengar hal itu, Renai pun melakukan berbagai cara untuk menyelamatkan anak-anaknya.

Renai Lambert masih diperankankan oleh Rose Byrne, aktris asal Australia kelahiran 24 juli 1979. Di tahun 1990-an, ia pernah bermain di beberapa film produksi Australia.

Setelah itu ia menginjakkan kaki di Hollywood lewat film Star Wars: Episode II – Attack of the Clones (2002). Ia juga tercatat membintangi film 28 Weeks Later (2007), X-Men: First Class (2011), dan Neighbors (2014).

3. Ty Simpkins (Dalton Lambert)

pemeran-insidious-2-3_

Dalton merupakan anak sulung keluarga Lambert yang sempat tersesat di The Further, namun ia berhasil kembali ke tubuhnya berkat pertolongan sang ayah. Di film kedua, Dalton mengaku pada ibunya kalau ia sering bermimpi buruk tentang seorang wanita.

Tak hanya itu, ia juga curiga dengan kelakuan ayahnya yang aneh. Dalton pernah memergoki sang ayah tengah marah-marah dan seolah sedang berbicara dengan orang lain. Ayahnya juga seperti mengusir seseorang  dan menyuruhnya pergi. Padahal, Dalton yakin ayahnya sedang sendirian dan tidak ada orang lain di sana.

Hal ini membuat Dalton sadar bahwa ayahnya sedang dirasuki makhluk lain dan ia sempat memberitahukan hal ini pada ibunya. Pada akhirnya, Dalton kembali melakukan astral projection dan kembali ke The Further untuk menemukan ayahnya yang asli.

Tokoh Dalton diperankan oleh aktor muda Ty Simpkins yang lahir pada 6 Agustus 2001. Sejak masih kecil, ia sering muncul di beberapa film seperti War of the World (2005) dan Little Children (2006).

Namanya pun semakin melambung setelah membintangi seri film Insidious. Ia juga bermain di film Iron Man 3 (2013) dan menjadi kameo di Avengers: Endgame (2019).

4. Barbara Hershey (Lorraine Lambert)

pemeran-insidious-2-4_

Lorraine adalah ibu Josh yang kini tinggal bersama Josh, Renai, dan ketiga cucunya. Sejak insiden di film pertama, Lorraine rupanya mengalami banyak hal aneh yang berkaitan dengan Josh.

Suatu malam ia pernah melihat Dalton tidur di kamarnya, tapi Dalton (masih dalam kondisi tertidur) tiba-tiba mengatakan kalau ada sosok wanita di belakang neneknya.

Lorraine juga sempat pergi ke kamar mandi dan pintunya bergerak menutup, saat itulah Lorraine mendadak melihat bayangan wanita berbaju putih. Lorraine yang terkejut langsung membuka pintu tersebut. Anehnya, tidak ada wanita di balik pintu itu, melainkan Josh.

Lorraine merasa bahwa ada yang tidak beres di rumahnya. Hal ini membuat ia kembali menemui dua asisten Elise, Specs dan Tucker, untuk meminta bantuan. Bersama mereka dan seorang paranormal yang juga sahabat Elise, Lorraine mulai menguak asal usul Bride in Black yang kini menghuni tubuh Josh.

Lorraine diperankan kembali oleh Barbara Hershey, aktris senior kelahiran 5 Februari 1948 yang sudah berkecimpung di dunia hiburan selama lebih dari 5 dekade.

Ia pernah membintangi film The Last Temptation of Christ (1988) yang membuatnya masuk nominasi Golden Globe. Ia juga menerima nominasi Oscar lewat film The Portrait of a Lady (1996).

5. Steve Coulter (Carl)

pemeran-insidious-2-5_

Carl merupakan seorang paranormal sekaligus sahabat baik Elise Rainier. Carl bisa berkomunikasi dengan makhluk halus dan menggunakan dadu huruf sebagai medianya. Saat berkomunikasi dengan alam lain, Carl akan melempar beberapa dadu hingga membentuk kata atau kalimat.

Di tahun 1986, Carl adalah orang pertama yang berusaha membantu keluarga Lambert saat Josh kecil diteror oleh Bride in Black. Akan tetapi, saat itu Carl merasa takut dan tidak mampu mengatasinya hingga meminta bantuan Elise.

Di masa sekarang, Carl kembali dihubungi oleh Specs dan Tucker untuk mencari tahu apa yang terjadi pada Josh sekaligus menyelidiki kematian Elise.

Carl sendiri sempat terbunuh oleh Josh yang sedang dirasuki oleh Bride in Black. Saat itu ia bekerja sama dengan Specs dan Tucker untuk membius ‘Josh’. Tujuannya adalah mengeluarkan makhluk dari tubuh Josh sekaligus memulangkan Josh yang asli ke tubuhnya. Sayangnya rencana tersebut gagal dan ‘Josh’ menyerang balik.

Jiwa Carl pun terlempar ke The Further hingga akhirnya bertemu dengan Josh yang asli dan juga Elise. Setelah semuanya selesai, Elise merasa bahwa Carl sebenarnya masih hidup sehingga ia menyuruhnya untuk kembali ke tubuh fisiknya.

Carl pun tetap hidup, lalu seperti yang dulu dilakukan Elise terhadap Josh kecil, ia menghipnotis Josh dan Dalton agar melupakan astral projection.

Tokoh ini diperankan oleh aktor asal Kanada, Steve Coulter. Di sepanjang kariernya, Steve dikenal membintangi beberapa serial TV seperti The Walking Dead (2015), House of Cards (2017), The Purge (2018), dan Yellowstone (2018-2019).

Untuk film layar lebar, Steve pernah membintangi Watchmen (2009), seri film The Conjuring (2013-2021), Taken 3 (2014), dan Annabelle Comes Home (2019).

6. Lin Shaye (Elise Rainier)

pemeran-insidious-2-6_

Elise merupakan seorang paranormal yang diundang keluarga Lambert untuk membantu masalah Dalton, tapi kemudian tewas dibunuh oleh Josh (yang kerasukan Bride in Black) di film pertama

Jiwanya kini ada di The Further sampai akhirnya ia bertemu dengan Carl dan Josh. Mereka telah tahu siapa Bride in Black yang sebenarnya, termasuk Woman in White yang sempat memghantui Renai.

Ketiganya lalu menyusuri The Further untuk menemukan entitas tersebut demi menyudahi semuanya. Setelah selesai, Elise tetap berada di The Further sementara Josh dan Carl kembali ke tubuh mereka. Namin di akhir film, Elise (dalam wujud tak kasat mata) muncul bersama Specs dan Tucker yang sedang mendatangi sebuah keluarga.

Karakter ikonik ini masih diperankan oleh Lin Shaye, aktris kelahiran 12 Oktober 1943. Selain Insidious, Lin Shaye juga membintangi banyak film horor lain sehingga dijuluki Scream Queen.

Film horor yang pernah ia bintangi adalah A Nightmare on Elm Street (1984), Critters (1986), Ouija (2014), Abattoir (2016), The Final Wish (2018), Room for Rent (2019), dan The Grudge (2020).

7. Leigh Whannell (Specs)

pemeran-insidious-2-7_

Specs adalah salah satu asisten Elise yang bertugas menerjemahkan apapun yang Elise katakan. Misalnya ketika Elise melihat sebuah penampakan, ia akan mendeskripsikannya pada Specs dan Specs akan memvisualisasikannya di atas kertas.

Hal yang sama juga terjadi ketika Elise bertindak sebagai medium dan membiarkan tubuhnya dirasuki makhluk astral.

Di film Insidious: Chapter 2, Specs kembali bekerja sama dengan Tucker untuk membantu Lorraine dan keluarganya. Specs bersama dengan Tucker dan Carl sempat berusaha membius Josh yang kerasukan.

Sayangnya, ‘Josh’ mengetahui hal tersebut dan menyerang balik. Specs pun berusaha melawan, tapi ‘Josh’ dengan mudah menjatuhkannya hingga Specs tak sadarkan diri.

Tokoh Specs diperankan oleh Leigh Whannell. Ia adalah aktor sekaligus penulis skenario Insidious: Chapter 2. Sebelumnya, Leigh Whannell juga menulis skrip sekaligus membintangi  film Saw (2004) dan beberapa sekuelnya.

Leigh Whannell kemudian menjajaki profesi sutradara dan telah menggarap 3 film, yaitu Insidious: Chapter 3 (2015), Upgrade (2018), dan The Invisible Man (2020).

8. Angus Sampson (Tucker)

pemeran-insidious-2-8_

Tucker juga merupakan asisten Elise dan selalu bekerja bersama dengan Specs. Saat bekerja dengan Elise, Tucker bertanggung jawab mengurus peralatan atau hal-hal yang berkaitan dengan teknologi untuk membantu penyelidikan supranatural. Dibandingkan Specs, Tucker merupakan tipe orang yang lebih cuek dan kadang bertingkah konyol.

Saat masuk ke rumah Elise (setelah Elise meninggal), Tucker tidak ragu-ragu untuk melihat-lihat barang Elise dan masuk ke ruangan pribadinya, sedangkan Specs merasa tak enak dan mengajak Tucker untuk segera pergi. Tapi berkat sifat Tucker itulah mereka akhirnya menemukan petunjuk tentang kasus keluarga Lambert.

Tucker diperankan oleh Angus Sampson yang merupakan seorang aktor, penulis, produser, sekaligus sutradara film asal Australia.

Ia pernah membintangi beberapa judul film seperti Darkness Falls (2003), The Mule (2014), Mad Max: Fury Road (2015), dan Winchester (2018). Ia juga bermain di beberapa serial TV seperti Spirited (2010-2011), Fargo (2015), dan Shut Eye (2016-2017)

9. Tom Fitzpatrick (Parker "Marilyn" Crane/ Bride in Black)

pemeran-insidious-2-9_

Bride in Black adalah sosok yang menghantui Josh sejak masih kecil dan kini berhasil menguasai tubuhnya. Bride in Black sendiri aslinya bernama Parker Crane yang mendapat perlakuan kasar dari ibunya (Michelle/ Woman in White) sejak masih kecil.

Michelle membenci nama Parker dan terus memaksa Parker untuk hidup sebagai anak perempuan bernama Marilyn.

Parker pun tumbuh menjadi laki-laki dengan gangguan kejiwaan hingga akhirnya melakukan serangkaian pembunuhan. Saat beraksi, Parker memakai gaun pengantin warna hitam sehingga ia pun dikenal sebagai pembunuh berantai bernama Bride in Black.

Saat sudah tua dan sakit-sakitan, ia dirawat di rumah sakit tempat Lorraine bekerja. Saat itulah ia bertemu dengan Josh kecil.

Parker diduga cemburu melihat kedekatan Josh dan ibunya saat di rumah sakit. Karena itulah setelah ia tewas bunuh diri, rohnya mengejar Josh agar ia bisa hidup untuk kedua kalinya dan merasakan kehidupan yang normal.

Sosok hantu menyeramkan ini diperankan oleh Tom Fitzpatrick. Ia adalah seorang aktor senior yang juga aktif di panggung teater selama sekitar 5 dekade.

Selain sebagai Bride in Black, ia juga dikenal berkat perannya sebagai Coleman di serial TV Real Husbands Of Hollywood (2015-2016). Ia juga membintangi serial TV lainnya seperti S.W.A.T (2017) dan American Horror Story (2018).

10. Danielle Bisutti (Michelle Crane/ Woman in White)

pemeran-insidious-2-10_

Michelle Crane atau Woman in White merupakan hantu bergaun putih sekaligus ibu dari Parker Crane/ Bride in Black. Ia beberapa kali muncul di rumah keluarga Lambert.

Saat Dalton memperingatkan Lorraine tentang wanita di belakangnya, sosok Michelle inilah yang Dalton lihat. Bayangan wanita yang Lorraine lihat di pintu kamar mandi juga merupakan sosok yang sama.

Michelle lantas menampakkan wujudnya dengan lebih jelas kepada Renai di ruang tengah rumahnya. Ia bahkan terlihat marah dan berteriak, lalu menampar Renai hingga pingsan. Hantu Michelle juga berusaha menipu dan berkomunikasi dengan Carl lewat dadu saat Carl mencoba menghubungi Elise.

Michelle menyebut dirinya sebagai Mater Mortis atau Mother of Death. Sejak semasa hidup hingga menjadi hantu gentayangan, Michelle memang memiliki karakter jahat.

Ia sengaja menuntun Carl, Lorraine, dan yang lainnya ke rumah sakit terbengkalai untuk membunuh mereka semua. Namun pada akhirnya ia dikalahkan oleh Elise hingga jiwanya menghilang dari The Further.

Michelle Crane atau Woman in White diperankan oleh Danielle Bisutti yang merupakan aktris sekaligus penyanyi asal Amerika. Lahir pada 1 Oktober 1976, Danielle paling dikenal lewat perannya di serial TV True Jackson, VP (2008-2011). Ia juga membintangi beberapa judul  film seperti The Neighbor (2007), Get Smart (2008), dan Curse of Chucky (2013).

Itulah 10 pemain beserta karakter yang ada di film Insidious: Chapter 2. Film ini termasuk salah satu sekuel film horor terbaik karena ceritanya memberikan penjelasan atas beberapa adegan di film pertama. Kalau kamu sudah menontonnya, apa pendapatmu tentang film ini dan siapa karakter favoritmu?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram