bacaterus web banner retina

Yuk Kenalan dengan Pemeran Drama Who Are You: School 2015

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 8 September 2021

Drama Who Are You: School 2015 merupakan serial drama sekolah yang telah dirilis sejak tahun 1999 oleh KBS TV. Setiap drama dari rangkaian drama sekolah ini mempunyai alur dan penokohan yang berbeda. School 2015 mengisahkan perjalanan seorang anak kembar, Eunbi dan Eunbyeol yang hidup terpisah sebab salah satunya diadopsi satu keluarga.

Perjalanan hidup keduanya mewarnai drama ini. Bullying di sekolah yang sangat memprihatinkan, persahabatan masa remaja, misteri kematian, dan tentu saja percintaan yang membuat drama ini semakin menarik. Semuanya dikemas dengan apik oleh tim produksi. Untuk lebih jelas, yuk simak gambaran para tokoh dan penokohan dari drama ini.

1. Go Eun Byeol (Kim So Hyun)

Go Eunbyeol (Kim So Hyun)

* sumber: bean5spilled.wordpress.com

Anak kembar yang menjadi karakter utama dalam drama Who Are You: School 2015 ini diperankan oleh Kim So Hyun. Aktris cantik yang skill aktingnya semakin sempurna ini memerankan dua tokoh yang mempunyai karakter berlawanan, Eunbyeol dan Eunbi.

Eunbyeol, yang menjadi kakak dari Eunbi digambarkan sebagai sosok yang dingin, jutek, galak dan pemarah. Ia juga bukan anak yang supel yang mau bergaul dengan siapa saja. Namun, ia adalah seorang teman yang baik dan perhatian bagi ketiga sahabatnya.

Karakter Eunbyeol bukanlah sosok yang banyak disenangi oleh orang di sekitarnya. Meskipun demikian, ia sangat berprestasi di sekolah. Enbyeol merupakan siswa teladan dengan nilai sempurna di semua mata pelajaran. Di sekolah, Eunbyeol adalah siswa paling populer.

Di balik sikap dingin Eunbyeol, ia ternyata menyimpan perasaan bersalah terhadap saudari kembarnya yang tinggal di panti asuhan. Eunbyeol lah yang menggantikan tempat Eunbi sebagai anak adopsi.

Pada hari di mana Eunbi dijemput oleh keluarga angkatnya, Eunbyeol muncul alih-alih Eunbi dan hidup di Seoul dengan kenyamanan hidup yang melimpah. Ia mempunyai ibu angkat yang sangat menyayanginya, tak kekurangan kasih sayang baik dari ibu maupun sahabatnya.

Semua kebutuhan Eunbyeol terpenuhi. Namun, justru itu yang membuat ia tak tenang. Ia terus teringat akan saudari kembarnya. Karena perasaan bersalahnya, setiap kali Eunbyeol dibelikan hadiah oleh sang ibu angkat, ia kerap mengirimkan hadiah serupa kepada Eunbi.

Ia kirimkan hadiah tersebut dan memakai nama samaran ibu angkatnya di Seoul. Ia juga sering mengamati Eunbi diam-diam. Saat itu lah Eunbyeol akhirnya tahu bahwa Eunbi sering diganggu oleh sekelompok gadis-gadis di sekolahnya yang membenci Eunbi.

Gangguan terhadap Eunbi sudah kelewatan. Karena tidak tahan dengan gangguan dari mereka, Eunbi memutuskan untuk bunuh diri dengan cara melompat dari jembatan di Tongyeong. Saat itu Enbyeol sedang mengikuti study tour sekolah. Dari sini konflik dimulai.

Eunbyeol yang melihat Eunbi bunuh diri berusaha menolong Eunbi. Hingga akhirnya Eunbi berhasil dipertemukan namun dalam keadaan hilang ingatannya. Eunbi selamat, tapi Eunbyeol menghilang.

Kabar mengenai hilangnya Eunbyeol sampai kepada ibu angkatnya di Seoul. Selama berhari-hari ia mencari Eunbyeol namun tidak membuahkan hasil. Suatu hari ibu angkatnya menerima kabar bahwa Eunbyeol berhasil ditemukan namun dalam keadaan koma.

Fakta bahwa Eunbi lah yang terbaring di rumah sakit tidak diketahui oleh ibu angkat Eunbyeol. Ia mengira itu adalah Eunbyeol. Sejak saat itu Eunbi hidup sebagai Eunbyeol dalam keadaan amnesia

2. Lee Eunbi (Kim So Hyun)

Lee Eunbi (Kim So Hyun)

* sumber: heart-n-seoul.com

Di panti asuhan di Tongyeong, Eunbi tinggal bersama puluhan anak asuh lainnya. Ia menjadi kaka asuh di panti asuhan kecil yang sering kekurangan dana untuk menghidupi kebutuhan tersebut.

Untuk membantu keuangan panti dan memenuhi kebutuhannya, Eunbi kerja sambilan di sela-sela waktu sekolahnya. Eunbi bagaikan sosok ibu bagi anak-anak panti. Ia sosok yang hangat, lembut dan penyayang.

Kebalikan dari Eunbyeol, sosok Eunbi sangat dicintai oleh orang-orang sekitarnya. Dia bergaul dengan siapapun dan tak suka melihat orang lain kesulitan.

Sifatnya ini lah yang membuatnya terlibat masalah dengan sekelompok yang tak suka melihat Eunbi membela teman sekelasnya yang diganggu mereka. Sekelompok temannya itu lah yang nantinya menjadi musuh Eunbi dengan sangat kejam sampai akhir drama.

Tekanan yang dilakukan oleh sekelompok teman sekelasnya sangat mengerikan sehingga Eunbi merasa tak tahan dengan perlakukan mereka. Sikap jahat mereka menambah kesulitan hidup Eunbi.

Situasi berubah saat Eunbi ‘diselamatkan’ oleh Eunbyeol saat ia melompat dari jembatan. Eunbi yang dikira Eunbyeol hidup bersama ibu angkat Eunbyeol di Seoul. Eunbi yang hidup sebagai Eunbyeol kembali ke sekolah dan menjalani kehidupan Eunbyeol yang biasanya.

Hidup sebagai ‘Eunbyeol yang amnesia’ membuat Eunbi bahagia. Ia mengalami hari-hari menyenangkan yang tidak pernah didapatkan selama di Tongyeong. Namun, kesulitan muncul saat seorang anak pindahan muncul.

Ia ternyata adalah anak yang menyebabkan Eunbi bunuh diri dan sangat membenci Eunbi. Di sekolah baru barunya pun (SMU Sekang) anak pindahan itu terus mengganggu Eunbi. Ia pun berusaha mengungkapkan identitas Eunbi yang menjadi Eunbyeol.

3. Han Yian (Nam Joo Hyuk)

Han Yian (Nam Joo Hyuk)

* sumber: www.wowkeren.com

Memiliki sahabat karib sejak kecil merupakan sesuatu yang menyenangkan. Apalagi jika sahabatnya tersebut sangat memahami dan mau mengerti kita. Sosok Han Yian yang diperankan oleh Nam Joo Hyuk ini merupakan tipe sahabat ideal yang diinginkan siapapun.

Di drama ini Han Yian adalah sahabat Eunbyeol dan atlet renang andalan SMU Sekang. Ia adalah perenang langganan juara yang digadang-gadang generasi penerus kebanggaan Korea. Namun, prestasi akademis Yian tidak terlalu mencolok.

Han Yian dan Eunbyeol terkenal sebagai dua sahabat yang telah lama berteman. Kedekatan Yian dan Eunbyeol menimbulkan dugaan bahwa mereka berdua ini bukan cuma sekedar bersahabat.

Memang tak dapat dipungkiri bahwa Yian menaruh hati pada Eunbyeol sejak lama. Yian sangat tahu Eunbyeol sehingga setiap hal yang ganjil dari Eunbyeol Yian dengan mudah dapat melihatnya. Termasuk sikap aneh Eunbyeol sebelum Eunbyeol hilang di Tongyeong.

Perubahan sikap Eunbi yang kala itu menjadi Eunbyeol yang amnesia ditangkap oleh Yian. Yian lah yang pertama kali mengetahui bahwa Eunbi bukanlah Eunbyeol.

4. Gong Taekwang (Yook Sung Jae)

Gong Taekwang (Yook Sung Jae)

Mempunyai teman dengan karakter seperti Gong Taekwang pasti lah bikin naik darah tiap hari. Sosok pemberontak dan cuek ini selalu membuat kesal tiap orang dengan tingkahnya.

Di SMU Sekang, Taekwang dikenal sebagai siswa dengan gangguan mental yang sering keluar masuk rumah sakit jiwa. Guru-guru di Sekang sudah memaklumi akan perilaku Taekwang yang tak biasa.

Ia sering mangkir dari kelas, tak mendengarkan guru, merokok, bersikap seenaknya dan bukan teman yang enak diajak bicara. Di balik sikapnya yang menyebalkan itu Taekwang menyimpan banyak rahasia yang tak diketahui oleh orang lain.

Salah satunya adalah fakta bahwa ia adalah anak kandung kepala sekolah elit SMU Sekang. Dia ‘disembunyikan’ oleh ayahnya sebab perilaku Taekwang dianggap aib yang mempermalukan nama ayahnya sebagai seorang pendidik.

Namun, ayahnya tidak menyadari bahwa sikap anaknya itu disebabkan oleh sikapnya yang terlalu cuek dan tidak memberikan perhatian. Taekwang berulah agar ayahnya memperhatikan dirinya.

Perubahan sikap Taekwang yang sulit dikendalikan belakangan melunak sejak dekat dengan Eunbyeol yang amnesia. Eunbyeol yang lembut membuat Taekwang tersentuh dan ia pun mulai menjadi sangat perhatian kepada Eunbyeol.

Kedekatan Eunbyeol dan Taekwang membuat Yian resah. Ia tak suka melihat Eunbyeol dekat dengan Taekwang. Persaingan Taekwang dan Yian dalam memperebutkan Eunbyeol dimulai.

5. Kang Soyoung (Cho Soo Hyang)

Kang Soyoung (Cho Soo Hyang)

* sumber: m.dreamers.id

Ini dia karakter antagonis yang berhasil memicu kebencian bagi para penonton yang melihat drama ini. Kang Soyoung adalah teman Eunbi sejak SMP di Tongyeong. Mereka satu kelas dan bersekolah di SMA yang sama.

Kebencian Soyoung bermula saat Eunbi berusaha membela teman satu kelasnya saat dibully oleh Soyoung dan teman-temannya. Eunbi bahkan melaporkan hal tersebut kepada guru kelas.

Sejak saat itu sasaran beralih. Sebagai gantinya Eunbi jadi bulan-bulanan Soyoung dan teman-temannya. Bagi Soyoung tiada hari tanpa mengganggu Eunbi. Soyoung kerap menyiksa Eunbi dengan berbagai cara untuk melampiaskan kebenciannya.

Di luar Soyoung terlihat mengerikan dan berkuasa, namun di rumah ia adalah anak yang selalu ketakutan oleh ayahnya. Ayah Soyoung begitu keras memperlakukan Soyoung. Ia dituntut untuk selalu menjadi nomor 1 di sekolah.

Sampai saat ia pindah pun tak membuat kebencian Soyoung terhadap Eunbi memudar. Di sekolah barunya, SMU Sekang ia bertemu Eunbyeol yang tengah amnesia. Mulanya Soyoung tak mengetahui bahwa itu adalah Eunbi, orang yang sangat dibencinya.

Melihat Eunbyeol bersekolah di sekolah yang sama membuat ide usil Soyoung kembali muncul. ia pula yang berusaha mengungkapkan identitas asli Eunbi. Cara-cara jahat Soyoung selalu berhasil digagalkan berkat adanya teman-teman Eunbi.

6. Song Mi Kyung (Jeon Mi Seon)

Song Mi Kyung (Jeon Mi Seon)

* sumber: www.dramabeans.com

Beruntung sekali Eunbyeol dan Eunbi mempunyai ibu angkat sebaik Song Mikyung. Figur ibu yang selalu didambakan oleh dua anak kembar ini selalu menjadi tempat berlindung yang baik saat mereka mengalami kesulitan.

Saat mengadopsi Eunbyeol, ia tak mengira bahwa anak ini adalah kembar. Setelah proses adopsi Eunbyeol lancar ia pun membawa anak angkatnya ke Seoul dan hidup bahagia. Ia memberikan kasih sayang dan perhatian yang besar untuk Eunbyeol.

Meski bukan anak kandungnya, ia memperlakukan Eunbyeol dengan sangat baik. Ia tak mau melihat Eunbyeol terluka. Terlebih dengan adanya kasus yang kematian teman kecil Eunbyeol, Jung Sooin.

Pun saat eunbyeol menghilang di Tongyeong. Song Mikyung merasa begitu begitu terpukul. Ia merasa sangat sedih kehilangan anak kesayangannya tersebut. Berbagai cara ia lakukan agar Eunbyeol ditemukan.

Saat menemukan anak angkatnya meskipun dalam keadaan amnesia ia merasa sangat bahagia. Asal anaknya hidup, ia sudah merasa lebih dari cukup.

7. Kim Joon Seok (Lee Pil Mo)

Kim Joon Seok (Lee Pil Mo)

* sumber: aminoapps.com

Kim Joon Seok adalah guru favoritnya anak-anak SMU Sekang. Ia adalah guru yang baik dan mau mengerti para siswa. Guru ini juga memiliki hubungan personal yang baik dengan para siswa.

Di sekolah, ia dan Taekwang sangat akrab. Belakangan diketahui bahwa Taekwang adalah keponakannya. Itulah sebabnya ia sangat memahami Taekwang dan sikap pemberontaknya.

Keakraban yang terjalin antara guru dan murid ini membuat para murid berat melepas guru kesayangan mereka. Di episode-episode terakhir Pak guru Kim memutuskan untuk mengundurkan diri dari sekolah dan berhenti menjadi guru.

Keputusannya dipicu oleh rasa bersalahnya terhadap kematian salah satu anak didiknya, Jung Sooin. Kematian anak didiknya tersebut masih menjadi misteri dan terus mengusik ketenangan Pak guru Kim.

Drama seri yang tayang di KBS tahun 2015 tersebut mendapat rating tinggi. Apresiasi terhadap akting para aktor dan aktris yang terlibat di dalam dramanya tersebut banyak mendapat pujian dari para penonton. Terlebih akting dari Yook Sung Jae yang saat itu masih menjadi rookie di dalam dunia peran.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram