bacaterus web banner retina

Inilah 6 Karakter Penting dalam Film Bad Genius (2017)

Diangkat dari kisah nyata, Bad Genius (2017) memang berhasil menjadi film Thailand tersukses di tahun 2017. Tidak hanya mengangkat isu mengenai kegelisahan para siswa, film ini menunjukkan bagaimana institusi pendidikan bisa dipecundangi dengan sangat mudah.

Tentu saja film ini tidak akan sukses, jika tidak dibintangi oleh aktor dan aktris muda yang berbakat. Sebut saja oleh Chutimon Chuengcharoensukying sebagai Lynn, si gadis cerdas yang bikin merinding dengan rencana mencontek buatannya.

Karakter lain yang tidak kalah menarik yaitu Grace yang diperankan oleh Eisaya Hosuwan. Gadis ini berhasil menipu Lynn dengan bakat aktingnya, supaya sahabatnya itu mau menerima tawaran membantunya saat ujian.

Penjelasan singkat dari karakter yang ada di film Bad Genius (2017) sepertinya kurang memuaskan yah. Makanya Bacaterus akan membagikan daftar pemeran beserta pemaparan karakternya secara lengkap, yang bisa kamu baca di bawah ini.

Baca juga: Sinopsis & Review Film Thailand The Gifted: Graduation

1. Chutimon Chuengcharoensukying (Lynn)

Chutimon Chuengcharoensukying (Lynn)

Lynn hanyalah gadis dari kalangan sosial menengah, gadis ini hidup sederhana bersama ayahnya. Lalu dimana ibunya Lynn? Jawabannya ia hidup di luar negeri bersama dengan keluarga barunya.

Meski hidup sederhana, Lynn dianugerahi dengan otak yang sangat cerdas, makanya prestasi belajarnya sangat baik. Berkat kepintarannya juga, Lynn berhasil masuk ke sekolah terbaik dan elit yang ada di Thailand.

Kalau soal kepribadian, sebenarnya Lynn hanya anak biasa yang tidak terlalu suka bergaul atau terlihat mencolok. Gadis ini memiliki kehidupannya sendiri, namun semuanya tiba-tiba berubah ketika Lynn bertemu dengan Grace.

Saat ujian berlangsung, Lynn membantu Grace untuk mendapatkan contekan karena ia merasa iba dan telah di khianati oleh gurunya.

Lynn tahu bahwa guru sudah memberikan bocoran soal pada anak-anak yang mengambil kelas privat darinya. Dari sinilah bisnis mencontek mulai Lynn lakukan, tujuannya hanya satu yaitu mendapatkan uang tambahan untuk biaya kuliah.

Awalnya Lynn hanya membantu Pat dan Grace saja, namun lama kelamaan ia membantu seluruh kelas untuk mencontek. Gadis ini berpikir untuk menghentikan kegiatan mencontek ini, hingga Pat menawarinya 600.000 Bhat untuk ujian STIC.

Awalnya Lynn berpikir mustahil untuk membantu Pat dan Grace, apalagi aksinya membantu mencontek membuatnya kehilangan beasiswa. Tapi melihat perbedaan waktu antara Thailand dan Australia, Lynn akhirnya bersedia untuk membantu mereka mendapatkan jawaban STIC.

Lynn menjadikan hal ini sebagai bisnis untuk mendapatkan uang kuliahnya, dengan mencari klien lain. Untuk melancarkan aksinya, ia meminta bantuan Bank untuk mendapatkan jawaban ujian STIC.

Bahkan untuk melancarkan aksi ini, Lynn sampai berani membohongi ayahnya lagi. Namun inilah akhir dari bisnis kotor empat anak ini, ketika aksi mereka yang sempurna membuat curiga penyelenggara STIC.   

Kali ini Lynn benar-benar sangat menyesali perbuatannya, karena Bank malah menjadi korbannya. Tapi Lynn terkejut melihat bagaimana Bank berubah, ia tidak percaya dengan apa yang didengarnya. Bahkan ketika Bank mengancamnya, akhirnya Lynn malah mengakui kesalahannya pada komite STIC.

2. Chanon Santinatornkul (Bank)

Chanon Santinatornkul (Bank)

Sama seperti Lynn, Bank juga dikenal sebagai salah satu murid paling pintar di sekolah. Sebenarnya Bank dan Lynn adalah rival, keduanya harus memperebutkan beasiswa kuliah ke luar negeri.

Suatu hari Bank melihat adanya keanehan dari beberapa siswa, hingga ia mengetahui mengenai soal aksi mencontek itu. Bank melaporkan hal ini pada kepala sekolah, tapi ia tidak menyangka bahwa Lynn bersalah.

Awalnya Bank mengira Lynn tidak bersalah, gadis ini hanya dibutakan dengan kebutuhan akan uang. Hal ini memang tidak salah, karena pada akhirnya Lynn memang membutuhkan uang.

Sebenarnya Bank merasa bersalah, hingga pada akhirnya ia sendiri merasakan hal yang sama seperti Lynn. Ketika Bank tidak bisa menolak kekuatan uang, ia memutuskan untuk ikut dalam bisnis kotor Lynn.

Apalagi kondisinya saat itu sedang membutuhkan banyak uang, karena Bank mengalami kecelakaan dan kehilangan beasiswanya. Melihat jumlah uang jutaan Bhat yang ditawarkan oleh Lynn, Pat dan Grace, pria ini akhirnya menyetujui untuk membantu mereka.

Tapi sebelum pergi ke Australia, Bank mengetahui bahwa kecelakaannya adalah sabotase dari Pat. Emosinya tidak tertahankan lagi, Bank yang selalu berpikiran rasional dan agak penakut ini langsung berubah.

Ia tidak segan untuk memukuli Pat, karena ia benar-benar sangat marah akan kelakuan Pat yang sudah menghancurkan masa depannya.

Namun lagi dan lagi, hanya demi uang akhirnya Bank mau kembali membantu mereka mendapatkan jawaban STIC. Tapi kegagalan rencana Lynn membuat Bank menggila, apalagi saat dirinya tidak bisa berkuliah lagi di luar negeri.

Bukannya bertaubat, Bank malah memikirkan untuk membuat rencana mencurangi ujian PAT/GAT yang akan diadakan. Ia meminta bantuan Lynn dengan cara mengancamnya, tapi semua ini berakhir sia-sia.

3. Eisaya Hosuwan (Grace)

Eisaya Hosuwan (Grace)

Grace adalah salah satu gadis populer di sekolah, maklum saja ia memiliki kekasih yang kaya raya dan tergabung dalam grup teater.

Melihat penampilan luarnya saja, siapapun tidak akan memungkiri bahwa Grace terlihat imut dan sangat polos. Selain memiliki kecantikan, Grace juga dianugerahi dengan kemampuan akting yang sangat baik.

Sayangnya selama di grup teater, Grace selalu saja dikalahkah oleh gadis lain untuk mendapatkan kesempatan sebagai pemeran utama. Namun dalam kisahnya dengan Lynn, Grace adalah pemeran utama yang sudah membohongi temannya sendiri.

Grace menipu Lynn dengan kemampuan aktingnya, sehingga gadis itu mau membantunya dengan Pat selama ujian. Sebagai kekasih yang baik, Grace selalu mendukung apapun yang diperbuat oleh Pat. Bahkan ia juga mengetahui soal insiden Bank, namun Grace tidak berdaya untuk melawan.

Alasannya karena ia memang membutuhkan jawaban ujian itu, semuanya demi bisa berkuliah di luar negeri bersama Pat. Namun Grace tidak memungkiri bahwa ia menyesali telah berkhianat pada Lynn dan kehilangan sahabat terbaiknya.

4. Teeradon Supapunpinyo (Pat)

Teeradon Supapunpinyo (Pat)

Pat adalah pacar Grace yang hidupnya bisa dikatakan hanya untuk bersenang-senang dan berpacaran. Tapi karena hal ini, nilai Pat selalu saja jeblok dan sering sekali diharuskan untuk mengulang pelajaran.

Saat melihat nilai Grace yang meningkat, Pat meminta bantuan Lynn dengan membayarnya cukup besar. Bahkan berkat Pat juga, kemampuan Lynn untuk meningkatkan nilai tersebar ke anak-anak lainnya.

Dari sinilah Pat dan Grace membangun bisnis menjual jawaban ke anak-anak satu sekolah. Bahkan melihat potensi yang sangat besar, Pat membuat bisnis ini lebih luas lagi.

Ia menjual jawaban ujian ke berbagai sekolah, yang membuat mereka tiba-tiba kaya mendadak. Hingga ia mulai didesak oleh kedua orang tuanya untuk mendapatkan nilai yang bagus saat mengikuti ujian STIC.  

Pat dan Grace mau tidak mau harus melakukan hal ini, namun rencana ini juga membuat bisnis mereka semakin besar.

Bahkan tanpa pikir panjang Pat mencari banyak klien, hingga ia nekat mencelakai Bank agar pria itu mau masuk ke dalam grupnya.

Namun mulutnya yang tidak bisa dijaga malah membocorkan kebusukannya, hal ini membuat Bank sangat marah dan menghajarnya.  

5. Thaneth Warakulnukroh (Ayah Lynn)

Thaneth Warakulnukroh (Ayah Lynn)

Sebagai seorang ayah dan guru yang baik, mendukung putrinya dalam belajar menjadi hal yang sangat diutamakannya. Meski tidak bisa memberikan kehidupan yang mewah, setidaknya ia bisa berusaha membawa putrinya bersekolah di tempat terbaik.

Makanya ayah Lynn selalu berusaha untuk membantu putrinya masuk ke sekolah bergengsi, meski ia harus memberikan uang suap yang cukup banyak.

Ia mempercayai putrinya akan sukses jika bersekolah disana, apalagi program beasiswa keluar negerinya sangat menjanjikan.

Namun kepercayaannya pada sang putri, malah berakhir dengan pengkhianatan yang menyakitkan. Ketika ia tahu bahwa Lynn mendapatkan banyak uang dari membantu temannya mencontek, bukan dari mengajarkan piano.

Meskipun kecewa dengan perbuatan yang dilakukan putrinya, sebagai ayah ia hanya bisa memaafkan dan menasehati putrinya.

Namun untuk kedua kalinya ia kembali dikhianati oleh sang putri, saat perbuatan Lynn menyabotase ujian STIC di Australia terbongkar. Tidak ada yang bisa dilakukannya selain menguatkan putrinya untuk berkata jujur dan mengakui semua kesalahannya.

6. Jear Sarinrat Thomas (Kepala Sekolah)

Jear Sarinrat Thomas (Kepala Sekolah)

Melihat potensi yang dimiliki oleh Lynn dan Bank, sebagai kepala sekolah perempuan ini tentu sangat bangga. Bahkan ia menawarkan beasiswa ke Singapura untuk keduanya, hanya saja beasiswa ini hanya bisa didapatkan oleh satu orang saja.

Tapi betapa kecewanya ia ketika mengetahui bahwa Lynn telah membantu siswa lain mencontek hanya demi uang. Bahkan perlawanan siswi itu membuatnya sangat kesal, pasalnya Lynn menyinggung soal uang bangunan yang disebutnya sebagai suap.

Memang sangat lumrah jika sekolah menerima uang bangunan tambahan, cara halus untuk memberikan suap agar anak tersebut bisa bersekolah disana. Tapi kekecewaannya memuncak ketika Bank dan Lynn dikeluarkan dari sekolah karena kecurangan STIC.

Bad Genius (2017) menjadi film yang berhasil menunjukkan betapa sulitnya kehidupan para siswa. Kritik sosial yang dianggap sebagai lumrah, ini bisa membuat kehidupan anak-anak hancur.

Setelah membaca pemaparan karakternya di atas, apakah kamu tertarik untuk menonton filmnya? Kalau iya, jangan lupa untuk membaca sinopsis dan reviewnya, hanya di Bacaterus.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram