8 Pemeran Film 2037, Kerjasama Apik Suguhkan Cerita Penuh Haru

Ditulis oleh Desi Puji Lestari

Film 2037 (2022) viral di media sosial karena ceritanya yang menyentuh. Ia mengisahkan perjalanan hidup seorang gadis muda berusia 19 tahun yang pilu karena diperkosa dan dipenjara sebab membunuh pelakunya.

Gadis bernama Jung Yoon Young harus menerima hukuman penjara selama lima tahun karena hal tersebut. Penderitaan Yoon Young bertambah ketika dia dinyatakan hamil.

Namun, kebahagiaan untuknya datang dalam versi lain karena Yoon Young memiliki teman-teman di dalam sel yang menyayanginya.

Hal yang membuat film ini terasa lebih istimewa karena ia merupakan penampilan perdana Hong Ye Ji sebagai seorang aktris. Siapa lagi pemeran 2037 (2022) yang bisa kamu temui selama nonton film ini?

Baca juga: 10 Film Tentang Penjara Wanita yang Seru untuk Ditonton

1. Jung Yoon Young (Hong Ye Ji)

Jung Yoon Young (Hong Ye Ji)

Penampilan Hong Ye Ji dalam film 2037 (2022) patut mendapat apresiasi karena dia berhasil mengirimkan emosi-emosi berupa kesedihan, marah dan putus asa melalui aktingnya. Hal yang membuatnya jadi lebih mengejutkan adalah film ini merupakan debut Hong Ye Ji sebagai seorang pelakon.

Aktris rookie kelahiran 31 Januari 2002 ini tampil begitu impresif pada penampilan perdananya. Peran yang dia bawakan tidak mudah karena di sini Ye Ji harus berakting sebagai penyintas kekerasan seksual.

Dipercaya berperan sebagai Jung Yoon Young, Ye Ji luwes menyampaikan kesedihannya, kemarahannya dan kehancurannya setelah peristiwa tragis terjadi di hidupnya.

Yoon Young adalah anak yang berbakti. Dia merelakan sekolahnya untuk bantu ekonomi keluarga setelah sang ayah meninggal dunia. Yoon Young hanya hidup berdua bersama ibunya yang bisu.

Dia sangat sayang, sabar dan telaten mengurus ibunya. Gadis pekerja keras ini tak kenal lelah mengajari sang ibu bicara. Bagi Yoon Young, yang utama adalah ibunya.

Yoon Young bekerja di sebuah cafe dan berencana ikut ujian kesetaraan. Dalam keterbatasannya, dia punya cita-cita menjadi pegawai pemerintah.

Yoon Young masuk penjara karena membunuh pemerkosanya. Dia mendapat nomor 2037 di pakaiannya dan dipanggil menggunakan nomor tersebut. Yoon Young mengalami trauma dan sempat hancur, tapi keinginan hidupnya sangat kuat.

2. Kyung Sook (Kim Ji Young)

Kyung Sook (Kim Ji Young)

Aktris senior Kim Ji Young menjadi lawan main Hong Ye Ji dalam film 2037 (2022). Dia berperan sebagai ibu kandung Yoon Young bernama Kyung Sook.

Kyung Sook merupakan ibu bisu yang sangat menyayangi putri semata wayangnya. Kyung Sook hanya ingin Yoon Young sekolah tanpa perlu memikirkan uang. Kyung Sook bekerja di sebuah industri rumahan. Pekerjaannya adalah menjahit.

Kyung Sook berusaha semampunya melindungi sang putri. Dia tidak takut menghadapi orang yang sedikit saja melecehkan Yoon Young.

Baginya yang terpenting adalah keselamatan sang putri. Kyung Sook sangat terpukul mengetahui putrinya diperkosa dan dipenjara. Selama Yoon Young dipenjara, dia rutin berkunjung membawakan makanan kesukaannya. 

3. Soon Je (Kim Mi Hwa)

Soon Je (Kim Mi Hwa)

Kim Mi Hwa terhitung belum terlalu lama terjun di industri hiburan Korea Selatan. Kemunculannya pertama kali tercatat dalam drama Strong Woman Do Bong Soon (2017).

Namun, sejak itu dia cukup rajin tampil di berbagai judul drama. Untuk film, 2037 (2022) merupakan film ke empat yang dia bintangi.

Di sini Kim Mi Hwa berperan sebagai Soon Je. Teman-teman satu selnya memanggil dia kakak karena merupakan yang paling senior.

Sebelum masuk penjara Soon Je adalah seorang guru. Tak heran sosoknya paling bijaksana dan disegani. Dia cukup rajin berdo’a dan memiliki hati yang hangat untuk Yoon Young.

Soon Je kehilangan putra semata wayangnya karena tewas tertabrak bis. Rasa cinta yang besar untuk sang putra justru membuatnya terpuruk. Soon Je menjadi tahanan yang mendapat hukuman mati karena membunuh lima orang tak bersalah sekaligus.

4. Li Ra (Hwang Suk Jung)

Li Ra (Hwang Suk Jung)

Pemeran 2037 (2022) selanjutnya adalah aktris Hwang Suk Jung. Kamu pasti gak asing dengan wajahnya karena Hwang memang salah satu senior yang rajin mondar-mandiri dari satu judul drama ke judul lainnya.

Penampilan Hwang selalu iconic karena dia kerap membawakan peran-peran yang menghibur. Ekspresinya selalu menimbulkan tawa setiap kali dia muncul. Dalam film ini, Hwang masih hadir dengan peran dan pembawaannya yang kocak.

Dia berperan sebagai Li Ra; rekan satu tahanan Yoon Young yang paling heboh. Li Ra adalah seorang yang menyambut Yoon Young dengan cukup hangat untuk pertama kali.

Sebelum menjadi tahanan, Li Ra adalah seorang muncikari. Dia dipenjara karena kasus prostitusi. Li Ra menjadi tahanan yang paling antusias menyambut kelahiran bayi Yoon Young.

Pasalnya dia sendiri sudah tidak memiliki rahim dan tak mungkin hamil lagi. Li Ra menyayangi Yoon Young seperti pada anak sendiri.

5. Seon Su/Hae Soo (Shin Eun Jung)

Seon Su/Hae Soo (Shin Eun Jung)

Istri dari aktor Park Sung Woong, Shin Eun Jung, menjadi pemeran 2037 (2022) selanjutnya. Dia tampak berbeda dan mudah dikenali karena memakai pakaian tahanan berwarna pink; berbeda dengan tahanan lain yang berwarna biru.

Aktris Shin berperan sebagai Seon Su atau Hae Soo. Pembawaannya sebagai model terbawa sampai ke penjara. Seon Su cukup tenang dan menjadi tahanan teladan karena sikapnya.

Oleh karena itu dia mengenakan seragam pink sebagai penanda. Seon Su hobi sekali membaca buku dan banyak menghabiskan waktunya untuk itu.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram