Daftar Pemain yang Ada di Film The Power of the Dog

Ditulis oleh Dhany Wahyudi

The Power of the Dog adalah film drama bergaya Western yang menjadi salah satu film andalan Netflix untuk maju ke kancah Oscar tahun 2022.

Kembalinya Jane Campion di kursi sutradara cukup meyakinkan dengan pengarahan dan naskah yang apik serta sinematografi dan gubahan musik yang indah. Sepertinya semua faktor untuk masuk sebagai salah satu film terbaik tahun 2021 sudah tersedia di film ini.

Terutama dari sisi akting yang menghadirkan tiga aktor dan satu aktris yang semuanya memerankan karakternya dengan sangat baik, terutama Benedict Cumberbatch yang tampil sangat kharismatik dengan sikap dinginnya.

Lewat artikel berikut ini, kami ajak kalian berkenalan lebih dekat dengan para pemerannya, sekaligus beberapa fakta unik dari mereka saat syuting film ini.

1. Benedict Cumberbatch (Phil Burbank)

benedict cumberbatch_

Mungkin pada awalnya terasa aneh jika Jane Campion memilih Benedict Cumberbatch sebagai pemeran karakter cowboy yang biasanya diperankan oleh aktor asli Amerika Serikat, mengingat Cumberbatch adalah aktor asal Inggris yang kental dengan logat British-nya.

Tapi ketika dia dipakaikan kostum ala cowboy, menumbuhkan brewok dan beraksen American, ternyata dia sangat pantas, lho! Benedict Cumberbatch memang bukanlah aktor sembarangan. Dia selalu tampil total di setiap film yang dia bintangi.

Salah satu yang terbaik adalah perannya sebagai Alan Turing di The Imitation Game (2014) yang mengantarkannya masuk nominasi di kategori Best Actor. Sebelumnya dia juga tampil sangat baik di serial Sherlock (2010-2017) yang mengundang banyak pujian untuknya.

Tidak hanya performa aktingnya saja yang apik, tapi juga suaranya sangat berkarakter yang pernah dia tampilkan saat mengisi suara Smaug dan Sauron di trilogy The Hobbit. Sekali pun dia hadir hanya sebentar saja, seperti yang dia lakukan di film 1917 (2019), dia mampu mencuri perhatian kita dengan performa terbaiknya.

Sebagai Phil Burbank yang terkesan tegas, dingin, angker dan bermulut kasar namun kharismatik, Cumberbatch menampilkannya dengan sangat baik.

Tidak ada kesan British sama sekali dalam aksennya dan kita dibuat sangat yakin jika dia adalah cowboy asli Amerika. Karakternya menyimpan misteri tentang masa lalu yang nanti terkuak bahwa dia mungkin memiliki kelainan seksual.

Hal ini bisa dilihat dari betapa dia mengagumi sosok gurunya, Bronco Henry, yang selalu dia sebut-sebut setiap kali berbicara atau mengambil referensi dalam setiap aktivitas yang dia lakukan, terutama saat mengajari segala hal tentang menjadi cowboy kepada Peter.

Uniknya, meski tidak ditampilkan sama sekali, sosok Bronco Henry terasa dekat. Semua karena penyampaian yang baik dari cerita Phil. Ada fakta unik tentang metode pendalaman karakter yang dilakukan Cumberbatch untuk memerankan Phil, yaitu dia pernah tidak mandi selama dua minggu!

Hal ini dia lakukan supaya sesuai dengan penggambaran Phil yang pernah ditegur oleh George tentang kebiasaannya yang jarang mandi. Bahkan, di satu adegan kita lihat Phil mandi di sungai dengan melumuri tubuhnya dengan lumpur terlebih dahulu.

Selain itu, Cumberbatch juga mulai merokok secara terus-menerus. Istilah di kita biasanya dikenal dengan julukan “kereta api” karena menyambung rokok lama dengan rokok baru tanpa henti.

Faktanya, meski Cumberbatch adalah perokok dalam kehidupan nyata, dia mengaku sempat sakit pernapasan ketika harus banyak menghisap rokok lintingan di dalam film ini.

2. Kirsten Dunst (Rose Gordon)

kirsten dunst_

Kita sudah mengenal aktris ini sejak masa kecilnya dimana dia angkat nama lewat film Interview with the Vampire (1994). Lalu kemudian berturut-turut dia bermain di film-film populer, seperti Little Women (1994), Jumanji (1995) dan Small Soldiers (1998). Kita juga mengenalnya sebagai sosok Mary Jane di trilogy Spider-Man karya Sam Raimi.

Memerankan karakter Rose, seorang janda beranak satu yang juga merupakan pemilik penginapan dan restoran kecil, adalah peran yang menantang baginya. Dunst sampai berusaha sangat keras untuk belajar bermain piano seperti yang ditampilkan di dalam film.

Menurut pengakuan Jane Campion, dia sangat mengagumi Kirsten Dunst dan sudah lama ingin bekerjasama dengannya.

Awalnya, karakter Rose akan diperankan oleh Elisabeth Moss, tapi karena jadwal syutingnya bentrok dengan proses syuting film Next Goal Wins (2022), maka Dunst yang mendapatkan peran ini dan dia mampu menampilkan akting terbaiknya.

Mungkin sebagai salah satu metode pendalaman karakter, Kirsten Dunst dan Benedict Cumberbatch tidak pernah berbicara satu sama lain selama proses syuting, sehingga menghasilkan atmosfer perang dingin yang otentik di dalam film.

Satu fakta unik antara Jane Campion dan Kirsten Dunst, ternyata mereka memiliki tanggal lahir yang sama, yaitu 30 April, meski sudah pasti tahunnya berbeda.

3. Jesse Plemons (George Burbank)

jesse plemonts_

Awalnya, karakter George akan diperankan oleh Paul Dano, tapi karena dia tidak bisa meluangkan waktu dari jadwal syuting film The Batman (2022) yang sempat banyak tertunda berkali-kali karena pandemi Covid-19, lalu peran ini diberikan kepada Jesse Plemons.

Kita mengenal aktor ini dari performa aktingnya di beberapa serial, antara lain Breaking Bad dan Fargo dimana dia mendapat penghargaan atas perannya di kedua serial populer tersebut.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram