10 Pemeran Fullmetal Alchemist: Final Transmutation (2022)

Ditulis oleh Mutiara Dwi C.K.

Akhirnya seri terakhir dari trilogi film Fullmetal Alchemist selesai ditayangkan. Sebenarnya film ini telah tayang sejak 24 Juni di Jepang, tapi bagi kita yang ada di Indonesia, film ini baru bisa dinikmati pada 24 September di channel Netflix.

Pada film kali ini, kembali menceritakan kisah Ed dan Al yang berjuang hingga pada perjuangan terakhir mereka. Ceritanya berakhir dengan cukup epik dan mengharukan. Dan semua itu tidak akan sukses jika tidak diperankan dengan baik oleh para pemainnya.

Pada film ini cukup banyak pemain yang muncul. Tapi, Bacaterus telah merangkum 10 pemain yang memiliki peranan penting dalam film ini.

1. Elric Edward (Ryosuke Yamada)

pemain film fullmetal alchemist 3_Elric Edward_

Edward Elric atau lebih sering dipanggil Ed, merupakan pemeran utama yang diperankan oleh Ryosuke Yamada. Pada film kali ini, kamu akan menyaksikan Ryosuke Yamada memerankan tiga karakter sekaligus.

Peran yang utama tentunya sebagai Ed, lalu ia sempat berperan sebagai Hohenheim muda dan yang terakhir berperan sebagai Ayah. Semua karakter diperankan dengan baik oleh Yamada, mulai dari gerak tubuh, ekspresi dan cara berbicara pun sangat berbeda.

Pada bagian klimaks, kita bisa melihat perubahan Ed yang jadi lebih tenang dan berpikir dua kali untuk melakukan tindakan. Di akhir, Ed bisa membuat keputusan bijak yang pada akhirnya bisa menyelamatkan Al dan dirinya sendiri.

2. Alphonse Elric (Atomu Mizushi)

pemain film fullmetal alchemist 3_Alphonse Elric_

Pemeran utama selanjutnya adalah Alphonse Elric yang disuarakan dan diperankan oleh Atomu Mizushi. Meski digambarkan dengan baju zirah sejak pertama kali karakter Al muncul, tapi emosi dan ekspresinya tampak ‘terlihat’. Semua itu berkat kelihaian Atomu Mizushi mengisi suara Al.

Pada beberapa menit terakhir saat tubuh Al akhirnya kembali, awalnya saya merasa agak aneh karena terbiasa melihat Al menggunakan baju Zirah. Namun, lagi-lagi Atomu Mizushi berhasil memerankan karkter Al dengan cukup baik. Dan sama seperti Ed, Al pun di film ini jadi jauh lebih dewasa dan bijak dari sebelumnya.

3. Roy Mustang (Fujioka Dean)

pemain film fullmetal alchemist 3_Roy Mustang_

Roy Mustang adalah pemeran utama ketiga pada film ini yang diperankan oleh Fujioka Dean. Meski Mustang memang biasa terlihat sebagai sosok yang cool, tapi di film kali ini kamu akan melihat ekspresi Mustang yang berbeda.

Mustang tampak lebih berambisi untuk menjadi pemimpin di negara Amestris demi menghentikan tindakan para penguasa saat ini. Ekspresi tenang Mustang seketika berubah ketika melawan Envy. Ia menunjukkan emosinya yang selama ini terpendam. 

Emosi marah, dendam dan frustasi karena kesalahan di masa lalu ini berhasil diperankan dengan baik oleh Dean Fujioka. Dia juga berhasil memerankan ketika Mustang menjadi buta karena penglihatannya diambil ketika ia menjadi salah satu manusia yang dikorbankan oleh Ayah.

4. Scar (Mackenyu)

pemain film fullmetal alchemist 3_Scar_

Scar merupakan pemain utama terakhir yang diperankan oleh Mackenyu. Jika pada film sebelumnya Scar tampil dengan sangat berambisi dan penuh dendam, pada film kali ini Scar tampil lebih calm.

Setelah menemukan kebenarannya, Scar pun bekerjasama dengan Ed dan yang lain untuk menghentikan pengorbanan manusia yang lebih banyak. Dia jadi jauh lebih tenang ketika menghadapi masalah.

Scar bisa bertarung dengan baik juga ketika melawan musuh-musuhnya. Adegan aksi Scar melawan King Bradley pun diperankan dengan baik oleh Mackenyu.

5. Van Hohenheim/Ayah (Seiyou Uchino)

pemain film fullmetal alchemist 3_Van Hohenheim Ayah_

Meski bukan pemeran utama, tapi Van Hohenheim menjadi pemeran kunci di film ini. Sama seperti Ryosuke Yamada, Seiyou Uchino yang berperan sebagai Hohenheim menujukkan kemampuan akting luar biasa. Apalagi ia juga memerankan dua karakter dalam film ini.

Saat berperan jadi sosok Ayah, Uchino bisa memperlihatkan ekspresi yang jauh berbeda dari Hohenheim. Dan ketika berperan sebagai Hohenheim sekaligus ayah kandung dari Ed dan Al pun, Uchino bisa memerankan dengan baik.

Pada film ini diperlihatkan perkembangan karakter Hohenheim yang cukup ambisius di awal, tapi kemudian sadar bahwa perbuatannya salah. Untuk menebus kesalahannya itu, akhirnya dia diam-diam mencoba untuk menghentikan Hari yang Ditunggu. 

Dan sosok seorang ayah yang sayang pada anaknya pun diperlihatkan pada akhir film ini. Kita bisa melihat ekspresi khawatir Hohenheim ketika melihat kedua anaknya terancam mati. Ia bahkan rela mengorbankan dirinya demi keselamatan anak-anaknya.

6. Ling Yao/Greed (Keisuke Watanabe)

pemain film fullmetal alchemist 3_Ling Yao Greed_

Pemain pendukung yang perlu diacungi jempol selanjutnya adalah Ling Yao yang diperankan oleh Watanabe Keisuke. Pada film ini, Keisuke Watanabe memerankan dua karakter sekaligus.

Karakter pertama adalah Ling Yao yang merupakan karakter aslinya. Kedua adalah Greed, karakter yang baru dimunculkan dalam film ini.

Kamu bisa melihat perbedaan gerak tubuh, suara dan ekspresi ketika Ling dan Greed muncul. Semua karakter itu diperankan dengan baik juga oleh Keisuke Watanabe.

Selain itu, dalam film ini pun perkembangan karakter Ling Yao tampak terlihat. Ia menjadi orang yang lebih bijak demi negara, teman-temannya dan orang yang percaya padanya.

7. Mei Chang (Long Meng Rou)

pemain film fullmetal alchemist 3_Mei Chang_

Kemudian adan Mei Chang yang diperankan oleh Long Meng Rou. Pada film ini, adegan Mei cukup banyak diperlihatkan dan memiliki peranan yang tak kalah penting dengan karakter lain.

Sebenarnya tidak ada perubahan sifat dari Mei, dia masih menjadi sosok yang baik hati dan sangat membantu. Tapi, peranan Mei di film ini adalah penemu simbol lingkaran transmutasi yang dibuat oleh kakaknya Scar.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram