bacaterus web banner retina

8 Pemeran Film Inception yang Siap Membawamu ke Alam Mimpi

Inception merupakan film karya sutradara Christoper Nolan yang dirilis pada tahun 2010. Film bergenre sci-fi ini berkisah tentang Dom Cobb yang punya pekerjaan unik, yaitu mencuri rahasia dari seseorang lewat alam mimpi untuk kepentingan tertentu. Namun kali ini, Dom mendapat misi baru dari seorang kliennya untuk menanamkan sebuah ide pada pewaris perusahaan besar.

Dengan ide cerita unik dan efek visual yang memanjakan mata, Inception berhasil jadi salah satu film paling mind blowing yang pernah ada. Tak hanya itu, film ini juga mendapat review dan rating cukup tinggi dari para penikmat film.

Untuk memahami jalan cerita Inception, kamu juga perlu memahami para karakter dan peran mereka di dalam film. Karena itu, kenalan dulu dengan pemain film Inception, yuk!

1. Leonardo DiCaprio (Dominic Cobb)

pemeran-inception-1_

Lahir pada 11 November 1974, Leonardo DiCaprio merupakan salah satu aktor Hollywood terkenal yang telah membintangi banyak film. Sejak kecil, Leonardo tertarik dengan dunia seni peran dan sudah menjadi model iklan saat berusia 14 tahun. Barulah pada tahun 1989, ia berkesempatan tampil di serial TV The New Lassie meskipun hanya 2 episode.

Selanjutnya, Leonardo DiCaprio mulai dikenal publik lewat aktingnya di beberapa film. Sebut saja film This Boy's Life (1992), What's Eating Gilbert Grape (1993), dan Romeo + Juliet (1996). Hingga pada akhirnya popularitasnya melejit lewat Titanic (1997) yang merupakan salah satu film terbaik sepanjang masa.

Sejak saat itu Leonardo DiCaprio menjadi aktor kelas atas dan terus membintangi sejumlah film yang terbilang sukses di pasaran. Tak hanya itu, aktor yang sudah menyabet banyak penghargaan ini juga melebarkan sayapnya sebagai seorang produser.

Inception adalah salah satu film Leonardo DiCaprio yang tak hanya sukses secara komersial, tapi juga menuai banyak pujian dari para kritikus film. Di film ini, Leonardo berperan sebagai Dominic "Dom" Cobb yang berprofesi sebagai extractor. Ia adalah seorang 'pencuri' yang dapat menggali informasi tertentu dari seseorang dengan cara memasuki mimpi mereka.

Dom memiliki kenangan pahit tentang istrinya, Mal, yang sudah meninggal. Ia bahkan meninggalkan anak-anaknya. Saat bekerja menyusup ke mimpi orang lain pun Dom terkadang masih dihantui oleh bayang-bayang Mal yang seolah selalu memburunya.

2. Joseph Gordon-Levitt (Arthur)

pemeran-inception-2_

Pemeran Arthur dalam film Inception ini adalah seorang aktor asal Amerika Serikat yang juga berprofesi sebagai produser, sutradara, sekaligus penyanyi. Aktor kelahiran 17 Februari 1981 ini mengawali kariernya di dunia hiburan lewat panggung teater. Saat menginjak usia 6 tahun, Joseph Gordon-Levitt mulai muncul di film-film televisi.

Film layar lebar pertamanya adalah A River Runs Through It (1992) yang kemudian disusul dengan film-film lainnya. Sepanjang kariernya di dunia seni peran, Joseph Gordon-Levitt telah membintangi puluhan film, termasuk 500 Days of Summer (2009), Premium Rush (2012), Looper (2012), Snowden (2016), dan masih banyak lagi.

Karakter Arthur dalam Inception merupakan rekan sekaligus tangan kanan Dom. Ia bertugas meneliti, mengatur detail misi, sekaligus memastikan bahwa semuanya berjalan dengan baik. Arthur termasuk karakter yang sangat terorganisir, stabil, relatif tenang, dan punya pengetahuan mendalam tentang segala aspek mengenai dunia mimpi.

3. Elliot Page (Ariadne)

pemeran-inception-3_

Elliot Page adalah aktor asal Kanada yang lahir pada 21 Februari 1987. Dulunya ia dikenal sebagai Ellen Page, namun pada tahun 2020 ia memutuskan menjadi transgender dan mengubah dirinya menjadi laki-laki dengan nama Elliot. Ia mengawali kariernya di dunia seni peran saat berusia 10 tahun lewat film televisi berjudul Pit Pony (1997).

Setelah membintangi beberapa film, namanya semakin melambung ketika menjadi pemeran utama dalam film Juno (2007). Berkat film itu pula Elliot Page mendapat banyak pujian dan diganjar sejumlah penghargaan film, termasuk mendapatkan nominasi Best Actress di ajang penghargaan Oscar.

Dalam film Inception, Elliot Page berperan sebagai Ariadne, seorang mahasiswi arsitektur yang direkrut oleh Dom untuk terlibat dalam misinya. Ariadne bertugas sebagai arsitek yang membuat desain 3 lapisan mimpi dalam misi menyusup ke mimpi Robert Fischer. Ariadne adalah gadis yang cerdas, bisa berpikir out of the box, dan memiliki rasa penasaran tinggi.

4. Tom Hardy (Eames)

pemeran-inception-4_

Pria bernama lengkap Edward Thomas Hardy ini merupakan aktor sekaligus produser asal Amerika Serikat. Lahir pada 15 September 1977, Tom Hardy mengawali kariernya di dunia hiburan dengan menjadi seorang model. Ia mulai melebarkan sayapnya di dunia akting dan debut lewat film Black Hawk Down (2001).

Sejak saat itu, Tom Hardy kerap membintangi sejumlah film seperti Star Trek: Nemesis (2002), Inception (2010), Tinker Tailor Soldier Spy (2011), The Dark Knight Rises (2012), dan Venom (2018). Dalam film Inception, Tom Hardy dipercaya memerankan tokoh Eames. Eames adalah rekan Dom Cobb yang karakternya sedikit usil dan pintar bicara.

Dalam misi memasuki dunia mimpi, Eames punya peran penting sebagai forger yang bertugas untuk menyamar atau memalsukan dirinya menjadi orang lain. Tak hanya secara fisik, ia juga dapat meniru perilaku atau kebiasaan orang yang ditirunya tersebut.

Saat terlibat misi inception dengan Dom, Eames bertugas untuk mempengaruhi Robert Fischer agar ia tak melanjutkan bisnis warisan ayahnya. Caranya, Eames harus menyamar sebagai Peter Browning yang tak lain adalah ayah baptis Robert.

5. Ken Watanabe (Mr. Saito)

pemeran-inception-5_

Ken Watanabe merupakan aktor Jepang kelahiran 21 Oktober 1959 yang namanya sudah malang melintang di perfilman Hollywood. Sebelum bermain film, ia mengenal dunia seni peran lewat panggung teater. Barulah di tahun 1984, Ken Watanabe memulai debut layar lebarnya melalui film MacArthur's Children.

Ken Watanabe mulai go international lewat film The Last Samurai (2003). Berkat film ini pula ia berhasil masuk nominasi Oscar kategori Best Supporting Actor. Film-film Hollywood yang pernah dibintangi Ken Watanabe antara lain Memoirs of a Geisha (2005), Batman Begins (2005), Letters from Iwo Jima (2006), Inception (2010), Godzilla (2014), dan Transformers: The Last Knight (2017).

Ken Watanabe berperan sebagai Saito di film Inception. Dia adalah pengusaha asal Jepang yang menyewa Dom Cobb untuk melenyapkan pesaing bisnisnya yang tak lain adalah bisnis keluarga Fischer. Dengan Inception, Saito berharap agar Dom Cobb dan timnya bisa mempengaruhi Robert lewat dunia mimpi untuk tidak meneruskan bisnis ayahnya.

6. Dileep Rao (Yusuf)

pemeran-inception-6_

Dileep Rao merupakan aktor berdarah India yang lahir pada 29 Juli 1973 di Los Angeles, California. Dileep Rao dikenal publik sebagai aktor setelah membintangi film horor Drag Me to Hell (2009) dan Avatar (2009). Setahun setelahnya, ia bermain di Inception dan memerankan karakter Yusuf.

Yusuf merupakan anggota tim yang direkrut setelah Eames memperkenalkannya pada Dom Cobb. Yusuf adalah ahli kimia di dalam tim. Ia bertanggung jawab membuat anggota tim lainnya tertidur dengan obat-obatan tertentu. Ia harus memastikan semuanya tertidur lelap dalam jangka waktu yang cukup lama agar Dom dan yang lainnya bisa menyelesaikan misi mereka di dalam mimpi.

7. Cillian Murphy (Robert Fischer)

pemeran-inception-7_

Cillian Murphy adalah aktor asal Irlandia yang lahir pada 25 Mei 1976. Sebelum menjadi aktor, ia merupakan gitaris, penyanyi utama, sekaligus pencipta lagu dari band rock The Sons of Mr. Green Genes. Saat band-nya hampir menanda tangani kontrak dengan sebuah label, Cillian Murphy justru meninggalkan karier musiknya demi menjajaki dunia seni peran.

Ia mengawali akting lewat panggung teater, film pendek, dan film-film independen, sampai  akhirnya ia membintangi film layar lebar pertamanya yang berjudul Disco Pigs (2001). Namanya kemudian melambung setelah bermain di film 28 Days Later di tahun 2002, dan sejak saat itu ia terus membintangi banyak judul film, termasuk Inception di tahun 2010.

Dalam film ini, Cillian Murphy berperan sebagai Robert Fischer, pewaris kerajaan bisnis ayahnya yang sekarat karena sakit. Hidup di bawah bayang-bayang kesuksesan sang ayah, Robert pun sering merasa terbebani dan takut tidak bisa memenuhi ekspektasi ayahnya. Rasa takut inilah yang dimanfaatkan Dom untuk mempengaruhinya agar tidak meneruskan bisnis keluarga Fischer.

8. Marion Cotillard (Mallorie Cobb)

pemeran-inception-9_

Marion Cotillard adalah adalah aktris, penyanyi, sekaligus penulis lagu yang lahir pada 30 September 1975 di Perancis. Seperti kebanyakan aktor dan aktris ternama lainnya, Marion mengawali kariernya lewat panggung teater yang berlanjut ke peran-peran kecil di berbagai serial TV. Debutnya di film layar lebar dimulai lewat film The Story of a Boy Who Wanted to Be Kissed di tahun 1994.

Namanya mulai dikenal publik lewat film Taxi (1998) yang sukses di pasaran. Setelah berkali-kali membintangi film Perancis, ia mulai menjajaki Hollywood hingga namanya semakin meroket naik. Di sepanjang kariernya, Marion Cotillard telah menerima banyak penghargaan, termasuk memenangkan piala Oscar sebagai Best Actress lewat film La Vie en Rose (2007).

Dalam film Inception, Marion memerankan sosok Mallorie Cobb atau Mal. Ia adalah istri Dom yang sudah meninggal akibat bunuh diri. Semasa hidup, ia pernah berbagi mimpi dengan Dom hingga akhirnya terobsesi dan menganggap mimpinya sebagai realita. Demi ‘mengembalikan’ Mal ke dunia nyata, Dom pun menanamkan ide ke benak istrinya bahwa realita sebenarnya hanyalah mimpi.

Ide ini justru jadi bumerang yang berbahaya. Mal yang ingin kembali ke ‘dunia nyata’, akhirnya memilih bunuh diri agar ia bisa bangun dan terbebas dari mimpinya. Parahnya lagi, ia memaksa Dom untuk ikut bunuh diri. Bila tidak, Dom akan terjebak dalam situasi di mana ia akan dituduh membunuh istrinya, dan semua itu sudah diatur oleh Mal.

Itu dia 8 pemain film Inception yang berhasil membius penonton dengan kemampuan aktingnya. Pemilihan aktor dan aktris dalam sebuah film memang sangat berpengaruh pada kesuksesan filmnya. Dari kedelapan pemain di atas, adakah aktor favoritmu?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram