bacaterus web banner retina

Yuk, Kenalan dengan 7 Pemeran Penting dalam Film CODA!

CODA adalah film drama sederhana yang kuat secara naskah dan akting. Film ini kemudian menjelma menjadi yang terbaik di kelasnya dan meraih banyak penghargaan.

Satu yang terbaik adalah Best Picture di ajang Academy Awards. Selain itu, film ini pun masih meraih dua Oscar lagi dari bidang akting dan naskah adaptasi terbaik.

Tidak diduga, film ini menyimpan banyak mutiara berkilau dari para pemerannya yang selama ini berada di bawah radar. Mereka berhasil menghanyutkan kita dalam cerita berkat performa apik yang disuguhkan. Sudah kenal dengan para pemerannya? Yuk, langsung saja simak artikel berikut untuk mengetahuinya.

1. Emilia Jones (Ruby Rossi)

Emilia Jones (Ruby Rossi)_

Mungkin sebelum berakting di film CODA, banyak yang belum mengenal aktris remaja asal London ini. Meski belum banyak film yang dibintangi, Emilia Jones lebih banyak berkutat di film-film berskala kecil dan produksi indie.

Film CODA ini pun sejatinya adalah film indie yang ikut berkompetisi di Sundance Film Festival. Dari adegan awal, kita sudah melihat Ruby sebagai sosok gadis remaja pemalu yang memiliki impian besar.

Sebagai satu-satunya anggota keluarga yang bisa mendengar dan bicara, Ruby seolah menjadi penerjemah bagi ayah, ibu, dan kakaknya.

Dia merasa sedikit tidak percaya diri dengan kemampuan menyanyinya, tetapi setelah bakatnya dilirik oleh guru musiknya, Ruby mulai percaya diri.

Impiannya untuk melanjutkan pendidikan seni di kota terbentur dengan kecintaannya kepada keluarga. Dia berpikir, tanpa dirinya bagaimana mereka bisa berkomunikasi dengan orang sekitar. Ada perasaan takut jika nanti keluarganya semakin dikucilkan.

Ruby sempat hendak melepaskan impiannya dan ingin tetap bersama keluarga, tapi pada akhirnya keluarganya pun mengerti keinginan Ruby. Setahap demi setahap dia melewati semua rintangan yang menghadang.

Rasa percaya diri mulai tumbuh, cinta dari orang yang dia suka disambut dengan hangat, dan keluarga mulai bisa berdiri sendiri dengan usaha baru yang mulai berkembang. Ruby membantu mempersiapkan semua, hingga dia tidak merasa takut meninggalkan keluarganya di desa.

2. Eugenio Derbez (Bernardo “Mr. V” Villalobos)

Eugenio Derbez (Bernardo “Mr. V” Villalobos)_

Komedian asal Meksiko yang populer lewat film Instructions Not Included (2013) ini membawakan karakter Mr. V, guru musik di sekolah.

Dia adalah orang yang menemukan bakat menyanyi Ruby dan memicu motivasinya untuk bisa menggapai pendidikan lebih tinggi di kota. Ruby mulai berlatih secara intensif kepada Mr. V, tetapi sedikit terbengkalai ketika keluarganya lebih membutuhkannya.

Mr. V memiliki beberapa metode unik untuk meningkatkan rasa percaya diri dan kemampuan vokal Ruby. Terlihat mengesalkan, tapi nyatanya metode ini berhasil memotivasi Ruby.

Tidak lupa, Mr. V juga yang mendaftarkan Ruby untuk audisi di Berklee dan mendampinginya di panggung memainkan piano.

3. Troy Kotsur (Frank Rossi)

Troy Kotsur (Frank Rossi)

Ayah Ruby ini adalah seorang nelayan yang berada dalam kesulitan finansial ketika banyak biaya dan sanksi yang harus dibayarkan. Frank memang sangat membutuhkan Ruby untuk selalu ada bagi keluarga, bahkan sudah sedari kecil Ruby ikut bekerja menangkap ikan di laut.

Frank berujar bahwa Ruby seolah tidak pernah menjadi bayi, karena sejak kecil sudah mengemban tanggung jawab besar.

Awalnya Frank tidak setuju dengan kegiatan baru Ruby, yaitu menyanyi. Tapi setelah menyaksikan pentas musik sekolah dimana semua penonton terkesan dengan penampilan Ruby, Frank mulai bergeming. Dia kemudian berinisiatif untuk mengantarkan Ruby mengikuti audisi di Berklee.

Momen ayah dan putrinya dalam film ini begitu menyentuh hati. Tidak hanya satu, tapi ada banyak. Dan yang paling mengharukan sekaligus mengesankan adalah ketika Ruby menyanyi sambil menyampaikan lirik lagu dalam bahasa isyarat agar keluarganya mengerti makna lagu tersebut.

Atas performa gemilangnya di film ini, Troy Kotsur diganjar Oscar di kategori Best Supporting Actor. Rekor pun tercipta baginya, sebagai aktor tunarungu pertama yang berhasil meraih Oscar.

4. Ferdia Walsh-Peelo (Miles)

Ferdia Walsh-Peelo (Miles)

Aktor dan musisi asal Irlandia yang debut aktingnya cukup memukau di film Sing Street (2016) ini terlihat cocok dengan pemeran Ruby, Emilia Jones. Diceritakan, Miles adalah sosok yang disukai oleh Ruby.

Sebenarnya, Miles pun merasakan hal yang serupa. Dan ketika mereka diduetkan oleh Mr. V untuk menyanyikan sebuah lagu di pentas sekolah nanti, cinta itu pun mulai bersemi.

Miles sempat membuat Ruby kesal karena telah menceritakan kondisi keluarganya kepada temannya yang kemudian menyebar di sekolah.

Namun mereka berbaikan lagi berkat permintaan maaf dan kegigihan Miles yang tulus. Chemistry antara Ferdia Walsh-Peelo dan Emilia Jones sangat padu dan terkesan natural.

5. Daniel Durant (Leo Rossi)

Daniel Durant (Leo Rossi)

Leo adalah sosok kakak yang sangat sayang kepada adiknya, tapi kurang mendapat perhatian dan kepercayaan dari kedua orang tuanya.

Semua tanggung jawab dibebankan kepada Ruby, padahal Leo sangat ingin sekali dan merasa mampu untuk mengembannya. Karena dia ingin Ruby memiliki kehidupan yang lebih baik dan bisa mewujudkan impiannya.

Leo membuktikan kapasitasnya sebagai penanggung jawab keluarga ketika memulai usaha penjualan ikan sendiri dan keluar dari pelelangan.

Awalnya memang berat, tapi berkat ketekunan Leo dan seluruh anggota keluarga, mereka berhasil menarik para nelayan lain untuk bergabung bersama. Dengan ini, Ruby merasa siap untuk melepas keluarganya mandiri tanpa dirinya.

6. Marlee Matlin (Jackie Rossi)

Marlee Matlin (Jackie Rossi)

Peraih Best Actress Oscar lewat film Children of a Lesser God (1986) ini berperan sebagai ibu dari Ruby. Sebagai mantan pemenang kontes kecantikan di masa mudanya, Jackie sebenarnya sangat sayang kepada Ruby.

Hanya saja, terkadang dalam penyampaiannya dia selalu mencontohkan dirinya sendiri, sehingga di mata Ruby ibunya terlihat sebagai sosok yang egois.

Ketika memulai usaha baru bersama keluarga, Jackie terlihat canggung bercampur dengan ibu-ibu para nelayan yang turut membantu. Tapi seiring waktu berjalan, dia berhasil mengatasinya.

Jackie begitu terharu melihat penampilan Ruby di pentas sekolah juga ketika audisi di Berklee. Wajah penuh kasih sayang seorang ibu kepada putrinya selalu terlihat dalam setiap ekspresinya.

7. Amy Forsyth (Gertie)

Amy Forsyth (Gertie)

Aktris Kanada ini mendapatkan peran sebagai Gertie, sahabat Ruby. Berakting sebagai remaja, usia Amy Forsyth sebenarnya sudah terlalu tua untuk memerankannya, yaitu 26 tahun. Tapi itu semua tidak begitu terlihat, apalagi dia selalu disandingkan dengan Emilia Jones yang masih remaja.

Sering bermain di rumah Ruby, lambat laun Gertie menaruh hati kepada Leo. Mereka mulai lebih dekat saat bertemu di bar tempat Gertie bekerja.

Setelahnya, mereka mulai menjalin hubungan asmara. Bahkan saat emosi Leo memuncak karena marah dengan kondisinya dan juga kepada Ruby, Gertie dengan lembut menenangkan hatinya.

Itulah 7 aktor dan aktris yang bermain di film CODA. Memasang tiga pemeran tunarungu membuat kesan autentik sangat melekat pada film ini. Uniknya, Troy Kotsur dan Marlee Matlin memecahkan rekor di dunia akting sebagai peraih Oscar tunarungu, meski dari film yang berbeda.

Dengan dukungan para pemeran yang tampil dengan performa akting yang apik, CODA menjadi salah satu film yang sangat layak untuk ditonton.

Terutama dengan predikat Best Picture yang diraihnya, membuat film ini harus masuk daftar wajib tonton kalian. Kalau bisa tonton secepatnya, ya! Selamat menonton.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram