bacaterus web banner retina

10 Pemeran Film 3 Idiots dan Karakter yang Dimainkannya

3 Idiots merupakan film India keluaran tahun 2009 yang digarap oleh sutradara Rajkumar Hirani. Film yang diproduseri oleh Vidhu Vinod Chopra ini termasuk film India yang sukses secara internasional. Bahkan, 3 Idiots dinobatkan sebagai film dengan penghasilan tertinggi kala itu dan mendapatkan banyak pujian dari para penikmat film.

3 Idiots dibuat berdasarkan novel Five Point Someone karangan Chetan Bhagat. Film ini berfokus pada 3 sahabat bernama Rancho, Farhan, dan Raju, dalam menjalani kehidupan kuliah mereka di sekolah teknik. Dibalut dengan unsur komedi yang menyegarkan, film ini juga menyoroti berbagai isu penting, khususnya tentang sistem pendidikan.

3 Idiots sendiri menggandeng beberapa aktor dan aktris papan atas seperti Aamir Khan dan Kareena Kapoor. Selain mereka berdua, ada beberapa pemain lain dengan karakter yang tak kalah penting di dalam film. Mulai dari mahasiswa hingga orang tua yang mirip Hitler, ini dia 10 pemain dan karakter dalam film 3 Idiots.

1. Aamir Khan (Ranchhoddas "Rancho" Shamaldas Chanchad/ Phunsukh Wangdu)

pemeran-3-idiots-1_

Rancho (Aamir Khan) adalah mahasiswa di perguruan tinggi ternama Imperial College of Engineering (ICE). Selama kuliah, ia sekamar dengan 2 mahasiswa lainnya, Farhan dan Raju, yang nanti akan menjadi sahabat baiknya.

Rancho adalah pemuda yang penuh rasa ingin tahu, cerdas, dan selalu berpikir out of the box. Ia suka belajar, bukan menghafal pelajaran. Ia juga tidak mengejar nilai, melainkan ilmu.

Prinsip Rancho adalah seseorang harus mengejar kesempurnaan, bukan kesuksesan.  Prinsip itulah yang selalu ia ajarkan kepada dua sahabatnya, Farhan dan Raju. Di akhir film baru terungkap bahwa nama asli Rancho adalah Phunsukh Wangdu, seorang ilmuwan ternama yang memiliki ratusan hak paten dan diperebutkan oleh banyak perusahaan.

Saat kecil, ia sering dipanggil Chhote dan merupakan anak dari pelayan keluarga Chanchad. Karena kegemarannya belajar, ia dimanfaatkan oleh Rancho yang asli untuk mengerjakan PR atau masuk ke sekolah atas namanya.

Bahkan setelah ketahuan oleh ayah Rancho, Chhote tetap diizinkan sekolah dengan nama Rancho karena keluarga Chanchad hanya mengejar nilai/gelar.

Karakter Rancho sendiri diperankan oleh Aamir Khan. Aktor kelahiran 14 Maret 1965 tersebut juga dikenal sebagai sutradara dan produser film. Selama puluhan tahun berkarier di dunia hiburan, ia telah membintangi banyak film seperti Taare Zameen Par (2007), Ghajini (2008), Dhoom 3 (2013), PK (2014), dan Dangal (2016).

2. R. Madhavan (Farhan Qureshi)

pemeran-3-idiots-2_

Farhan adalah teman sekamar sekaligus sahabat baik Rancho. Sejak lahir, ia sudah ditakdirkan dan dituntut untuk menjadi sarjana teknik oleh keluarganya, terutama sang ayah. Padahal, Farhan lebih tertarik pada dunia fotografi. Ia suka sekali mengabadikan kehidupan hewan dengan kameranya dan bermimpi menjadi fotografer di alam liar.

Farhan sama sekali tidak berani menentang ayahnya dan mengikuti keinginannya untuk kuliah di ICE meskipun ia selalu berada di peringkat terendah. Namun berkat provokasi Rancho, Farhan untuk pertama kalinya berani mengeluarkan isi hatinya dan memohon pada sang ayah untuk mengizinkannya menjadi fotografer.

Seperti dugaan Rancho, karier Farhan pun lebih cemerlang di dunia fotografi ketimbang bekerja di bidang yang tak ia sukai. Farhan pun merasa sangat berterima kasih sekaligus kagum pada sosok Rancho.

Karena itu saat ada kesempatan untuk bertemu Rancho, ia berani melakukan apa saja, termasuk berpura-pura sakit jantung hingga membuat pesawat mendarat darurat.

Karakter ini diperankan oleh R. Madhavan, aktor kelahiran 1 Juni 1970 yang juga berprofesi sebagai penulis, sutradara, dan produser film. Berkarier sejak tahun 1990-an, Madhavan tercatat telah bermain di banyak film.

Beberapa karyanya antara lain Alaipayuthey (2000), Kannathil Muthamittal (2002), Rang De Basanti (2006), Yavarum Nalam (2009), dan Teen Patti (2010).

3. Sharman Joshi (Raju Rastogi)

pemeran-3-idiots-3_

Raju adalah teman sekamar dan sahabat Rancho yang tergolong religius, ia bahkan memakai banyak cincin jimat di jarinya.

Raju sendiri datang dari keluarga miskin dan ia merasa bertanggung jawab terhadap masa depan keluarganya setelah sang ayah pensiun dan sakit-sakitan. Karena itu Raju ingin lulus kuliah dengan nilai bagus agar mendapat pekerjaan dan penghasilan yang layak.

Raju sebenarnya menyukai ilmu teknik, namun nilainya selalu buruk dan berada di peringkat terbawah bersama Farhan. Menurut Rancho, Raju kesulitan belajar karena dihantui oleh rasa takut akan masa depan.

Nasib Raju makin terpuruk ketika ia ketahuan mabuk dan mengencingi rumah direktur ICE, Viru Sahastrabuddhe (Virus). Hal ini membuat Virus marah besar hingga Raju terancam dikeluarkan dari ICE.  Gara-gara hal ini pula Raju merasa tak kuat lagi hingga akhirnya memilih untuk bunuh diri dengan loncat dari jendela kantor Virus.

Beruntung nyawanya masih bisa selamat berkat pertolongan Rancho dan yang lainnya. Mendapat kesempatan hidup untuk yang kedua kalinya, ia pun menepati janjinya pada Rancho untuk meninggalkan rasa takutnya. Raju kemudian mengikuti wawancara kerja tanpa memakai cincin-cincin jimatnya dan lebih mengandalkan kejujuran.

Tokoh Raju Rastogi diperankan oleh Sharman Joshi, aktor kelahiran 28 April 1979 yang juga dikenal sebagai presenter televisi.

Setelah debut akting di tahun 1999 lewat film Godmother, Sharman Joshi terus menekuni dunia akting dan terlibat di banyak film, sebut saja Rang De Basanti (2006), Golmaal (2006), Life in a... Metro (2007), Ferrari Ki Sawaari (2012), dan Kaashi in Search of Ganga (2018).

4. Boman Irani (Viru Sahastrabuddhe/ Virus)

pemeran-3-idiots-4_

Viru Sahastrabuddhe lebih sering dipanggil Virus oleh para mahasiswa. Virus merupakan direktur ICE yang sangat kompetitif. Ia termasuk orang yang keras, tegas, sangat terorganisir, dan tidak mau membuang-buang waktu untuk hal yang tidak berguna.

Prinsipnya adalah ‘hidup merupakan kompetisi, kalau kau tidak berlari cepat, maka kau akan terinjak-injak’.

Prinsip dan cara Virus memimpin perguruan tingginya ternyata membuat banyak mahasiswa tertekan. Salah satunya adalah Joy Lobo yang akhirnya memilih bunuh diri. Tak hanya mahasiswanya, Virus juga telah 'membunuh' putranya sendiri setelah memaksanya masuk sekolah teknik.

Dari sekian banyak mahasiswa, ia paling membenci Rancho yang selalu mengkritiknya. Namun setelah Rancho menyelamatkan putrinya yang melahirkan secara darurat, Virus mulai melunak. Ia bahkan memberikan pulpen kebanggaannya pada Rancho sebagai tanda bahwa Rancho adalah mahasiswa paling cerdas dan pantas menerima pulpennya.

Karakter ini dimainkan oleh Boman Irani, aktor kelahiran 2 Desember 1959 yang juga menekuni profesi sebagai pengisi suara dan fotografer.

Sejak terjun ke dunia film di awal tahun 2000-an, ia sudah membintangi banyak film populer seperti Main Hoon Na (2004), Veer-Zaara (2004), Lage Raho Munna Bhai (2006), Don 2 (2011), PK (2014), dan Dilwale (2015).

5. Kareena Kapoor (Pia Sahastrabuddhe)

pemeran-3-idiots-5_

Pia merupakan mahasiswi kedokteran sekaligus anak bungsu dari Virus. Pia digambarkan sebagai gadis yang cantik dan pintar, ia juga bertunangan dengan seorang pria bernama Suhas yang memiliki pekerjaan mapan. Pia kemudian bertemu dengan Rancho di pernikahan kakaknya, dan sejak saat itu ia selalu bertemu dengan mahasiswa ayahnya tersebut.

Meski demikian, hubungan Pia dan Rancho sempat tidak akur karena Rancho selalu mengejek Suhas. Namun lambat laun Pia menyadari bahwa Rancho tidak sepenuhnya salah. Ia bahkan mulai mengagumi Rancho setelah melihat pemuda itu berusaha keras membawa ayah Raju berobat ke rumah sakit.

Pia pun mulai jatuh cinta pada Rancho. Tapi sejak Rancho lulus kuliah, keduanya tak pernah bertemu lagi. Sampai akhirnya Pia memilih menikah dengan Suhas, Farhan dan Raju muncul lagi di hadapan Pia tepat di hari pernikahannya. Namun begitu tahu kalau ia masih punya kesempatan untuk bertemu Rancho, Pia pun kabur dari pernikahannya.

Aktris Kareena Kapoor dipercaya untuk memerankan tokoh Pia. Lahir pada 21 September 1980, Kareena Kapoor termasuk salah satu aktris papan atas yang film-filmnya dikenal luas.

Beberapa film yang melambungkan namanya antara lain Mujhe Kucch Kehna Hai (2001), Kabhi Khushi Kabhie Gham... (2001), Mujhse Dosti Karoge! (2002), Khushi (2003), dan Jab We Met (2007).

6. Omi Vaidya (Chatur Ramalingam)

pemeran-3-idiots-6_

Chatur merupakan teman satu angkatan Rancho dan termasuk mahasiswa dengan nilai nyaris sempurna. Namun berbeda dengan Rancho yang mengejar ilmu, Chatur lebih suka mengejar nilai. Karena itu ia tidak mau repot-repot memahami sesuatu dan lebih memilih menghafalnya.

Chatur merasa dirinya adalah mahasiswa paling teladan dan terobsesi menjadi yang terbaik. Ia bahkan tidak terima ketika dirinya hanya berada di peringkat 2, apalagi dikalahkan oleh Rancho yang sangat ia benci.

Ironisnya, harga diri Chatur sempat jatuh ketika ia memberikan pidato memalukan di sebuah acara kampus. Hal ini terjadi karena Chatur hanya menghafal teks pidato tanpa mau mengerti artinya. Chatur sendiri tidak terlalu fasih berbahasa Hindi sehingga tidak sadar kalau teks pidatonya sudah diubah oleh Rancho.

Bertahun-tahun kemudian, Chatur mendapat pekerjaan mapan dan sukses. Ia bahkan sangat bangga karena perusahaannya akan bekerja sama dengan ilmuwan ternama Phunsukh Wangdu.

Chatur dengan angkuhnya ingin memamerkan semua itu pada Rancho yang ia benci, tapi kesombongannya runtuh setelah mengetahui identitas Rancho yang sebenarnya.

Tokoh Chatur diperankan oleh Omi Vaidya, aktor berdarah India yang besar di California. Lahir pada 10 Januari 1982, Omi Vaidya terjun ke dunia akting di usia 6 tahun.

Setelah menempuh pendidikan seni di New York University, ia tercatat membintangi beberapa film seperti Arrested Development (2005), The Office (2005-2007), Life (2008), Players (2012), dan Mirror Game (2017).

7. Javed Jaffrey (Ranchoddas Shyamaldas Chanchad yang Asli)

pemeran-3-idiots-7_

Rancho yang asli bertempat tinggal di Shimla dan merupakan anak dari keluarga terpandang. Saat ia mengetahui bahwa anak pelayannya (Chhote) ketagihan belajar, Rancho pun memanfaatkannya.

Rancho yang asli hanya menginginkan nilai, karena itu keluarganya menyuruh Chhote bersekolah atas nama Rancho agar nanti ijazah pendidikannya bisa dimiliki oleh Rancho yang asli.

Selama Chhote menyandang nama Rancho, Rancho yang asli tinggal di luar negeri agar rahasianya tetap terjaga. Namun rahasia ini akhirnya terbongkar ketika Farhan dan Raju tiba di Shimla untuk mencari Rancho.

Saat itu Rancho yang asli akhirnya mengakui bahwa orang yang dicari-cari Farhan dan Raju adalah Chhote yang sekarang tinggal di Ladakh 

Javed Jaffrey dipercaya untuk memerankan karakter Rancho yang asli dalam film 3 Idiots. Lahir pada 4 Desember 1963, ia merupakan seorang aktor, dancer, sekaligus komedian yang cukup sukses.

a juga diketahui terjun ke dunia politik di sekitar tahun 2014. Javed sendiri tercatat pernah bermain di film Salaam Namaste (2005), Dhamaal (2007), Daddy Cool (2009, Loot (2011), dan masih banyak lagi.

8. Olivier Sanjay Lafont (Suhas Tandon)

pemeran-3-idiots-8_

Suhas adalah tunangan Pia yang sangat mengagungkan harta dan kekayaan. Ia juga tak bisa mengendalikan emosi, kasar, dan tak segan memarahi Pia bila tunangannya tersebut melakukan sesuatu di luar kehendaknya. Misalnya saat mereka ada di pernikahan kakak Pia, Suhas marah-marah karena Pia mengenakan arloji kuno.

Suhas juga berkata-kata kasar ketika Pia menghilangkan arloji yang baru ia belikan (yang sebenarnya sedang disembunyikan Rancho). Saat itulah Pia memilih putus dari Suhas.

Tapi bertahun-tahun kemudian, Suhas nyaris menikah dengan Pia setelah gadis itu hilang kontak dengan Rancho. Meski demikian, sifat Suhas tetap tidak berubah dan menilai segalanya dengan uang.

Suhas Tandon dengan karakternya yang menyebalkan ini diperankan oleh aktor Olivier Sanjay Lafont. Olivier merupakan penulis sekaligus aktor asal India yang sudah membintangi sejumlah judul film maupun serial televisi.

Beberapa karyanya antara lain Kya Kahein (2004), Zindaggi Rocks (2006), Mahi Way (2010), Guzaarish (2010), Ishkq in Paris (2013), dan La Salle (2018-2020).

9. Parikshit Sahni (Tn.Qureshi/ Ayah Farhan)

pemeran-3-idiots-9_

Farhan memiliki ayah yang sangat keras sehingga Farhan sendiri tidak berani menentang ucapannya. Seperti kebanyakan orang tua kala itu, Tn.Qureshi sangat ingin agar anaknya bisa menjadi sarjana teknik hingga mendapat gelar insinyur.

Di sisi lain, Tn.Qureshi mengetahui bahwa Farhan lebih tertarik pada dunia fotografi, hanya saja ia menyuruh Farhan untuk mengubur impiannya tersebut.

Meski terlihat kejam (ia bahkan dijuluki Hitler oleh Rancho), Tn.Qureshi sebenarnya sangat menyayangi Farhan. Ia rela memasang AC di kamar Farhan dan membelikan sebuah laptop baru. Tn.Qureshi hanya ingin anaknya bahagia.

Karena itu ketika Farhan memohon untuk diizinkan menjadi fotografer, Tn.Qureshi pun melunak dan akhirnya mendukung pilihan Farhan.

Tokoh ini diperankan oleh aktor senior Parikshit Sahni. Lahir pada 1 Januari 1944, Parikshit Sahni dikenal lewat perannya di beberapa serial televisi seperti Gul Gulshan Gulfaam (1987), Heena (1998-2003), dan Gaatha (2000).

Untuk film layar lebar, ia sudah membintangi puluhan judul film termasuk Mujhse Dosti Karoge (2002), Boss (2013), PK (2014), dan Sultan (2016).

10. Amardeep Jha (Ny.Rastogi/ Ibu Raju)

pemeran-3-idiots-10_

Ibu Raju adalah pensiunan guru yang sekarang menjadi ibu rumah tangga. Ibu Raju sebenarnya adalah sosok ibu yang baik dan pekerja keras, namun sulitnya kehidupan membuat Ny.Rastogi kerap merasa menderita dan sering mengeluh. Terlebih sejak suaminya menderita stroke dan tak bisa lagi bekerja.

Bebannya semakin terasa berat ketika anak sulungnya yang perempuan belum juga menikah karena tak ada biaya. Namun bagaimanapun juga ia tetaplah seorang ibu yang sangat menyayangi anak-anaknya, termasuk Raju. Bahkan ketika Raju sekarat karena ingin bunuh diri, Ny.Rastogi berusaha sebaik mungkin untuk tidak terlihat sedih.

Sosok Ny.Rastogi diperankan oleh Amardeep Jha yang lahir pada 14 Juni 1960. Ia debut di dunia akting lewat film Dushman (1998).

Sejak saat itu ia terus bermain di banyak film, sebut saja Lajja (2001), Devdas (2002), Satta (2003), Amal (2007), dan PK (2014). Ia juga beberapa kali membintangi serial TV seperti Amanat (1997-2002) dan Yeh Rishta Kya Kehlata Hai (2009-2018).

Itulah deretan pemeran film 3 Idiots beserta karakter yang mereka mainkan. Dengan cerita yang menarik serta kualitas akting yang mumpuni dari para pemainnya, tak heran bila 3 Idiots menjadi salah satu film India paling laris di pasaran. Kamu sudah pernah menonton film ini? Karakter mana yang menurutmu paling mencuri perhatian?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram