Bacaterus / Review Film Barat / Inilah Deretan Pemeran Film Bram Stoker’s Dracula (1992)

Inilah Deretan Pemeran Film Bram Stoker’s Dracula (1992)

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bram Stoker’s Dracula [1992] telah menjadi film horror klasik yang menceritakan kisah Count Dracula dalam merebut hati wanita yang mirip dengan mendiang istrinya. Diangkat dari novel berjudul sama, sutradara Francis Ford Coppola berhasil menyuguhkan visualisasi yang penuh nuansa gothic dan tetap setia dengan sumber aslinya, meski ada beberapa penyesuaian dalam naskahnya.

Film ini didukung oleh para aktor dan aktris yang populer pada masanya, sehingga film ini berhasil mencuri perhatian penonton dan menjadi film box-office di era 1990an. Agar kita lebih mengenal para pemerannya dan karakter yang dibawakannya, kami suguhkan profil singkat mereka. Mari kita telusuri bersama!

1. Gary Oldman (Count Dracula)

Gary Oldman (Count Dracula)

Gary Oldman adalah seorang aktor Inggris yang digembleng dalam kawah teater sejak muda. Maka, mudah baginya untuk membawakan karakter Count Dracula yang banyak mengucapkan kata-kata puitis. Gaya teaternya masih sangat membekas dalam film dan bisa dilihat dari mimik wajahnya, intonasi suaranya, hingga gestur badannya.

Meski sudah banyak berperan dalam beberapa film produksi Inggris, Bram Stoker’s Dracula menjadi film Hollywood berbujet besar pertamanya. Oldman langsung setuju untuk berperan dalam film ini karena ingin sekali bekerja sama dengan Francis Ford Coppola yang menurutnya adalah seorang sutradara besar. Baginya, ini adalah lompatan karir yang bagus baginya untuk masuk di kancah perfilman Hollywood.

Alasan lainnya ialah Oldman ingin sekali mengucapkan kalimat, “I’ve crossed oceans of time to find you”. Kalimat ini sungguhlah romantis. Jadi wajar saja Oldman ingin menjadi Count Dracula demi bisa mengucapkan kalimat puitis ini. Saat syuting pun, Oldman banyak membantu aktor lainnya, meski dia masih relatif muda saat itu, tapi dia banyak memberi masukan dalam teknik berakting.

Dan yang kita tahu, setelah kesuksesan Bram Stoker’s Dracula, karir film Oldman sangat beragam dengan berbagai kesuksesan. Antara lain kita melihat dia sebagai Jim Gordon dalam Batman Trilogy [2005-2012] garapan Christopher Nolan, Geroge Smiley dalam Tinker Tailor Soldier Spy [2011] dan Winston Churcill dalam Darkest Hour [2017] yang memberikan banyak penghargaan baginya.

2. Winona Ryder (Mina Murray/Elisabeta)

Winona Ryder (Mina Murray Elisabeta)

Aktris cantik primadona perfilman Hollywood di era 1990an ini bukan hanya berakting dalam film ini, tetapi dialah yang sebenarnya memberikan ide bagi Francis Ford Coppola untuk menggarapnya setelah memberikan naskah film dalam pertemuan singkat setelah dirinya mengundurkan diri dari proyek The Godfather III [1990]. Sinergi aktingnya bersama Gary Oldman banyak menuai pujian.

Meski banyak pujian menghampirinya, tetapi banyak juga yang mengkritik aktingnya dalam film ini, terutama karena aksen British yang tidak bisa dibawakan dengan baik olehnya, karena dia berasal dari Amerika. Tetapi secara akting, Coppola sendiri puas dengan apa yang ditampilkan oleh Ryder. Menurutnya, karakter Mina adalah wanita independent yang terkungkung oleh kekunoan zaman.

Dianggap sebagai wonderkid perfilman Hollywood di era 1980an, aktingnya semakin matang di era 1990an dan menurun ketika memasuki era millennium. Beberapa film suksesnya ialah Heathers [1989] sebagai Veronica Sawyer, Edward Scissorhands [1990] sebagai Kim beradu akting bersama Johnny Depp, Little Women [1994] sebagai Jo March, dan Girl, Interrupted [1999] sebagai Susanna.

3. Anthony Hopkins (Dr. Abraham van Helsing)

Anthony Hopkins (Dr. Abraham van Helsing)

Aktor Inggris yang sudah mendapat gelar “Sir” ini adalah aktor watak kawakan. Dr. Abraham van Helsing sendiri adalah karakter yang sudah lebih dulu terkenal sebelum diperankan olehnya. Beberapa aktor yang pernah memerankannya antara lain Edward van Sloan dalam Dracula [1931], Peter Cushing dalam Dracula [1958], dan Laurence Olivier dalam Dracula [1979].

Awalnya, Liam Neeson sangat ingin memerankan karakter ini, tetapi setelah Anthony Hopkins yang baru saja sukses dengan The Silence of the Lambs [1991] menyatakan diri siap untuk berperan sebagai Dr. Van Helsing, maka dialah yang menjadi pilihan utama bagi Coppola. Setelahnya, karakter ini kembali diperankan oleh Christopher Plummer dalam Dracula 2000 [2000] dan Hugh Jackman dalam Van Helsing [2004].

Dalam Bram Stoker’s Dracula, Hopkins membawakan karakter ini dengan lebih eksentrik, bahkan tampak sedikit gila. Sepertinya, sisa karakter Hannibal Lecter masih belum hilang darinya saat itu. Ada sebuah kalimat yang diucapkannya ketika angin bertiup menandakan kehadiran Count Dracula yang ternyata kalimat itu pernah diucapkannya dalam film TV Othello [1981].

Dalam karir perfilmannya, Anthony Hopkins sudah banyak menuai kesuksesan, dan juga kegagalan dalam beberapa film utamanya. Selain The Silence of the Lambs, dia juga melanjutkan perannya sebagai Hannibal Lecter dalam Hannibal [2001] dan Red Dragon [2002]. Lalu dia juga pernah berperan sebagai Burt Munro dalam The World’s Fastest Indian [2005] dan Alfred Hitchcock dalam Hitchcock [2012].

4. Keanu Reeves (Jonathan Harker)

Keanu Reeves (Jonathan Harker)

Aktor tampan ini mendapat peran Jonathan Harker setelah produser menolak Christian Slater. Coppola membutuhkan aktor muda yang menjadi idola bagi para wanita saat itu, dan pilihan itu pun jatuh pada Reeves yang baru saja sukses lewat film Point Break [1991]. Banyak kritikan yang tertuju kepadanya, terutama karena buruknya aksen British yang diucapkannya.

Di tahun-tahun setelahnya, kritikan atas perannya dalam Bram Stoker’s Dracula ini masih terus saja berdatangan, bahkan ada yang menganggapnya sebagai perusak film terbaik. Hingga pada akhirnya, Reeves mengakui jika dia menyesal tidak bisa memberikan yang lebih baik lagi pada saat itu, alasannya yang paling utama adalah dia masih muda dan masih hijau dalam dunia akting.

Ada sebuah cerita unik yang terjadi antara dirinya dengan Winona Ryder dalam proses produksi film ini. Keduanya merasa mereka telah menikah sungguhan, karena keduanya mengucapkan sumpah pernikahan di depan pendeta asli yang direkrut ketika mereka melakukan syuting ulang untuk adegan pernikahan yang dianggap Coppola masih kurang baik pada syuting pertamanya.

Hal ini pun diakui oleh Coppola yang pernah melihat Ryder selalu menuliskan “Hello, husband” setiap memulai chat dengan Reeves. Kita lebih mengenal Reeves sebagai bintang action setelahnya lewat Speed [1994], The Matrix Trilogy [1999-2003] dan John Wick Film Series [2014-2019].

Selain mereka, ada tiga aktor lainnya yaitu Richard E. Grant sebagai Dr. Jack Seward. Aktor ini tidak begitu populer tetapi dia sudah banyak membintangi film-film sukses, antara lain Hudson Hawk [1991] dan Gosford Park [2001]. Lalu ada Cary Elwes sebagai Lord Arthur Holmwood yang terkenal sebagai Robin Hood dalam film comedy Robin Hood: Men in Tights [1993].

Kemudian ada Billy Campbell sebagai Quincey P. Morris yang menikamkan tombak ke jantung Count Dracula. Aktor ini lebih banyak berkecimpung di layar kaca lewat berbagai macam serial TV. The Rocketeer [1991] dan Enough [2002] adalah beberapa film yang pernah dibintanginya. Ketiga aktor ini dijadikan teman dekat oleh Coppola selama proses syuting.

Itulah para pemeran dalam Bram Stoker’s Dracula. Tentunya karir masing-masingnya setelah memerankan karakter mereka dalam film ini tidaklah sama. Ada yang kemudian menjadi bintang terkenal, ada juga yang tidak. Tetapi setidaknya mereka ini masih aktif berakting, baik di layar lebar dan juga layar kaca dalam porsinya masing-masing.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *