bacaterus web banner retina

7 Pemeran Cold Skin (2017), Horror Minimalis di Pulau Terpencil

Cold Skin merupakan film horror yang kisahnya hanya berada di satu lokasi saja, yaitu pulau terpencil yang diceritakan berada di Samudera Atlantik.

Penghuni pulau itu hanya ada dua orang dan satu makhluk aneh seperti perpaduan antara ikan dan manusia. Ketika malam tiba, sekelompok makhluk aneh serupa datang dari laut menyerbu mercusuar yang menjadi pos terakhir manusia.

Dengan seting minimalis dan cerita yang tidak menampilkan banyak karakter, maka tidak banyak pemeran yang dibutuhkan di film produksi bersama Spanyol dan Prancis ini. Ingin berkenalan dengan para pemerannya? Artikel berikut akan mengajak kita mengetahui profil aktor dan aktrisnya serta karakter yang mereka bawakan.

1. David Oakes (Friend)

pemain-cold-skin-1_

Aktor Inggris ini memang tidak begitu banyak bermain film, karena dia sibuk berakting di berbagai serial TV yang sebagian besarnya bergenre drama sejarah di zaman kerajaan abad pertengahan, seperti The Borgias, The White Queen, dan Victoria.

Di film Cold Skin, nama karakternya tidak disebutkan dari awal hingga akhir film. Gruner memanggilnya “Friend”.

Dia ditugaskan untuk menjadi pengamat cuaca di pulau terpencil menggantikan petugas sebelumnya yang meninggal dunia karena sakit tipes. Dia menerima pekerjaan ini untuk membuat hidupnya yang kosong semakin hampa. Tadinya dia berpikir begitu, sebelum tahu situasi di pulau itu.

Dia yang awalnya ketakutan dan bermental pengecut harus menjadi pemberani serta bermental baja untuk menghadapi makhluk aneh yang menyerang mercusuar setiap malam. Dia pun dekat dengan makhluk aneh yang menjadi peliharaan Gruner dan menyadari apa yang terjadi sesungguhnya di pulau itu.

Berkali-kali dia berusaha untuk keluar dari pulau, tapi selalu dihalangi oleh Gruner, baik secara halus ataupun secara kasar. Pernah ada kapal yang lewat di kejauhan. Saat dia hendak menembakkan suar, Gruner menghalanginya secara paksa.

Dia juga pernah mengambil persediaan makanan dan amunisi di dasar kapal peninggalan Portugis yang karam dan bertemu dengan makhluk yang menyerupai ikan, hanya saja kali ini berbentuk seperti anak kecil.

Sebenarnya dia seperti dibiarkan tenggelam oleh Gruner, tapi dia berusaha sekuat tenaga melepaskan pakaian besi yang dikenakannya dan berenang ke permukaan.

Musim terus berganti tanpa adanya serangan makhluk aneh itu lagi, sehingga hidup mereka membosankan. Hingga akhirnya dia bertemu kembali dengan Aneris di tepi pantai yang hadir bersama bangsanya.

Dia memperlihatkan gestur tidak menyakiti tapi semua berubah ketika Gruner datang dengan senjatanya, sehingga makhluk aneh itu menyerang dan merencah Gruner.

Saat petugas baru datang untuk menggantikan, dia bilang bahwa petugas lama meninggal dunia karena sakit tipes dan dia mengaku sebagai Gruner, pengawas mercusuar.

2. Ray Stevenson (Gruner)

pemain-cold-skin-2_

Pemeran Marcus di film seri Divergent, Volstagg di film seri Thor dan Frank Castle di film Punisher: War Zone (2008) ini memang identik dengan film-film bergenre action sesuai dengan wajahnya yang keras.

Di film Cold Skin, Ray Stevenson berperan sebagai Gruner, penjaga mercusuar yang setiap malam berjibaku mempertahankan posisi dari serangan ratusan makhluk aneh dari laut.

Dia memiliki satu makhluk aneh yang dia pelihara dan menjadi pemuas nafsunya. Lebih banyak diam, ternyata dia memendam masalah psikologis yaitu tidak ingin ditinggal sendirian di pulau itu.

Makanya dia selalu menghalangi Friend untuk pergi dari pulau dan menjadi marah ketika Aneris menghilang. Dia ungkapkan seluruh emosinya di adegan akhir di hadapan sekelompok makhluk aneh di tepi pantai.

Tersirat kisah cinta yang indah berakhir memilukan bagi Gruner di pulau ini, dimana petugas pengamat cuaca sebelumnya adalah kekasih hatinya, atau istrinya (karena tidak jelas statusnya).

Gruner berkata jika petugas lama meninggal dunia karena tipes. Tapi sepintas terlihat ada misteri tersembunyi yang tidak terungkap tentang kematian kekasihnya itu, tapi kita pun dibuat tidak tahu.

3. Aura Garrido (Aneris)

pemain-cold-skin-3_

Aktris cantik asal Spanyol yang tampil apik di film Stockholm (2013) ini dipercaya memerankan sosok makhluk aneh yang menyerupai manusia dan ikan. Kehadirannya cukup mengejutkan bagi Friend yang belum mengenal situasi dan kondisi pulau yang juga ditempati oleh sekelompok makhluk aneh tersebut.

Semakin lama mengenal Aneris, Friend menemukan banyak sisi manusiawi dalam dirinya. Makhluk ini terlihat  baik hati dan memang mereka tampakkan ketika berkumpul di hadapan Friend. Tapi sikap Gruner membuat mereka buas lagi.

Peran Aneris bagi kelompoknya tidak diketahui penting atau tidaknya, tapi yang pasti, mereka datang menyerang setiap malam adalah untuk mengambil Aneris dari tangan manusia. Buktinya, ketika Aneris menghilang dari mercusuar, kelompok makhluk aneh ini tidak muncul lagi untuk beberapa lama.

Dan akhirnya, Aneris muncul kembali di hadapan Friend beserta makhluk aneh lainnya, termasuk yang masih anak-anak, seolah ingin memberi tahu sesuatu tapi tidak dapat dipahami oleh Friend.

Gruner kemudian menghardik Aneris dan memintanya dengan kasar untuk kembali ke mercusuar. Tapi Aneris tidak mau, dan beberapa dari makhluk aneh ini menyerang Gruner.

4. John Benfield (Captain Axel)

pemain-cold-skin-4_

Aktor senior asal Inggris yang sudah wafat di tahun 2020 lalu ini hanya tampil di satu adegan awal saja ketika mengantarkan Friend ke pulau tempat dia bertugas. Karena tidak mendapat kejelasan dari Gruner, dia sebenarnya mengajak Friend mengikutinya berlayar daripada tinggal di pulau itu.

John Benfield dikenal ketika mendampingi Helen Mirren berakting di film Prime Suspect (1991), serta menjadi pemeran pendukung di film Cassandra’s Dream (2007) dan Speed Racer (2008).

5. Ivan Gonzalez (New Weather Official)

pemain-cold-skin-5_

Aktor Spanyol yang juga tampil di film horror The Crucifixion sebagai Stefan Marinescu ini hanya kebagian hadir di satu adegan saja, tepatnya di adegan terakhir ketika dia ditugaskan untuk menggantikan Friend sebagai petugas pengamat cuaca yang baru. Uniknya, Friend mengaku namanya adalah Gruner kepada petugas baru ini dan kapten kapal yang datang.

6. Winslow Iwaki

pemain-cold-skin-6_

Aktor ini sebenarnya lebih dikenal sebagai kru produksi film, seperti menjadi kru artistik di film In the Heart of the Sea (2015), manajer lokasi di film Allied (2016) dan Jason Bourne (2016), dan kru transportasi di film Rambo: Last Blood (2019). Penampilannya dalam film Cold Skin hanya terlihat sekilas saja di bagian akhir dan tanpa ada dialog terucap.

7. Ben Temple (Naval Official)

pemain-cold-skin-7_

Sineas Spanyol ini tidak hanya rajin berakting sebagai pemeran pendukung di banyak film dan serial, tapi dia juga merupakan produser dan sutradara. Beberapa film terkenal dimana dia bermain disitu ialah REC (2007) dan Endless Night (2015). Di film Cold Skin ini, Ben Temple hadir di satu adegan terakhir ketika dia mengantarkan petugas baru di pulau terpencil itu.

Inilah 7 aktor dan aktris yang berperan di film Cold Skin. Karena cerita terfokus kepada dua tokoh utama, maka karakter lainnya hanya sebagai pelengkap sesuai kebutuhan adegan dimana mereka hanya mendapat satu adegan untuk masing-masingnya.

Cold Skin memang bukan tandingan film yang menampilkan makhluk aneh produksi Hollywood, tapi karena tampilan visual yang sunyi dan mencekam, film ini memberi rasa dan kesan berbeda dari film-film lain sejenis.

Jika kalian punya waktu luang dan ingin menonton film horror dengan tempo lambat khas Eropa, maka film ini bisa menjadi pilihan yang layak. Selamat menonton!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram