bacaterus web banner retina
Bacaterus / Film Barat / 10 Pemeran Utama dalam Twilight Saga, Siapa Favoritmu?

10 Pemeran Utama dalam Twilight Saga, Siapa Favoritmu?

Ditulis oleh Sri Sulistiyani - Diperbaharui 7 Februari 2021

Twilight adalah film yang rilis bergenre drama fantasi yang diangkat dari novel best seller karya Stephenie Meyer dengan judul yang sama. Film Twilight tayang pada tahun 2008 dan disutradarai oleh Catherine Hardwicke. Film ini merupakan film pertama dari rangkaian The Twilight Saga yang terdiri dari 5 film.

Film Twilight sukses menjadi film box office dengan jumlah penonton dan penghasilan yang menakjubkan. Di hari pertama penayangannya saja, film ini sudah meraup keuntungan hingga 35 juta dollar. Para aktor dan aktris yang berperan dalam film ini juga seketika mendapat popularitas yang cukup tinggi di kalangan pecinta film.

Begitu pula dengan para karakter di film Twilight yang menjadi begitu ikonik, misalnya saja tokoh-tokoh seperti Edward, Bella, atau Jacob. Bagi kamu para fans Twilight atau kamu yang ingin mengenal lebih jauh mengenai film ini, ini dia daftar pemeran dan karakter film Twilight yang perlu kamu tahu.

1. Edward Cullen (Robert Pattinson)

Edward Cullen (Robert Pattinson)

* sumber: www.themarysue.com

Karakter Edward Cullen begitu ikonik dan dikenal sebagai seorang vampir yang sangat tampan. Pemeran Edward Cullen dalam film Twilight adalah aktor asal Inggris Robert Pattinson. Edward Cullen dikisahkan sebagai vampir yang sudah hidup sejak tahun 1901, namun ia tak pernah menua dan tetap berusia 17 tahun.

Edward memiliki kemampuan membaca pikiran orang lain dan bergerak dengan super cepat. Di sekolahnya, ia dikenal sebagai pria yang begitu dingin dan misterius. Pada akhirnya, Edward jatuh cinta pada manusia bernama Bella. Ia kemudian selalu berusaha untuk melindungi Bella dan vampir-vampir jahat.

2. Bella Swan (Kristen Stewart)

Bella Swan (Kristen Stewart)

* sumber: thelatch.com.au

Isabella Marie Swan atau Bella merupakan gadis berusia 18 tahun yang pada akhirnya menjalin hubungan cinta dengan sang vampir, Edward. Tokoh Bella dalam film Twilight diperankan oleh aktris berkebangsaan Amerika Serikat Kristen Stewart. Tokoh Bella dikisahkan sebagai murid pindahan dari Phoenix, Arizona.

Bella pindah ke Forks, Washington setelah orang tuanya bercerai dan ia mengikuti ayahnya yang menjadi polisi di kota tersebut. Di kota itulah ia jatuh cinta pada sosok Edward. Demi bisa tetap bersama Edward, Bella bahkan seringkali melakukan hal-hal berbahaya yang mengancam nyawanya.

3. Jacob Black (Taylor Lautner)

Jacob Black (Taylor Lautner)

Romantisme kisah cinta Edward dan Bella tak lepas dari sosok orang ketiga di antara mereka, Jacob Black. Karakter Jacob Black diperankan oleh aktor berkebangsaan Amerika Serikat Taylor Lautner. Dalam seri pertama The Twilight Saga, karakter Jacob memang hanya muncul sebentar saja.

Jacob adalah teman masa kecil Bella yang juga seorang shape shifter atau orang yang mampu mengubah diri menjadi binatang. Ia berasal dari suku Quifeute dan mampu mengubah wujudnya menjadi serigala. Perlahan-lahan Jacob mulai mencintai Bella, begitu pula Bella yang sempat jatuh cinta pada Jacob meski tak sebesar cintanya pada Edward.

4. Carlisle Cullen (Peter Facinelli)

Carlisle Cullen (Peter Facinelli)

* sumber: screenrant.com

Carlisle Cullen adalah kepala keluarga Cullen. Ia merupakan ayah angkat bagi Edward dan vampir-vampir lainnya di keluarga Cullen. Tokoh Carlisle Cullen dalam film diperankan oleh aktor berkebangsaan Italia Peter Facinelli. Carlisle Cullen digambarkan sebagai vampir berusia 38 tahun dengan rambut pirang dan tubuh ramping yang gagah.

Carlisle memiliki pengetahuan medis yang baik hingga ia menjadi dokter yang cukup dikenal di Forks. Tidak seperti vampir-vampir lainnya, Carlisle tidak tergoda dengan bau darah manusia. Hal ini dikarenakan ia telah melatih dirinya untuk menahan godaan memburu darah manusia selama 300 tahun.

5. Esme Evenson / Esme Cullen (Elizabeth Reaser)

Esme Cullen (Elizabeth Reaser)

* sumber: screenrant.com

Esme Evenson kemudian menyandang nama Esme Cullen setelah menjadi istri dari Carlisle Cullen. Ia juga menjadi ibu angkat bagi Edward dan vampir-vampir lainnya di keluarga Cullen. Dalam film Twilight, karakter Esme Cullen diperankan oleh aktris Elizabeth Reaser. Ia digambarkan sebagai wanita muda yang begitu mencintai keluarganya.

Esme juga merupakan sosok yang begitu perhatian dan penyayang. Ia juga sangat peduli dan memberi perhatian pada Bella seperti pada anak-anak angkatnya, meskipun Bella baru menyandang status sebagai kekasih Edward dan masih menjadi manusia.

Baca juga: Inilah Urutan yang Benar saat Menonton Film Twilight Saga!

6. Charlie Swan (Billy Burke)

Charlie Swan (Billy Burke)

Charlie Swan merupakan sosok ayah dari Bella Swan. Setelah bercerai dari istrinya, Renee, Charlie kemudian pindah ke kota Folks dan membawa Bella untuk turut serta tinggal bersamanya. Di kota Folks, ia menjabat sebagai kepala polisi di wilayah tersebut.

Charlie digambarkan sebagai sosok ayah yang begitu menyayangi Bella. Ia juga merupakan sosok ayah yang selalu berusaha melindungi putri tercintanya dari hal-hal yang membahayakan Bella.

7. Rosalie Hale / Rosalie Cullen (Nikki Reed)

Rosalie Cullen (Nikki Reed)

* sumber: www.themarysue.com

Rosalie Cullen memiliki nama asli Rosalie Hale ketika menjadi manusia. Ia digambarkan sebagai vampir tercantik di keluarga Cullen dengan rambut pirangnya. Dalam film, tokoh Rosalie diperankan oleh aktris berkebangsaan Amerika Serikat Nikki Reed. Rosalie dikenal memiliki sikap yang dingin dan cuek.

Dari seluruh anggota keluarga Cullen yang lain, Rosalie adalah orang yang paling tidak ramah pada Bella. Sikap tak ramahnya ini juga dipengaruhi oleh kehidupan masa lalunya tatkala menjadi manusia. Setelah menjadi vampir, Rosalie kemudian menjalin hubungan dengan sesama vampir lainnya, Emmet.

8. Alice Cullen (Ashley Greene)

Alice Cullen (Ashley Greene)

* sumber: www.mtv.com

Anak angkat lainnya dari keluarga Cullen adalah Alice Cullen. Karakter Alice Cullen diperankan oleh aktris Ashley Greene. Ia digambarkan sebagai gadis mungil dengan suara seperti lonceng. Alice juga digambarkan memiliki karakter yang ceria dan senang membantu orang lain.

Setelah menjadi vampir, Alice memiliki kemampuan untuk melihat masa depan, meskipun penglihatannya tersebut tidaklah bersifat eksak. Setelah menjadi vampir, ia berusia 18 tahun dan kemudian menjalin hubungan dengan sesama vampir lainnya, Jasper.

9. Jasper Cullen (Jackson Rathbone)

Jasper Cullen (Jackson Rathbone)

Jasper Cullen merupakan anak angkat dari Carlisle Cullen sekaligus juga pasangan atau soulmate dari Alice Cullen. Ia digambarkan sebagai vampir yang berusia 20 tahun. Dalam film Twilight, karakter Jasper Cullen diperankan oleh aktor Jackson Rathbone. Sebelum menjadi vampir, ia adalah seorang anggota tentara.

Setelah menjadi vampir, Jasper Cullen memiliki kemampuan untuk mengendalikan emosi orang-orang di sekitarnya serta membaca emosi para korbannya. Ketika pertama kali bertemu Bella, Jasper merupakan anggota keluarga Cullen yang paling tidak bisa menahan rasa hausnya akan darah Bella.

10. Emmet Cullen (Kellan Lutz)

Emmet Cullen (Kellan Lutz)

Anggota lainnya dari keluarga Cullen adalah Emmet Cullen. Ia juga merupakan pasangan atau soulmate dari Rosalie Cullen. Dalam film Twilight, karakter Emmet Cullen diperankan oleh aktor berkebangsaan Amerika Serikat Kellan Lutz. Emmet digambarkan sebagai vampir terkuat di keluarga Cullen.

Sosok Emmet memiliki perawakan tubuh yang tinggi dan tegap. Meskipun begitu, ia juga dikenal sebagai vampir yang ceroboh. Ia juga memiliki karakter yang easy going dan humoris.

Itulah beberapa karakter dan pemeran dalam seri film pertama The Twilight Saga, Twilight. Cerita yang seru ditambah totalitas para pemerannyalah yang membuat film ini meraih kesuksesan dan memiliki banyak penggemar. Diantara karakter Twilight tadi, siapakah yang menjadi favoritmu? Ceritakan di kolom komentar ya!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram