15 Pemeran Film Amsterdam, Bertabur Bintang Papan Atas Hollywood

Ditulis oleh Dhany Wahyudi

David O. Russell telah menjadi salah satu sutradara papan atas di perfilman Hollywood sejak kesuksesannya mengarahkan film The Fighter (2010) yang masuk sebagai nominasi Oscar. Bahkan beberapa film setelahnya bisa dia antarkan pula ke panggung Oscar.

Dengan prestasi ini, tentunya banyak aktor dan aktris yang ingin bermain di film besutannya. Dan hal ini terbukti dengan film Amsterdam yang penuh sesak dengan para bintang top Hollywood. Bukan hanya satu atau dua saja, tapi seluruh karakter di film ini diperankan oleh para bintang.

Penasaran dengan deretan siapa saja yang bermain di film ini? Artikel berikut akan menuntaskan rasa penasaran kalian dengan pembahasan karakter serta pemeran yang membawakannya.

Baca juga: Sinopsis & Review Amsterdam, Terlibat Konspirasi Politik yang Pelik

1. Burt Berendsen (Christian Bale)

Burt Berendsen (Christian Bale)

Burt Berendsen adalah seorang dokter yang mendedikasikan dirinya untuk penyembuhan seluruh pasiennya, bahkan pada saat dia tidak memiliki tempat untuk membuka praktik.

Dia juga adalah seorang veteran perang yang dimasukkan wajib militer oleh keluarga istrinya yang tidak suka kepadanya. Akibat ledakan bom di medan perang, dia memiliki luka permanen di tubuhnya dan bola matanya lepas sebelah.

Persahabatannya dengan Valerie dan Harold sangat erat saat mereka di Amsterdam, sebelum akhirnya Burt memilih untuk kembali ke Amerika demi istrinya.

Namun sayangnya, dia seolah tidak dipedulikan oleh istri yang sangat dia harapkan cintanya. Hatinya kemudian tertambat pada ahli forensik Irma yang membantunya menyelidiki kasus pembunuhan Elizabeth.

Karena jasanya, dia mendapat tempat di hati para veteran yang sudah diobatinya selama ini. Dan dia menjadi sosok penting pada acara tahunan yang diselenggarakan oleh para veteran dimana dia memotivasi mereka untuk tampil di panggung.

Dia sangat gigih untuk menyelidiki kelompok yang melakukan pembunuhan kepada Elizabeth dan ayahnya, bahkan hingga dia dituduh sebagai pelakunya. Tapi hubungan baiknya dengan Detektif Lem membuat statusnya ditangguhkan hingga dia bisa menyelesaikan investigasinya.

Tidak ada yang meragukan kualitas akting Christian Bale. Dia adalah salah satu aktor papan atas yang selalu total dalam membawakan karakternya. Di film ini, kita cukup merasa kasihan melihatnya diacuhkan oleh istri dan keluarganya.

Tapi kita pun sangat kagum kepada dedikasinya sebagai dokter. Dia mencoba terlebih dahulu obat baru yang akan diberikan kepada pasiennya, walau itu membuatnya pingsan berkali-kali. Cukup lucu, apalagi setiap kali jatuh satu bola matanya selalu terlepas.

2. Valerie Voze (Margot Robbie)

Valerie Voze (Margot Robbie)

Valerie Voze adalah seorang perawat yang terjun ke medan perang untuk mengobati para tentara yang terluka. Dari sinilah persahabatannya dengan Burt dan Harold bermula. Dia mencintai Harold tapi meninggalkannya pergi tanpa jejak.

Ternyata dia adalah adik dari Tom dan bertemu kembali dengan dua sahabatnya itu di Amerika. Dia adalah orang yang meminta Elizabeth untuk menghubungi Burt dan Harold untuk menyelidiki kematian ayahnya.

Di acara veteran, dia berinisiatif merekam semua yang terjadi di pesta itu, termasuk sosok para pemimpin Council of Five yang salah satunya adalah kakaknya sendiri.

Margot Robbie tampil apik dan cantik di film ini. Sekilas ada kemiripan antara Valerie dan Harley Quinn, karakter anti-hero yang dia bawakan di film-film DC Extended Universe. Salah satunya adalah karakter yang eksentrik dan tampak menakutkan ketika marah.

3. Harold Woodsman (John David Washington)

Harold Woodsman (John David Washington)

Harold Woodsman adalah seorang pengacara yang menyelesaikan sekolah hukumnya sepulang dari perang. Dia adalah salah satu tentara dibawah komando Burt yang kemudian menjadi sahabat dekatnya.

Kematian Bill Meekins membuat dia dan Burt melakukan penyelidikan yang justru membuat mereka menjadi tertuduh pembunuhan Elizabeth, putri Bill.

Dia adalah orang yang selalu tenang dalam setiap situasi, tapi menjadi gelisah setelah bertemu kembali dengan Valerie. Cintanya bersemi kembali di antara penyelidikan dan ancaman yang menyerang mereka.

John David Washington adalah aktor yang karirnya melejit dengan cepat. Namanya mulai dikenal seiring kesuksesan film BlacKkKlansman (2018) yang membawanya membintangi film arahan Christopher Nolan, Tenet (2020). Dan kini, dia tampil apik di film arahan David O. Russell yang juga salah satu sutradara yang disegani di Hollywood.

4. Milton King (Chris Rock)

Milton King (Chris Rock)

Milton King adalah teman Burt dan Harold yang membantu mereka dalam investigasi pembunuhan Bill dan Elizabeth. Dia sebenarnya lebih banyak berceloteh dibandingkan membantu dalam arti sebenarnya. Ucapan-ucapannya bernada pesimis namun cukup menggelitik jika disimak.

Chris Rock adalah komedian sekaligus aktor yang sering bermain di film-film komedi. Rasanya baru di film Spiral: From the Book of Saw (2021) saja dia berakting serius. Dan di film ini, karakternya berda di antara dua sisi, perannya serius tapi dengan dialog yang mengundang kelucuan.

Hanya saja perannya sangat minim tanpa penggalian karakter mendalam. Kabarnya, selama syuting film ini dia dijauhi oleh Christian Bale. Bukan karena mereka bertengkar, melainkan karena Chris Rock selalu melucu sehingga membuat Christian Bale sulit untu berakting.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram