bacaterus web banner retina

Inilah 8 Aktor dan Aktris yang Bermain di Film Jumanji

Ditulis oleh Sri Sulistiyani - Diperbaharui 16 Juni 2021

Film Jumanji mungkin menjadi salah satu film yang cukup legendaris hingga saat ini. Jumanji adalah film petualangan fantasi karya sutradara Joe Johnston yang tayang pada tahun 1995. Cerita dalam film Jumanji terinspirasi dari sebuah novel karya Chris Van Allsburg yang terbit pada tahun 1981.

Film Jumanji begitu populer hingga di tahun 2017 kembali dirilis remake dari film ini dengan judul Jumanji: Welcome to the Jungle serta sekuelnya di tahun 2019 dengan judul Jumanji: The Next Level. Jumanji sendiri diceritakan sebagai sebuah papan permainan atau board game yang mampu membawa pemainnya melintasi ruang dan waktu.

Ketika bermain Jumanji, maka apa yang tertera pada papan juga akan muncul dan menjadi nyata. Film Jumanji berhasil menjadi film box office kala itu dan menjadi film yang cukup legendaris hingga masa kini. Bagi kamu yang rindu dengan versi awal film Jumanji ini, berikut daftar para pemeran serta karakter dalam film Jumanji yang turut andil dalam kesuksesan film ini di dekade 90-an.

1. Alan Parrish (Robin Williams & Adam Hann-Byrd)

Inilah 8 Aktor dan Aktris yang Bermain di Film Jumanji 1
*

Tokoh Alan Parrish muncul dalam dua usia. Di tahun 1969, Alan kecil yang masih berusia 12 tahun menemukan sebuah papan permainan di sekitar pabrik sepatu sang ayah. Karakter Alan muda ini diperankan oleh Adam Hann-Byrd. Ia dikisahkan sebagai anak seorang pengusaha sepatu sukses.

Sang ayah yang sangat sibuk tak memiliki waktu untuk Alan, sehingga ia seringkali mencari perhatian dengan melakukan hal-hal konyol dan berbahaya. Hingga akhirnya Alan memilih untuk memainkan papan Jumanji yang ia temukan bersama temannya. Saat itulah, Alan kecil terserap masuk ke dunia Jumanji dan terjebak di sana.

26 tahun kemudian, Alan yang sudah menjadi pria dewasa berhasil keluar dari dunia Jumanji setelah dua anak lainnya memainkan papan tersebut. Tokoh Alan saat dewasa diperankan oleh Robin Williams. Saat keluar papan, ia tampak begitu berantakan dan bingung dengan dunia yang telah berubah.

Mulanya, Alan kecil adalah anak penakut yang sering menjadi korban bullying teman-temannya. Namun setelah terjebak di Jumanji, Alan menjadi lebih bijaksana dan pemberani. Ia juga yang kemudian menjadi pahlawan untuk mengakhiri permainan Jumanji tersebut dan membereskan kekacauan yang terjadi.

2. Sarah Whittle (Bonnie Hunt & Laura Bell Bundy)

Inilah 8 Aktor dan Aktris yang Bermain di Film Jumanji 3
*

Sarah kecil adalah gadis yang diajak Alan untuk bermain Jumanji. Tokoh Sarah kecil diperankan oleh Bonnie Hunt. Ketika Alan terserap masuk ke permainan, Sarah ketakutan dan berlari pergi. 26 tahun kemudian, Alan yang keluar dari dunia Jumanji menemui Sarah yang sudah dewasa karena ia harus menyelesaikan permainan.

Tokoh Sarah dewasa diperankan oleh aktris Bonnie Hunt. Sedari kecil hingga dewasa, Sarah digambarkan sebagai sosok yang penakut dan tak berani mengambil resiko. Ia juga sempat menolak ketika Alan yang sudah dewasa memintanya untuk menyelesaikan permainan. Di akhir film, diceritakan bahwa akhirnya Sarah menjadi istri dari Alan.

3. Judy Shepherd (Kirsten Dunst)

Inilah 8 Aktor dan Aktris yang Bermain di Film Jumanji 5
*

Judy Shepherd adalah anak perempuan yang baru saja pindah ke bekas rumah Alan Parrish 26 tahun setelahnya. Ia dan sang adik pindah bersama bibi mereka setelah kedua orang tuanya meninggal karena kecelakaan. Di rumah tersebut, Judy akhirnya memainkan Jumanji bersama sang adik.

Permainan yang dimainkan oleh Judy dan adiknyalah yang akhirnya membawa Alan keluar dari dunia Jumanji. Judy digambarkan sebagai sosok yang cukup pemberani. Meskipun banyak hal menakutkan yang muncul di awal permainan, namun Judy meyakinkan bahwa satu-satunya jalan untuk menghentikannya adalah menyelesaikan permainan.

4. Peter Shepherd (Bradley Pierce)

Inilah 8 Aktor dan Aktris yang Bermain di Film Jumanji 7
*

Peter Shepherd adalah adik laki-laki dari Judy Shepherd yang juga menjadi rekan bermainnya dalam permainan Jumanji. Peter juga seringkali merasa takut setiap kali hal buruk muncul saat mereka melakukan permainan. Dalam permainan tersebut, Peter juga sempat melakukan hal curang agar bisa segera menang dan menyelesaikan permainan.

Namun perbuatan Peter diketahui oleh Jumanji. Sebagai hukuman atas kecurangan Peter, Jumanji mengubah Peter menjadi sosok monyet. Peter sempat ketakutan, tapi pada akhirnya ia tetap menyelesaikan permainan. Peter juga turut andil dalam membuat permainan Jumanji yang mereka mainkan bisa selesai.

5. Van Pelt (Jonathan Hyde)

Inilah 8 Aktor dan Aktris yang Bermain di Film Jumanji 9
*

Van Pelt merupakan sosok pemburu yang keluar dari papan permainan Jumanji. Ia keluar dari papan permainan setelah Alan dewasa mendapatkan dadu yang membuat pemburu tersebut keluar dari dunianya. Dalam dunia Jumanji sendiri, Alan mengatakan bahwa ia sudah sering bertemu Van Pelt dan pemburu itu selalu mengejarnya.

Tokoh Van Pelt diperankan oleh aktor Jonathan Hyde. Ketika muncul, Van Pelt tidak terlalu banyak bicara. Ia hanya terus memburu dan ingin membunuh Alan. Van Pelt digambarkan menggunakan kostum pemburu serta membawa senapan yang selalu ditodongkannya untuk membunuh Alan.

6. Sam Parrish (Jonathan Hyde)

Inilah 8 Aktor dan Aktris yang Bermain di Film Jumanji 11
*

Sam Parrish merupakan sosok ayah dari Alan yang juga diperankan oleh aktor Jonathan Hyde. Di tahun 1969, ia diceritakan sebagai pengusaha sepatu yang cukup sukses. Sam adalah orang yang begitu ambisius dan pekerja keras, hingga ia tak pernah memiliki waktu untuk anaknya.

Setelah Alan kembali 26 tahun kemudian, sosok Sam Parrish telah menghilang. Setelah mencari informasi, Alan kemudian mengetahui bahwa sang ayah begitu depresi saat ia menghilang. Sam berusaha keras mencari Alan hingga ia mengabaikan perusahaannya dan membuat bisnisnya tak lama kemudian bangkrut sebelum akhirnya Sam meninggal dunia.

7. Carl Bentley (David Alan Grier)

Inilah 8 Aktor dan Aktris yang Bermain di Film Jumanji 13
*

Tokoh Carl bentley diperankan oleh aktor David Alan Grier. Pada tahun 1969, Carl Bentley diceritakan sebagai karyawan yang bekerja di perusahaan sepatu milik ayah Alan. 26 tahun kemudian, ia bekerja sebagai petugas polisi di wilayah tersebut. Saat Alan yang sudah dewasa bertemu Carl, ia sama sekali tak mengenali sosok Alan.

Carl Bentley justru menangkap Alan yang dianggapnya mengakibatkan kekacauan di wilayah tersebut. Setelah Alan bersusah payah untuk menjelaskan mengenai jati dirinya pada Carl, barulah ia percaya dan melepaskan Alan agar ia bisa menyelesaikan permainan tersebut.

8. Nora Shepherd (Bebe Neuwirth)

Inilah 8 Aktor dan Aktris yang Bermain di Film Jumanji 15
*

Nora Shepherd adalah bibi dari Judy dan Peter yang membawa mereka pindah ke bekas rumah Alan Parrish. Tokoh Nora Shepherd diperankan oleh aktris Bebe Neuwirth. Peran Nora dalam film ini hanya muncul sebentar saja. Ia membawa Judy dan Peter ke rumah kemudian pergi meninggalkan mereka untuk mengurus keperluannya.

Nah, itu tadi para pemain dan karakter dari film Jumanji yang akan membawa ingatanmu bernostalgia dengan film masa kecil yang begitu legendaris ini. Meski sudah rilis sejak bertahun-tahun lalu, namun film ini tetap menarik untuk ditonton.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram