bacaterus web banner retina

Inilah Para Pemain Utama di Film The Spy Gone North (2018)

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 7 Januari 2022

Menjadi mata-mata Korea Selatan untuk Korea Utara adalah tugas berbahaya yang berisiko tinggi sampai bisa kehilangan nyawa. Namun, demi negaranya, Park Seok Young, seorang mantan perwira militer bersedia melakukan tugas tersebut.

Dia diminta Choi Hak Sung, Direktur NIS Urusan Luar Negeri memata-matai Utara terkait pengembangan nuklir mereka. Bisakah dia melakukannya? Film yang dibuat berdasarkan kisah nyata seorang mata-mata Korea Selatan bernama Park Chae Seo ini dibintangi oleh para bintang andalan Korea Selatan.

Mereka nama-nama besar pelanggan berbagai ajang penghargaan. Siapa saja pemain The Spy Gone North (2018), film yang meraih Best Film di beberapa ajang bergengsi ini?

Baca juga: Sinopsis & Review Drama Misaeng: Incomplete Life (2014)

1. Park Seok Young – Hwang Jung Min

1. Park Seok Young – Hwang Jung Min

Hwang Jung Min tampaknya sudah mencoba berbagai karakter selama karirnya di dunia akting. Dia tergolong aktor yang laris manis karena hampir setiap tahun selalu muncul dengan film baru. Khusus di tahun 2018, Hwang Jung Min berperan sebagai seorang agen intelijen Korea Selatan bernama Park Seok Young dengan nama kode Black Venus.

Park Seok Young merupakan mantan perwira militer Korea Selatan yang ditugaskan menjadi mata-mata untuk menyelidiki dan mencari tahu tentang perkembangan nuklir di Korea Utara. Menjalankan tugas yang berisiko tentu banyak yang sudah dikorbankannya, termasuk menghapus dan memanipulasi identitas asli.

Park Seok Young masuk ke Korea Utara sebagai pebisnis. Perjalanannya untuk sampai bertemu dan berhasil meyakinkan petinggi-petinggi di Utara, termasuk Kim Jong Il sangat panjang. Dia mulai bisa mengambil hati Kim Jong Il setelah berhasil mengubah barang-barang antik milik Utara menjadi uang.

Park Seok Young berdedikasi pada tugas dan misinya. Namun, ketika NIS berubah haluan, yang justru bisa menimbulkan kembali gejolak panas antara Utara dan Selatan, Seok Young menolak. Seok Young tidak ingin bekerja untuk kepentingan NIS semata, melainkan keamanan negara.

2. Ri Myung Woon – Lee Sung Min

Ri Myung Woon – Lee Sung Min

Ri Myung Woon yang diperankan oleh Lee Sung Min merupakan Direktur Komite Ekonomi Eksternal Korea Utara. Dia adalah lulusan terbaik Universitas Kim Il Sung dan menangani semua perdagangan mata uang asing di Utara. Walau Ri Myung Woon bukan anggota militer sehingga tidak memiliki pangkat, pengaruhnya di Utara sangat luar biasa.

Ri Myung Woon adalah satu-satunya orang yang bisa didekati Seok Young untuk bertemu Kim Jong Il secara pribadi. Dia pribadi yang tenang dan konsisten. Ri Myung Woon punya integritas tinggi terhadap pekerjaannya  sekaligus tetap berhati-hati, terlihat ketika dia sempat menyadap pembicaraan antara Seok Young dengan Kim Myung Soo.

Di balik sikapnya yang terkesan dingin, Ri Myung Woon keberatan dengan rencana yang ditawarkan BIN Korea Selatan untuk menggagalkan Kim Dae Jung memenangkan pemilihan Presiden Korea Selatan.

Dia punya pandangan yang sama dengan Seok Young, bahwa hal tersebut bisa berdampak buruk bagi Utara dan Selatan. Ri Myung Woon menjadi satu-satunya pihak yang membantu Seok Young melarikan diri dari Utara setelah identitas aslinya dibuka oleh NIS.

Dia cukup percaya diri dapat selamat dari hukuman mati karena di Korea Utara hanya dia satu-satunya orang yang belajar ekonomi kapitalis dan hanya dia yang bisa mengawasi mata uang asing. Hubungannya dengan Seok Young memberi rasa optimis bahwa Utara dan Selatan masih menginginkan perdamaian.

3. Choi Hak Sung – Cho Jin Woong

Choi Hak Sung – Cho Jin Woong

Pemain The Spy Gone North (2018) selanjutnya yang tak kalah punya nama besar adalah Cho Jin Woong. Dia berperan sebagai Choi Hak Sung yang berprofesi sebagai Direktur Urusan Luar Negeri Badan Intelijensi Nasional Korea Selatan. Dia adalah orang yang memerintahkan Seok Young menjadi mata-mata untuk Korea Utara sekaligus mendanainya.

Dia berhasil meyakinkan Seok Young bahwa satu-satunya cara untuk menyelamatkan Korea adalah menghentikan pengembangan nuklir yang dilakukan oleh Korea Utara. Namun, rencananya berubah yang semula mengincar nuklir milik Utara jadi mengincar calon presiden Korea Selatan, Kim Dae Jung.

Dia terlibat dalam rencana tindakan militer untuk mengguncang kepercayaan rakyat atau pemilih terhadap Kim Dae Jung. Sikap Sak Hung yang tiba-tiba berubah ini dipengaruhi ego pribadi karena mendapat laporan bahwa NIS akan dibubarkan jika Kim Dae Jung terpilih. Kim Dae Jung akan membentuk badan baru.

Hak Sung pada akhirnya ‘membuang’ Seok Young yang dinilai dapat menghambat kepentingannya. Dia yang membuka identitas Seok Young sebagai agen sehingga membahayakan nyawanya. Hubungannya dengan Seok Young berubah memanas karena perbedaan prioritas. 

4. Jung Moo Taek – Ju Ji Hoon

Jung Moo Taek – Ju Ji Hoon

Ju Ji Hoon yang baru saja selesai memukau banyak penonton lewat aksinya di drama Jirisan (2021) turut bermain dalam film ini. Dia berperan sebagai Jung Moo Taek, seorang Section Chief dari Departemen Keamanan Negara Korea Utara yang dikirim ke KEE. Jung Moo Taek bertanggung jawab terhadap keamanan sehingga tak heran jika sejak awal sosoknya penuh curiga terhadap Seok Young.

Jung Moo Taek bahkan tanpa izin membius Seok Young dan menggali informasi dari alam bawah sadarnya. Ketika pihak NIS menyampaikan rencana untuk menjegal Kim Dae Jung dengan cara militer, dia salah satu pihak Korea Utara yang setuju. Dia berada bersebrangan dengan Direktur Ri karena sejak awal dia berada di jalur yang berbeda.

Jung Moo Taek pribadi yang dingin dan menangani segala sesuatu dengan tegas. Dia tidak segan mengacungkan senjata pada Seok Young untuk perkara sepele jika ada gerak-gerik yang mencurigakan. Hubungan keduanya selalu panas dari awal hingga akhir.

5. Kim Myung Soo – Kim Hong Fa

Kim Myung Soo – Kim Hong Fa

Aktor senior Kim Hong Fa juga ikut meramaikan jajaran para pemain The Spy Gone North (2018). Aktor yang sudah banyak terlibat dalam banyak judul drama atau film ini berperan sebagai Kim Myung Soo; bagian dari partai dan bawahan Kim Jong Il. Dia adalah seseorang yang diam-diam mengetahui rencana kedatangan Seok Young ke Utara.

Kim Myung Soo dipilih oleh NIS Korea Selatan, dalam hal ini Choi Hak Sung, untuk mendampingi Seok Young masuk ke area militer Yongbyon yang terlarang. Dia rupanya adalah seseorang yang disingkirkan dari Rezim Kim. Dia pula yang menemani Seok Young mencari situs kuburan antik di sekitar pasar tradisional yang kumuh dan mengerikan.

Kim Myung Soo membawa Seok Young melihat sisi buruk Korea Utara di bawah pimpinan Kim. Dia mencintai negaranya, Korea Utara, tetapi negara yang dia cintai berubah jadi penjara di tangan keluarga Kim. Sayangnya Kim Myung Soo kurang waspada dan cenderung sangat gegabah. Dia tidak menyadari percakapan dirinya dengan Seok Young yang berbahaya itu disadap.

6. Han Chang Joo – Park Sung Woong

Han Chang Joo – Park Sung Woong

Untuk memulai bisnis dengan Utara, Seok Young membutuhkan persetujuan dari Kementerian Unifikasi. Agar bisa mendapatkannya dia membutuhkan ‘koda troya’. Targetnya adalah Han Chang Joo.

Pria berusia 43 tahun yang memiliki pengalaman bekerja selama 15 tahun sebagai eksekutif periklanan. Selama enam tahun terakhir dia membuat usaha sendiri.

Chang Joo sudah lama berambisi melakukan syuting iklan di Korea Utara, terutama di Puncak Gunung Baekdu. Dia seorang pengusaha di bidang periklanan yang jeli dan profesional.

Chang Joo menyiapkan proposal dengan baik agar bisa meyakinkan pihak Utara. Tujuannya pun tercapai karena Chang Joo berhasil mendapatkan kontrak produksi iklan di Korea Utara selama lima tahun.

7. Hong Sul – Jung So Ri

Hong Sul – Jung So Ri

Di antara nama-nama besar yang terlibat di film The Spy Gone North (2018), Jung So Ri tentu terdengar asing. Kenyataannya film ini merupakan film pertamanya. Jung So Ri membawakan peran kecil bernama Hong Sul. Dia adalah bawahan Jung Moo Taek yang patuh. Sama seperti atasannya, Hong Sul bertugas di bidang pengamanan.

Dia membantu Jung Moo Taek melakukan tugasnya untuk memeriksa hal-hal detail mengenai Seok Young. Hong Sul bergerak berdasarkan komando dari Jung Moo Taek. Dia jadi satu-satunya anggota wanita yang dipimpin Seok Young.

Itu dia beberapa pemain The Spy Gone North (2021) yang bisa kamu lihat aksinya saat nonton film ini. Aktor yang terlibat tidak banyak tetapi kualitasnya tidak tanggung-tanggung. Ingin lihat aksi para aktor kawakan Korea Selatan berperan dalam film tentang mata-mata? Film ini sudah tersedia di Netflix!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram