bacaterus web banner retina

7 Pemeran Film Firestarter (2022), Bocah dengan Kekuatan Api

Firestarter adalah satu dari puluhan film adaptasi novel karya Stephen King sekaligus remake dari film Firestarter produksi tahun 1984.

Dua produser terkenal, Akiva Goldsman dan Jason Blum, mengawal produksi film secara keseluruhan. Tapi sayangnya, akibat banyak perubahan yang dilakukan oleh penulis naskah, film ini tidak bisa tampil lebih baik dari film aslinya.

Meski begitu, film yang didukung komposisi musik gubahan sineas spesialis horror John Carpenter ini memiliki potensi dari sisi akting dengan kehadiran talenta baru yang tampil cukup mengesankan. Lewat artikel ini, kita akan simak bersama berbagai karakter yang hadir di film ini beserta para pemerannya.

Baca juga: 7 Film Terbaik yang Diadaptasi dari Novel Stephen King

1. Andrew “Andy” McGee (Zac Efron)

Andrew “Andy” McGee (Zac Efron)

Andy adalah ayah dari Charlie yang selalu berusaha membuat putrinya itu tenang. Di masa mudanya, dia pernah disuntikkan serum Lot-6 yang membuatnya memiliki kekuatan telepati.

Bersama keluarganya, dia sering berpindah kota untuk menghilangkan jejak dari kejaran para agen DSI yang pernah berusaha menculik Charlie waktu masih bayi.

Kekuatan telepati itu digunakannya untuk mencari nafkah, salah satunya dengan memasukkan pikiran positif kepada pecandu rokok agar mau berhenti merokok.

Dalam satu adegan diperlihatkan cara dia melakukannya, yaitu melalui tatapan mata dan menyampaikan beberapa kalimat positif.

Kekuatan ini selalu digunakan sebagai senjata, salah satunya untuk mempengaruhi Irv agar mau mengangkut dia dan Charlie.

Tapi dia tidak berdaya ketika berhadapan dengan Rainbird yang juga memiliki kekuatan super. Ternyata, setiap kali dia menggunakan kekuatannya, jaringan di tubuhnya rusak dan mengeluarkan darah dari matanya.

Mulai populer sejak remaja lewat franchise High School Musical, Zac Efron berusaha keras untuk keluar dari citra tersebut dengan berperan dalam film-film drama dengan karakter psikologis yang mendalam.

Sayangnya, di film ini penampilannya tidak didukung oleh naskah yang tipis sehingga tidak bisa membangun ikatan psikologis yang lebih erat dengan Charlie.

2. Charlene “Charlie” McGee (Ryan Kiera Armstrong)

Charlene “Charlie” McGee (Ryan Kiera Armstrong)

Sejak bayi, Charlie sudah memiliki kekuatan pyrokinesis. Dia mewarisi kekuatan kedua orang tuanya dan menjadi manusia pertama yang memiliki kekuatan super secara biologis.

Kekuatan pyrokinesis yang disulutnya terjadi apabila dia berada dalam situasi yang membuatnya cemas. Seperti ketika dia ditinggal di kamar sendirian waktu masih bayi, kamar tidurnya terbakar beserta seluruh mainannya.

Charlie belum bisa mengendalikan kekuatannya. Sebenarnya, ibunya ingin mengajarkan Charlie cara untuk mengendalikan kekuatan itu, tapi ayahnya lebih memilih untuk meredamnya. Mereka selalu berpindah dan berganti identitas setelah setiap kali kekuatan Charlie menyebabkan kebakaran.

Jika dalam versi novel, Charlie memiliki ikatan emosi yang kuat dengan ayahnya karena sudah ditinggal mati ibunya yang tewas dalam penyerangan para agen DSI.

Tapi di film ini, ikatan emosi itu tidak begitu tebal, meski sudah menampilkan beberapa adegan antara mereka berdua.

Terlebih durasi pelarian mereka yang sangat singkat membuat ikatan ini semakin tipis. Berbeda dengan di novel, pelarian mereka berlangsung berbulan-bulan. Dan setelah Andy ditangkap, masih berbulan-bulan lagi bagi Charlie untuk menemukan ayahnya.

Performa akting Ryan Kiera Armstrong cukup baik. Dia mampu mengekspresikan perasaan cemas Charlie dan kemarahan yang membuatnya mengeluarkan api.

Meski masih bisa digali lagi potensinya, setidaknya dia tampil lebih baik dari Drew Barrymore di film versi tahun 1984.

3. Victoria “Vicky” Tomlinson-McGee (Sydney Lemmon)

Victoria “Vicky” Tomlinson-McGee (Sydney Lemmon)

Sama seperti Andy, Vicky mendapatkan kekuatan super karena serum Lot-6 yang disuntikkan ke tubuhnya waktu dia masih duduk di bangku kuliah.

Dengan kekuatan telekinesis, dia mampu memindahkan benda-benda dengan pikirannya. Vicky baru mengeluarkan kekuatannya ketika Rainbird menyerang rumahnya. Sayang, dia harus tewas di tangan Rainbird.

Sydney Lemmon adalah aktris pendatang baru yang cukup sukses lewat serial Helstrom. Firestarter menjadi film pertamanya dimana dia mendapat peran yang cukup besar, meski hanya tampil singkat di awal film saja.

4. Dr. Joseph Wanless (Kurtwood Smith)

Dr. Joseph Wanless (Kurtwood Smith)

Dr. Wanless adalah sosok yang bertanggung jawab atas kekuatan super Andy dan keluarganya. Dia pernah melakukan eksperimen kepada beberapa mahasiswa dengan menyuntikkan serum Lot-6 yang berakhir menjadi petaka.

Dia kemudian hidup di sebuah panti dan sempat diajak untuk aktif kembali oleh Kapten Hollister, tapi dia menolak dan hanya memberikan saran untuk memusnahkan mereka semua.

Aktor senior yang terkenal berkat perannya sebagai sosok antagonis di film RoboCop (1987) ini memang sudah tidak begitu aktif lagi bermain film. Tapi penampilannya tidak mengecewakan, meski hanya mendapat durasi yang minim.

5. Irv Manders (John Beasley)

Irv Manders (John Beasley)

Irv adalah seorang pria tua yang mengangkut Andy dan Charlie di jalanan. Awalnya dia menolak untuk membawa mereka ke Boston, tapi setelah dihipnotis oleh Andy dan uang $100, dia bersedia.

Meski mereka tidak pernah sampai ke Boston. Irv mengajak mereka ke rumahnya untuk makan malam. Dia sempat marah ketika Charlie melihat istrinya yang terbaring sakit di kamar.

Tapi setelah Charlie menyampaikan apa yang ada di pikiran istrinya, Irv terdiam dan mengizinkan mereka menginap di rumahnya.

Irv memendam rasa bersalah selama bertahun-tahun atas kecelakaan yang membuat istrinya terbaring lumpuh dan anak mereka tewas. Namun setelah Charlie menyampaikan pikiran istrinya, dia merasa lega dan memaafkan dirinya.

John Beasley yang baru terjun ke dunia film di usia 44 tahun setelah lama bekerja sebagai petugas rel kereta ini tampil cukup apik dan bisa membawakan karakter yang tenggelam dalam perasaan bersalahnya.

6. John Rainbird (Michael Greyeyes)

Irv Manders (John Beasley)

John Rainbird adalah seorang pemburu bayaran yang dahulu pernah bekerja sebagai agen DSI. Lama menghilang, dia bekerja sebagai petugas kebersihan di sebuah restoran.

Ketika Kapten Hollister mengajaknya kembali untuk memburu Andy dan keluarganya, dia menyanggupinya meski ada sedikit perasaan enggan dalam hatinya.

Rainbird juga memiliki kekuatan super yang membuatnya mampu mengatasi dengan mudah perlawanan Vicky dan Andy. Tapi saat Charlie melarikan diri darinya, dia tidak mau mengejar dan memilih ditangkap.

Ada perasaan bersalah dalam hatinya karena sudah membunuh Vicky. Rainbird adalah orang yang memanggil Charlie untuk datang ke fasilitas DSI dengan menggunakan kekuatan telepati yang dimilikinya.

Di dalam novelnya, Rainbird adalah sosok yang mengajarkan Charlie untuk mengendalikan kekuatannya ketika Andy sudah ditangkap oleh DSI.

Ketika Charlie menyerang fasilitas DSI, Rainbird membuka kedoknya dan berusaha membunuh Andy meski gagal. Dia akhirnya tewas di tangan Charlie.

Tapi di film ini, dengan jalan cerita yang berbeda, karakter Rainbird tidak terlihat muslihatnya. Dia lebih diliputi rasa bersalah dan memilih menyerah kepada Charlie. Namun Charlie memaafkannya dan Rainbird menjadi pengasuh setelah kematian kedua orang tua Charlie.

Dengan penampilan yang dingin, aktor Kanada keturunan Indian ini tidak begitu menakutkan. Dia cenderung lebih banyak diam dan bertarung dengan pikirannya sendiri.

Dengan karakterisasi yang kurang kuat, talenta akting Greyeyes yang tampil apik di film Togo (2019) ini tidak tergali dengan baik.

7. Captain Jane Hollister (Gloria Reuben)

Captain Jane Hollister (Gloria Reuben)

Pimpinan Department of Scientific Intelligence (DSI) ini sangat berambisi untuk menangkap Charlie. Dia akan menggunakannya sebagai bahan eksperimen untuk tujuan yang lebih besar lagi, yaitu membuat pasukan dengan kekuatan super.

Kapten Hollister adalah sosok yang intimidatif. Dia hampir saja mengalahkan pikiran Charlie ketika hendak membebaskan ayahnya.

Dia juga memiliki kekuatan telepati, tapi tidak bisa mempengaruhi Charlie. Dia tewas terpanggang dalam api yang disulut oleh Charlie.

Berbeda dengan novel dan film versi 1984, Kapten Hollister di film ini diubah gendernya menjadi wanita. Dan bintang layar kaca Gloria Reuben cukup berhasil membawakannya, hanya saja perannya terlihat minim.

Itulah 7 aktor dan aktris yang bermain di film Firestarter. Meski sebagian besar akting mereka tidak begitu mengecewakan, tapi karakter mereka tidak berkembang karena naskah yang buruk dan perbedaan jalan cerita dari sumber aslinya.

Tapi sebagai fans sejati Stephen King, kita harus menonton film ini. Setidaknya untuk membedakan dengan film versi 1984. Selamat menonton!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram