bacaterus web banner retina

10 Pemeran Penting dalam Film Akhirat: A Love Story (2021)

Menjadi salah satu film yang mewakili para pejuang cinta beda keyakinan, Akhirat: A Love Story (2021) memang cocok ditonton bareng pasangan. Film ini mengisahkan perjuangan Mentari dan Timur saat mereka merasakan dilema, apakah harus memilih hidup atau mati.

Premis ini diceritakan dengan alur yang sederhana, tapi bisa mengalirkan emosi kepada para penontonnya. Adipati Dolken dan Della Dartyan berhasil memerankan karakter masing-masing dengan sangat baik.

Apalagi luapan emosi mereka dalam film ini, membuat para penonton ikut baper melihat akhir kisah mereka. Selain itu, karakter roh lainnya juga tidak kalah menarik lho, mereka memiliki kisah dan kepribadian yang berbeda-beda.

Sebelum menonton filmnya, ada baiknya untuk mengenal beberapa karakter penting yang ada dalam film Akhirat: A Love Story (2021). Biar nggak penasaran lagi, kamu bisa membaca penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini.

Baca Juga: Sinopsis & Review Akhirat: A Love Story, Cinta Sejoli di Akhirat

1. Adipati Dolken (Timur Nayoan)

Adipati Dolken (Timur Nayoan)

Hanya hidup bersama adik laki-laki dan ibunya saja, Timur memiliki sifat yang sangat lembut terutama pada wanita. Hal inilah yang membuatnya bisa begitu dicintai oleh Mentari, karena Timur penuh kasih sayang dan begitu menghormati perempuan.

Memang hubungan asmaranya dengan Mentari tidaklah mudah, pasalnya mereka harus menyembunyikan hal ini dari semua orang.

Kisah cinta Timur dan Mentari terhalangi oleh sesuatu yang sangat besar, yaitu kepercayaan yang berbeda. Keduanya memilih untuk backstreet, hingga suatu hari Timur tidak bisa lagi menahan rasa cemburunya saat melihat Mentari bersama pria lain.

Hari itu, Timur nekat untuk datang ke acara anniversary pernikahan orang tua Mentari. Namun hal paling sulit untuk dilakukannya adalah ketika ia mengetahui sang ibu tidak merestui hubungannya dengan Mentari.

Hal inilah yang mengganjal dalam hati dan pemikiran Timur, bahkan saat ia dan sang kekasih terjebak di “Akhirat”. Namun di tempat itu juga Timur berpikir, ada harapan bagi mereka untuk hidup bahagia selamanya tanpa terbelenggu apapun.

Sesuai yang dikatakan oleh banyak roh, Timur berpikir untuk merelakan kehidupan fana demi bisa bersama Mentari di akhirat.

Namun pilihannya justru membuat sang kekasih merasa bimbang, tapi Timur tidak pernah menyadari hal ini sedikitpun. Saat Mentari jujur padanya, Timur dilanda rasa gundah, apakah ia tetap memaksakan egonya atau membiarkan Mentari dengan pilihannya.

2. Della Dartyan (Mentari Soenaryo)

Della Dartyan (Mentari Soenaryo)

Mentari Seonaryo adalah putri dari keluarga muslim yang sangat taat dan bisa dikatakan hidup berkecukupan. Melihat situasi keluarganya, Mentari sepakat untuk menyembunyikan hubungan asmaranya dengan Timur.

Namun semuanya tidak terkendali, saat pria itu tiba-tiba datang ke perayaan anniversary pernikahan orang tuanya. Keesokan harinya Mentari mendapatkan nasihat dan mandat dari ibunya, bahwa Timur bukanlah imam yang cocok dengannya.

Mentari menyadari, bahwa perbedaannya dengan Timur memang sangat serius dan sensitif. Tapi cintanya pada Timur tidak bisa dihilangkan begitu saja, bagaimanapun juga ia tetap ingin memperjuangkan cintanya.

Di akhirat pun demikian, Mentari tetap ingin hidup bersama dengan Timur apapun yang terjadi. Namun saat melihat kesedihan di mata kedua orang tuanya, hati mentari mulai goyah.

Perempuan ini tidak kuasa untuk meninggalkan kedua orang tuanya, hanya demi keegoisannya sendiri. Tapi di sisi lain ada Timur, yang sudah menyerahkan kehidupan fananya demi bisa bersamanya di akhirat.

3. Verdi Solaiman (Han Kim Wang)

Verdi Solaiman (Han Kim Wang)

Sudah lama meninggal dan kini hidup sebagai arwah, Wang harus menerima keputusan sang istri. Setelah sekian lama mereka hidup sebagai arwah, sang istri memutuskan untuk pergi ke alam selanjutnya.

Sebenarnya hal ini sangat sulit untuk Wang, tapi ada janji yang harus ia tepati hingga akhir. Pria ini ingin menjaga dan memperhatikan putranya yang mengalami cacat, meski sudah berbeda alam.

Bagi Wang, menjaga putra pertamanya adalah tanggung jawab yang harus tetap dilaksanakan meski ia sudah tidak lagi hidup di dunia.

Apapun yang dikatakan oleh sang istri mengenai dirinya dan keegoisannya, bagi Wang semua itu tidak berguna. Berkat pria ini juga, akhirnya Timur bisa mengetahui pilihan apa yang akan diambilnya di akhirat ini.

4. Windy Apsari (Edith)

Windy Apsari (Edith)

Edith adalah hantu kedua yang ditemui oleh Timur dan Mentari di akhirat, perempuan ini terlihat selalu penuh semangat. Edith jugalah yang membawa Timur dan Mentari tinggal disebuah rumah milik pasangan Diah dan Herman.

Namun ada satu hal yang misterius dari sosoknya, Edith kerap pergi dengan alasan menikmati waktu pribadinya. Ternyata perempuan ini mengunjungi adiknya yang sedang terbaring sakit, inilah penebusan dari penyesalannya semasa hidup.

Menurut Edith, sewaktu ia hidup jarang sekali meluangkan waktu untuk adiknya, tapi sang adik selalu ada di sisinya hingga akhir. Makanya selama lebih dari 50 tahun, Edith selalu menemani sang adik meski ia hanya bisa melihatnya dari alam yang berbeda.

5. Ayu Dyah Pasha (Rahayu/Ibu Mentari)

Ayu Dyah Pasha (Rahayu)

Ibu Rahayu memang sosok ibu rumah tangga yang sangat tegas, berpendirian dan agamis, makanya semua anggota keluarga sangat takut padanya. Perempuan ini mengatur kehidupan semua orang, termasuk mencarikan jodoh untuk Mentari.

Saat tahu putrinya berhubungan dengan Timur yang berbeda keyakinan, perempuan ini jelas tidak bisa menerimanya. Kemarahannya memuncak, saat ia tidak kuat melihat kondisi Mentari yang terbaring tidak berdaya di ranjang rumah sakit.

Ibu Rahayu sempat marah besar dan menyalahkan ibu Selma, karena baginya Timur sudah membuat putrinya celaka. Namun tidak ada yang bisa dilakukannya selain ikhtiar, ia hanya berdoa agar putrinya bisa kembali padanya.

6. Willem Bevers (Ilham/Ayah Mentari)

Willem Bevers (Ilham)

Menjadi kepala keluarga, Bapak Ilham tidak menjadikannya dirinya sebagai sosok ayah dan suami yang patriarki. Justru ia dikenal sebagai sosok yang sangat sabar dan selalu bisa berpikiran jernih, terutama saat sang istri terpuruk melihat keadaan putrinya.

Pak Ilham hanya berdoa dan memberikan semangat pada sang istri, ia yakin putrinya akan kembali dan bisa mengerjakan buku ilustrasinya lagi.

7. Arswendi Nasution (Wahid/Kakek Mentari)

Arswendi Nasution (Wahid)

Kakek Wahid adalah sosok orang yang sangat menyayangi cucunya, makanya ia juga ikut terpukul saat Mentari dinyatakan koma.

Sebagai orang paling tua dalam keluarga, ia juga mengingatkan Rahayu untuk bisa berpikir jernih, karena situasi ini yang sama dirasakan oleh ibu Timur. Dalam perjalanannya menuju ke alam lain, Kakek Wahid sempat bertemu dengan cucunya dan memberikan saran.

Ia mengatakan bahwa dirinya tidak pernah takut dengan yang namanya kematian, bahkan ia sangat menantikan hal ini. Pasca sang istri wafat beberapa tahun yang lalu, keinginannya hanya segera bisa menyusul sang istri di alam lain.

8. Nungki Kusumastuti (Selma/Ibu Timur)

Nungki Kusumastuti (Selma)

Menjadi seorang single parent memang tidak mudah, tapi Ibu Selma berhasil membesarkan dua putranya dengan baik. Ia memiliki history pernikahan yang buruk bersama sang suami, karena mereka kerap cekcok di masa lalu.

Hal inilah yang ditakutkan akan terjadi pada Timur, jika sang putra tetap memaksakan hubungannya dengan Mentari. Ibu Selma khawatir, karena perbedaan keyakinan mereka saja sudah menjadi jurang pembeda. Apalagi hidup Timur dan Mentari sangat bertentangan, ia takut putranya akan menderita.

Tapi yang namanya penyesalan memang datang di akhir, pada akhirnya ia menyesalinya saat sang putra sudah koma. Ibu Selma sangat ingin meminta maaf pada putranya secara langsung, tapi takdir berkata lain.

9. Yayu Unru (Gotot) dan Tubagus Ali (Aria)

Yayu Unru (Gotot) dan Tubagus Ali (Aria)

Pak Gatot dan Aria adalah para penjaga gerbang menuju alam lain atau tempat peristirahatan para roh. Aria adalah penjaga gerbang bagi umat nasrani, di tangannya terdapat list siapa saja yang akan datang.

Sementara Pak Gatot adalah penjaga gerbang bagi umat muslim, yang juga memiliki list para roh. Tugas mereka menjemput dan mengantarkan para roh ke gerbang peristirahatan terakhir mereka.

10. Vonny Anggraini (Diah) dan Ravil Prasetya (Herman)

Vonny Anggraini (Diah) dan Ravil Prasetya (Herman)

Diah dan Herman adalah pasangan roh yang membuka rumah mereka untuk ditinggali oleh roh lain. Keduanya memiliki kisah cinta yang tragis semasa hidup, ketika mereka harus terpisah karena restu orang tua.

Herman memilih untuk bunuh diri di usianya yang masih muda, karena ia merasa patah hati saat Diah dinikahkan dengan pria lain.

Herman dengan setia menanti kehadiran Diah di akhirat, karena mereka memang sudah berjanji. Benar saja, beberapa puluh tahun kemudian Diah menyusul Herman dan hingga kini mereka bersatu lagi.

Di alam ini, Herman dan Diah memutuskan untuk menikah dan terus bersama untuk selamanya. Salah satu kekuatan yang ada dalam film Akhirat: A Love Story (2021) adalah berbagai side story yang penuh makna.

Setiap kisah dari para roh yang ada dalam film ini memiliki nilai, soal kesetiaan, pengorbanan dan mengikhlaskan. Berbagai pelajaran hidup dari berbagai kisah para roh, bisa menjadi sebuah pembelajaran untuk menyikapi hidup lebih baik lagi.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram