7 Pemeran Film District 9, Nasib Alien di Kamp Konsentrasi Bumi

Ditulis oleh Siti Hasanah

Film yang menceritakan tentang alien bukanlah sebuah ide baru. Sudah banyak film-film yang mengangkat tema serupa tapi dengan menggunakan sudut pandang yang berbeda.

Nah, District 9 hadir dengan tema yang cukup unik, yakni tentang alien yang datang ke Bumi untuk numpang tinggal. Inilah yang membuat District 9 menarik.

District 9 membuka kisahnya dengan menampilkan alien yang ‘memarkirkan’ pesawatnya tepat di atas kota Johannesburg. Setelah berbulan-bulan tidak ada pergerakan, perusahaan keamanan swasta mendekati pesawat itu.

MNU, perusahaan itu, mengumpulkan para alien di dalamnya di sebuah kamp. Nah, apa yang terjadi pada para alien itu? Kita lihat yuk siapa saja yang berperan dalam film ini!

Baca juga: Sinopsis & Review Battle: Los Angeles, Saat LA Diserang Alien

1. Wikus van De Merwe (Sharlto Copley)

Wikus van De Merwe (Sharlto Copley)

Protagonis dalam District 9 ini bukanlah seorang hero yang akan menyelamatkan penduduk Johannesburg dari alien-alien.

Wikus yang diperankkan oleh Sharlto Copley, protagonis kita ini adalah seorang pegawai di sebuah perusahaan keamanan swasta yang santun.

Dia tidak banyak mengeluh tentang pekerjaannya meskipun keberadaannya jarang dianggap oleh rekan-rekan lain. Kala itu masyarakat sedang ramai memperbincangkan para alien di District 9.

MNU berinisiatif mengambil tindakan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Tindakan yang diambil MNU adalah dengan merelokasi para alien ke lokasi yang jauh dari Johannesburg.

Maka, dipilihlah Wikus untuk mendata dan menggusur alien yang bermukim di District 9. Ketika sedang melakukan tugasnya, Wikus terkena cairan aneh yang dia temukan di sebuah gubuk alien.

Semenjak itu, perilaku Wikus menjadi berubah. Tubuhnya pun mengalami gejala yang tidak biasa. Pertama-tama, hidungnya mengeluarkan cairan hitam. Dia pun sering merasa pusing.

Kuku tangannya lepas dan ia merasa semakin lemah. Luka di tangannya akibat terkena pukulan alien di District 9 menjadi membesar dan bernanah.

Ketika dia diperiksa oleh dokter, Wikus syok sebab tangannya berubah menjadi tangan prawn, seperti tangan para alien.

Hidup Wikus menjadi bahaya. Ia menjadi objek penelitian MNU, dan diburu oleh penjahat Nigeria yang menginginkan kekuatan di tubuh Wikus.

Semakin hari tubuh Wikus semakin mirip alien. Semenjak itu, Wikus tidak diketahui keberadaannya. Keluarganya pun tidak bisa menemukan Wikus.

2. Christopher Johnson (Jason Cope)

Christopher Johnson (Jason Cope)

Christopher Johnson (Jason Cope) merupakan satu dari jutaan alien yang akan dipindahkan oleh MNU ke wilayah di luar Johannesburg. Namun, alien satu itu bukanlah alien biasa.

Dia tampak lebih cerdas dan kritis. Ketika Wikus mendata para alien, Christopher tidak serta merta nurut. Dia tidak ingin dipindahkan begitu saja oleh MNU.

Christopher rupanya sudah bosan dengan kekerasan yang dilakukan oleh manusia terhadap rasnya. Oleh sebab itu, dia diam-diam melakukan penelitian untuk mencari bahan bakar yang dapat menerbangkan pesawatnya kembali ke planet asal.

Namun, saat penelitiannya hampir selesai, datanglah Wikus ke gubuknya. Hasil penelitian bahan bakar pesawat yang dilakukan selama 20 tahun itu disembunyikan ke dalam sebuah tabung silinder.

Namun, tabung silinder itu dibuka oleh Wikus sehingga cairan di dalamnya mengenai wajahnya. Christopher tidak mengetahui bahwa cairan itu mengubah Wikus menjadi alien seperti dirinya.

Menyadari bahwa cairan yang dibuatnya itu mengubah Wikus, Christopher berjanji akan membantu Wikus kembali menjadi manusia. Mereka pun akhirnya bersekutu melawan MNU sebab perusahaan itu rupanya mengincar senjata alien demi kepentingan perusahaan.

3. Piet Smit (Louis Minnaar)

Piet Smit (Louis Minnaar)

Aktor Louis Minnaar di film ini berperan sebagai Piet Smit. Dia adalah mertua Wikus dan juga CEO dari MNU. Piet adalah orang yang menunjuk Wikus untuk mewakili MNU mengurus relokasi alien dari District 9.

Namun, rupanya Piet tidak puas dengan kinerja menantunya itu sebab para alien masih bercokol di kamp itu. Piet pun mengancam Wikus apabila menantunya itu gagal lagi, dia tidak akan segan memecatnya. MNU berikut Piet dan beberapa petinggi lainnya sebenarnya punya misi tujuan khusus merelokasi alien.

Perusahaan itu meneliti senjata para alien yang berkekuatan besar. Namun, penelitian itu terhambat sebab senjata alien hanya dapat dioperasikan dengan sensor di DNA mereka.

Ketika Wikus tercemar DNA alien dan membuat tubuhnya menjadi setengah manusia setengah alien, Piet girang sebab penelitian yang dirintisnya akan sukses.

Ia pun menyetujui Wikus menjadi objek eksperimen dokter-dokter MNU. Selama tujuannya membuat senjata yang hebat tercapai, Piet tidak keberatan mengorbankan menantunya itu untuk dibedah dan diambil jantungnya.

4. Kolonel Koobus Venter (David James)

Kolonel Koobus Venter (David James)

Kolonel Koonbus Venter adalah bawahan MNU. Ia merupakan prajurit yang berdedikasi dan tegas. Dirinya tidak suka bertele-tele dan selalu sigap di segala kondisi.

Oh, ya, Kolonel Koonbus Venter ini juga seorang xenophobia yang mendapat kesenangan dari membunuh. Itu sebabnya, dirinya selalu bersemangat jika bertemu musuh.

Apalagi dia sangat membenci kehadiran para alien. Maka saat ada kesempatan untuk menembak, Kolonel Koonbus dengan senang hati menarik pelatuk dan memecahkan kepala mereka.

Ia ikut ke dalam misi penggusuran alien di District 9. Meskipun sering kali berselisih paham dengan Wikus, namun dirinya selalu ada ketika situasi buruk menimpa rekan sejawatnya itu.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram