bacaterus web banner retina

Inilah 7 Pemeran Penting di Drama Korea Empress Ki

Written by Siti Hasanah - Updated on 6 Desember 2021

Tahun 2013 adalah salah satu tahun yang diwarnai dengan drama-drama Korea dengan kualitas jempolan, Empress Ki adalah salah satunya. Drama yang dibintangi Ha Jiwon dan Ji Chang Wook ini mendapat ulasan positif dari segi visual, makeup dan plot. Berlatar sejarah Goryeo, Empress Ki hadir dengan menyajikan kisah Ki Seung Yang (Ha Jiwon) yang menjadi permaisuri Ta Hwan (Ji Chang Wook).

Ki Seung Yang adalah perempuan kelahiran Goryeo yang menjadi permaisuri pada masa Dinasti Yuan. Kisah cinta segitiga antara Ki Seung Yang, Ta Hwan dan Wang Yoo (Joo Jin Mo) menjadi fokus dalam cerita Empress Ki.

Sayangnya, kisah mereka berakhir dengan tragis. Nah, ingin tahu siapa saja pemeran yang membuat penonton ikut menitikkan air mata? Simak informasinya di bawah ini yuk!

Baca juga: Sinopsis & Review Empress Ki, Drama Wanita Kuat dan Berani

1. Empress Ki - Ha Jiwon

Empress Ki - Ha Jiwon

Menonton Empress Ki, perhatianmu akan terfokus pada sosok wanita tangguh yang digambarkan oleh Ki Seung Yang atau yang nantinya dikenal sebagai Empress Ki. Seung Yang mempunyai jalan hidup yang berat sejak kecil.

Terlahir sebagai rakyat jelata, Seung Yang harus menghadapi kenyataan dirinya dan sang ibu ditangkap oleh tentara Yuan dan dikirim ke negeri tetangga Goryeo itu untuk dijadikan upeti atau budak seks

Meski berhasil kabur atas bantuan Putra Mahkota Wang Yoo (Joo Jin Mo), Seung Yang akhirnya kehilangan ibunya yang meninggal saat melarikan diri dari kejaran tentara Yuan. Setelah itu, ia bertekad untuk melepaskan wanita Goryeo yang dikirim ke Yuan untuk dijadikan upeti.

Masa lalu yang berat membentuk karakternya yang mandiri dan kuat. Ia belajar ilmu bela diri, memanah dan keterampilan pedang untuk melindungi diri. Ia juga mengubah penampilannya menyerupai laki-laki agar lolos dari tentara Yuan.

Kecerdasannya juga membawanya pada posisi yang tinggi, yakni menjadi permaisuri yang berasal dari luar Yuan. Meskipun harus mengorbankan perasaannya pada pangeran Wang Yoo, Seung Yang rela asal wanita Goryeo mendapatkan kebebasannya.

2. Kaisar Huizong - Ji Chang Wook

Kaisar Huizong - Ji Chang Wook

Dalam Empress Ki, Ji Chang Wook tidak kebagian peran sosok kharismatik atau pria misterius yang mempesona kaum hawa seperti di dalam drama Healer dan K2. Di drama ini, Ji Chang Wook berperan sebagai Ta Hwan, kelak ia naik tahta dan bergelar Kaisar Huizong.

Ta Hwang adalah raja boneka yang jauh dari kesan tangguh. Ia penakut, manja dan tidak terhubung dengan kenyataan di sekitarnya. Ia bahkan buta huruf. Inilah yang membuat Wang Yoo dan Seung Yang kesulitan menjaganya saat ia diasingkan ke Goryeo.

Sejak kecil Ta Hwan tidak diperbolehkan belajar membaca dan menulis oleh perdana menteri Yeon Chul/El Temur (Jeon kook Hwan), orang yang mengendalikan kaisar. Ia juga tidak diizinkan belajar bela diri agar tidak ada generasi yang bisa menghancurkan dinasti Yuan.

Sejak pertemuannya dengan Seung Yang dan Wang Yoo, Ta Hwan diam-diam belajar huruf dan menulis dengan Seung Yang sebagai gurunya. Kedekatan itulah yang membuat Ta Hwan jatuh cinta pada Seung Yang.

Seung Yang perlahan membantu Ta Hwan menemukan dirinya dan belajar menggunakan kekuatan yang ia miliki untuk menjadi pemimpin Yuan. Meskipun proses belajar Ta Hwan terbilang lambat dan penuh cobaan, namun ia berhasil membuktikan diri sebagai penguasa yang layak memimpin.

Apalagi didorong oleh perasaannya terhadap Seung Yang yang besar, Ta Hwan seolah mendapat kekuatan lebih untuk belajar.

3. Wang Yoo - Joo Jin Mo

Wang Yoo - Joo Jin Mo

Karakter Joo Jin Mo di drama ini adalah salah satu sosok keluarga kerajaan yang layak menjadi penerus tahta. Dalam drama ini Jin Mo berperan sebagai Wang Yoo, Putra mahkota dari Goryeo. Sejak kecil Wang Yoo dikenal cerdas dan sangat memperhatikan rakyatnya.

Ketika melihat wanita Goryeo -yang salah satunya adalah Seung Yang- ditangkap dan dipukuli oleh tentang Yuan, ia tidak tahan dan membantu mereka melarikan diri.

Wang Yoo tumbuh menjadi pangeran yang berwibawa. Kemampuan bela dirinya pun baik dan ia mempunyai wawasan luas tentang ilmu politik. Selang beberapa waktu, ia naik tahta dan jadi raja Goryeo.

Wang Yoo dan Seung Yang adalah pasangan yang serasi di medan perang. Sebelum ia mengetahui bahwa Seung Yang adalah perempuan, pria itu menyukai kemampuan bela diri Seung Yang. Oleh karenanya, Seung Yang lulus pada seleksi prajurit dan dipilih oleh Wang Yoo untuk mengabdi padanya.

Secara tidak langsung Wang Yoo dan Seung Yang sudah lama bersama. Bahkan sebelum identitas asli Seung Yang terungkap, pangeran tersebut selalu bersama Seung Yang dan sampai akhirnya ia menyadari bahwa ia menyukai Seung Yang.

4. Baek Ahn – Kim Young Ho

4. Baek Ahn – Kim Young Ho

Empress Ki adalah sebuah drama yang dibalut oleh pertarungan politik yang sengit. Intrik dan siasat licik bertebaran di setiap sudut wilayah Goryeo dan Yuan. Para pejabat saling sikut demi mempertahankan posisinya.

Ada yang bersikap setia pada satu pihak, ada pula yang bersikap labil, Baek Ahn contohnya. Karakter yang diperankan oleh Kim Young Ho ini awalnya memihak El Temur, namun ia juga sempat berdiri di pihak Seung Yang dan Ta Hwan saat perebutan tahta dengan El Temur.

Namun, ketika Seung Yang naik tahta dan hampir menjadi permaisuri, Baek Ahn balik memusuhinya dan memihak keponakannya permaisuri Bayan Khutugh (Lim Ju Eun) untuk menjadi permaisuri Yuan alih-alih Seung Yang.

Akhir kehidupan Baek Ahn juga tidak kalah tragis. Ia mati di tangan Tal Tal (Kim Ji Han) saat terjadi kudeta di Yuan. Meskipun harus mati, Baek Ahn merasa lega sebab yang mengalahkannya adalah panglima perang besar, bukan prajurit biasa. Setidaknya ia merasa terhormat. 

5. Tal Tal – Kim Ji Han

 Tal Tal – Kim Ji Han

Aktor ternama Kim Ji Han juga tidak kalah menarik di drama ini. Perannya sebagai panglima perang dan penasehat militer sangat cocok dibawakan olehnya.

Kim Ji Han berperan sebagai Tal Tal, jenderal besar yang disegani di Yuan dan Goryeo sekaligus orang yang mengajari Seung Yang ilmu bela diri. Ketika Seung Yang diambil menjadi selir Ta Hwan, Tal Tal membantu Seung Yang mempersiapkan diri.

Karakter Tal Tal adalah contoh karakter yang sangat dibutuhkan oleh kerajaan mana pun untuk mempertahankan kekuasaannya. Ia adalah prajurit yang cerdas dan bijaksana. Semasa mengajari Seung Yang bela diri, Tal Tal bertransformasi menjadi guru yang sangat baik.

Ia membimbing Seung Yang bukan hanya dalam hal kemampuan bertarung, melainkan mengajarinya meningkatkan kekuatan pikiran, belajar mengenali ekspresi manusia dan belajar peduli terhadap orang lain.

6. Danashri – Baek Jin Hee

6. Danashri – Baek Jin Hee

Baek Jin Hee memerankan peran sebagai permaisuri Danashri. Ia adalah putri perdana Menteri Yeon Chul/El Temur yang nantinya menjadi istri pertama Ta Hwan. Namun, setelah kejahatannya terungkap, ia diturunkan dari tahta dan dieksekusi di hadapan rakyat Yuan.

Danashri adalah karakter antagonis. Ia tidak mau mengakui kesalahannya dirinya dan malah mencari orang lain untuk dijadikan kambing hitam. Anak dari tokoh penguasa di Yuan ini juga terkenal ambisius. Ia tak segan menyingkirkan saingannya agar apapun keinginannya tercapai.

Meskipun diliputi pikiran jahat, Danashri mempunyai keinginan menjadi seorang ibu. Tak heran jika ia sangat menyayangi Maha, anak Seung Yang dan Ta Hwan, meskipun ia harus kehilangan nyawanya sendiri.

7. Yeon Bi Soo - Yoo In Young

Yeon Bi Soo - Yoo In Young

Kamu pasti pernah mendengar bahwa orang jatuh cinta pasti akan melakukan segalanya agar bisa melindungi orang yang dicintai. Nah, itulah yang dilakukan oleh Yeon Bi Soo/Batoru. Bi Soo adalah seorang perempuan yang diam-diam mencintai Pangeran Wang Yoo.

Hal itu diawali saat Pangeran Wang Yoo menyelamatkan nyawanya yang hampir melayang. Sejak saat itu, Bi Soo jatuh hati. Namun, tentu saja ia tidak berani terang-terangan membuka perasaannya terhadap orang penting di Kerajaan Goryeo ini.

Namun, pada titik tertentu, Bi Soo pernah bertekad untuk mengungkapkan perasaannya secara tersirat. Sayangnya, sebelum itu terjadi, ia meninggal terkena panah yang menyasar Pangeran Wang Yoo.

Nah, itulah tujuh pemeran yang mempunyai peran sentral dalam drama kolosal Empress Ki. Drama sepanjang 51 episode ini mempunyai pemeran pendukung dengan karakter yang menyenangkan dan menghibur.

Kepolosan Ta Hwa saja selalu berhasil menyajikan nuansa yang lebih santai di tengah-tengah pergumulan memperebutkan tahta.

Kehadiran pemeran lainnya menjadi pelengkap yang membuat drama ini menarik. Empress Ki menambah daftar panjang drama Saeguk dengan kualitas terbaik yang menarik untuk diikuti.

Selain The Moon That Embraces The Sun, The Great Queen Seondeok, Dong Yi dan lain-lain, Empress Ki, layak masuk ke dalam jajaran drama Saeguk terbaik Korea.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram