bacaterus web banner retina

10 Pemeran Alice in Wonderland: Through the Looking Glass

Alice in Wonderland: Through the Looking Glass adalah sekuel dari film Alice in Wonderland yang dirilis tahun 2010. Film yang berkisah tentang petualangan Alice di dunia nyata dan Underland ini disutradarai adalah James Bobin yang pernah menggarap seri film The Muppets.

Sekuelnya ini masih dibintangi oleh aktor dan aktris yang tampil pada prekuelnya dulu, seperti Johnny Depp dan Mia Wasikowska. Beberapa pemeran baru di antaranya Sacha Baron Cohen, Rhys Ifans, Wally Wingert, Matt Vogel, Ed Speleers, Andrew Scott serta masih banyak lagi.

Kalau penasaran, yuk baca dulu ulasan berikut tentang para pemeran Alice Through the Looking Glass ini!

1. Mia Wasikowska (Alice Kingsleigh)

pemeran-alice-through-the-looking-glass-1_

Artis asal Australia ini sebelumnya dipercaya untuk memerankan karakter Alice dalam prekuel Alice in Wonderland yang dirilis tahun 2010. Di Alice Through the Looking Glass yang dirilis tahun 2016 ini, Mia kembali berperan sebagai Alice. Kali ini Alice sudah berhasil menjadi seorang kapten kapal.

Diceritakan Alice bersama krunya akan pulang ke London. Namun, saat berada di Selat Malaka, kapalnya diserang oleh para bajak laut Melayu. Dengan kelihaian dan kepintarannya, Alice berhasil membawa kapalnya selamat dari kejaran para bajak laut. Kapal Wonder milik ayahnya pun kembali ke London dengan selamat.

Alice yang bersemangat dengan petualangannya tersebut berniat untuk bertemu dengan Lord Ascot (Tim Pigott-Smith) untuk membahas tentang pelayaran selanjutnya.

Namun James Harcourt (Ed Speleers), pegawai Lord Ascot, memberitahukan kalau Lord Ascot sudah meninggal. Kini perusahaan ini dipegang oleh anaknya yang bernama Hamish (Leo Bill).

Ketika bertemu Hamish di pesta yang diadakan keluarga Ascot, Alice terkejut karena Hamish mengatakan kalau dirinya bukan lagi seorang kapten. Dia hanya ditawari untuk menjadi sekretaris di perusahaan milik Lord Ascot tersebut. Alice bertambah berang ketika diberitahu kalau ibunya sudah menggadaikan rumahnya untuk kapal Wonder. 

Alice kemudian bertemu Absolem (Alan Rickman, pengisi suara) yang membawanya ke dunia Underland. Di sana dia diberi kabar kalau Tarrant alias The Mad Hatter (Johnny Depp) sakit.

Alice kemudian diberitahu oleh Mirana, White Queen, cara untuk membantu Tarrant. Dia harus bisa mendapatkan Chronosphere dari Time (Sacha Baron Cohen) untuk melakukan time-travel.

Setelah sukses mendapatkan chronosphere dari Time, perjuangan Alice untuk membantu Tarrant dihalangi oleh Iracebeth, the Red Queen (Helena Bonham Carter). Ternyata keluarga Tarrant ditahan oleh The Red Queen. Mereka dibuat jadi mini.

Namun berkat kegigihannya, akhirnya Alice bisa membantu melepaskan kutukan The Red Queen sehingga keluarga Hightopp bisa kembali normal. 

2. Johnny Depp (Tarrant Hightopp/the Mad Hatter)

pemeran-alice-through-the-looking-glass-2_

Di Alice in Wonderland: Through the Looking Glass, Johnny Depp masih dipercaya untuk ikut berperan dalam film ini. Aktor yang sebelumnya membintangi film Edward Scissorhands dan Pirates of the Carribean ini berperan sebagai Tarrant Hightopp alias the Mad Hatter. Dia putera dari Zanik Hightopp, sang pembuat topi.

Suatu hari ketika bermain dengan Bayard (Timothy Spall, pengisi suara), Tarrant menemukan topi kecil buatannya yang dulu dibuang oleh ayahnya. Dia yakin kalau topi itu selamat, keluarganya juga selamat. Namun karena Alice tidak merespons baik apa yang dia percayai, Tarrant pun mengusir Alice. 

Sepeninggal Alice, keadaan Tarrant semakin parah. Namun dia kembali pulih saat Alice datang lagi dan memberitahu Tarrant kalau dirinya mempercayai Tarrant.

Sesudah sukses melakukan time-travel, Alice memberitahukan Tarrant kalau keluarganya ditahan oleh the Red Queen. Keduanya kemudian langsung menyambangi kastil the Red Queen.

Kebingungan mencari orang tuanya, Tarrant akhirnya menemukan mereka setelah melihat gambar topi. Ternyata orang tuanya disimpan di peternakan semut yang berada di dalam kaca.

Tarrant lalu berusaha menyelamatkan keluarganya, tapi dihadang oleh the Red Queen. Tarrant, Alice dan teman-temannya kemudian dimasukkan ke dalam tahanan. 


Setelah berhasil melarikan diri, Tarrant dan Alice pergi kasil Eternity milik Time. Akan tetapi semuanya sudah terlambat karena Underland kini diselimuti oleh karat.

Namun Alice akhirnya berhasil mengembalikan chronosphere dan karat itu pun menghilang. Keluarga Tarrant kembali dipulihkan ke wujud asal oleh the White Queen.

3. Helena Bonham Carter (Iracebeth/the Red Queen)

pemeran-alice-through-the-looking-glass-3_

Iracebeth atau the Red Queen kali ini berusaha untuk mendapatkan chronosphere yang dimiliki oleh pacarnya, Time. Sayangnya chronosphere itu sudah dicuri terlebih dulu oleh Alice.

Iracebeth ingin alat itu agar bisa membuktikan kalau adiknya Mirana alias the White Queen dulu telah berbohong. Dia ingin mendapatkan pengakuan itu dari mulut adiknya.

Akibat kejadian di masa lalu tersebut, kepalanya menjadi membesar. Itu terjadi ketika dia marah karena dituduh memakan kue oleh ibunya. Yang sebenarnya adalah kue itu dimakan oleh Mirana, adiknya.

Sang adik membuang remah kue ke bawah kasur Iracebeth. Karena marah, Iracebeth pun berlari keluar istana dan ketika lari, kepalanya terbentur. Akibatnya kepalanya pun membesar.

Dia pun diolok-olok oleh rakyatnya karena itu, termasuk Tarrant. Tak terima dengan ejekan tersebut, the Red Queen pun marah besar. Melihat perilakunya yang buruk, ayahnya tak lagi memilihnya sebagai penerus kerajaan. Iracebeth pun semakin marah. Dia kemudian meninggalkan istana dan tinggal di kastilnya. 

Dia juga balas dendam pada keluarga Hatter dengan menahan mereka dalam peternakan semut. Ketika berhasil menangkap Tarrant dan Alice, Iracebeth kemudian mengambil chronosphere dari Alice dan membawa serta adiknya ke masa lalu.

Pertemuan dirinya di masa sekarang dan di masa lalu membuat time paradox. Waktu pun membuat Underland diselimuti karat. 

Iracebeth akhirnya selamat setelah Alice berhasil menyimpan kembali chronosphere. Dia dan Mirana, adiknya, kemudian berbaikan.

4. Anne Hathaway (Mirana/the White Queen)

pemeran-alice-through-the-looking-glass-4_

Mirana alias the White Queen merupakan adik dari Iracebeth alias the Red Queen. Dia memberitahukan Alice kalau Tarrant tidak dalam keadaan baik. Untuk membantu Tarrant, Mirana menyarankan Alice untuk mengambil chronosphere dari Time dan melakukan perjalanan ke masa lalu.

Berkat time-travel itu diketahui kalau Mirana dulu berbohong sehingga Iracebeth marah dan lari dari istana. Ketika lari, Iracebeth terjatuh dan terantuk kepalanya sehingga menjadi besar. Ketika kakaknya berhasil menemukannya, mereka berdua akhirnya melakukan perjalanan ke masa lalu. Kakaknya membawa dia ke waktu saat dia berbohong. 

Akibat Mirana tidak mau mengatakan yang sebenarnya, kakaknya akhirnya berteriak pada Mirana yang ada di masa lalu. Maka terjadilah time paradox dan Underland pun dikuasai karat.

Untung Alice berhasil menyelamatkan keadaan. Setelah mereka selamat, Mirana pun mengakui pada Iracebeth kalau dia sudah berbohong. Akhirnya mereka pun berbaikan.

5. Sacha Baron Cohen (Time) 

pemeran-alice-through-the-looking-glass-5_

Time yang diperankan oleh Sacha Baron Cohen adalah penguasa waktu. Dia berwujud setengah manusia, setengah jam. Tugasnya yaitu mengurus waktu tiap penduduk Underland. Suatu hari istananya kedatangan tamu yang tak diundang, yaitu Alice. 

Ketika Alice mengatakan maksudnya untuk meminjam chronosphere, Time menolaknya. Namun tanpa sepengetahuan dirinya, Alice berhasil mencurinya.

Menyadari perbuatan Alice, Time berusaha untuk menangkap Alice, tapi selalu gagal. Hingga akhirnya, karat berhasil menguasai Underland dan dia pun berhenti berfungsi. Time kembali hidup saat Alice berhasil mengembalikan chronosphere

6. Rhys Ifans (Zanik Hightopp)

pemeran-alice-through-the-looking-glass-6_

Ayah Tarrant Hightopp yang bernama Zanik Hightopp ini adalah seorang pembuat topi. Suatu hari dia dipercaya oleh keluarga kerajaan untuk memasangkan mahkota pada Iracebeth.

Namun Zanik tidak berhasil memasangkan mahkota itu karena kepala Iracebeth yang besar. Situasi ini memicu kelucuan dan yang pertama kali tertawa adalah anaknya sendiri, Tarrant. Tentu saja dia marah sekali.

Dia sampai mengatakan kalau Tarrant selalu membuatnya kecewa, ini membuat anaknya sedih dan meninggalkan rumah. Saat Alice melakukan time-travel ke masa lalu, terungkap fakta bahwa dulu Zanik sempat membuang topi pemberian Tarrant. Namun ternyata topi itu dia ambil kembali dan selalu dia simpan. 

Sebenarnya dia bangga dan mencintai Tarrant. Hal itu dia ungkapkan saat selamat dari kutukan the Red Queen. Keduanya kembali berbaikan.

7. Lindsay Duncan (Helen Kingsleigh)

pemeran-alice-through-the-looking-glass-7_

Helen Kingsleigh yang diperankan oleh Lindsay Duncan merupakan seorang ibu yang menginginkan anaknya untuk mengikuti standar masyarakat umum. Dia ingin Alice berhenti menjadi kapten kapal dan menetap seperti kebanyakan perempuan lainnya.

Namun ternyata Alice tidak setuju dengan keinginannya. Alice juga marah padanya karena dirinya akan menjual kapal Wonder.

Ketika dia hampir menandatangani perjanjian jual beli kapal Wonder, Alice muncul. Awalnya dia berpikir Alice akan melarangnya. Namun, Alice malah menyuruh dirinya untuk menandatangani surat perjanjian tersebut karena bagi Alice, Helen lebih penting dari kapal. 

Helen pun urung menandatangani perjanjian tersebut saat mendengar komentar dari Hamish tentang Alice. Dia mengatakan pada Hamish, kalau Alice bisa menjadi siapa pun yang diinginkannya. Setelah itu dia merobek surat perjanjian dan pergi meninggalkan ruangan tersebut.

8. Leo Bill (Hamish Ascot)

pemeran-alice-through-the-looking-glass-8_

Karakter Hamish Ascot masih diperankan oleh Leo Bill. Setelah ditolak lamarannya oleh Alice di prekuel dari film ini, Hamish akhirnya menikah dengan Alexandra. Dia juga menjadi pewaris perusahaan setelah ayahnya, Lord Ascot, meninggal. Hamish terkejut saat Alice datang di pestanya karena dia tidak mengundang Alice. 

Ketika Alice mengutarakan masalah pelayaran selanjutnya, Hamish langsung memberitahukan kalau Alice bukan lagi seorang kapten. Dia hanya akan memberikan jabatan sebagai seorang sekretaris pada Alice yang ditolak oleh Alice.

Setelah Alice menghilang dari pertemuan dan pergi ke Underland, Hamish kembali mencoba mendapatkan kapal Wonder milik ayah Alice. Dia meminta Helen, ibu Alice, untuk menandatangani surat perjanjian penyerahan kapal. Namun dia kembali gagal mendapatkan perjanjian tersebut karena ibu Alice menolak menandatangani surat perjanjian tersebut. 

9. Hattie Morahan (Queen Elsemere)

pemeran-alice-through-the-looking-glass-9_

Ibu dari Mirana dan Iracebeth ini diperankan oleh Hattie Morahan. Sewaktu kedua anaknya masih kecil, Hattie menuduh Iracebeth memakan kue karena dia menemukan remah-remah di bawah tempat tidur Iracebeth.

Meski Iracebeth mengatakan dirinya tidak memakan kue itu, tapi Hattie tidak mempercayainya. Dia lebih percaya pada perkataan Mirana yang ternyata berbohong.

Karena itulah Iracebeth melarikan diri dari istana dan terjatuh hingga kepala Iracebeth membesar. Setelah kedua anaknya dewasa, dia tetap tak pernah membela Iracebeth atau mencoba mengerti anaknya tersebut. Hingga akhirnya, Iracebeth pun tumbuh menjadi seorang pembenci.

10. Ed Speleers (James Harcourt)

pemeran-alice-through-the-looking-glass-10_

James yang diperankan oleh Ed Speleers ini merupakan pegawai Lord Ascot. Dia begitu ramah kepada Alice. Ketika Alice pulang dari pelayarannya, dia menyambut Alice. Sayangnya dia harus memberikan kabar buruk pada Alice tentang kematian Lord Ascot.

Saat melihat Alice datang ke pesta Hamish, dia tetap tidak mengusir Alice meskipun Alice tidak diundang. Dia malah membantu Alice untuk bertemu dengan Hamish. James termasuk orang yang tidak setuju dengan perlakuan Hamish pada Alice saat Hamish mengolok-olok Alice.

Ketika ibu Alice hendak menandatangani surat perjanjian penyerahan kapal Wonder, James sengaja mengulur-ngulur waktu. Begitu Alice datang, dia pun terlihat senang. Dia bertambah senang ketika ibu Alice membatalkan perjanjian penandatanganan dan merobek surat perjanjian tersebut.

Cerita sekuel dari Alice in Wonderland (2010) ini melenceng dari novelnya. Maka tak mengherankan banyak kritikus yang membahas hal tersebut. Namun meski demikian, film ini tetap menyuguhkan visual yang bagus dan menarik untuk ditonton.

Setelah mengetahui para pemeran Alice in Wonderland: Through the Looking Glass, apakah kamu tertarik untuk menyaksikan film ini? Menurutmu, apakah akting Johnny Depp di film ini sebagus aktingnya di seri film Pirates of the Caribbean?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram