bacaterus web banner retina

8 Pemeran Utama Deep Impact, Film Bencana Komet Jatuh ke Bumi

Deep Impact merupakan salah satu film bertema bencana yang dirilis tahun 1998 silam. Film yang diproduksi oleh Paramount Pictures ini digarap oleh sutradara Mimi Leder dan dibintangi oleh sejumlah aktor/aktris ternama.

Deep Impact bercerita tentang komet yang melaju ke arah bumi dan mengancam kehidupan umat manusia. Demi keselamatan bumi, Amerika dan Rusia bekerja sama membangun pesawat luar angkasa dan berusaha membelokkan orbit komet tersebut dengan bom nuklir.

Deep Impact menuai review beragam dari para kritikus. Namun film berdurasi 120 menit ini tergolong sukses di pasaran karena meraup penghasilan hingga $349 juta selama masa penayangannya di seluruh dunia.

Keberhasilan film ini tentu tak lepas dari peran para bintang film yang terlibat di dalamnya. Siapa saja mereka? Ini dia 8 pemeran film Deep Impact yang wajib kamu ketahui.

1. Leo Biederman (Elijah Wood)

pemeran-deep-impact-1_

Leo Biederman adalah seorang remaja pecinta astronomi yang diperankan oleh Elijah Wood. Leo termasuk anak yang pintar dan punya pengetahuan cukup luas tentang benda-benda langit. Leo sendiri memiliki kekasih bernama Sarah yang juga menyukai astronomi.

Saat sedang mengamati benda langit, Leo menemukan bintang yang tidak ia kenali. Seorang pengamat astronomi profesional bernama Dr. Wolf meneliti bintang itu dan baru diketahui bahwa itu adalah komet yang bergerak menuju bumi. 

Sebagai orang yang pertama kali menemukannya, nama Biederman pun ikut disematkan bersama nama Dr. Wolf untuk menamai komet tersebut. 

Hal ini sontak membuat Leo jadi sorotan publik. Ia dan keluarganya pun terpilih memasuki bunker khusus yang sudah disiapkan oleh pemerintah ketika komet akan menghantam bumi.

Sayangnya, keluarga Sarah tidak terpilih dan hal itu membuat Leo sedih. Leo pun berinisiatif untuk menikahi Sarah agar mereka bisa jadi satu keluarga dan dapat masuk ke bunker bersama-sama.

2. Jenny Lerner (Téa Leoni)

pemeran-deep-impact-2_

Téa Leoni merupakan aktris asal Amerika Serikat yang berperan sebagai Jenny Lerner, jurnalis yang bekerja di MSNBC. Jenny awalnya sedang mengusut skandal perselingkuhan seorang pejabat pemerintahan dengan wanita bernama Ellie, dan skandal ini juga melibatkan Presiden AS. 

Jenny terus mengusut kasus ini sampai ia menyadari adanya kesalahpahaman. Jenny akhirnya tahu bahwa Ellie yang kerap dibicarakan oleh presiden dan para pejabat bukanlah seorang wanita simpanan, melainkan E.L.E (extinction-level event) yang mengacu pada komet yang hendak menghantam bumi.

Jenny sendiri memiliki orang tua yang sudah bercerai dan hubungannya dengan sang ayah terbilang tidak harmonis. Jenny menganggap kalau sang ayah telah meninggalkan ibunya dan menikah lagi dengan wanita yang lebih muda dan cantik. 

Di dunia jurnalistik, Jenny adalah seorang penyiar berita ternama dan ia termasuk orang yang dipilih untuk masuk ke bunker, tapi di akhir film ia justru memberikan tiket bunkernya pada orang lain. Ia memilih berbaikan dengan sang ayah dan menghabiskan waktu yang tersisa bersamanya sebelum mega-tsunami menyapu Kota New York.

3. Presiden Tom Beck (Morgan Freeman)

pemeran-deep-impact-3_

Aktor Morgan Freeman didapuk sebagai Presiden Amerika Serikat bernama Tom Beck. Presiden Beck menggelar jumpa pers tentang ancaman komet sekitar setahun setelah komet itu ditemukan oleh Leo Biederman dan Dr. Wolf. 

Presiden Beck juga mengungkapkan bahwa beberapa bulan terakhir ini Amerika Serikat telah bekerja sama dengan Rusia untuk membangun pesawat luar angkasa bernama Messiah. Messiah bertugas membelokkan jalur atau orbit komet Wolf-Biederman dengan menggunakan nuklir agar komet tersebut tidak menabrak bumi. 

Saat Messiah gagal dengan misinya, Presiden Beck kemudian mengumumkan bahwa pemerintah telah menyiapkan bunker khusus yang bisa menampung 1 juta orang. 200 ribu di antaranya adalah orang-orang terpilih yang terdiri dari berbagai profesi, sementara 800 ribu lainnya akan ditentukan dengan cara diundi.

4. Sarah Hotchner (Leelee Sobieski)

pemeran-deep-impact-4_

Sarah Hotchner adalah tetangga sekaligus kekasih Leo yang diperankan oleh Leelee Sobieski. Sama seperti Leo, Sarah juga menyukai hal-hal yang berkaitan dengan astronomi dan ikut klub yang sama seperti Leo.

Sayangnya Sarah dan keluarganya tidak seberuntung Leo, mereka tidak terpilih untuk masuk ke bunker dan harus menghadapi bencana tabrakan komet ke bumi.

Setelah Leo melamarnya, Sarah pun menikah dengannya dan diizinkan ikut ke bunker sebagai istri Leo. Tapi saat orang tua Sarah tidak diperbolehkan ikut karena tak masuk daftar, Sarah lebih memilih tinggal bersama keluarganya ketimbang ikut dengan Leo. 

Pada akhirnya, orang tua Sarah memaksa putrinya untuk tetap bersama Leo agar mereka bisa melanjutkan hidup. Sarah dengan perasaan sedih dan berat hati akhirnya meninggalkan orang tuanya. Ia juga membawa adiknya yang masih bayi dan ikut bersama Leo untuk menyelamatkan diri.

5. Jason (Maximilian Schell)

pemeran-deep-impact-5_

Maximilian Schell berperan sebagai Jason yang tak lain adalah ayah dari Jenny Lerner. Setelah bercerai dari istrinya yang bernama Robin, Jason menikah lagi dengan wanita yang jauh lebih muda bernama Chloe. Jason dan Chloe sempat makan malam bersama Jenny. Acara itu pun tidak berjalan lancar karena Jenny terus bersikap dingin pada istri baru ayahnya.

Setelah kabar buruk tentang komet Wolf-Biederman menyebar, Jason mengaku pada Jenny bahwa Chloe sangat ketakutan dan meninggalkan dirinya. Jason berusaha memperbaiki hubungannya dengan Jenny dan mengingat masa lalu yang indah.

Jason pun pergi ke tepi pantai, menghabiskan detik-detik terakhirnya di sana bersama Jenny menghadapi tsunami yang sangat dahsyat.

6. Robin(Vanessa Redgrave)

pemeran-deep-impact-6_

Robin adalah ibu Jenny yang diperankan oleh Vanessa Redgrave. Sejak bercerai dari Jason, kehidupan Robin terus terpuruk, apalagi setelah mengetahui bahwa Jason menikah lagi dengan Chloe yang lebih cocok menjadi putrinya. Tapi seiring berjalannya waktu, Robin mulai bisa menerima keadaannya dan hidup dengan lebih baik.

Ia mengaku pada Jenny kalau dirinya ikut menyumbang pembangunan bunker yang bisa menyelamatkan umat manusia. Robin juga mengaku lega karena mengetahui Jenny akan tetap hidup karena terpilih untuk ikut masuk ke dalam bunker. Ironisnya, Robin justru memilih untuk mengakhiri hidupnya dan membuat Jenny merasa sangat sedih.

7. Oren Monash (Ron Eldard)

pemeran-deep-impact-7_

Ron Eldard berperan sebagai Oren Monash yang memimpin misi Messiah. Oren dan timnya hanya punya waktu 7 jam untuk mengebor komet hingga kedalaman 100 meter dan menanam hulu ledak nuklir ke dalamnya.

Lewat dari 7 jam, komet akan terkena sinar matahari dan hal itu akan membuat suhu permukaan komet menjadi sangat tinggi hingga mengeluarkan semburan gas.

Sayangnya proses pengeboran mengalami kendala ketika alat mole untuk mengebor macet di kedalaman 75 meter. Oren-lah yang kemudian berusaha memperbaiki mole tersebut. Tapi ketika pengeboran berhasil, Oren kehabisan waktu. 

Sinar matahari mengenai komet dan suhunya meningkat drastis, Oren bahkan sempat terkena semburan gas dan mengalami luka bakar. Oran tidak sempat memasang perisai UV sehingga ia mengalami kebutaan. Meski demikian, Oren tetap berhasil kembali ke pesawat dan bergabung dengan kru Messiah yang lain.

8. Spurgeon Tanner(Robert Duvall)

pemeran-deep-impact-8_

Robert Duvall memerankan tokoh Spurgeon Tanner, veteran NASA yang sudah berkali-kali melakukan misi luar angkasa dan termasuk orang yang pernah mendarat di bulan. Kali ini ia bertugas mendaratkan pesawat Messiah ke permukaan komet. Dengan pengalamannya tersebut, Tanner sempat meragukan kemampuan anggota tim Messiah.

Tanner beranggapan bahwa mereka kurang pengalaman, apalagi selama ini mereka hanya berlatih dengan simulator dan belum pernah bertugas di pesawat luar angkasa. Sementara itu, kru Messiah yang lain tampak meremehkan Tanner meskipun ia adalah astronaut senior.

Saat menjalankan misi, tepatnya setelah Oren Monash mengalami kebutaan dan mereka kehilangan seorang kru yang terlempar ke ruang angkasa, Tanner mengambil alih kendali pesawat. Tanner yang menemukan lubang besar di komet Wolf kemudian memikirkan opsi terakhir, yaitu meledakkan komet dengan sisa nuklir yang ada.

Sayangnya, tidak ada bahan bakar yang cukup untuk pulang ke bumi yang artinya ini adalah misi bunuh diri. Messiah harus masuk ke dalam lubang komet dan meledakkan nuklir dari dalam untuk menghancurkan komet tersebut.

Pada akhirnya semua kru menyetujui ide Tanner. Mereka pun rela mengorbankan nyawa demi menyelamatkan umat manusia.

Nama Robert Duvall menutup daftar kita kali ini. Kedelapan pemeran film Deep Impact telah menunjukkan kualitas akting mereka yang tak main-main hingga membuat penonton hanyut dengan ceritanya.

Bicara tentang film bertema bencana, Deep Impact sempat bersaing dengan film Armageddon di Box Office karena memiliki tema serupa dan dirilis di tahun yang sama. Meski Armageddon lebih populer, Deep Impact dinilai lebih akurat secara sains.

Apa kamu sudah pernah menontonnya? Bagaimana menurut pandanganmu tentang film ini? Yuk, tulis pendapatmu di kolom komentar!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram