bacaterus web banner retina

10 Pemain Utama Film Spider-Man: No Way Home (2021)

Film Spider-Man: No Way Home sudah mulai menggemparkan gedung bioskop sejak dirilis bulan Desember 2021. Menyiratkan jalan cerita yang penuh kejutan, semakin membangun rasa penasaran yang besar bagi para calon penontonnya. Ada karakter yang kembali tampil melanjutkan perannya, juga ada beberapa karakter “baru tapi lama” yang akan mengejutkan.

Sebelum menonton filmnya, ada baiknya baca artikel berikut yang akan menampilkan para aktor dan aktris yang akan membawakan karakter mereka masing-masing di film yang menjadi penutup trilogi Spider-Man versi Marvel Cinematic Universe ini.

Baca Juga: Sinopsis & Review Spiderman: No Way Home, Muncul Multi-Semesta

1. Tom Holland (Peter Parker/Spider-Man)

Tom Holland sebagai Peter Parker Spider-Man_

Aktor Inggris ini sudah 6 kali berperan sebagai Spider-Man di rangkaian film dalam Marvel Cinematic Universe dan sejauh ini adalah pemeran Spider-Man terbaik di dalam film. Karakternya tidak berubah, tetap menjadi siswa teladan yang mahir menggunakan teknologi. Hanya saja kali ini dia menghadapi masalah besar yaitu terbukanya identitas bahwa dia adalah Spider-Man secara luas.

Karena kesalahan mantra sihir Doctor Strange untuk menghapus ingatan orang-orang yang mengetahui jati diri Spider-Man, portal dari semesta lain rusak dan ada beberapa sosok yang menyeberang ke semesta Avengers ini. Peter menganggap ini adalah kesalahannya dan berniat memperbaiki semuanya, terutama mengembalikan sisi baik dari para villain yang datang.

Sisi pendewasaan diri Peter juga terjadi di film ini dengan tewasnya May saat Green Goblin melakukan serangan ke apartemen. Hal ini juga merupakan pondasi pendewasaan diri dua Spider-Man sebelumnya yang juga kehilangan orang-orang yang mereka cintai, yaitu Paman Ben di Spider-Man (2002) dan Gwen Stacy di The Amazing Spider-Man 2 (2014).

2. Zendaya (Michelle “MJ” Jones-Watson)

Zendaya (Michelle “MJ” Jones-Watson)_

Aktris dan penyanyi ini selalu berhasil menampilkan talenta akting terbaiknya di film-film dan serial yang dia bintangi. Kembali memerankan Michelle Jones-Watson yang menjadi sahabat sekaligus kekasih Peter, Zendaya kembali menghadirkan performa apik. MJ yang diceritakan adalah salah satu siswi cemerlang di bidang teknologi sangat jelas terlihat dalam wajah dan ucapannya.

Selain itu, meski tidak memiliki kekuatan super, MJ tetap berani mendampingi Spider-Man dalam setiap aksinya dan seringkali terjebak dalam situasi yang menegangkan. Dalam satu adegan, MJ terjatuh dari ketinggian dan berhasil diselamatkan oleh Spider-Man. Tapi, Spider-Man yang mana?

3. Benedict Cumberbatch (Doctor Strange)

Benedict Cumberbatch (Doctor Strange)_

Aktor Inggris berkelas Oscar ini kembali mengulangi perannya di semesta MCU sebagai Doctor Strange. Niatnya membantu Peter untuk menghilangkan ingatan orang-orang yang mengetahui identitas Spider-Man, namun malah berubah menjadi petaka dimana portal dari semesta lain ikut terbuka dan mengundang masuk sosok-sosok tidak diharapkan dari parallel universe lain.

Karakternya yang selalu tenang kali ini tampil sedikit panik karena dia tidak bisa menanggulangi bencana yang akan datang jika hanya seorang diri, mengingat ketidakhadiran para anggota Avengers lainnya.

Sempat terlibat pertarungan seru dengan Spider-Man karena perbedaan tujuan terkait pemulangan para villain ke semesta masing-masing yang membuatnya terperangkap di dimensi cermin.

4. Jacob Batalon (Ned Leeds)

Jacob Batalon (Ned Leeds)_

Berperan sebagai sahabat Peter Parker membuat karakter Ned Leeds selalu hadir menemani Spider-Man, termasuk cameo di Avengers: Infinity War (2018) dan Avengers: Endgame (2019).

Di film ini Ned menggunakan cincin milik Doctor Strange untuk membuka portal kemana saja yang pertama kali dibukanya untuk mencari lokasi Peter yang malah mengundang sosok lain dari semesta berbeda.

Untuk tampil di film ini, Batalon sengaja menurunkan berat badannya sebanyak 46 kg dan tampil lebih gesit dalam setiap aksinya dalam mendukung Spider-Man menuntaskan perlawanan para villain.

5. Jon Favreau (Harold “Happy” Hogan)

Jon Favreau (Harold “Happy” Hogan)_

Aktor yang pernah mengarahkan dua film Iron Man ini kembali mengulang perannya sebagai Happy, kepala keamanan Stark Industries sekaligus bodyguard Tony Stark yang kini bertugas menjaga Peter atas wasiat dari Tony.

Diceritakan putus cinta dengan May, Happy tidak tahu jika apartemennya dijadikan penampungan para villain oleh Peter dan hancur karena serangan Green Goblin.

6. Jamie Foxx (Max Dillon/Electro)

Jamie Foxx (Max Dillon Electro)_

Setelah terakhir kali membawakan karakter Electro di film The Amazing Spider-Man 2 (2014), aktor sekaligus penyanyi dan komedian ini kembali membawakan sosok villain ini dengan kekuatan listrik yang lebih besar dari sebelumnya. Foxx senang dirinya tidak dibalut terlalu banyak CGI berwarna biru kali ini dan sangat antusias membawakan kembali karakter ini sekali lagi.

7. Willem Dafoe (Norman Osborn/Green Goblin)

Willem Dafoe (Norman Osborn Green Goblin)_

Aktor watak ini sangat senang ketika pertama kali ditawarkan berperan kembali sebagai Green Goblin di film Spider-Man: No Way Home. Sedikit lebih banyak mendapat porsi cerita dibandingkan villain lainnya, Dafoe kembali memamerkan tawa mencekamnya dan akting kelas wahid yang bisa menipu kita dalam menebak apa yang ada di dalam pikirannya.

Seperti pemeran para villain lainnya, Dafoe datang ke lokasi syuting dengan menggunakan penyamaran. Tapi identitasnya tertangkap oleh media ketika tidak sengaja dia bertabrakan dengan Tom Holland dan penyamarannya terbuka.

Dari sinilah spekulasi kehadiran para villain dan Spider-Man lama mulai berhembus. Kostum dan teknologi Goblin di sini mengalami upgrade, tidak seperti di Spider-Man (2002).

8. Alfred Molina (Otto Octavius/Doctor Octopus)

Alfred Molina (Otto Octavius Doctor Octopus)_

Aktor yang biasa bermain dalam film-film drama berat ini juga ikut kembali memerankan sosok villain dari film Spider-Man 2 (2004). Tentakel yang ada di punggungnya kali ini dibuat murni dengan teknologi CGI yang dipuji langsung oleh Sam Raimi karena terlihat lebih nyata dan hidup jika dibandingkan apa yang pernah disuguhkannya di film besutannya dahulu.

Tidak hanya tentakelnya saja yang ditampilkan lebih baik, wajah Molina juga direkayasa dengan digital de-aging agar sama dengan penampilannya di film tahun 2004 silam. Secara keseluruhan, tampilan para villain memang diusahakan sama persis dengan usia saat mereka membawakan karakternya di filmnya masing-masing.

9. Andrew Garfield (Peter Parker/Spider-Man)

Andrew Garfield (Peter Parker Spider-Man)_

Meski terus ditutupi sebelum filmnya ditayangkan, nyatanya kehadiran kembali Garfield sebagai Spider-Man di film ini menjadi sebuah obat yang ampuh untuk menyembuhkan sakit hati kita saat melihat akhir dari kisah Spider-Man versinya yang tidak ada kejelasan. Karakternya yang easy going dan menyenangkan, sedikit banyak membuat tensi film sedikit ringan dengan kehadirannya.

Tapi di balik itu, Peter versi Garfield sebenarnya masih menyimpan duka mendalam karena kematian Gwen Stacy yang diungkapkannya kepada Peter versi Tom Holland untuk menguatkan kembali motivasinya yang sedang lemah. Intinya, kita bisa memaafkan kegagalannya sebagai Spider-Man lewat performanya kali ini.

10. Tobey Maguire (Peter Parker/Spider-Man)

Tobey Maguire (Peter Parker Spider-Man)_

Jika kehadiran Andrew Garfield bisa membuat kita memaafkannya, maka kehadiran Tobey Maguire sejatinya membuat kita bernostalgia dengan Spider-Man versinya yang sangat populer pada awal 2000an silam.

Masih ingat dengan adegan menyentuh di dalam kereta yang berhasil diselamatkannya dalam film Spider-Man 2 (2004)? Itu adalah salah satu adegan terbaik dalam film superhero sepanjang masa.

Tampil lebih dewasa dan tenang, ucapannya bisa membangkitkan kembali semangat Peter yang sedang runtuh karena kematian May. Diperlihatkan juga hubungan baiknya dengan para villain dari semestanya saat mereka semua berhasil disembuhkan, karena pada dasarnya memang para villain ini adalah orang yang memiliki hati yang baik. Kerinduan fans Spider-Man akan sosoknya tergenapi sudah.

Itulah 10 pemain film Spider-Man: No Way Home yang akan menuntaskan semua harapan, pemaafan, dan kerinduan kita akan sosok Spider-Man secara lengkap. Tidak lupa kita akan dibuat terkejut berkali-kali dan bersorak-sorai dengan kehadiran dua Spider-Man dari semesta lain ini.

Tapi kesan akhir yang kita dapat, seolah film ini menjadi penutup dari kisah Spider-Man versi Tom Holland. Kita belum tahu, apakah Holland akan terus memerankan Peter di semesta MCU, atau pindah ke semesta SSU, atau malah diganti oleh aktor lain untuk menyuguhkan perspektif baru. Daripada banyak berspekulasi, sebaiknya tonton dulu film Spider-Man: No Way Home ini segera!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram