bacaterus web banner retina

Inilah 8 Pemeran Penting dalam Film Doomsday Book (2012)

Doomsday Book merupakan sebuah antologi film yang berisi tiga cerita. Keseluruhan cerita di film ini mengangkat tema bagaimana manusia menyebabkan kehancuran bagi mereka sendiri.

Tiga cerita itu disutradarai oleh sutradara yang berbeda. Segmen cerita Heavenly creatures disutradarai oleh Kim Ji Woon, sedangkan dua segmen lainnya, Brave New World dan Happy Birthday digarap oleh Im Pil sung.

Tadinya, Doomsday Book akan dibagi menjadi tiga film. Namun keterbatasan dana membuat Im Pil Sung menunda penggarapan filmnya.

Lalu, seorang investor mengucurkan dana untuk pembuatan film itu sehingga akhirnya sutradara Yim Pil Sung mengajak Kim Jee Woon untuk berkolaborasi. Nah, untuk pencinta film fiksi ilmiah, yuk simak daftar pemeran dari film antologi Doomsday Book berikut ini!

Baca juga: 10 Fakta Film Train to Busan, Titik Balik Film Zombie di Korea

1. Yoon Seok Woo (Ryoo Seung Bum)

Yoon Seok Woo (Ryoo Seung Bum)

Ryoo Seung Bum tampil dalam segmen Brave New World. Ini adalah segmen pembuka dari antologi film ini. Aktor kawakan Korea ini membawakan peran Yoon Seok Woo. Seok Woo adalah seorang peneliti di sebuah laboratorium.

Suatu ketika, ayah dan ibunya berencana untuk berlibur dalam rangka memperingati hari jadi pernikahan. Hanya sang adiklah yang diajak, sedangkan Seok Woo diberi tugas untuk menjaga rumah.

Sebelum pergi kedua orang tuanya memberikan daftar tugas-tugas domestik yang harus dikerjakan Seok Woo selama keluarga yang lain liburan.

Satu di antara tugas-tugas itu adalah membuang sampah. Saat memilah sampah, Seok Woo menemukan apel yang sudah membusuk. Apel tersebut adalah sumber malapetaka bagi Korea.

Apel busuk tersebut masuk ke dalam rantai makanan sebagai pakan sapi. Sapi yang memakan pakan dari daur ulang apel busuk tadi mengandung virus berbahaya yang mengubah manusia jadi zombie.

Gejala pertama yang dirasakan Seok Woo adalah dirinya menjadi lebih kuat. Lalu, ia merasa ingin melakukan kekerasan sampai akhirnya ia lepas kendali dan tidak bisa menahan diri untuk membunuh.

Ayah, ibu, dan adiknya menjadi korban Seok Woo. Hal yang sama terjadi pada orang-orang yang pernah melakukan kontak dengannya atau memakan daging sapi yang terkena virus tersebut.

2. Kim Yoo Min (Go Joon Hee)

Kim Yoo Min (Go Joon Hee)

Dalam segmen film Brave New world, Ryoo Seung Bum beradu peran dengan aktris Go Joon Hee. Di sini sang aktris berperan sebagai Kim Yoo Min, teman kencan Seok Woo.

Yoo Min adalah gadis polos yang hobi memotret apapun yang ada di sekitarnya. Gadis itu bilang bahwa ia memotret untuk merekam momen agar kelak dia dapat mengingat momen itu di masa depan.

Yoo Min bertemu dengan Seok Woo atas perantara temannya. Mereka dipertemukan lewat sebuah kencan buta. Saat itu Seok Woo dan Yoo Min sepakat bertemu di sebuah kedai barbekyu.

Mereka memesan daging sapi. Diliputi oleh perasaan bahagia, keduanya lahap memakan daging sapi yang ternyata berasal dari peternakan yang diberi pakan dari daur ulang apel busuk itu.

Yoo Min tidak lantas merasakan gejala seperti Seok Woo. Gadis itu bertingkah setelah ia melakukan kontak dengan Seok Woo. Gejalanya terjadi perlahan.

Awalnya ia merasa tubuhnya tidak bisa dikendalikan. Lalu, ia merasakan sakit di kepala yang luar biasa. Yoo Min sama seperti orang-orang yang telah berubah menjadi zombie. Namun, ia masih mengenali Seok Woo.

3. Lee Joon Ho (Bong Joon Ho)

Lee Joon Ho (Bong Joon Ho)

Masih dari segmen yang sama. Di sini hadir pula Bong Joon Ho yang tampil sebagai Lee Joon Ho. Ia adalah perwakilan lapisan masyarakat yang hadir dalam debat di televisi membahas fenomena wabah zombie.


Dalam debat yang disiarkan di salah satu stasiun televisi Korea itu, Joon Ho ngotot mengutarakan pendapatnya mengenai adanya konspirasi. Menurut pendapatnya, virus yang menjangkiti masyarakat Korea adalah ciptaan partai tertentu.

4. Park Do Won (Kim Kang Woo)

Park Do Won (Kim Kang Woo)

Kemunculan Kim Kang Woo di film ini menandai pergantian segmen cerita. Aktor satu ini berperan dalam cerita The Heavenly Creature.

Dalam segmen ini ia berperan sebagai Park Do Won, seorang teknisi perusahaan robot. Suatu hari ia dipanggil oleh kepala kuil untuk memeriksa robot UR yang dinamai In Myung.

Robot UR itu bukanlah robot biasa. In Myung disebut sebagai robot yang telah berhasil mencapai Nirwana dan ia menjadi Buddha.

Alasan Do Won dipanggil oleh kepala kuil adalah untuk memastikan ucapan In Myung. Don Won kesal karena ia dipanggil bukan untuk memeriksa robot seperti prosedur biasanya. Maka, ia hanya memberikan catatan mengenai kondisi mesin In Myung.

Sesampainya di rumah, Do Won menjadi gusar. Ia tidak bisa berhenti memikirkan In Myung dan fenomena yang terjadi kepada robot di kuil itu.

Atasan Do Won meminta laporan pemeriksaan robot UR In Myung, namun ia belum bisa memberikan laporan itu.

Do Won masih menimbang-nimbang dampak dari laporan yang akan diserahkan. Dia keberatan In Myung akan dimusnahkan lantaran robot UR itu adalah robot yang sudah usang. Namun, ia juga tidak bisa berbuat banyak apalagi menyelamatkan In Myung dari rencana pemusnahan.

5. In Myung (Suara Park Hae Il)

In Myung (Suara Park Hae Il)

In Myung adalah karakter Robot Buddha yang menjadi pusat konflik. Kepala kuil tidak menyangka bahwa tujuannya untuk memastikan keterangan In Myung berakhir dengan pemusnahan si robot itu. In Myung mengaku bahwa ia sudah mencapai tingkat paling tinggi dalam ajaran Buddha.

Para biksu meyakini bahwa ia adalah In Myung berkata jujur saat ia mengatakan telah mencapai tingkat pencerahan tertinggi. Namun, pernyataannya dianggap bohong.

Lantaran Park Do Won, teknisi yang memeriksa In Myung tidak kunjung memberikan laporan, CEO perusahaan yang memproduksi In Myung turun tangan dan berbuat tegas. In Myung harus dihancurkan sebab ia hanyalah robot usang.

Perusahaan tidak memproduksi robot series seperti In Myung. Namun, sebelum CEO sempat menghancurkan In Myung, robot itu sendiri yang mematikan sirkuit di tubuhnya. Itu sama saja In Myung bunuh diri dan robot itu tidak bisa lagi diperbaiki.

6. Ketua Kang (Song Young Chang)

Ketua Kang (Song Young Chang)

Song Young Chang hadir dalam segmen Heavenly Creature dan beradu peran dengan Kim Kang Woo. Di film ini ia berperan sebagai CEO perusahaan yang memproduksi robot UR. Ketua Kang tidak habis pikir bagaimana mungkin sebuah robot dapat berpikir sendiri, menilai dan merasa sesuatu.

Dalam pikirannya sudah terpatri bahwa robot itu adalah ciptaan manusia dan tidak mungkin sebuah robot dapat mencapai tingkatan tertentu seperti yang diceritakan oleh Park Do Won.

Maka dari itu, ia bersikukuh bahwa pendapatnya benar dan In Myung harus dimusnahkan. Perusahaannya tidak berencana untuk memproduksi kembali robot series yang sama.

7. Park Min Seo (Jin Ji Hee/Bae Doo Na)

Park Min Seo (Jin Ji Hee/Bae Doo Na)

Beralih ke segmen ketiga, ada Park Min Seo yang hadir sebagai pemeran utamanya. Sutradara Kim Jee Woon menampilkan dua versi Min Seon dalam segmen yang berjudul Happy Birthday ini. Min Seo kecil diperankan oleh Ji Jin Hee, sedangkan versi dewasanya diperankan oleh Bae Doo Na.

Min Seo adalah seorang anak yang tengah panik sebab ia merusak bola 8 kesayangan ayahnya. Demi menghindari amukan sang ayah, Min Seo kecil memesan bola serupa. Ia berselancar di internet mencari toko yang menjual bola yang sama.

Setelah beberapa lama mencari, Min Seo menemukan toko yang menjual bola 8 yang mirip dengan milik ayahnya. Namun, ia tidak menyangka bawa bola yang dipesannya adalah asteroid super besar yang akan menghancurkan bumi.

Para ilmuwan sudah mengeluarkan peringatan bahwa Bumi akan hancur dalam 19 jam lagi. Maka dari itu manusia diharapkan untuk mencari tempat perlindungan.

Min Seo dan keluarga bersembunyi di bawah tanah. Mereka menyiapkan perbekalan sebanyak mungkin agar sebab mereka tidak tahu berapa lama mereka akan bersembunyi.

Tak terasa waktu sudah 10 tahun berlalu dan Min Seo sudah dewasa. Hari itu bertepatan dengan ulang tahun Min Seo, Min Seo tidak menyangka ia dapat mencapai usia dewasa.

8. Paman Hwan (Song Sae Byeok)

Paman Hwan (Song Sae Byeok)

Paman Hwan adalah pemeran di segmen ketika antologi film Doomsday Book ini. Ia adalah orang yang membantu Min Seo untuk membatalkan pesanan bola 8 yang dipesan sebagai pengganti bola yang rusak.

Bersama dengan Min Seo, Hwan mencari cara agar asteroid yang menyerupai bola 8 itu tidak jadi menghantam Bumi. Maka di tengah situasi sulit dan tidak ada listrik, Paman Hwan dan Min Seo berusaha mencari opsi di fitur situs pemesanan bola itu.

10 tahun kemudian Paman Hwan keluar dari tempat persembunyian dan mendapati Bumi telah berubah. Namun, anggota keluarga selamat. Setidaknya mereka dapat merasa lega.

Itu dia 8 pemain dalam Doomsday Book. Yang menarik dari antologi film ini adalah kisahnya yang mempunyai kesamaan nuansa walau mempunyai isi cerita yang berbeda-beda. Kisah apokaliptik dipadukan dengan berbagai genre ternyata tidak menjadi absurd.

Dengan cara yang tepat, kisah yang berbeda ini menjadi tontonan yang menghibur. Ketiga segmen mempunyai bagian-bagian yang menarik dan menyimpan pesan-pesan tertentu yang bisa kita petik.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram