Bacaterus / Olahraga / Ini Dia 10 Pembalap MotoGP Tersukses Sepanjang Masa

Ini Dia 10 Pembalap MotoGP Tersukses Sepanjang Masa

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 Oktober 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

MotoGP merupakan ajang balap motor terbesar di dunia. Grand Prix MotoGP telah digelar sejak tahun 1949 dibawah naungan FIM atau Federation Internationale de Motocyclisme yang merupakan organisasi internasional dalam bidang balap sepeda motor. Semenjak digelar hingga kini, gelaran MotoGP juga sudah mengalami beberapa perubahan regulasi.

Setiap musimnya, ajang ini akan digelar di belasan sirkuit yang tersebar di seluruh dunia untuk mencari satu pembalap terbaik dan tercepat yang akan menjadi juara dunia di akhir musim. Setiap akhir pekan, para pembalap ini akan berpacu di atas kuda besinya dalam kecepatan lebih dari 300 kilometer per jam.

Dari tahun ke tahun, para pembalap dari seluruh dunia berusaha untuk bisa bergabung dan membalap di ajang balap motor paling bergengsi ini. Dari sekian banyak pembalap yang berkompetisi, berikut 10 pembalap MotoGP tersukses sepanjang masa yang menjadi legenda dunia balap.

1. Valentino Rossi

Valentino Rossi

* sumber: www.visordown.com

Siapa yang tak mengenal nama Valentino Rossi dan nomor 46-nya. Bahkan nama Rossi dan julukannya The Doctor tampaknya telah menjadi ikon tersendiri bagi dunia balap motor. Semenjak bergabung di kelas tertinggi MotoGP sejak tahun 2002, Rossi telah meraih 7 kali gelar juara dunia. Ia juga meraih masing-masing 1 gelar juara dunia di kelas 125cc dan 250cc.

Valentino Rossi adalah pembalap berkebangsaan Italia  kelahiran tahun 1979 dan sudah mulai membalap secara profesional sejak tahun 1996. Bakatnya diwariskan dari sang ayah, Graziano Rossi yang juga mantan pembalap. Rossi juga dikagumi karena bisa menjadi juara dunia dengan pabrikan motor yang berbeda. Hingga tahun 2020, Rossi masih aktif membalap di MotoGP.

2. Giacomo Agostini

Giacomo Agostini

* sumber: www.automotorinews.it

Jauh sebelum era Valentino Rossi, ada seorang pembalap yang tak kalah hebat bernama Giacomo Agostini. Rekornya bahkan masih melebihi rekor Rossi karena Agostini berhasil menjadi 8 kali juara dunia MotoGP. Ia memenangkan kejuaraan tersebut secara berturut-turut mulai dari tahun 1966 hingga tahun 1972.

Agostini juga banyak meraih gelar juara di kelas yang lebih rendah sehingga total gelar juara yang ia miliki ialah sebanyak 17 gelar. Mulanya, pembalap berkebangsaan Italia yang lahir tahun 1942 ini mengawali karirnya sebagai pembalap liar sebelum sukses di MotoGP. Giacomo Agostini memutuskan pensiun sebagai pembalap pada tahun 1977.

3. Mick Doohan

Mick Doohan

* sumber: www.motogp.com

Mick Doohan merupakan seorang legenda MotoGP yang berasal dari Australia yang sangat berjaya di era 90-an. Pembalap kelahiran tahun 1965 ini tercatat menjadi juara dunia MotoGP sebanyak lima kali. Ia memenangkan kejuaraan tersebut secara berturut-turut sejak tahun 1994 hingga tahun 1998.

Mick Doohan memutuskan untuk pensiun dari dunia balap pada tahun 1999. Keputusannya bermula saat ia mengalami kecelakaan parah di sirkuit Jerez, Spanyol pada tahun tersebut yang membuatnya tak bisa membalap lagi. Namun setelah pensiun, Mick Doohan masih tetap berkecimpung di dunia balap sebagai penasihat tim dan melatih para pembalap muda.

4. Mike Hailwood

Mike Hailwood

* sumber: www.independent.co.uk

Pembalap berkebangsaan Inggris yang lahir tahun 1940 ini sering dijuluki Mike The Bike. Selain membalap di MotoGP, Mike Hailwood juga membalap di balap mobil F1 serta di balap motor jalanan terbesar di dunia, Isle of Man TT. Prestasi nya di MotoGP juga sangat mengagumkan. Hailwood berhasil meraih 4 gelar juara dunia MotoGP.

Kemenangannya di MotoGP diperoleh secara beruntun sejak tahun 1962 hingga tahun 1965. Ia juga meraih 5 gelar juara di kelas yang lebih rendah sehingga total gelar yang dimilikinya berjumlah 9. Mike Hailwood meninggal di tahun 1981 dalam sebuah kecelakaan mobil saat ia sedang berkendara bersama putrinya.

5. John Surtees

John Surtees

* sumber: www.driving.co.uk

John Surtess merupakan pembalap berkebangsaan Inggris yang lahir pada tahun 1934. Ia juga dikenal sebagai pembalap pertama dan satu-satunya yang berhasil memenangkan dua ajang balap, yaitu MotoGP dan F1. Di MotoGP,  John Surtess juga mencatatkan rekor kemenangan seri beruntun sebanyak 11 kali dalam satu musim.

Di ajang MotoGP, John Surtees berhasil menjadi juara dunia sebanyak 4 kali, yakni di tahun 1956, 1958, 1959, dan 1960. Surtees juga sering dijuluki sebagai the son of the wind atau putra sang angin karena postur mungilnya ketika membalap seperti seolah mengendarai angin. John Surtees menghembuskan nafas terakhirnya di tahun 2017.

Baca juga: 10 Atlet Terkaya di Dunia yang Penghasilannya Luar Biasa

6. Eddie Lawson

Eddie Lawson

* sumber: www.roadracingworld.com

Eddie Lawson merupakan legenda balap MotoGP berkebangsaan Amerika Serikat. Lawson yang lahir pada tahun 1958 mewarisi darah balap dari dari ayah dan kakeknya yang juga seorang pembalap. Ia sudah mulai belajar mengendarai motor sejak usianya baru 7 tahun. Debutnya di kelas tertinggi MotoGP dimulai pada tahun 1981.

Di ajang tersebut, Eddie Lawson berhasil meraih 4 kali juara dunia, yaitu pada tahun 1984, 1986, 1988, dan 1989. Di tahun 1992, Eddie Lawson memutuskan pensiun dari ajang MotoGP. Setelah itu, ia sempat mencoba ajang balap lain sebelum akhirnya benar-benar pensiun dari dunia balap pada tahun 1998.

7. Kenny Roberts

Kenny Roberts

* sumber: www.crash.net

Kenny Roberts merupakan pembalap berkebangsaan Amerika Serikat yang lahir pada tahun 1951. Ia juga tercatat sebagai orang Amerika pertama yang berhasil memenangkan kejuaraan dunia MotoGP yang kala itu masih berstatus kelas 500cc. Ia juga berhasil memenangkan tiga kali juara dunia MotoGP.

Kenny Roberts mencatatkan namanya sebagai juara dunia secara berturut-turut pada tahun 1978, 1979, dan 1980. Setelah pensiun, ia juga masih berkutat di dunia balap dengan membentuk tim balap pribadi serta mewariskan bakat balapnya pada sang putra, Kenny Roberts Jr.

8. Casey Stoner

Casey Stoner

* sumber: ultimatemotorcycling.com

Casey Stoner merupakan pembalap MotoGP berkebangsaan Australia kelahiran tahun 1985. Ia memulai debut balapnya di tahun 2001 pada GP Inggris kelas 125cc. Setelah beberapa tahun membalap di kelas 125cc dan 250cc, ia kemudian naik ke kelas MotoGP pada tahun 2006. Ia berhasil meraih gelar juara dunia pertama di tahun berikutnya, 2007.

Di tahun 2012, Casey Stoner kembali menjadi juara dunia dengan pabrikan motor yang berbeda. Hal ini yang membuatnya dikagumi oleh banyak orang. Namun Stoner memutuskan untuk pensiun dini dari dunia balap di akhir tahun 2012 setelah mengalami gangguan intoleransi laktosa yang membuat performanya menurun.

9. Jorge Lorenzo

Jorge Lorenzo

* sumber: www.asphaltandrubber.com

Jorge Lorenzo merupakan pembalap kelahiran tahun 1987 yang berasal dari Spanyol. Karir pembalap yang dijuluki X Fuera ini mulai bersinar sejak menjuarai kelas 250cc di tahun 2006 dan 2007. Di tahun 2008, ia memulai debutnya di kelas MotoGP dan menjadi rekan satu tim Valentino Rossi yang begitu kompetitif.

Jorge Lorenzo memenangkan gelar juara dunia pertamanya di tahun 2010. Gelar juara dunia selanjutnya ia kukuhkan di tahun 2012 dan 2015. Lorenzo juga sempat tiga kali berpindah tim pabrikan sebelum akhirnya memutuskan untuk pensiun dari dunia MotoGP pada akhir tahun 2019.

10. Marc Marquez

Marc Marquez

* sumber: mediaindonesia.com

Nama Marc Marquez tampaknya menjadi nama yang paling bersinar di MotoGP era saat ini. Pembalap berkebangsaan Spayol yang lahir tahun 1993 ini telah meraih 6 kali gelar juara dunia MotoGP serta 2 gelar juara dunia di kelas yang lebih rendah. Ia juga mencatatkan banyak rekor di MotoGP, diantaranya menjadi pembalap termuda yang menjadi juara dunia.

Gelar juara dunia pertamanya berhasil ia raih saat masih berusia 20 tahun. Semenjak itu, ia terus menorehkan rekor dan prestasi lain di dunia balap. Beberapa rekornya yaitu kemenangan terbanyak dalam satu musim, poin terbanyak dalam satu musim, pole position terbanyak dalam satu musim, dan podium terbanyak dalam satu musim.

Itulah 10 pembalap MotoGP tersukses sepanjang masa dengan prestasi-prestasi cemerlang mereka. Pembalap manakah yang menjadi jagoanmu? Ceritakan di kolom komentar ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *