bacaterus web banner retina

Inilah 10 Pemeran dan Karakter dalam Film Insidious

Insidious merupakan film horor garapan sutradara James Wan yang dirilis tahun 2010 silam. Berkolaborasi dengan Leigh Whannell sebagai penulis naskahnya, keduanya berhasil menciptakan sebuah film horor yang cukup mencekam.

Insidious berkisah tentang seorang anak bernama Dalton yang dinyatakan koma, padahal jiwanya sedang tersesat di alam lain setelah melakukan astral projection.

Tubuhnya yang ‘kosong’ pun menjadi rebutan banyak makhluk halus. Hal ini membuat ayah dan ibunya harus bertindak cepat untuk membawa pulang Dalton ke dunia nyata.

Kesuksesan film Insidious tentunya didukung oleh sejumlah aktor dan aktris yang kemampuan aktingnya sudah tak diragukan lagi. Siapa saja mereka? Yuk, kita kenalan dengan 10 tokoh di film Insidious sekaligus pemerannya!

Baca juga: Sinopsis & Review Insidious 1, Raga Bocah Jadi Incaran Iblis

1. Patrick Wilson (Josh Lambert)

Patrick Wilson (Josh Lambert)

Josh Lambert adalah protagonis di film Insidious. Ia merupakan seorang kepala keluarga yang tinggal bersama sang istri, Renai, dan 3 anaknya yang bernama Dalton, Foster, dan Cali.

Josh bekerja sebagai seorang guru dan tergolong tipe suami yang family man. Meski demikian, ia termasuk seseorang yang cukup skeptis terhadap hal-hal supranatural.

Saat Dalton mengalami koma dan Renai mengalami banyak kejadian aneh, Josh awalnya tidak langsung mempercayainya. Bahkan saat Renai memanggil pastur dan meminta bantuan dari seorang paranormal bernama Elise, Josh terang-terangan menunjukkan sikap skeptisnya.

Josh mulai melunak setelah menyadari bahwa Dalton tidak koma, tapi tersesat di alam lain setelah melakukan astral projection. Kemampuan Dalton rupanya menurun dari dirinya. Saat masih kecil, Josh bisa melakukan astral projection hingga dihantui oleh sosok Pengantin Hitam.

Saat itu Elise juga yang membantu menyegel kemampuannya sehingga Josh tidak bisa melakukan astral projection lagi. Tapi kini Josh harus kembali 'menjelajah' ke alam lain demi menyelamatkan Dalton.

Dengan bantuan Elise, Josh masuk ke alam lain yang disebut The Further untuk menemukan Dalton dan membawanya pulang ke dunia nyata. Meski misinya berhasil, namun Josh kembali dihantui Pengantin Hitam yang dulu pernah menerornya.

Karakter Josh diperankan oleh Patrick Wilson, aktor asal Amerika kelahiran 3 Juli 1973. Selain Insidious, Patrick Wilson juga dikenal lewat film horor lain, yaitu seri The Conjuring sebagai Ed Warren.

Beberapa filmnya yang lain adalah Little Children (2006), Watchmen (2009), The A-Team (2010), Prometheus (2012), The Commuter (2018), dan Aquaman (2018).

2. Rose Byrne (Renai Lambert)

2. Rose Byrne (Renai Lambert)

Renai adalah seorang ibu rumah tangga yang harus mengurus ketiga anaknya. Di sela-sela kesibukannya, Renai menyempatkan diri bermain piano dan menulis lagu.

Saat Dalton koma, Renai adalah tokoh yang paling banyak mendapat gangguan di rumahnya. Ia kadang melihat bayangan, penampakan anak kecil, atau suara mengerikan dari dalam kamar anaknya yang masih bayi.

Renai mengira bahwa rumahnya berhantu sehingga sempat memohon pada Josh untuk pindah rumah. Meski terlihat lemah dan sering ketakutan, Renai memiliki mental yang cukup kuat. Ia kerap menghadapi semuanya seorang diri saat Josh sering berada luar rumah untuk bekerja.

Aktris asal Australia, Rose Byrne, dipercaya memerankan karakter Renai Lambert. Lahir pada 24 Juli 1979, Rose Byrne debut lewat film Dallas Doll di tahun 1994.

Sampai saat ini, ia telah membintangi puluhan judul film, di antaranya adalah Troy (2004), 28 Weeks Later (2007), Knowing (2009), X-Men: First Class (2011), dan The Internship (2013).

3. Ty Simpkins (Dalton Lambert)

3. Ty Simpkins (Dalton Lambert)

Dalton adalah anak sulung di keluarga Lambert yang baru berusia 12 tahun. Seperti anak seusianya, Dalton suka bermain dan penuh rasa ingin tahu.

Karena itu saat ia baru pindah ke rumah baru dan menemukan pintu ruang loteng terbuka, ia masuk ke sana dan melihat-lihat isinya untuk mengobati rasa penasarannya.

Namun malam itu Dalton sempat terjatuh saat mencoba naik tangga dan sempat berteriak ketakutan. Keesokan harinya, Dalton sudah tak sadarkan diri dan dinyatakan koma secara medis, meskipun tidak ditemukan tanda-tanda kerusakan atau kelainan dalam tubuhnya.

Ternyata Dalton bukan sedang koma atau terkena penyakit. Dalton diam-diam sering melakukan astral projection saat tidur dan menjelajahi The Further.

Malam setelah ia terjatuh di loteng, ia kembali melakukannya dan masuk terlalu jauh ke The Further. Akibatnya, ia tersesat hingga ditawan oleh makhluk seram yang dijuluki The Red Face Demon.

Karakter Dalton diperankan oleh Ty Simpkins, aktor asal Amerika Serikat yang lahir pada 6 Agustus 2001. Berawal dari serial TV, Ty Simpkins merambah film layar lebar lewat peran kecil di War of the Worlds (2005).

Selain Insidious, ia juga membintangi film Little Children (2006), The Next Three Days (2009), Iron Man 3 (2013), Jurassic World (2015), dan menjadi cameo di Avengers: Endgame (2019).

4. Andrew Astor (Foster Lambert)

Andrew Astor (Foster Lambert)

Foster merupakan anak laki-laki berusia 10 tahun sekaligus anak kedua di keluarga Lambert. Karakter Foster memang tidak terlalu menonjol di film Insidious, namun ada momen ketika ia terlihat khawatir sekaligus ketakutan dengan kondisi Dalton yang tak sadarkan diri.

Foster yang kamarnya berseberangan dengan kamar Dalton sering merasa tidak nyaman ketika melihat ke arah pintu kamar kakaknya yang terbuka.

Foster juga sempat mengatakan pada ibunya bahwa ia sering melihat Dalton berjalan-jalan di malam hari. Padahal, saat itu Dalton sudah dinyatakan koma dan tidak mungkin berkeliaran di dalam rumah.

Tokoh Foster Lambert diperankan oleh aktor muda Andrew Astor. Sebelum bermain di Insidious, Andrew diketahui sudah terjun ke dunia akting sejak usia 5 tahun.

Ia tercatat sudah membintangi beberapa film, acara TV, hingga menjadi model iklan. Ia pernah bermain di The Hangover (2009), Opposite Day (2009), dan serial TV seperti ER (2008) dan How I Met Your Mother (2009).

5. Barbara Hershey (Lorraine Lambert)

Barbara Hershey (Lorraine Lambert)

Lorraine Lambert adalah ibu Josh dan mertua Renai. Saat anaknya dan Renai pindah rumah untuk yang kedua kali dengan alasan dihantui hal gaib, Lorraine sama sekali tidak menganggapnya sebagai sesuatu yang aneh.

Hal itu karena ia sudah pernah mengalami hal serupa ketika Josh masih kecil dan diteror hantu Pengantin Hitam. Saat Dalton tak sadarkan diri, Lorraine rupanya juga mengalami hal aneh. Ia mengaku pernah bermimpi masuk ke kamar Dalton di suatu malam.

Saat itu Lorraine merasa kalau ada sosok lain yang berdiri di pojokan kamar. Lorraine lalu bertanya tentang apa maunya, dan sosok itu menjawab 'Dalton'. Karena hal itu ia kemudian kembali menghubungi Elise untuk meminta bantuannya.

Lorraine Lambert diperankan oleh aktris asal Amerika, Barbara Hershey. Wanita kelahiran 5 Februari 1948 tersebut sudah malang melintang di dunia hiburan selama sekitar 50 tahun.

Beberapa filmnya antara lain Hannah and Her Sisters (1986), Paris Trout (1991), The Portrait of a Lady (1996), Black Swan (2010), dan The Manor (2021)

6. Lin Shaye (Elise Rainier)

Lin Shaye (Elise Rainier)

Elise merupakan seorang wanita ramah yang memiliki kemampuan indera keenam. Ia berteman dengan Lorraine Lambert dan pernah membantu Josh saat ia diteror oleh hantu Pengantin Hitam. Saat bekerja, Elise selalu ditemani oleh dua asistennya yang bernama Specs dan Tucker.

Elise kembali harus membantu keluarga Lambert setelah Dalton dinyatakan koma. Dari penglihatannya, Elise mengetahui bahwa jiwa Dalton tersesat di The Further dan ada sosok kejam yang mengincar tubuhnya. Ia lalu meyakinkan Josh untuk melakukan astral projection demi menyelamatkan Dalton.

Setelah Dalton berhasil dibawa pulang dan Josh juga ikut tersadar, Elise menyadari bahwa tubuh Josh telah dirasuki oleh makhluk lain.

Sebelum ia sempat memperingatkan Renai dan yang lainnya, ia tewas dibunuh oleh Josh yang sudah kerasukan. Aktris senior Lin Shaye dipercaya untuk memerankan karakter Elise.

Selama sekitar 40 tahun berkarier di dunia akting, aktris kelahiran 12 Oktober 1943 tersebut telah membintangi banyak film, sebut saja A Nightmare on Elm Street (1984), Dumb & Dumber (1994), There's Something About Mary (1998), A Cinderella Story (2004), Ouija (2014), dan The Grudge (2020).

7. Leigh Whannell (Specs)

Leigh Whannell (Specs)

Specs memiliki nama asli Steven Fisher dan merupakan salah satu asisten Elise Rainier. Sebelum bekerja pada Elise, Specs dan temannya, Tucker, dulunya mengelola situs bernama Spectral Sightings dan menjadi pengusir hantu bohongan.

Saat dihadapkan pada kasus supranatural sungguhan dan berbahaya, mereka akhirnya harus bekerja sama dengan Elise ( di film Insidious 3). Specs memiliki karakter serius dan tak suka apabila hasil kerjanya diejek atau dianggap remeh.

Meski terlihat serius, ia tetap memiliki sisi kekanak-kanakan, hal ini ditunjukkan ketika ia mengaku sebagai penggemar komik Star Fleet dan ia mengajak Tucker bermain gunting-batu-kertas untuk menentukan siapa yang harus menyelidiki suara-suara aneh.

Saat bekerja, ia biasanya akan membantu Elise untuk menerjemahkan sekaligus memvisualisasikan makhluk atau apapun yang dilihat oleh Elise.

Specs memegang kertas/buku serta alat tulis maupun pensil warna. Saat Elise melihat sesuatu, ia akan menjelaskannya kepada Specs, lalu Specs akan menulis/menggambarnya di atas kertas.

Tokoh ini diperankan oleh Leigh Whannell yang juga bertindak sebagai penulis naskah film Insidious. Leigh Whannell juga berkolaborasi dengan James Wan untuk menulis naskah film Saw (2004), Dead Silence (2007), hingga Insidious: Chapter 2 (2013).

Debutnya sebagai sutradara dimulai lewat film Insidious: Chapter 3 (2015) dan berlanjut ke film Upgrade (2018) dan The Invisible Man (2020)

8. Angus Sampson (Tucker Croft)

Angus Sampson (Tucker Croft)

Tucker adalah rekan Specs saat bekerja di dunia supranatural sekaligus asisten Elise Rainier. Dibanding Specs yang punya image serius, Tucker punya karakter lebih santai dan terlihat kocak. Saking santainya, ia sering bekerja sambil makan sehingga tampak kurang profesional.

Meski demikian, Tucker sebenarnya adalah pria yang cerdas dan tertarik dengan teknologi. Saat membentuk tim Spectral Shightings dengan Specs, ia bertanggung jawab mengurus semua hal yang berkaitan dengan teknologi.

Ketika bekerja pada Elise pun ia menunjukkan kemampuannya di bidang tersebut dan membuat alat-alat yang bisa membantu investigasi.

Karakter Tucker dimainkan oleh aktor asal Australia, Angus Sampson. Selain tampil di depan kamera, Angus juga dikenal sebagai sutradara, penulis, sekaligus produser film.

Ia tercatat pernah membintangi film The Mule (2014), Mad Max: Fury Road (2015), dan Winchester (2018). Ia juga beberapa kali terlibat serial TV populer seperti Fargo (2015) dan The Walking Dead (2019).

9. Joseph Bishara (The Red Face Demon)

Joseph Bishara (The Red Face Demon)

The Red Face Demon atau yang juga disebut dengan The Man with the Fire in His Face merupakan sosok antagonis dalam film Insidious. Sesuai dengan namanya, makhluk ini memiliki wajah berwarna merah. Tubuhnya tinggi, gelap, dan memiliki jari serta kuku-kuku yang panjang.

Dia adalah penguasa The Further dan merupakan iblis yang sangat kuat dan kejam. Di antara makhluk lain yang ingin masuk ke tubuh Dalton, The Red Face Demon adalah yang paling dekat dengan tubuh Dalton dan nyaris menguasai tubuhnya.

Elise mengatakan bahwa iblis seperti dia hanya ingin masuk ke tubuh manusia dengan tujuan jahat dan menciptakan kesengsaraan. Karakter iblis ini diperankan oleh Joseph Bishara yang juga bertanggung jawab terhadap scoring atau tata suara dalam film Insidious.

Joseph Bishara merupakan komposer sekaligus produser musik yang kerap terlibat dalam proyek film. Selain Insidious, ia juga bertindak sebagai penata suara dalam beberapa film horor seperti 11-11-11 (2011), Dark Skies (2013), dan The Conjuring (2013).

10. Philip Friedman (Bride in Black)

Philip Friedman (Bride in Black)_

Entitas lain yang juga menjadi ikon film Insidious adalah Bride in Black atau Pengantin Hitam. Makhluk ini awalnya meneror Josh saat ia masih kecil, hal ini karena ia mengetahui Josh bisa melakukan astral projection sehingga tubuhnya sering 'kosong'.

Di akhir film Insidious pertama, Bride in Black kembali muncul di hadapan Josh saat memasuki The Further dan akhirnya berhasil menguasai tubuhnya. Barulah di film kedua terungkap bahwa makhluk ini dulunya hidup sebagai pria bernama Parker Crane.

Sejak kecil, Parker Crane kerap mengalami tindak kekerasan dari sang ibu yang sangat membenci nama Parker. Parker Crane pun dibesarkan sebagai anak perempuan bernama Marilyn dan hal ini sangat mengganggu kejiwaannya.

Sampai akhirnya ketika ia sudah menua dan dirawat di rumah sakit, ia sempat bertemu Josh kecil sebelum akhirnya bunuh diri. Tokoh hantu Bride in Black atau yang juga disebut sebagai Old Woman ini diperankan oleh Philip Friedman.

Sebelum bermain di film Insidious, aktor ini tercatat sudah beberapa kali membintangi serial TV, film televisi, dan juga film pendek. Beberapa karyanya antara lain Shadow of the Blair Witch (2000), Secret Fridays (2008), dan serial Hawthorne (2009).

Nah, itu dia 10 pemain film Insidious beserta karakter yang mereka mainkan. Semuanya memberikan performa yang sangat baik sehingga Insidious bisa sukses di pasaran. Jika kamu sudah menonton filmnya,siapa menurutmu yang aktingnya paling meyakinkan?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram