bacaterus web banner retina

15 Pemeran Film Amsterdam, Bertabur Bintang Papan Atas Hollywood

Ditulis oleh Dhany Wahyudi

David O. Russell telah menjadi salah satu sutradara papan atas di perfilman Hollywood sejak kesuksesannya mengarahkan film The Fighter (2010) yang masuk sebagai nominasi Oscar. Bahkan beberapa film setelahnya bisa dia antarkan pula ke panggung Oscar.

Dengan prestasi ini, tentunya banyak aktor dan aktris yang ingin bermain di film besutannya. Dan hal ini terbukti dengan film Amsterdam yang penuh sesak dengan para bintang top Hollywood. Bukan hanya satu atau dua saja, tapi seluruh karakter di film ini diperankan oleh para bintang.

Penasaran dengan deretan siapa saja yang bermain di film ini? Artikel berikut akan menuntaskan rasa penasaran kalian dengan pembahasan karakter serta pemeran yang membawakannya.

Baca juga: Sinopsis & Review Amsterdam, Terlibat Konspirasi Politik yang Pelik

1. Burt Berendsen (Christian Bale)

Burt Berendsen (Christian Bale)

Burt Berendsen adalah seorang dokter yang mendedikasikan dirinya untuk penyembuhan seluruh pasiennya, bahkan pada saat dia tidak memiliki tempat untuk membuka praktik.

Dia juga adalah seorang veteran perang yang dimasukkan wajib militer oleh keluarga istrinya yang tidak suka kepadanya. Akibat ledakan bom di medan perang, dia memiliki luka permanen di tubuhnya dan bola matanya lepas sebelah.

Persahabatannya dengan Valerie dan Harold sangat erat saat mereka di Amsterdam, sebelum akhirnya Burt memilih untuk kembali ke Amerika demi istrinya.

Namun sayangnya, dia seolah tidak dipedulikan oleh istri yang sangat dia harapkan cintanya. Hatinya kemudian tertambat pada ahli forensik Irma yang membantunya menyelidiki kasus pembunuhan Elizabeth.

Karena jasanya, dia mendapat tempat di hati para veteran yang sudah diobatinya selama ini. Dan dia menjadi sosok penting pada acara tahunan yang diselenggarakan oleh para veteran dimana dia memotivasi mereka untuk tampil di panggung.

Dia sangat gigih untuk menyelidiki kelompok yang melakukan pembunuhan kepada Elizabeth dan ayahnya, bahkan hingga dia dituduh sebagai pelakunya. Tapi hubungan baiknya dengan Detektif Lem membuat statusnya ditangguhkan hingga dia bisa menyelesaikan investigasinya.

Tidak ada yang meragukan kualitas akting Christian Bale. Dia adalah salah satu aktor papan atas yang selalu total dalam membawakan karakternya. Di film ini, kita cukup merasa kasihan melihatnya diacuhkan oleh istri dan keluarganya.

Tapi kita pun sangat kagum kepada dedikasinya sebagai dokter. Dia mencoba terlebih dahulu obat baru yang akan diberikan kepada pasiennya, walau itu membuatnya pingsan berkali-kali. Cukup lucu, apalagi setiap kali jatuh satu bola matanya selalu terlepas.

2. Valerie Voze (Margot Robbie)

Valerie Voze (Margot Robbie)

Valerie Voze adalah seorang perawat yang terjun ke medan perang untuk mengobati para tentara yang terluka. Dari sinilah persahabatannya dengan Burt dan Harold bermula. Dia mencintai Harold tapi meninggalkannya pergi tanpa jejak.

Ternyata dia adalah adik dari Tom dan bertemu kembali dengan dua sahabatnya itu di Amerika. Dia adalah orang yang meminta Elizabeth untuk menghubungi Burt dan Harold untuk menyelidiki kematian ayahnya.

Di acara veteran, dia berinisiatif merekam semua yang terjadi di pesta itu, termasuk sosok para pemimpin Council of Five yang salah satunya adalah kakaknya sendiri.

Margot Robbie tampil apik dan cantik di film ini. Sekilas ada kemiripan antara Valerie dan Harley Quinn, karakter anti-hero yang dia bawakan di film-film DC Extended Universe. Salah satunya adalah karakter yang eksentrik dan tampak menakutkan ketika marah.

3. Harold Woodsman (John David Washington)

Harold Woodsman (John David Washington)

Harold Woodsman adalah seorang pengacara yang menyelesaikan sekolah hukumnya sepulang dari perang. Dia adalah salah satu tentara dibawah komando Burt yang kemudian menjadi sahabat dekatnya.

Kematian Bill Meekins membuat dia dan Burt melakukan penyelidikan yang justru membuat mereka menjadi tertuduh pembunuhan Elizabeth, putri Bill.

Dia adalah orang yang selalu tenang dalam setiap situasi, tapi menjadi gelisah setelah bertemu kembali dengan Valerie. Cintanya bersemi kembali di antara penyelidikan dan ancaman yang menyerang mereka.

John David Washington adalah aktor yang karirnya melejit dengan cepat. Namanya mulai dikenal seiring kesuksesan film BlacKkKlansman (2018) yang membawanya membintangi film arahan Christopher Nolan, Tenet (2020). Dan kini, dia tampil apik di film arahan David O. Russell yang juga salah satu sutradara yang disegani di Hollywood.

4. Milton King (Chris Rock)

Milton King (Chris Rock)

Milton King adalah teman Burt dan Harold yang membantu mereka dalam investigasi pembunuhan Bill dan Elizabeth. Dia sebenarnya lebih banyak berceloteh dibandingkan membantu dalam arti sebenarnya. Ucapan-ucapannya bernada pesimis namun cukup menggelitik jika disimak.

Chris Rock adalah komedian sekaligus aktor yang sering bermain di film-film komedi. Rasanya baru di film Spiral: From the Book of Saw (2021) saja dia berakting serius. Dan di film ini, karakternya berda di antara dua sisi, perannya serius tapi dengan dialog yang mengundang kelucuan.

Hanya saja perannya sangat minim tanpa penggalian karakter mendalam. Kabarnya, selama syuting film ini dia dijauhi oleh Christian Bale. Bukan karena mereka bertengkar, melainkan karena Chris Rock selalu melucu sehingga membuat Christian Bale sulit untu berakting.

5. Libby Voze (Anya Taylor-Joy)

Libby Voze (Anya Taylor-Joy)

Libby Voze adalah istri Tom yang sangat teratur dan suka memerintah. Semua harus terlihat sempurna di hadapannya. Dia tidak suka melihat Valerie tidak meminum obatnya dan pergi keluar bersama Harold.

Libby adalah istri yang sangat setia. Dia mengikuti suaminya bahkan ketika Tom hendak melakukan kudeta kepada pemerintahan yang sah sekalipun.

Anya Taylor-Joy adalah aktris dengan potensi yang besar. Performanya tidak pernah mengecewakan di setiap film yang dia bintangi. Aktingnya di film ini cukup meyakinkan dan bisa membuat kita kesal dengan sikapnya yang terlalu formil.

6. Irma St. Clair (Zoe Saldana)

Irma St. Clair (Zoe Saldana)

Irma St. Clair adalah seorang ahli forensik yang membantu Burt melakukan autopsi pada jenazah Bill. Sayangnya, dalam perjalanan hendak memberikan hasilnya kepada Burt, dia diserang hingga tangannya patah. Dia menaruh hati kepada Burt yang ternyata disambut pula olehnya.

Zoe Saldana adalah aktris yang namanya selalu berada di papan atas karena dia selalu terlibat dalam proyek film besar dimana dia selalu tampil mengesankan di dalamnya. Begitu pula di film ini. Karakternya yang cekatan namun tenang mampu membuai pikiran dan hati Burt.

7. Paul Canterbury (Mike Myers)

Paul Canterbury (Mike Myers)

Paul Canterbury adalah agen MI6 yang membantu Burt dan teman-temannya dalam mengungkap kelompok Council of Five. Bersama rekannya, Henry, dia merancang keamanan bagi Gil di acara veteran sekaligus menangkap para pemimpin kelompok ini.

Selain sebagai agen intelijen, dia juga adalah seorang penjual kaca mata. Mike Myers adalah aktor sekaligus komedian yang merupakan alumni Saturday Night Live.

Di film ini perannya sangat kecil dan juga mudah dilupakan. Karakternya ditampilkan dengan maksud hanya untuk mengundang kelucuan, tapi sayangnya lelucon yang dia lemparkan tidak mampu memancing tawa.

8. Henry Norcross (Michael Shannon)

Henry Norcross (Michael Shannon)

Henry Norcross adalah agen intelijen Angkatan Laut Amerika. Dia adalah rekan Paul dalam tugas spionase. Mereka juga memiliki usaha kaca mata bersama.

Ketika diminta untuk mengungkap Council of Five, dia dengan tangan terbuka membuka jalan dan menyiapkan semua rencana. Mulai dari pengamanan Gil yang akan berpidato hingga menangkap para pimpinan kelompok fasis tersebut.

Michael Shannon adalah salah satu aktor yang produktif di perfilman Hollywood. Dia tidak hanya bermain di film-film produksi besar saja, tapi juga tidak segan bermain di film-film indie yang bahkan tidak tayang di bioskop juga platform streaming. Performanya cenderung biasa dan mudah dilupakan. Semua karena perannya tidak cukup penting di film ini.

9. Tarim Milfax (Timothy Olyphant)

Tarim Milfax (Timothy Olyphant)

Tarim Milfax adalah seorang pembunuh bayaran yang dibayar oleh Council of Five untuk membunuh Bill dan Elizabeth. Dia juga adalah orang yang pertama kali menuduh Burt dan Harold sebagai pembunuh Elizabeth.

Dari ancamannya kepada Burt dan Harold, mereka tahu adanya kelompok Council of Five. Dia nyaris juga membunuh Gil saat pidato di acara veteran.

Timothy Olyphant memang cocok memerankan karakter antagonis. Aktingnya tidak begitu terlihat, apalagi durasi bermainnya hanya sedikit, meski karakternya ada sejak awal film hingga ke akhirnya.

10. Beatrice Vandenheuvel (Andrea Riseborough)

Beatrice Vandenheuvel (Andrea Riseborough)

Beatrice adalah istri Burt yang tidak bisa mandiri dan selalu berada dalam pengaruh orang tuanya. Dia terlihat tidak cinta dan perhatian kepada Burt setelah kembali dari perang. Tapi analisanya terhadap secarik kertas yang ditemukan Harold di dompet Elizabeth cukup membantu investigasi mereka.

Sebenarnya untuk karakter sekecil ini, tidak membutuhkan aktris sekelas Andrea Riseborough. Tapi walau hanya tampil sepintas, dia memiliki satu adegan yang menampilkan kualitas aktingnya, dimana dia bisa tampil emosional sekaligus lucu.

11. Elizabeth Meekins (Taylor Swift)

Elizabeth Meekins (Taylor Swift)

Elizabeth adalah putri dari Bill Meekins yang meminta Burt dan Harold untuk menyelidiki kematian ayahnya. Dia terlihat sangat cemas setelah membatalkan janji temu dengan Burt dan Harold yang kemudian membuatnya tewas tertabrak mobil.

Taylor Swift tidak memiliki waktu yang banyak untuk menampilkan aktingnya di film ini. Karakternya hanya hadir secara singkat saja tanpa meninggalkan kesan berarti. Padahal dari permintaan Elizabeth inilah kisah bermula.

12. Detective Lem Getwiller (Matthias Schoenaerts)

Detective Lem Getwiller (Matthias Schoenaerts

Lem Getwiller adalah detektif yang ditugaskan untuk mengusut kasus kematian Elizabeth. Bersama rekannya, mereka hendak menangkap Burt atas tuduhan pelaku pembunuhan.

Tapi karena mereka adalah teman semasa perang, Lem memberikan kelonggaran agar Burt bisa menyelesaikan investigasinya terlebih dahulu.

Matthias Schoenaerts tampil berkharisma sebagai seorang detektif. Hanya saja karakternya tipis dan menjadi komikal di akhir film. Perpaduannya dengan Alessandro Nivola dimaksudkan untuk mengundang kelucuan, tapi sepertinya mereka gagal.

13. Detective Hiltz (Alessandro Nivola)

Detective Hiltz (Alessandro Nivola)

Hiltz adalah detektif yang menjadi rekan Lem dalam mengusut kasus kematian Elizabeth. Dia baru kali ini bertugas, tapi tingkahnya seolah adalah detektif berpengalaman.

Dugaan kasarnya selalu meleset. Karakter yang diperankan oleh Alessandro Nivola ini sebenarnya hanya untuk memancing kelucuan, tapi eksekusinya terasa serba tanggung.

14. Tom Voze (Rami Malek)

Tom Voze (Rami Malek)

Tom Voze adalah seorang pengusaha kaya yang juga menjadi salah satu pimpinan Council of Five. Dia dengan pintar membuat Burt dan Harold membujuk Gil agar mau berpidato di acara veteran yang akan menyuguhkan propaganda kelompoknya. Niat mereka hanya satu, yaitu melakukan kudeta dan membuat Amerika menjadi negara fasis.

Sebagai aktor kelas Oscar, akting Rami Malek tidak perlu diragukan lagi. Dia sukses membawakan karakter yang penuh misteri dan baru terungkap jati diri sesungguhnya di akhir film.

15. Gil Dillenbeck (Robert De Niro)

Gil Dillenbeck (Robert De Niro)

Gil Dillenbeck adalah seorang veteran yang dihormati di dunia militer. Pengaruhnya yang kuat hendak digunakan oleh Council of Five untuk menggulingkan kekuasaan yang sah.

Dia akan dijadikan diktator fasis seperti Hitler dan Mussolini di Eropa. Tapi jiwa patriotismenya begitu besar sehingga dia tetap membela kedaulatan negaranya.

Robert De Niro adalah aktor yang pantas untuk memerankan karakter yang diambil dari sosok seorang tokoh nyata, Smedley Butler. Kharismanya yang besar dan gaya bicaranya yang tenang sangat mencerminkan sosok tokoh yang penuh wibawa.

Itulah 15 aktor dan aktris yang menjadi bintang di film Amsterdam. Meski tidak semua mendapat menit bermain yang cukup, namun ada yang berhasil memanfaatkannya dengan baik, ada juga yang tidak berkesan. Sayangnya keunikan para karakternya tidak bisa dimaksimalkan oleh naskah yang kurang mendalam.

Meski begitu, film ini tetap layak untuk ditonton. Sayang apabila kita melewatkan parade bintang yang berakting di dalamnya. Jangan sampai dilewatkan, ya!

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram